Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frisian Flag Kini Hadir dengan Logo Pilihan Lebih Sehat, Asupan Sehat untuk Investasi Kesehatan Masa Depan

Siapa disini yang jadi tim buibu yang suka lama pas belanja bulanan karena teliti banget milihin produk pangan terbaik untuk keluarga dirumah?

Sebagai seorang ibu, tentunya kita memiliki kewajiban untuk produk-produk pangan terbaik untuk anak-anak dan keluarga kita tercinta. Makanya, nggak salah banget sih kalo kadang kita suka ngabisin waktu berlama-lama di sebuah supermarket dengan sebuah produk di tangan sambil mikirin kandungan produk tersebut sebelum kita memutuskan untuk memberikan produk tersebut

Nah, Buibu dah tau belom apa aja sih yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk pangan?

Pas banget, pembahasan ini kemarin dibahas dalam webinar Frisian Flag dengan tema "Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan"


Webinar ini diselenggarakan secara virtual dengan mengundang para mom blogger dari Mom Blogger Community. Alhamdulillah banget nih Mama Dian bisa ikut serta dalam webinar ini, jadi makin aware deh tentang apa-apa aja sih yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk pangan.


Yang harus diperhatikan sebelum memilih sebuah produk pangan untuk keluarga


Pada webinar ini, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes (Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM) sudah hadir untuk memberikan penjelasan lengkap mengenai acuan-acuan sebuah produk pangan yang baik dikonsumsi.


Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia ini sudah menentukan tentang acuan informasi sebuah produk yang harus dicantumkan pada produk-produk pangan dibawah ijin edar BPOM.

Informasi Nilai Gizi



Ini dia salah satu keterangan yang biasanya kita perhatikan dalam sebuah produk pangan, Informasi Nilai Gizi. Pada tabel yang biasanya berdekatan dengan keterangan komposisi ini, kita akan melihat informasi nilai gizi dalam kandungan prodk tersebut. Mulai dari takaran saji, kandungan lemak, protein, gula, garam, dan juga kandungan vitaminnya.

Perhatikan takaran saji dalam kemasan, pastikan jumlah yang kita konsumsi dalam sehari tidak melebihi takaran saji yang disarankan, ya. Karena Informasi Nilai Gizi ini, dibuat sesuai dengan takaran sajinya. Untuk kemasan produk pangan yang besar, biasanya takaran sajinya untuk sekali konsumsi biasanya kurang dari setengah kemasan tersebut,

Selanjutnya perhatikan kandungan gula dan garam dalam produk tersebut. Pastikan kandungannya tidak melebihi standar batas konsumsi harian kita, untuk gula yaitu 50g per hari, sedangkan untuk garam yaitu 5g atau 2000mg natrium per hari.


Selain itu juga terdapat Informasi Nilai Gizi pokok yang biasanya terdapat pada bagian depan sebuah produk. Nah lewat tabel kecil ini, kita jadi bisa lebih fokus saat mau melihat kandungan gula, garam, lemak dan energi pada sebuah produk.

Dengan memperhatikan secara cermat informasi nilai gizi dalam sebua produk pangan yang kita beli, kida dapat melihat seberapa besar kontribusi produk pangan tersebut untuk pemenuhan gizi kita dan anggota keluarga.

Logo Pilihan Lebih Sehat


Nah buat Buibu yang belum tau nih, BPOM sudah mengeluarkan logo Pilihan Lebih Sehat untuk menginformasikan sebuah produk merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan produk sejenisnya. 

Ini dia Logo Pilihan Lebih Sehat yang akan dicantumkan di bagian depan sebuah produk yang merupakan produk pilihan yang lebih sehat dibandingkan produk sejenisnya:


Logo Pilihan Lebih Sehat ini diharapkan dapat memudahkan para konsumen khususnya kita nih para Ibu-Ibu dalam memih produk pangan olahan didasarkan pada kandungan gizinya.

Saat ini pencantuman logo Pilihan Lebih Baik ini secara bertahap diterapkan berdasarkan profil gizi pangan olahan untuk produk pangan minuman siap konsumsi yang tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan Pemanis  dan juga pasta serta mie instan.

Produk minuman kemasan siap konsumsi yang telah memiliki logo ini pada kemasannya berarti memiliki kandungan gula yang aman konsumsi atau maksimal 6 gr per 100 ml.

Dengan adanya logo ini, pastinya jadi lebih mudah ya Buibu dalam menentukan produk pangan yang akan kita berikan kepada keluarga tercinta.

Jadi mulai sekarang jangan pernah lupa untuk cek-cek informasi pada sebuah produk pangan yang akan kita beli. Nggak cuma informasi nilai gizi aja nih yang penting, tapi juga perhatikan keterangan komposisi, izin edar dan juga tanggal kadaluarsa produk tersebut yaaa!

Mindful Consumption untuk Solusi Lebih Cermat Asupan Lebih Sehat



Selanjutnya hadir Kak Seala Septiani, S. Gz, M.Gizi seorang Nutrisionis yang menjelaskan tentang konsep Mindful Consumption.

Udah pernah denger tentang mindful consumption belom nih? 


Mindful Consumption ini merupakan kesadaran penuh kita saat memilih sebuah produk tentang manfaat dan dampaknya untuk diri kita sendiri, masyarakat luas, dan juga alam sekitar. Seperti, apa sih dampak konsumsi kita terhadap orang lain, keluarga, komunitas, lingkungan sekitar dan juga generasi yang akan datang.


Dalam Mindful Consumption terhadap diri sendiiri, dikenal juga dengan konsep Mindful Eating dimana kita harus fokus dan sadar penuh terhadap makanan yang kita makan di depan kita, mulai dari rasanya, teksturnya, bentuknya serta warnanya, dan menghadirkan diri kita penuh didepan makanan yang kita makan. 

Untuk konsep Mindful Eating ini, tentunya kita harus memahami juga tentang kebutuhan makan harian gizi seimbang untuk tubuh kita.

Pedoman makan harian gizi seimbang ini tentu saja piramida makanan seperti gambar diatas. Dah lumayan paham juga pasti yaaa Buibu.

Mulai dari bagian piramida terbawah yaitu karbohidrat, protein nabati dan serat lewat sayur dan buat, kemudian protein hewani dengan telur, daging ayam, daging sapi dan ikan termasuk juga susu. Kemudian di piramida teratas adalah pengingat batas konsumsi gula, garam dan minyak harian kita. Nggak lupa juga untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari, ya.


Selanjutnya adalah memperhatikan kandungan dari produk yang akan kita konsumsi. Mulai dari memperhatikan informasi nilai gizi, label / klain produk, peruntukan usia, serta cara dan jumlah konsumsi yang disarankan.

Dengan konsep mindful consumption ini, kita akan lebih aware saat memilih dan mengkonsumsi sebuah produk. Jadi nggak boleh asal pilih lagi, tapi benar-benar harus cermat memikirkan dampak produk tersebut untuk lingkungan dan masyarakat, serta untuk diri kita sendiri dengan memperhatikan kandungan gizi produk untuk memnuhi asupan kebutuhan gizi kita.

Frisian Flag kini hadir dengan Logo Pilihan Lebih Sehat


Buibu pasti udah paham banget kalo susu memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain sebagai sumber kalsium, protein dan mineral yang baik untuk tubuh, susu juga memiliki banyak manfaat lain loh.

Manfaat susu lainnya adalah melancarkan pencernaan, membuat tubuh tetap terhidrasi, menguatkan tulang dan gigi, menetralisir racun, mengurangi stress dan depresi, membantu perbaikan jaringan sel yang rusak serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Mama Dian sih emang selalu sedia stok susu kesayangan yaitu Abang (9th) dirumah yaitu Frisian Flag, untuk konsumsi susu hariannya. 


Selanjutnya hadir Bapak Andrew F. Saputro (Coooperate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia) yang ngasih kabar menggembirakan banget nih tentang produk susu favoritnya Abang~
 

Sekarang, produk Frisian Flag Purefarm sudah memiliki logo Pilihan Lebih Sehat pada kemasannya, yang berarti kandungan produknya sesuai dan aman serta baik dikonsumsi dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. 

Wah, ikutan happy banget nih dengernya! Pas banget karena Frisian Flag Purefarm varian Coconut Delight dan Ketan Hitam jadi favorit mama Dian banget! Hihi.

Sesuai dengan tagline Frisian Flag Company yaitu Nourish by Nature. Selain telah memiliki logo pilihan lebih sehat pada kemasannya, Frisian Flag kini juga menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan, penggunaan sedotan kertas juga sudah mulai diterapkan pada produk susu kemasan lowfat.

Wah selain jadi pilihan susu dalam kemasan yang lebih sehat, Frisian Flag juga kini telah mulai menggunakan kemasan ramah lingkungan! Super happy banget ya denger kabar iniiii.

Jadi Buibu, nggak boleh lupa nih untuk memastikan dan mengecek informasi yang terkandung pada kemasan produk pangan sebelum membelinya dan memberikannya kepada keluarga kita tercinta di rumah.

Untuk produk susu dalam kemasan, nggak usah ragu lagi memilih susu Frisian Flag Purefarm untuk dikonsumsi keluarga di rumah, karena udah dijamin dengan logo "Pilihan Lebih Sehat" nih!

Yuk berikan yang terbaik untuk keluarga tercinta dengan memperhatikan kandungan gizi di dalam sebuah produk untuk dapat memenuhi asupan kebutuhan gizi harian mereka yaaaa💙💚

22 komentar untuk "Frisian Flag Kini Hadir dengan Logo Pilihan Lebih Sehat, Asupan Sehat untuk Investasi Kesehatan Masa Depan"

  1. Kalau ada logo dan juga informasi yang membantu kita tau bahwa produk ini lebih sehat akan sangat membantu yaa mba

    BalasHapus
  2. Jadi ingat saya jaman kecil dulu minumnya Susu Bendera alias Frisian Flag ini, tapi dalam bentuk bubuk.
    Sekarang anak2 saya pun minum, tapi susu cairnya.
    Dengan label Pilihan Lebih Sehat. makin yakin deh saya pilihin susu ini buat anak.

    BalasHapus
  3. Kalau mau beli susu sekarang gak perlu khawatir ya..tinggal cek logo centang hijaunya ya..Udah terjamin kualitas dan nutrisinya..Bisa buat menu habis buka nih...

    BalasHapus
  4. Baru Ngeh kalo ada logo sehatnyaa, baru kemaren sore beli buat bikin puding. Bhuaaa kurang teliti deeh sebagai customer. Tapi yang jelas jadi lebih tahu dan percaya kalo frisian flag kaya akan protein, kalsium dan posfor.

    BalasHapus
  5. Dengan logo "pilihan lebih sehat" kita jadinya makin aware ya mana brand makanan/minuman yang memang benar-benar memperhatikan nutrisi di dalam produknya.

    BalasHapus
  6. Membaca informasi nilai gizi dalam kemasan memang penting banget ya, supaya kita nggak salah pilih produk pangan dalam kemasan. Kini dengan adanya logo pilihan lebih sehat, bisa menghemat waktu membaca informasi nilai gizi, cukup lihat tanda centang hijau aja

    BalasHapus
  7. Nah, enak nih kalau mau beli sekarang tinggal cek logo ceklist berwarna hijau ya. Auto aman kalau begini.

    Bener banget konsumsi harian pun harus diperhatikan kandungan gula dan garamnya agar tidak melebihi standar yang ditetapkan.

    Salam manis Febrianty

    BalasHapus
  8. Iyaa yaa seringkali lupa ngecek informasi produk di kemasan mengandung apa aja. Lain kali kudu lebih teliti. Aku biasanya sedia susu cair gini buat makan sama sereal.

    BalasHapus
  9. Frisian Flag sudah ditempeli logo Lebih Baik dari BPOM ya jadi mengonsumsi susunya lebih tenang dan yakin..

    BalasHapus
  10. Asyik nih frisian flag ada logo pilihan lebih sehat. Anakku paling suka yang taro, ketan hitam, dan caramel. Lho, kok banyak?

    BalasHapus
  11. Seneng banget sekarang makin banyak produsen makanan yang peduli pada kesehatan konsumennya,khususnya anak-anak, seperti Frisian Flag ini salah satunya ya?
    Jd sekarang selain lihat kadaluwarsa kalau beli susu2 gtu juga sekalian ada logo pilihan sehatnya atau gak hehe

    BalasHapus
  12. Aku juga suka baca nilai gizi, kandungan nya apa aja. Tapi sering nya sih lihat tanggal ED aja. Nah sejak logo Pilihan lebih sehat gencar diinformasikan, tambah lagi deh ceki2 nya

    BalasHapus
  13. Enaknya minum susu Frisian Flag ini, bikin tambah bugar gitu, dan rasanya segeeer ... aku biasanya 'nyopet' pjnya anak anak dikit buat kopi hihihi

    BalasHapus
  14. Selalu sedia susu uht Frisian flag mba di lemari es tambah Aman ini klo Ada logo yg baru.. anakku paling suka rasa vanilla..

    Dan Suka Aku pake buat tambahan juga klau buat kue

    BalasHapus
  15. Jadi sekarang, semua produk ada logo sehatnya yaaa jadi kita ga perlu bingung pilah pilih produk lihat dari komposisi ya?

    BalasHapus
  16. Senang tuh karena sekarang informasi bisa darimana saja
    apalagi jika langsung dari pakarnya
    Saya juga suka susu Frisian Flag Full Cream ini

    BalasHapus
  17. Asliii baru tau aku tentang logo pilihan lebi sehat, besok-besok klo belanja bulanan, nambah deh yang harus aku perhatiin saat milih makanan dan minuman

    BalasHapus
  18. aku juga minum uht frisian flag ini. kalau pakai yang modelan begini jadi paham bagaimana gizi dll pas saat konsumsi jadi ga khawatir lagi ya mak minmum susu

    BalasHapus
  19. Seneng deh ada logo Pilihan Lebih Sehat ini, jadi ga bingung lagi pilih makanan dan minuman untuk anak dan keluarga ya. Aku pun suka beliin frisian Flag untuk anak-anak

    BalasHapus
  20. wah ini susuku, tapi baru ngeh ada logo pilihan lebih sehat dari postingan ini, enak rasanya dan gurih.

    BalasHapus
  21. Aku banget itu lama belanja lihatin labelnya dulu. Concern-ku memang di bagian gula, pilih yang rendah gula supaya ga manis banget.
    Di webinar ini dijelasin detail ya batas Kadar gula garam dsb yang wajar itu berapa Dan udah ada logo pilihan lebih Sehat supaya cepet belanjanya.

    BalasHapus
  22. Informasinya oke banget nih karena aku baru ngeh lho mba kalau ada logo Pilihan Lebih Sehat. Bisa membantu para mama untuk memilih produk-produk yang berkualitas bagi keluarga.

    BalasHapus