Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muvon, Aplikasi Muslim Digital Ecosystem Terbesar Pertama dari Muhammadiyah

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah

Pada tahun 2017 diperkirakan pengguna smartphone di indonesia mencapai angka 100 juta jiwa. Dan jumlah itu diperkirakan akan bertambah pada tahun 2018 ini. Semua masyarakat perlahan-lahan sudah meninggalkan teknologi lama untuk beralih ke teknologi digital. Transportasi, perbankan, radio, buku, pembayaran dan pembelian semuanya sudah beralih ke teknologi digital.

Dengan perkembangan dunia teknologi yang sudah meningkat pesat, Muhammadiyah juga turut serta mengambil peran di dalamnya. Dengan melahirkan sebuah aplikasi bernama Muvon. Muvon sendiri merupakan singkatan dari Muhammadiyah Vision. Aplikasi Muvon ini dihadirkan oleh majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah.

Pada Kamis, 7 Maret 2018 kemarin diadakan acara "Sosialisasi Konvergensi Media dan Integrasi Digital Muvon Ekosistem di Lingkungan Muhammadiyah" yang bertempat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat. Acara ini mengundang segenap pimpinan majelis Muhammadiyah serta media digital dan blogger.

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah
Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si. - Ketua PP Muhammadiyah

Acara yang juga disiarkan secara live streaming pada TVMu ini, dibuka dengan pembacaan lantunan ayat Al-Qur'an yang merdu dari Ust. Basyuri. Selanjutnya Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si. selaku ketua PP Muhammadiyah memberikan sambutannya.

Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si mengatakan bahwa saat ini zaman memang telah berubah. Teknologi Digital semakin canggih. Bahkan, saat ini santri lebih banyak menanyakan hal yang tidak merekaketahui lewat Google dibandingkan bertanya langsung kepada para Ustadz.

Untuk menyikapi perubahan dunia tersebut maka Muhammadiyah memutuskan juga ikut andil memasuki dunia teknologi digital dengan mencipatakan aplikasi muslim terbesar di Indonesia yaitu Muvon. Diharapkan dengan adanya Muvon ini, dapat memberikan manfaat dan menebar kebaikan kepada semua ummat Islam di Indonesia.

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah

Selanjutnya Bapak Eddy dari Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah mengenalkan kita lebih dekat lagi dengan aplikasi Muvon. Aplikasi Muvon merupakan aplikasi yang dibuat Majelis Pustaka danInformasi Muhammadiyah bekerja sama dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia.

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah

Pada Aplikasi Muvon App ini terdapat Konvergensi Media dan Ekosistem dan Ranti Nilai Digital. Konvergensi Media yang ada dalam aplikasi Muvon ini adalah: TVMu, lewat TVMu kita bisa menonton secara streaming saluran TV nasional hingga internasional. CJMu merupakan singkapatn dari Citizen Journalis, lewat CJMu kita bisa melakuakn live report untuk berbagi informasi secara luas. VideoMu merupakan aplikasi video social sharing, untuk membagikan rekaman dengan durasi 20 detik kepada teman-teman lainnya. 

MuvonTV merupakan TV Muslim dengan siaran yang bernuansa islami dan mengedepankan siar agama. Kemudian lewat RadioMu kita bisa mendengarkan siaran radio Muhammadiyah secara streaming. Kita juga bisa mengetahui berita terbaru dari Suara Muhammadiyah lewat KabarMu. Lewat PustakaMu, kita bisa membuka Perpus Digital STIE Ahmad Dahlan Jakarta dan membaca koleksi e-booknya. Sedangkan FatwaMu adalah aplikasi Himpunan Putusan Tarjih Berbasis Digital.

Sedangkan pada ekosistem dan rantai nilai digital terdapat: KampusMu dan SekolahMu yang menjadi pusat informasi dari institusi pendidikan Muhammadiyah. LazisMu merupakan aplikasi untuk berdonasi melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Terpercaya. Lewat aplikasi MasjidMu kita bisa mengetahui jadwal sholat, arah kiblat, membaca Al-Qur'an dan informasi masjid terdekat.

MuvonPay merupakan dompet digital dari Muvon yang dapat digunakan untuk membayar tagihan, membeli pulsa dan membayar via QR Code. SembakoMu merupakan tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Pada BankMu, Muvon bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri. Sedangkan KoperasiMu merupakan koperasi syariah dari Muvon yang berbasis dari umat, oleh umat dan untuk umat. 

PasarMu merupakan online store yang menjual berbagai macam barang, bahkan kita pun juga bisa menjual barang jualan kita lewat PasarMu. Lewat JobsMu, kita bisa menemukan lowongan pekerjaan untuk yang membutuhkan. Dari TravelMu kita bisa menemukan paket perjalanan yang kita inginkan. 

KasirMu merupakan aplikasi kasir berbasis android yang bisa membantu kita dalam transaksi jual beli yang kita lakukan. Lewat ELearningMu kita bisa bergabung dengan komunitas Muvon dan bisa belajar di mana saja. Sedangkan PromoMu merupakan solusi promosi dan program loyalty untuk pelanggannya. 

Lewat DonasiMu kita bisa memberikan donasi kita untuk yang membutuhkan. Dari CinemaMu kita bisa menonton film yang kita inginkan. MapsMu membantu kita mendapatkan petunjuk arah melalui Google Maps. Dari SiagaMu kita dapat melaporkan kejadian bencana, kecelakaan maupun insiden lainnya. Sedangkan HospitalMu adalah aplikasi layanan kesehatan dari Muvon. MessengerMu merupakan aplikasi khusus messenger dari Muvon.

Nah, cakupan Muvon ekosistem sangatlah luas sekali dan inshaaAllah membawa banyak manfaat untuk para penggunanya. Di acara kemarin juga kita diperkenalkan dengan Smartphone Muvon.

Muvon Smartphone Digital Ecosystem Muhammadiyah
Photo credit: Lita Chan Lai

Smartphone Muvon merupakan smartphone karya anak bangsa, yang akan dibuka pabrik perakitannya di dalam negeri. Smartphone Muvon berbasis android dan lewat smartphone Muvon ini, penggunaan aplikasi Muvon lebih diutamakan.

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah

Para pimpinan majelis Muhammadiyah berkesempatan untuk menggunakan smartphone Muvon ini untuk pertama kalinya loh. Diharapkan dengan penggunaan smartphone Muvon ini, konvergensi media dan integrasi digital muvon ekosistem di lingkungan Muhammadiyah bisa berkembang secara pesat.

Selesai acara, para blogger mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung aplikasi MuvonPay. Setelah mendownload dan memverifikasi data, 100 pendaftar pertama MuvonPay berhak mendapatkan saldo senilai Rp. 10.000,- 

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah


Nggak cuma dapet saldo MuvonPay aja, para blogger juga bisa langsung mencoba berbelanja Sembako di booth SembakoKu dan membayarnya dengan MuvonPay. Bahkan untuk pembelanjaan Rp. 30.000,- kita langsung dapet cashback Rp. 15.000,- loh. Lumayan kaaaaan?

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah
Photo Credit: Kang Dudi Iskandar

Nah ini dia, ada blogger yang nyobain langsung berbelanja SembakoKu menggunakan MuvonPay. Praktis banget, pembayaran tinggal scan barcode aja. Dan pas banget hari itu langsung dapet cashback juga.  Abis belanja, dapat cashback. Cashbacknya langsung bisa untuk bayar listrik, beli pulsa atau mau tarik tunai juga bisa banget loh! 

Muvon Digital Ecosystem Muhammadiyah

Dan di hari itu nggak cuma booth SembakoKu aja yang dibukan di halaman Kantor PP Muhammadiyah. Ada juga booth AsuransiKu dari Adira dan BankKu dari Bank Syariah Mandiri seta beberapa booth lainnya. 

Perkembangan zaman memang nggak boleh diabaikan begitu saja ya. Salut sekali dengan Muhammadiyah yang melahirkan Muvon Digital Ecosystem untuk mengimbangi perkembangan teknologi Digital sekarang ini.

InshaaAllah dengan hadirnya Muvon Digital Ecosystem ini akan memberikan banyak menfaat dan informasi-informasi serta penyebaran dakwah yang merata kepada seluruh ummat muslim di Indonesia ya. Aaaaaminnn. 

Udah cobain download aplikasi Muvon dan MuvonPay di handphone kamu belom? Yuk segera download dan rasakan banyak manfaatnya!😊

8 komentar untuk "Muvon, Aplikasi Muslim Digital Ecosystem Terbesar Pertama dari Muhammadiyah"

  1. Aku pikir tadi muvon itu move on loh eh ternyata aplikasi muslim, praktis dan cashbacknya mak 50% itu menguntungkan bngt

    BalasHapus
  2. Yes bener banget nih, tahun ini pasti akan lebih banyak lagi yang beralih ke teknologi. Keren juga ya Muhamadiyah bisa melihat perubahan itu. Dan banyak banget fitur nya di muvon. Jadi bisa semua-semuanya deh ya.

    BalasHapus
  3. keren ya mba, membantu banget ini hampir semua kebutuhan hidup sehari2 ada di fiturnya

    BalasHapus
  4. kok keren sampe ada smartphonenya segalaaaa :"""D
    keren sih muhammadiyah selalu inovatif dan ngikutin perkembangan jaman. salut!

    BalasHapus
  5. Aplikasinya lengkap banget yaa. Setuju bgt nih dg adanya Muvon, aplikasi muslim emang harus mengikuti perkembangan teknologi.

    BalasHapus
  6. Oh kirain muvon hanya bisa di akses dari handphone sepaket itu mba hehehe.. aku baru tau muvon ini dan paypro.. sering denger paypro tapi masih ga paham

    BalasHapus
  7. Buihhh.... Kerennnn
    Setelah gebrakan dlm lembaga pendidikan sampai kesehatan yg sudah kesohor di seantero negri, lagi dan lagi Muhammadiyyah mengebrak di bidang teknologi. Mantabz.....

    BalasHapus