Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepedulian Sinar Mas dalam Penanganan Pandemi COVID-19

Sejak diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020. Tahun ini pandemi memasuki tahun kedua dan berdampak besar pada negara kita. Tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, pandemi ini juga berdampak sangat besar untuk perekonomian Indonesia.

Dibutuhkan kolaborasi dari banyak pihak supaya Indonesia bisa segera keluar dari pandemi ini. Tidak hanya dari pemerintah namun juga dari semua lapisan masyarakat Indonesia. Semuanya harus bergerak bersama agar pandemi dapat segera diatasi.

Beberapa bulan yang lalu, Indonesia kembali menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19, mutasi virus ini membuat adanya kenaikan pasien positif yang sangat signifikan. PPKM kembali diberlakukan, banyak sektor perekonomian terkena dampaknya hingga banyak pekerja yang harus menghadapi ancaman PHK.

Prokes semakin diperketat, tidak hanya 3M namun kini telah menjadi 5M. Mulai dari memakai masker 2 rangkap, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumumanan dan mengurangi mobilitas.

Pemerintah yang dibantu oleh berbagai pihak juga semakin gencar untuk menggalakkan vaksinasi supaya segera tercipta immunity herd di Indonesia. Walaupun yang telah menerima vaksin masih bisa tertular virus COVID-19, namun vaksinasi juga terbukti efektif mencegah virus, mengurangi keparahan penyakit dan tingkat kematian akibat COVID-19.

Taat prokes dan juga vaksinasi menjadi 2 hal penting yang menjadi ujung tombak penanganan COVID-19 di Indonesia.

Oleh karena itu pemerintah membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah juga membutuhkan banyak dukungan dari pihak swasta untuk penanggulangan pandemi ini.

Sinar Mas Turut Serta dalam Penanggulangan COVID-19

Sinar Mas salah satu perusahaan terbesar di Indonesia turut serta bergerak cepat turun ke masyarakat dengan berbagai program dan bantuan yang disalurkan melalui pilar-pilar usahanya. 

Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan Sinar Mas

Sinar Mas bekerja sama dengan pemerintah menghadirkan program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawannya. Pada pelaksanaan perdana vaksin Gotong Royong ini, anak perusahaan Sinar Mas yaitu Sinar Mas Agribusiness and Food telah melakukan vaksin kepada hampir 600 karyawan, dan secara bertahap mencapai lebih dari 3.000 karyawan.

PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk yang juga berada di bawah naungan APP Sinar Mas juga telah memvaksin 4.000 karyawannya.

Vaksinasi kepada para karyawan Sinar Mas Grup ini diadakan di Bekasi dan Tangerang Selatan dengan difasilitasi oleh Tzu Chi Hospital dengan keterlibatan klinik Pratama Simas Sehat, Eka Hospital dan SehatQ.

Vaksinasi bersama Kanisius

Baru-baru ini Sinar mas bersama organisasi Nirlaba Eka Tjipta Foundation (ETF) bekerja sama dengan alumni Kolese Kanisius menyelenggarakan vaksinasi massal yang bertajuk Vaksinasi Kanisius pada tanggak 5-18 Juli 2021 lalu. Tidak hanya berhenti sampai disitu, Vaksinasi Kanisius ini kembali digelar di awal Agustus 2021.

Vaksinasi Kedua yang digelar oleh Alumni Kanisius Menteng 64 dan Eka Tjipta Foundation ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center. Vaksinasi kedua yang dilaksanakan hingga pertengahan Agustus ini menjangkau lebih dari 57ribu orang.

Bapak Hong Tjhin sebagai Wakil Ketua Umum ETF mengatakan bahwa Vaksinasi Kanisius merupakan salah satu upaya memperluas jangkauan vaksinasi kepada masyarakat di luar lingkup internal Sinar Mas.

Vaksin Kanisius menggunakan vaksin Sinovac dan pelaksanaannya dibantu dengan beberapa perusahaan seperti PT Combiphar, PT Petrosea dan PT Prosehat.

Bantuan Oksigen

Lewat pilar usaha Sinar Mas yaitu Asia Pulp & Paper (APP), Sinar Mas juga ikut dalam pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton. Dengan kapasitas tersebut setidaknya 1 juta tabung oksigen dengan volume 1 meter kubik mampu untuk diisi tiap bulannya.

Nggak hanya itu aja, Sinar Mas juga bekerjasama dengan Yayasan Temasek, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura bersama engan 14 perusahaan lain asal Indonesia dan Singapura untuk mendonasikan bantuan Oxygen Concentrator sebanyak 11.000 OC.

Bantuan OC ini ditujukan kepada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Tanah Air.

Gerakan Pengusaha Peduli NKRI

Selain itu, Sinar Mas juga mempelopori gerakan Pengusaha Peduli NKRI suatu donasi lintas sektor Industri yang berada dalam naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang kemudian disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Total donasi bahkan telah melampaui target awal yang dicanangkan hingga mencapai lebih dari 650 miliar.

Sinar Mas juga menggandeng Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) untuk berpartisipasi memberikan bantuan alat kesehatan berupa masker N95, masker bedah dan juga disinfectant wipes.

Pengusaha Peduli NKRI juga memberikan perhatian kepada masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM Darurat. Dnegan menggandeng Yayasan Buddha Tzu Chi Indoensia, gerakan lintas Industri menghasilkan donasi pengadaan 35.000 ton beras untuk 7 juta keluarga yang penyalurannya mulai dilakukan pada akhir Juli di Tzu Chi Center PIK Jakarta Utara.

Selain beras, terdapat juga bantuan pengadaan konsentrator oksigen, penyaluran obat-obatan seperti Gammaraas, Remdesivir serta Actemra untuk pasien COVID-19 dan dukungan penyelenggaraan sentra vaksinasi bersama.

Beberapa perusahaan yang tergabung dalam donasi adalan Sinar Mas, Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putera Sampoerna Foundation, PT Samudra Marine Indonesia, PT Sampoerna Agro Tbk., Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo, Farmasi Sido Muncul Tbk dan Permata Hijau Group.

Penyaluran bantuan ini akan dilakukan dengan melibatkan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di berbagai wilayah dengan dukungan aparat TNI-Polri.

Sinar Mas menyadari bahwa dibutuhkan banyak hal, beragam upaya oleh seluruh elemen masyarakat untuk membantu menekan penyebaran virus COVID-19 ini. Sinar Mas tidak akan pernah lelah untuk terus berbagi dan berjuang bersama melawan pandemi COVID-19. Sinar Mas juga berharap semoga kepedulian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Memang nggak dipungkiri lagi ya bahwa untuk bisa segera keluar dari pusaran badai COVID-19 ini dibutuhkan banyak sekali tangan untuk bahu membahu saling membantu agar kita bisa segera pulih dan bangkit kembali dari cobaan yang telah menimpa Indonesia setahun kebelakang ini.

Bersyukur sekali melihat banyaknya perusahaan turut serta bahu membahu untuk penanganan pandemi. Terima kasih untuk Sinar Mas dan semua perusahaan yang telah tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI.

Semoga semua yang telah dilakukan oleh Sinar Mas dan Pengusaha Peduli NKRI bisa menginspirasi lebih banyak lagi pengusaha lainnya untuk turut serta bahu membahu membantu pemerintah menangani musibah pandemi ini.

Begitu juga dengan seluruh lapisan masyarakat, semoga bisa lebih patuh akan prokes dan segera melakukan vaksinasi. Semoga segera muncul pelangi setelah badai yang menimpa negara kita setahun terakhir ini yaaa. Aamiin. Tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatan ya semuanyaaaaaaaaa~

Posting Komentar untuk " Kepedulian Sinar Mas dalam Penanganan Pandemi COVID-19"