Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sarapan untuk Anak dengan Gandum Utuh KOKO KRUNCH Nutrismarta

"Mah, laper.." Kata Abang (9th) setiap pagi kalo mama Dian telat nyiapin sarapan. Apalagi kalo weekend dan mama Dian bangun agak siang, ucapan "Mah, laper" itu bakal jadi kata-kata pertama yang mama Dian denger di pagi hari😅

Mama Dian pernah ngobrol sama Buibu lain, dan ternyata setiap anak emang beda- beda ya. Ada yang harus sarapan tiap pagi, dan ada juga yang nggak suka sarapan pagi. Ada yang harus sarapan pake nasi, ada juga yang sarapannya cukup roti atau susu dan sereal aja.

Kebetulan Abang adalah anak yang sarapan apa aja oke, yang penting sarapan di pagi hari. Soalnya kalo nggak sarapan, langsung sakit perut dan masuk angin.

Dulu jaman sekolah normal (((normal))), sebelum pandemi maksudnya, tiap pagi wajib sarapan tiap jam 6 kurang, sambil nunggu jemputan dateng. Sekarang karena sekolahnya via daring, sarapannya bisa mundur jadi jam 7 sampe jam 8 pagi.

Kalo kakaknya Abang, Una (10th), jauh lebih santai soal sarapan. Nggak pernah minta sarapan duluan, tapi tetep mama Dian biasakan sarapan pagi. Karena mama Dian sadar kalo sarapan pagi itu, penting banget untuk mengawali hari.

Sarapan itu semacam jadi 'bahan bakar'nya mereka untuk belajar, berpikir dan beraktifitas. Jadi bahaya deh kalo sampe mereka kelewatan sarapan paginya, bisa lemes nanti saat memulai aktifitasnya di pagi hari.

Walaupun sekarang hanya belajar dari rumah, tapi tetep dong sarapan itu penting untuk memulai hari. Bener nggak sih Buibu?

Tenyata, ucapan mama Dian dibenarkan nih oleh Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes dalam virtual press conferece KOKO KRUNCH Nutismarta yang mama Dian ikuti kemarin.

Sekolah daring yang lebih membebani otak anak

Udah hampir memasuki bulan ke-9 Belajar dari Rumah nih, gimana anak-anaknya Buibu? Udah keliatan mulai jenuh dan bosen kah? Sama banget, anak mama Dian juga gitu dua-duanya. Tadinya mama Dian kira, anak mama Dian aja yang kaya gitu, ternyata abis ngobrol sama Buibu lain teman sekolah Una dan Abang, ternyata mereka juga mengalami hal yang sama.

Tenang Buibu, nggak ada yang salah kok ternyata sama anak-anak kita. Karena ternyata menurut Dr. Rita, Belajar dari Rumah selama 9 bulan ini memang memiliki dampak psikologis untuk anak-anak kita.

Jadi berapa kali dalam seminggu nih anak-anak melakukan pembelajaran virtual melalui zoom meeting?  

Sekolah online via aplikasi video tatap muka dua arah ini ternyata cukup membebani kerja otak anak-anak loh.

Karena anak-anak harus lebih fokus untuk bisa menangkap pesan (dari suara) yang disampaikan oleh guru dan teman-temannya. Anak-anak juga membutuhkan tenaga lebihbesar memahami bahasa non verbal dari guru dan teman-temannya. Selama pembelajaran online via zoom meeting atau aplikasi lainnya ini, anak-anak juga selalu merasa diawasi oleh guru dan semua temannya dari kamera dengan posisi on.

 Belajar dari Rumah memiliki sisi fleksibilitas yang membuat anak-anak bebas mengerjakan tugas sekolahnya dimanapun dan di jam berapapun dalam sehari. Dan ternyata hal itu malah membuat anak-anak kita kebingungan untuk memisahkan yang mana jam belajar, yang mana jam bermain dan yang mana jam istirahat.

Hal ini juga bisa membuat anak-anak kita merasa lelah bahkan tanpa melakukan apapun seharian. Motivasi anak-anak belajarpun jadi menurun dan mereka terlihat ogah-ogahan mengerjakan tugas. Tenang, itu bukan salah anak-anak kita kok, hal itu memang menjadi dampak negatif dari Pembelajaran Jarak Jauh ini.

Oleh karena itu Dr. Rita ingin agar orangtua bisa berkomunikasi dengan anaknya dan belajar untuk memahami kebutuhan anak-anak.

Dr. Rita juga memberikan beberapa tips untuk Pembelajaran Jarak Jauh ini:

Yang pertama, awali hari anak dengan sarapan. Karena sarapan itu punya peran penting banget untuk anak anak. Emang kenapa sih sarpan itu penting? Nanti mama Dian jelaskan di bawah yaaaa.

Kedua, pastikan melakukan olahraga atau gerakan atau stretching disaat waktu belajar. Nah ini, walaupun cuma di rumah aja, jangan biarkan anak-anak hanya duduku di mejanya sepanjang hari untuk mengerjakan tugasnya. Biasakan mereka bergerak atau stretching saat sekolah online-nya.

Karena aktivitas fisik ternyata dapat menstimulasi aktivitas di dalam saluran pencernaan sehingga anak bisa mencerna makanan dengan baik. Dan juga meningkatkan hormon endorphin yang memngaruhi mood anak.

Ketiga, jadwal makan yang disiplin. Nah ini juga penting, walaupun anak hanya dirumah saja seharian, tapi jangan sampai melewatkan jadwal makannya ya Buibu. Dan nggak boleh melupakan tentang piramida gizi seimbang sebagai pedoman makan yang baik.

Kenapa sih sarapan itu penting?

FAKTANYA: Saat tidur di malah hari, ternyata anak menggunakan banyak energinya untuk pembentukan hormon pertumbuhan yang akan bertugas merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak, serta meregenerasi berbagai sel. Dan ternyata terjadi penurunan kadar glukosa darah yang signifikan setelah 5 jam tidak makan. 

Apa sih akibatnya jika anak tidak sarapan?

Jika anak tidak sarapan saat akan memulai harinya ternyata anak-anak jadi tidk memiliki energi dan zat gizi yang cukup untuk mendukung proses belajarnya. Tidak sarapan juga akan mempengaruhi Indeks Massa Tubuh. Tidak sarapan juga membuat tubuh berisiko lebih gemuk dibandingkan makan malam sebelum tidur.

Untuk berpikir dan beraktifitas, otak juga membutuhkan beberapa zat gizi untuk menunjang kerja otak. Diantaranya adalah Glukosa yang berfungsi sebagai sumber energi otak, Vitamin B1, B2, B3, B6 yang berfungsi untuk metabolisme energi untuk siap digunakan otak dan fungsi normal sistem anak.

Kemudian, otak juga membutuhkan asam folat untuk membangun alat transport oksigen dan gizi ke otak serta meningkatkan perkembangan syaraf otak dan motorik anak. Dan terakhir adalah zat besi yang juga berfungsi sebagai alat transport oksigen dan zat gizi ke otak serta meningkatkan perkembangan fungsi normal kognitif dan kesehatan mental.

Kebaikan gandum utuh untuk sarapan anak

Selanjutnya tentang sarapan, ternyata kita juga sebisa mungkin harus memberikan sarapan yang berkualitas dan bergizi untuk anak-anak memulai harinya. Salah satu pilihan sarapan yang bergizi dan bernutrisi adalah gandum untuh.

Ternyata gandum utuh memiliki banyak kandungan, diantaranya serat, vitamin, karbohidrat, protein hingga antioksidan. 

Sayangnya ternyata tidak semua produk berbahan dasar gandum menggunakan gandum utuh sebagai komposisi utama makanannya. Kebanyakan dalam proses penggilingannya disosoh yang kemudian menghilangkan lapisan terluar dan inti gandum saat proses penggilingan. Sehingga kandugan-kandungan penting dalam gandum tersebut juga ikut hilang dan terbuang.

Sayang banget ya kalo justru nutrisi-nutrisi dan vitamin dari gandum utuh ikut terbuang. Huhu.

Nah oleh karena itu KOKO KRUNCH sebagai salah satu produsen makanan sarapan anak memproduksi produknya menggunakan gandum utuh!

KOKO KRUNCH Nutrismarta dengan kebaikan gandum utuh

Ibu Liesna Desbi sebagai Brand Manager Nestlé Breakfast Cereal Kids menjelaskan bahwa sejak tahun 2013, Nestlé Breakfast Cereal telah berpartisipasi dalam Pekan Sarapan Nasional untuk mengedukasikan pentingnya sarapan dengan gizi sempurna.

Dan memahami pentingnya kandungan dari gandum utuh, Nestlé mempersembahkan KOKO KRUNCH Nutrismarta!

KOKO KRUNCH Nutrismarta memiliki 3 kandungan yang baik untuk sarapan. Kandungan utamanya adalah gandum utuh! Gandum utuh yang mengandung serat, karbohidrat dan juga glukosa. KOKO KRUNCH Nutrismarta juga mengandung zat besi dan juga vitamin B yang baik untuk tubuh.

Gandum utuh merupakan jenis karbohidrat yang baik. Hasil metabolisme energinya berupa glukosa yamg akan dilepas secara bertahap sehingga menjamin keberlangsungan energi saat pagi hingga siang hari.

Oleh karena itu KOKO KRUNCH Nutrismarta cocok banget untuk menjadi pilihan sarapan anak. Ditambah susu, selain enak juga kandungan gizi dan nutrisinya sangat baik untuk anak-anak kita.

Nah pada kesempatan virtual konferensi pers kemarin juga hadir mba Donna Agnesia yang juga sharing seputar masa sekolah daring anak-anaknya. Ternyata Mbak Donna juga mengalami kesulitan-kesulitan yang sama seperti Buibu yang lain juga kok. Ada masa-masa anaknya jenuh saat mengikuti sekolah daring. 

Dan untuk sarapan, Mbak Donna juga setuju banget kalo sarapan itu penting untuk memulai aktifitas anak di pagi hari. Mbak Donna juga nggak pernah lupa nih untuk menemani anak-anaknya sarapan di pagi hari.

Mama Dian juga setuju banget nih kalo anak-anak sarapan dengan kebaikan gandum utuh dalam KOKO KRUNCH Nutrismarta. Karena selain kandungan gizi dan nutrisinya baik sekali untuk tubuh anak, juga karena rasanya enak dan praktis untuk sarapan.

Kalo Buibu lain gimana nih, anaknya tipe anak yang harus sarapan juga nggak dipagi hari? Ada yang udah cobain sarapan dengan KOKO KRUNCH Nutrismarta juga belom nih? Sharing-sharing di kolom komen yaaaa~

17 komentar untuk "Pentingnya Sarapan untuk Anak dengan Gandum Utuh KOKO KRUNCH Nutrismarta "

  1. Makan coco crunch mah ga cuma buat anak kak, aku juga suka yang udah gede gini heheeee

    BalasHapus
  2. OMG Koko Krunch i like't. Sarapan kalo nggak sempet pake Koko Krunch emang jawabannya sih. Simple dan gampang. Makanya kek jadi wajib gitu yah di semua kondisi termasuk di hotelpun. Makanya aku suka banget kalo pas staycation di hotel sarapannya yah Koko Krunch sih. ☺️

    BalasHapus
  3. Kokokrunch malah sering dicemilin gitu mak sm anak-anakku. Ga heran sedus sehari habis deh hihii

    Weslah gapapa yg penting kebaikan gandumnya masih diserap tubuhnya ya drpd junk food hehehee

    BalasHapus
  4. Favorit anakku banget ini kalau buat sarapan dan cemilannya...hahaha. selalu saja minta dibuatkan Koko crunch ini kalau lagi belajar

    BalasHapus
  5. seru banget bisa dapat sharing tentang makanan bersama koko krunch, di rumah juga keponakan-keponakan suka banget sama koko krunch ini suka dicampur dengan susu dan buah-buahan kalau mereka tambah yogurt katanya enak banget

    BalasHapus
  6. waa ini sih favorit banget, paling enak buat sarapan pastinya, apalagi keponakan aku, favorit banget sama ini hihii, wajib ada kalo mau sarapan

    BalasHapus
  7. Untuk sarapan pagi, saya juga tidak mengharuskan anak-anak sarapan pake nasi. Apa aja boleh, yang penting mereka punya energi untuk beraktivitas. Koko krunch menjadi salah satu pilihan anak saya yang gede untuk sarapan.

    BalasHapus
  8. Dulu rasanya hepi banget makan koko-krunch karena jarang dibeliin 😆 anak-anak dijamin suka sih sama sereal ini, aku yg tua aja demen hehe

    BalasHapus
  9. Sarapan dengan Koko Krunch Nutrimasta pasti menyehatkan, selain itu anak2 suka banget karena rasanya yang enak dan bikin nagih ya

    BalasHapus
  10. Saraoan emang ga boleh dilewatin ya mak soale banyak manfaatnya juga. Oh ya Koko Crunch ini kesukaan anak-anakku dan kalau males makan nasi oagi hari mereka milih makan ini aja pakai susu cair hehe.

    BalasHapus
  11. Jangan kan Ponakan, dakunya aja sebagai aunty senang banget sama si koko ini hehe, apalagi pakai susu cair nikmatnya mantul

    BalasHapus
  12. Sarapan memang baik dan dianjurkan oleh ahli gizi. Selain nambah tenaga juga bikin otak fokus. Tapi masalahnya saya nggak biasa sarapan. Suka mules kalau makan pagi hehe

    Tapi klo sarapan koko crunch mau lah, kan cokelat hehe

    BalasHapus
  13. Sarapan selalu saya wajibkan buat anak-anak biar sepanjang hari lebuh bersemangat dan gak loyo. Sarapan coco crunch bisa jadi solusi termudah dan tercepat nih,selain praktis juga rasanya enaakkk.

    BalasHapus
  14. Wajib banget sarapan di pagi hari, meskipun sarapannya sederhana dan gk banyak2...Apalahi kalo sarapan Koko Crunch..hmmm makin semangat anak-anak...

    BalasHapus
  15. Koko Krunch ini bantu banget di pagi hari yang riweuh ya, sarapan jadi cepat plus penuh gizi. Meskipun di rumah saja, tetap lah kalau pagi tuh rasanya kayak terburu-buru menyiapkan segala macam untuk anak.

    BalasHapus
  16. Huah, Koko Krunch sarapan favorit aku ini kak, dr mulai SD sampai kerja wkwkw. Ya, handel banget dalam ganjal perut menuju makan siang. Btw aku sering nyemilin tampa pakai full cream wkwkw soalnya rasanya enak

    BalasHapus
  17. Sarapan terfavorit dari jaman masih SD sampai lulus kuliah kaya sekarang. Kalau saya tim nunggu koko krunchnya agak benyek baru dimakan hehe

    BalasHapus