Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepedulian Sinar Mas dalam Penanganan Pandemi COVID-19

Sejak diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020. Tahun ini pandemi memasuki tahun kedua dan berdampak besar pada negara kita. Tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, pandemi ini juga berdampak sangat besar untuk perekonomian Indonesia.

Dibutuhkan kolaborasi dari banyak pihak supaya Indonesia bisa segera keluar dari pandemi ini. Tidak hanya dari pemerintah namun juga dari semua lapisan masyarakat Indonesia. Semuanya harus bergerak bersama agar pandemi dapat segera diatasi.

Beberapa bulan yang lalu, Indonesia kembali menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19, mutasi virus ini membuat adanya kenaikan pasien positif yang sangat signifikan. PPKM kembali diberlakukan, banyak sektor perekonomian terkena dampaknya hingga banyak pekerja yang harus menghadapi ancaman PHK.

Prokes semakin diperketat, tidak hanya 3M namun kini telah menjadi 5M. Mulai dari memakai masker 2 rangkap, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumumanan dan mengurangi mobilitas.

Pemerintah yang dibantu oleh berbagai pihak juga semakin gencar untuk menggalakkan vaksinasi supaya segera tercipta immunity herd di Indonesia. Walaupun yang telah menerima vaksin masih bisa tertular virus COVID-19, namun vaksinasi juga terbukti efektif mencegah virus, mengurangi keparahan penyakit dan tingkat kematian akibat COVID-19.

Taat prokes dan juga vaksinasi menjadi 2 hal penting yang menjadi ujung tombak penanganan COVID-19 di Indonesia.

Oleh karena itu pemerintah membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah juga membutuhkan banyak dukungan dari pihak swasta untuk penanggulangan pandemi ini.

Sinar Mas Turut Serta dalam Penanggulangan COVID-19

Sinar Mas salah satu perusahaan terbesar di Indonesia turut serta bergerak cepat turun ke masyarakat dengan berbagai program dan bantuan yang disalurkan melalui pilar-pilar usahanya. 

Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan Sinar Mas

Sinar Mas bekerja sama dengan pemerintah menghadirkan program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawannya. Pada pelaksanaan perdana vaksin Gotong Royong ini, anak perusahaan Sinar Mas yaitu Sinar Mas Agribusiness and Food telah melakukan vaksin kepada hampir 600 karyawan, dan secara bertahap mencapai lebih dari 3.000 karyawan.

PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk yang juga berada di bawah naungan APP Sinar Mas juga telah memvaksin 4.000 karyawannya.

Vaksinasi kepada para karyawan Sinar Mas Grup ini diadakan di Bekasi dan Tangerang Selatan dengan difasilitasi oleh Tzu Chi Hospital dengan keterlibatan klinik Pratama Simas Sehat, Eka Hospital dan SehatQ.

Vaksinasi bersama Kanisius

Baru-baru ini Sinar mas bersama organisasi Nirlaba Eka Tjipta Foundation (ETF) bekerja sama dengan alumni Kolese Kanisius menyelenggarakan vaksinasi massal yang bertajuk Vaksinasi Kanisius pada tanggak 5-18 Juli 2021 lalu. Tidak hanya berhenti sampai disitu, Vaksinasi Kanisius ini kembali digelar di awal Agustus 2021.

Vaksinasi Kedua yang digelar oleh Alumni Kanisius Menteng 64 dan Eka Tjipta Foundation ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center. Vaksinasi kedua yang dilaksanakan hingga pertengahan Agustus ini menjangkau lebih dari 57ribu orang.

Bapak Hong Tjhin sebagai Wakil Ketua Umum ETF mengatakan bahwa Vaksinasi Kanisius merupakan salah satu upaya memperluas jangkauan vaksinasi kepada masyarakat di luar lingkup internal Sinar Mas.

Vaksin Kanisius menggunakan vaksin Sinovac dan pelaksanaannya dibantu dengan beberapa perusahaan seperti PT Combiphar, PT Petrosea dan PT Prosehat.

Bantuan Oksigen

Lewat pilar usaha Sinar Mas yaitu Asia Pulp & Paper (APP), Sinar Mas juga ikut dalam pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton. Dengan kapasitas tersebut setidaknya 1 juta tabung oksigen dengan volume 1 meter kubik mampu untuk diisi tiap bulannya.

Nggak hanya itu aja, Sinar Mas juga bekerjasama dengan Yayasan Temasek, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura bersama engan 14 perusahaan lain asal Indonesia dan Singapura untuk mendonasikan bantuan Oxygen Concentrator sebanyak 11.000 OC.

Bantuan OC ini ditujukan kepada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Tanah Air.

Gerakan Pengusaha Peduli NKRI

Selain itu, Sinar Mas juga mempelopori gerakan Pengusaha Peduli NKRI suatu donasi lintas sektor Industri yang berada dalam naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang kemudian disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Total donasi bahkan telah melampaui target awal yang dicanangkan hingga mencapai lebih dari 650 miliar.

Sinar Mas juga menggandeng Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) untuk berpartisipasi memberikan bantuan alat kesehatan berupa masker N95, masker bedah dan juga disinfectant wipes.

Pengusaha Peduli NKRI juga memberikan perhatian kepada masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM Darurat. Dnegan menggandeng Yayasan Buddha Tzu Chi Indoensia, gerakan lintas Industri menghasilkan donasi pengadaan 35.000 ton beras untuk 7 juta keluarga yang penyalurannya mulai dilakukan pada akhir Juli di Tzu Chi Center PIK Jakarta Utara.

Selain beras, terdapat juga bantuan pengadaan konsentrator oksigen, penyaluran obat-obatan seperti Gammaraas, Remdesivir serta Actemra untuk pasien COVID-19 dan dukungan penyelenggaraan sentra vaksinasi bersama.

Beberapa perusahaan yang tergabung dalam donasi adalan Sinar Mas, Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putera Sampoerna Foundation, PT Samudra Marine Indonesia, PT Sampoerna Agro Tbk., Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo, Farmasi Sido Muncul Tbk dan Permata Hijau Group.

Penyaluran bantuan ini akan dilakukan dengan melibatkan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di berbagai wilayah dengan dukungan aparat TNI-Polri.

Sinar Mas menyadari bahwa dibutuhkan banyak hal, beragam upaya oleh seluruh elemen masyarakat untuk membantu menekan penyebaran virus COVID-19 ini. Sinar Mas tidak akan pernah lelah untuk terus berbagi dan berjuang bersama melawan pandemi COVID-19. Sinar Mas juga berharap semoga kepedulian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Memang nggak dipungkiri lagi ya bahwa untuk bisa segera keluar dari pusaran badai COVID-19 ini dibutuhkan banyak sekali tangan untuk bahu membahu saling membantu agar kita bisa segera pulih dan bangkit kembali dari cobaan yang telah menimpa Indonesia setahun kebelakang ini.

Bersyukur sekali melihat banyaknya perusahaan turut serta bahu membahu untuk penanganan pandemi. Terima kasih untuk Sinar Mas dan semua perusahaan yang telah tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI.

Semoga semua yang telah dilakukan oleh Sinar Mas dan Pengusaha Peduli NKRI bisa menginspirasi lebih banyak lagi pengusaha lainnya untuk turut serta bahu membahu membantu pemerintah menangani musibah pandemi ini.

Begitu juga dengan seluruh lapisan masyarakat, semoga bisa lebih patuh akan prokes dan segera melakukan vaksinasi. Semoga segera muncul pelangi setelah badai yang menimpa negara kita setahun terakhir ini yaaa. Aamiin. Tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatan ya semuanyaaaaaaaaa~

25 komentar untuk " Kepedulian Sinar Mas dalam Penanganan Pandemi COVID-19"

  1. Bener banget, pandemi sudah sangat meresahkan sekarang apalagi PPKM terus diperpanjang, hemm dengan kondisi ini cuma bisa berharap ada bantuan kayak gini, nih. Sinar Mas memberikan gas oksigen dan mendukung program vaksinasi. The best banget, udah berperan dalam melawan pandemi sukses terus

    BalasHapus
  2. Lengkap sekali ya apa yang dilakukan Sinar Mas terkait penanganan pandemi covid-19 ini. Sungguh patut diapreasiasi dan diikuti pihak lainnya

    BalasHapus
  3. Wah ini semacam perkumpulan pengusaha gitu ya jadi bantuannya sekalian banyak. Alhamdulillah deh banyak pihak swasta yang turut menanggulangi menuntaskan pandemi ini

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Senang rasanya kalau melihat perusahaan besar ikut turun membantu di masa pandemi ini. Kemarin sempat kewalahan perihal oksigen kan mam, merinding saat grup2 banyak yang cari oksigen... Semoga ngga ada kejadian seperti itu lagi. Dan semoga Sinarmas bisa membantu vaksinasi penduduk di pedalaman ya.

    BalasHapus
  5. Ya Allah, semoga makin banyak perusahaan besar yang bisa peduli pada mereka yang terdampak covid, macam sinarmas ini. Dan semoga program macam ini tidak berhenti ketika pandemik berakhir

    BalasHapus
  6. keren sangat saling support ya mba, dari oksigen hingga pemberian bantuan vaksin dan beras. terasa sekali pandemi ini memang menghantam semua usaha ya mba

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah gelombang kedua mulai terlewati. Semoga jangan ada gelombang lagi. Mengatasi pandemi memang butuh peran bersama. Semoga semakin banyak yang melakukan langkah seperti Sinar Mas

    BalasHapus
  8. Aamiin. Sedih kalo mengingat pas gelombang kedua masa pandemi bulan lalu tuh bener2 bikin syok yaa, RS pada penuh dan kehabisan oksigen dimana-mana. Kepedulian Sinar Mas ini bener2 membantu banget yaa. Smoga langkahnya diikutin oleh perusahaan2 lainnya. Berkah dan sukses selalu buat Sinar Mas.

    BalasHapus
  9. Agus anget support sinar Mas yah. Apalagi bantuan oksigen itu di saat masa sedang landmei dan banyak yang sulit mendapatkannya. Maju terus ya sinar Mas. Terima kasih atas bantuannya. Semoga barokah. Aamiin

    BalasHapus
  10. Sekian waktu Pandemi ini semoga segera berakhir . Untuk itu dibutuhkan kontribusi bersama saling membantu agar bisa segera pulih dan bangkit kembali. Bukan hanya tugas pemerintahan tapi masyarakat dan swasta pun memiliki peran dan andil dlm mengatasi pandemi ini

    BalasHapus
  11. senang banget mengetahui kepedulian Sinar Mas dalam penanganan pandemi COVID-19 ini, ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan ya mbak

    BalasHapus
  12. Bagus banget programnya Sinar Mas tepat sasaran membantu masyarakat yang sedang kesulitan di masa pandemi.. Semoga banyak ditiru perusahaan lain ya..

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya ada vaksinasi buat karyawan Sinar Mas dan bantuan alkes, sembako, sampai tabung oksigen segala. Salut aku mbak buat perusahaan yang begini

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, ribuan karyawan Sinar Mas sudah divaksin, ya. Semoga herd immunity di Indonesia segera tercapai. Aku setuju, bahwa menghadapi pandemi ini kita butuh banyak sekali uluran tangan seperti bantuan yang diberikan oleh Sinar Mas dan perusahaan-perusahaan lainnya yang terlibat dalam program donasi ini. Semoga bisa menjadi teladan bagi pihak-pihak lain. Semangat, pandemi segera berakhir Insya Allah.

    BalasHapus
  15. Harus lebih banyak perushaan yang menunjukan kepeduliannya kayak gini. Salut banget ama sinar mas atas kepeduliannya. Semofga pandemi segera berlalu

    BalasHapus
  16. Keren banget nih kepedulian Sinar Mas dalam membantu masyarakat. Semoga makin banyak yang mengikuti ya

    BalasHapus
  17. Patut diacungi jempol nih program dari Sinar Mas. Karena untuk melawan pandemi butuh uluran tangan dari berbagai pihak.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya mbak, seneng banget baca artikelnya, karena di masa pandemi ini perusahaan besar seperti Sinar Mas, menginisiasi bantuan penanggulangan covid 19. Banyak banget ya dana yang terkumpul dan disalurkan 650 miliar. Beneran bisa membantu masyarakat di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  19. Sepakat mbak, kita memang nggak bisa mengandalkan pemerintah saja dalam penanganan pandemi dengan segala dampaknya ini, butuh kolaborasi berbagai pihak, termasuk pengusaha. Salut pada Sinar Mas yang sudah banyak memberikan bantuan pada masyarakat di masa pandemi ini

    BalasHapus
  20. Keren banget sinarmas membantu sampe segini giatnya. Smg keadaan cepat pulih n dg begini kt bs belajar untuk tra taat prokes

    BalasHapus
  21. memaang banyak yang membutuhkan pertolongan saat pandemi gini ya mak. sinar mas sangat konsisten dari awal, mulai dari bantuan apd, oksigen sampai bantuan sembako juga terus dilakukan ya mak. ternyata kepedulian sinar mas terus -menerus hingga bermanfaat buat banyak orang

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah ikut senang dengan bantuan dari Sinar Mas ini... Semoga makin banyak masyarakat yang bisa dbantu mengingat dampak pandemi luar biasa ya...

    BalasHapus
  23. Kalau semua pihak bekerjasama dengan baik, yakin kondisi Indonesia akan lebih baik dan lebih baik lagi. Banyak orang terbantu dan tertolong di masa pandemi.
    Semoga semakin banyak perusahaan yang mengambil kebijakan seperti Sinar Mas ini.

    BalasHapus
  24. Masya Allah, banyak banget bantuan dari Sinarmas dan para pengusaha di Indonesia. Vaksinasi, tabung oksigen, obat-obatan, sampai beras. Semoga bantuan ini bisa mempercepat pulihnya Indonesia dari pandemi.

    BalasHapus
  25. Sinar Mas ini lumayan aktif dalam kegiatan kemanusiaan ya mba, aku sering lihat Sinar Mas terlibat di berbagai kegiatan sosial. Menginspirasi sekali

    BalasHapus