Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati, Ini Dia Penyebab Imun Tubuh Menurun!

Nggak terasa ya, tahun 2022 sudah memasuki bulan ke-tiga. Sesuai pelajaran IPA jaman SMP dulu, musim hujan akan berakhir di bulan Maret dan musim pancaroba akan segera datang. Apa itu musim pancaroba? Musim pancaroba adalah musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau dan sebaliknya. 

Nah di musim pancaroba ini, kesehatan tubuh tetap harus terjaga. Perubahan cuaca yang nggak menentu gampang banget nih membuat kita jatuh sakit. Gimana sih cara paling gampang biar kita nggak mudah terkenal flu di musim pancaroba? Tentunya, harus jaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus dan kuman ngaak akan mudah untuk membuat kita sakit.

Apa itu daya tahan tubuh? Daya tahan tubuh biasa juga disebut dengan imunitas atau kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh adalah sistem pertahanan alami tubuh kita yang berfungsi untuk melawan infeksi virus, kuman dan bakteri. Daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan agar kita tidak gampang sakit.

Nah, dalam artikel kali ini, yuk kita bahas apa aja sih yang harus dihindari agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga? 

Hindari Hal Ini, Agar Daya Tahan Tubuh Tetap Terjaga

jaga imun dengan redoxon tablet kunyah

Makanan tinggi garam, gula dan lemak

GGL atau Gula Garam Lemak merupakan 3 hal yang harus benar-benar diperhatikan jumlah konsumsi hariannya. Tentunya kita juga tau bahwa semua yang berlebihan tidak baik. Oleh karena itu, selalu ingat asupan aman konsumsi gula garan lemak harian kamu.

Udah tau belom nih berapa takaran gula garam dan lemak yang aman untuk dikonsumsi perhari? Buat yang belum tau, yuk dicata dan diingat-ingat. Konsumsi gula maksimal 5 sendok makan perhari, konsumsi garam maksimal 1 sendok teh, sedangkan konsumsi lemak atau minyak maksimal 5 sendok makan perhari. Jadi harus diingat-ingat sekali nih, apa-apa aja makanan dengan kandungan gula, garam dan lemak yang sudah kita konsumsi hari ini. Yuk bisa yuk, dijaga biar nggak berlebihan.

Kelebihan konsumsi gula garam dan lemak punya banyak efek buruk untuk tubuh, mulai dari darah tinggi, obesitas, diabetes hingga penyakit jantung. Konsumsi yang berlebihan tersebut tentunya akan mempengaruhi kerja organ tubuh dan bisa menurunkan daya tahan tubuh atau imunitas yang kita miliki.

Merokok dan asap rokok

Nah, jadi nggak cuma buat perokok aktif, perokok pasif juga mesti hati-hati! Perokok aktif adalah perokok yang rutin mengkonsumsi rokok sehari-hari. Sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tapi berada di dekat perokok aktof dan rutin menghirup asap rokok.

Tentunya semuanya udah tau pasti kan apa aja kandungan buruk dari rokok. Rokok nggak cuma bisa ngerusak sel paru-paru dan menyebabkan kanker. Asap rokok ternyata juga membuat daya tahan tubuh menurun loh. Huhu. Jadi untuk perokok aktif, coba mulai turunkan konsumsi rokok harian yaaa. Huhu. Plus, lebih baik kita jauh-jauh dulu jika ada orang yang merokok di sekitar kita, biar nggak jadi perokok pasif juga.

Kurang tidur

Tidur adalah aktivitas yang rutin dan wajib kita lakukan setiap hari. Setiap orsng membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan juga pikiran. Sebaiknya, orang dewasa tidur selama 7 - 9 jam per hari. 

Tidur yang cukup nggak hanya dapat meningkatkan imun tubuh, tapi juga bisa meningkatkan daya ingat, menjaga berat badan ideal, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, dan menjaga konsentrasi dan produktivitas harian. 

Tidak pernah berolahraga

Emang susah banget ya rasanya membangun kebiasaan baik seperti berolahraga setiap hari. Padahal rutin berolahraga minimal 15 menit sehari bisa membuat kita menjadi lebih sehat, lebih bugar, dan menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Nggak perlu olahraga yang sulit-sulit kok, bisa mulai dari jogging di dalam rumah, atau ikut tutorial senam yang ada di YouTube aja! Yang penting tetap bergerak rutin setiap hari.

Stress

Ternyata saat stress, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat menekan sistem daya tahan tubuh. Oleh karena itu, cobalah sebisa mungkin mengurangi stress dengan rutin berolahraga, melakukan meditasi, dan melakukan hal-hal yang disukai.

Itu dia 5 hal yang dapat membuat imunitas tubuh menurun. Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari hal-hal diatas, agar imunitas tubuh bisa lebih kuat.

Ada beberapa hal yang juga bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mulai dari olaharaga, makan-makanan sehat, menjaga pola hidup sehat dan rutin minum vitamin seperti redoxon tablet kunyah.

Yuk persiapkan diri dan tubuh menghadapi musim pancaroba. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. Tetap sehat dan tetap semangaaaat~

1 komentar untuk "Hati-hati, Ini Dia Penyebab Imun Tubuh Menurun!"

  1. Nah, yang paling berpengaruh ke penurunan imun itu musim pancaroba atau terus berubah-ubah, banyak banget yang demam karena musim dingin gitu. Jadi banyak yang mudah sakit juga, oleh karena itu penting sekarang untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

    BalasHapus