Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang harus dipikirkan sebelum membeli kompor gas?

Kompor Gas adalah salah satu komponen masak yang wajib ada di dapur. Sejak minyak tanah sulit didapat dan mengalami kenaikan harga, para ibu rumah tangga mulai beralih dari kompor minyak ke kompor gas. Apalagi sejak tabung gas 3kg hadir, menggunakan gas untuk memasak jadi terasa lebih hemat.

Nggak diragukan lagi deh, kegiatan masak Buibu semua pasti bergantung dengan kompor gas juga, yaaa. Oleh karena itu, nggak boleh sembarangan saat membeli kompor gas. Pasti pengennya punya kompor gas yang aman, awet dan tahan lama kan?

Nggak cuma itu aja, kompor gas jaman sekarang punya banyak pilihan model, harga, warna dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Eh tapi jangan sembarangan saat memilih kompor gas, ya! Pastikan kompor gas yang kita beli terjamin aman digunakan.

Sebelum membeli kompor gas, simak dulu yuk beberapa tips dibawah ini!

Tips membeli kompor gas

kompor gas 2 tungku

Sesuaikan dengan ukuran dapur yang dimiliki


Buibu bisa banget nih, ukur dulu tempat kompor gas dirumah agar bisa disesuaikan dengan kompor gas yang ingin dibeli. Jangan sampai kompor gas yang kita beli terlalu besar dan memakan banyak tempat di dapur. Ingat juga kenyamanan memasak saat membeli kompor gas yang dibutuhkan, ya.

Pilihlah sesuai kebutuhan


Buibu tipe yang suka masak banyak setiap hari? Atau cukup yang satu hingga dua menu makanan aja setiap hari? 

Untuk yang biasa masak banyak atau masak untuk jualan, bisa banget dipertimbangkan untuk membeli kompor gas 4 tungku. Tapi kompor gas 2 tungku juga cukup untuk masak sehari-hari, ya. Untuk yang tinggal sendirian seperti anak kost, bisa memilih kompor gas 1 tungku yang lebih simpel dan tidak terlalu makan tempat di area dapur yang tidak luas.

Untuk yang memilih Kompor Gas 2 Tungku atau lebih, perhatikan juga jarak antar tungkunya, ya. Pastikan jaraknya cukup untuk memasak menggunakan panci atau wajan berukuran besar yang biasa kita gunakan untuk masak dirumah.

Perhatikan material kompor gas yang dibeli


Supaya kompor gas awet dan tahan lama, pilihkah kompor gas dari bahan stainless steel. Karena bahan stainless steel membuat kompor gas kokoh dan tidak mudah berkarat.

Perhatikan juga bahan burner atau tempat keluarnya api pada kompor gas. Burner yang terbuat dari bahan kuningan lebih cepat menyebarkan panas secara maksimal. Sehingga masakan jadi lebih cepat matang dan lebih hemat dalam penggunaan gas. 

Perhatikan keamanan kompor gas


Memilih kompor untuk memasak memang harus hati-hati nih Buibu. Ngeri kan kalo ternyata kompor gas yang kita beli tidak memenuhi standar dan bisa menyebabkan kebakaran saat digunakan. Oleh karena itu, pastikan memilih kompor gas yang telah berstandar SNI. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tapi perhatikan juga standar keamanannya, ya.

Pastikan membeli di toko resmi


Buibu juga harus memperhatikan tempat membel kompor gas nih. Terutama di era digital saat ini, dimana berbelanja online terasa lebih mudah dan praktis. Pastikan toko online tempat kita memesan kompor gas, merupakan official store dan toko online yang dipercaya.

Perhatikan juga garansi produknya. Usahakan membeli kompor gas pada toko online atau offline yang memberikan garansi produk. Sekali lagi, jangan hanya mementingkan harga termurah ya Buibu, karena keamanan nomer 1!

Nah, itu dia 5 tips membeli kompor gas. Perhatikan kelima hal diatas sebelum membeli kompor gas yang akan menjadi sahabat kita ketika memasak di dapur, Buibu!

Jangan lupa juga memperhatikan keamanan pemasangan selang ke kompor dan tabung gas. Pastikan gasnya tidak bocor sebelum apinya dinyalakan, ya. Stay safe and happy cooking ya Moms!

1 komentar untuk "Apa yang harus dipikirkan sebelum membeli kompor gas?"

  1. Wah mantep ini, apalagi jarang ada kompor gas yang bagus seringnya kecewa kalau sudah beli, jadi harus pintar-pintar memilih, nih. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus