Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Premium Bonding Time Bersama Anak, Salah Satu Penentu Sifat Mereka Kelak

"Pokoknya aku sayang banget sama anak-anak aku!"

Familiar kah dengan pernyataan tersebut, Ma? Familiar dong pastinya ya, karena aku yakin setiap mama akan selalu mengulang-ngulang kata-kata itu di dalam hatinya. Sayang banget dan cinta banget sama anak-anak pastinya ya Ma..

Tapiiii, apa kata-kata aja cukup untuk menunjukkan cinta kita kepada anak-anak? Sepertinya nggak ya, karena kalo cuma berkata-kata aja semuanya juga bisa kan? Disamping selalu mengusahakan yang terbaik untuk anak, selalu masak untuk mereka, mengantar mereka sekolah, atau menina-bobokan mereka, aku pikir ada cara lain untuk benar-benar membuktikan bahwa kita benar-benar sayang dengan mereka. 

Dan cara itu adalah, memberikan waktu yang berkualitas untuk menciptakan bonding antara anak dan ibunya. Waktu yang berkualitas bisa kita dapat dari banyak cara, mulai dari jalan-jalan berdua, atau mungkin cuma sekedar ngobrol-ngobrol sambil main bareng aja sama anak-anak. 

Together, more Lotte Choco Pie

Salah satu waktu berkualitas untuk menciptakan bondng dengan anak versi aku adalah membacakan buku cerita sebelum mereka tidur. Sekitar jam 9 atau setengah 10 malam, taruh dulu semua gadget, ambil buku cerita dan bacain deh cerita yang mereka mau. Ceritainnya bisa sambil tiduran dempet-dempetan atau duduk dan peluk-peluk seperti foto diatas.

Biasanya setelah cerita, aku review lagi ceritanya sama mereka, aku tanya pendapat mereka tentang cerita itu dan kemudian disambungin deh sama diri mereka sendiri. Tapi kegiatan ini udah bener belom sih sebagai salah satu waktu berkualitas yang bisa memperkuat bonding bersama anak?

Alhamdulillah kemarin aku dapat undangan dari Lotte Choco Pie untuk hadir ke Blogger Gathering mereka dalam tema #TogethermoreLotteChocoPie, yang diadakan di Rumah Kajoe Cilandak. Alhamdulillahnya lagi, para mom-blogger yang diundang hadir ke gathering ini boleh membawa anak, karena Lote Choco Pie mau mengajak anak-anak beraktifitas serta menyediakan playground untuk anak-anak selama acara berlangsung.

Pukul 10 tepat, beberapa menit sebelum acara berlangsung, aku udah sampai di Rumah KAjoe Cilandak ini bareng sama suami dan anak-anak, Luna dan Abang. Setelah registrasi dilanjut dengan cemal-cemil dan ngeteh, ngopi, para mom-blogger pun dipersilakan masuk ke dalam ruangan untuk sharing session, sedangkan anak-anak langsung berhamburan menuju halaman belakang Rumah Kajoe yang berumput hijau serta sudah dilengkapi dengan playground anak-anak. Alhamdulillah, karena ada papa Api juga yang bantu liatin anak-anak, mama Dian bisa tenang deh ikut sharing session #TogethermoreLotteChocoPie ini.

Together, more Lotte Choco Pie

Acara dibuka oleh MakPon Mira Sahid kesayangannya semua emak di KEB. Acara Blogger Gathering Lotte Choco Pie yang bertema "Together, More!" hari itu mau mengajak para mom-blogger yang hadir untuk semakin mengerti makna dari quality time bersama anak atau yang akan kita sebut juga dengan premium bonding time. 

Seberapa penting sih premium bonding time bersama anak? Terutama untuk wanita-wata multitasking di jaman ini ya. Contohnya aja para mom-blogger yang lagi duduk di ruangan itu, ada yang jadi working mom juga, ada yang punya bisnis online sendiri, ada penulis, atau ibu rumah tangga aja kaya aku yang kegiatan tambahannya adalah ngeblog. Gimana sih cara membagi waktu antara tugas-tugas dengan premium bonding time dengan anak? Kalo udah sibuk banget masih inget nggak ya nyediain premium bonding time dengan anak?

Together, more Lotte Choco Pie

Sebelum masuk ke dalam sharing session, Mr. Hiroaki Ishiguro President Director Lotte Indonesia, perwakilan dari Lotte Choco Pie memberikan sedikit kata-kata sambutan untuk semua mom-blogger yang telah menyediakan waktunya untuk hadir pada Blogger Gathering hari itu.

Together, more Lotte Choco Pie

Setelah Mr. Hiroaki selesai memberikan sambutan, kemudian Mak Mira segera memanggil tiga narasumber yang akan mengisi sharing session kita di hari itu. Ada siapa aja? Ada mbak Oci C. Maharani, brand manager Lotte Choco Pie yang juga merupakan seorang ibu pekerja dengan 2 anak. Lalu ada Brand Ambassador terbaru Lotte Choco Pie, Carissa Putri yang saat itu hadir bersama Quenzino, anaknya yang baru berusia 4 tahun. Lalu ada mbak Novita Tandry, psikolog yang akan membagikan ilmu parentingnya pada para mom-blogger di hari itu.

Mbak Oci sebaai perwakilan dari Lotte Choco Pie menjelaskan bahwa Lotte Choco Pie sebagai salah satu snack pilihan keluarga, mengerti dan mendukung para ibu multitasking untuk menyediakan premium bonding moment bersama keluarga. Dengan tema "Togerther, More!" yang diangkat oleh Lotte Choco Pie, Lotte Choco Pie mengingatkan bahwa Premium Bonding Moment adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan para ibu bersama anak-anaknya.

Together, more Lotte Choco Pie

Selanjutnya giliran mbak Novita sebagai seorang psikolog yang berbicara. Dan menjelaskan mengenai makna premium bonding moment atau waktu yang berkualitas bersama anak.  Menurut mbak Novita, di era gadget seperti sekarang ini, para ibu dituntut untuk multitasking. Namun walaupun kita para ibu sibuk ber-multitaskin namun tetap tidak boleh lupa untuk menyediakan waktu untuk anak-anaknya.

Mbak Novita pun membaikan bocoran mengenai, Bonding Time bersama anak yang bagus itu sepert apa sih? Bonding timen yang bagua adalah ketika ibu dan anak bisa sama-sama menikmati. Sang anak menikmati waktu bersama ibunya, dan ibu menikmati waktu bersama anaknya. 

Dan hadirkan 'seluruh dari diri kita' ketika kita sedang melakukan bonding time bersama anak. Tinggalkan gadget kita dan berikan seluruh waktu, perhatia dan kasih sayang kita kepada anak. Kan sering ya, walaupun lagi sama-sama anak, tapi si ibu tetep aja sibuk sendiri dengan gadgetnya, dan kalo udah begini namanya bukan waktu yang berkualitas lagi deh sama anak. Hayooo mama-mama disini gimana? Masih suka sibuk sendiri sama gadgetnya nggak saat quality time bersama anak?

Jadi ketika sudah tercipta bonding moment yang berkualitas. Si ibu akan menikmati anaknya, dan si anak akan menikmati ibunya. Dan dari sanalah muncul hormon oksitosin pada otak ibu dan anak yang membuat kita menjadi lebih nyaman, bahagia dan menghilangkan stress-stress yang ada. 

Together, more Lotte Choco Pie

Dan Carissa Putri sebagai brand ambassador Lotte Choco Pie memulai sharingnya mengenai premium bonding moment. Menurut Carissa, Premium Bonding Moment itu penting sekali untuk keluarga terutama untuk anak-anak. Menurut Carissa, Premium Bonding Moment nggak cuma diisi dengan hadirnya kita aja, namun  juga kita harus terlibat secara langsung dengan anak-anak. Salah satu contohnya adalah, diusianya yang 4 tahun ini, Q suka sekali menanyakan hal-hal apapun kepada Carissa. Dan Carissa selalu berusaha mencoba mendengarkan dan menjawab semua pertanyaan dari Q. Dan Carissa memberikan penjelasan kepada Q bahwa, Carrisa sebagai ibu selalu mendengarkan apa yang Q katakan, dan oleh sebab itu, Q pun harus juga harus belajar untuk mendengarkan, tidak hanya untuk didengarkan.

Carissa Putri pun membagi ceritanya tentang premium bonding moment favoritnya bersama Q, hal yang paling  pasti dilakukannya adalah membacakan dongeng untuk Q sebelum tidur. Dengan tokoh kesukaannya, Carissa mengarang cerita tentang hal-hal baik yang dilakukan tokoh kesukaannya, agar Q bisa mencontohnya. Selesai membacakan dongeng, biasanya Q menjadi lebih santai dan lebih terbuka kepada Carissa, dengan mudah Q akan menceritakan kesehariannya dis ekolah atau hal-hal menarik yang ia lihat pada hari itu. Ternyata premium bonding moment-nya Carissa Putri, beguna sekali untuk memberikan kenyamanan kepada Q supaya ia bisa lebih banyak bercerita tentang kesehariannya ya..

Carissa bilang, Q nggak akan mudah menceritakan apa yang telah ia lakukan disekolah ketika pulang sekolah, tapi ia akan lebih banyak bercerita ketika sudah nyaman dengan waktunya dan juga dengan ibunya, seperti setelah membacakan dongeng saat premium bonding moment tersebut, Q lebih terbuka akan segalanya yang ia rasakan.

Together, more Lotte Choco Pie

Carissa pun memberikan pendapatnya tentang campaign yang diangkat oleh Lotte Choco Pie ini, yaitu Together, More! Menurut Carissa, #TogethermoreLotteChocoPie ini bagus sekali untuk mengingatkan para ibu agar bisa meluangkan waktu bersama anak-anaknya. Karena masa anak-anak mereka hanya terjadi satu kali dan tak akan terulang lagi. Jadi berikanlah momen-momen kebersamaan yang terindah yang  akan selalu mereka kenang saat mereka besar nanti. Jadi gunakan sebaik-baiknya waktu ini untuk emnjadiibu yang baik untuk anak-anak kita, dan untuk menghadirkan momen-momen kebersamaan yang indah dengan mereka.

Together, more Lotte Choco Pie

Mbak Novita Tandry juga menambahkan, bahwa anak-anak kita merupakan generasi Alpha (anak yang lahir setelah tahun 2009) yang sejak lahir sudah terpapar oleh berbagai macam jenis gadget. Anak-anak generasi Alphacenderung kurang memiliki daya juang, cenderung cuek serta kurang loyalitasnya karena pengaruh gadget disekitarnya. Oleh karena itu,   sebagai ibu dari Generasi Alpha, harus bisa lebih sabar lagi dalam mengurus mereka, serta harus lebih dekat lagi dengan mereka. Maka dari itu premium bonding time antara ibu dan anaknya sangat penting untuk perkembangan mereka. Tinggalkanlah gadget kita untuk sementara, dan buatlah momen kebersamaan yang berkualitas bersama anak-anak kita.

Together, more Lotte Choco Pie
ki-ka: Oci. C Maharani (Brand Manager Lotte Indonesia), Mr. Hiroaki Ishiguro (President Director Lotte Indonesia), Carissa Putri (Aktris dan Ibu dari 1 Anak), Novita Tandry (Psikolog)

Ternyata, obrolan kita pun di stop dulu disitu karena selanjutnya Lotte Choco Pie mau ajak para anak-anak blogger yang daritadi setia banget nungguin mamanya untuk ngegames bareng. Sebelum ke arena outdoor untuk memulai gamesnya, para pengisi talkshow hari itu nggak lupa untuk foto bareng juga dong.

Together, more Lotte Choco Pie

Di halaman belakang Rumah Kajoe ini, anak-aak udah berbaris rapi perkelompoknya. Ada 4 tim yang akan bermain games Treasure Hunt hari itu. 1 tim terdiri dari 5 anak dengan 1 anak sebagai kaptennya. 

Together, more Lotte Choco Pie

Sementara itu para mamanya cukup berdiri di pinggir, karena yang akan bermain hanya anak-anaknya aja siang itu. Mak Mira pun membacakan rules pemainana siang itu, setiap anak harus menuntaskan 1 tantangan yang kan diberikan untuk mendapatkan Treasurenya, yaitu berupa kumpulan kata Lotte Choco Pie. Kelompok yang tercepat akan menjadi pemenangnyaaa!

Together, more Lotte Choco Pie

Oh iya setelah mendengarkan penjelasan tentang pentingnya momen kebersamaan dengan anak pada talkshow tadi, sekarang saatnya para mama praktekin ilmu-ilmu yang kita dapet didalam. JaAdi sebelum anak-anak mulai bertanding, para mama harus peluk, cium, tatap mata dan beri semnagt langsung untuk anak-anak. Supaya anak-anaknya tau kalo mamanya selalu mendukung mereka dan menyenagi mereka apapun yang terjadi. Menang atau kalah, mamanya bakal tetap cinta sama anaknya kaaaan. Mama Dian pun langsung puas-puasin peluk Una dan Abang, dan ngasih mereka semangat untuk gamesnya. Menang kalahenggak masalah, yang penting mereka have fun ngikutin gamesnya!

Together, more Lotte Choco PieTogether, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Mak Mira pun langsung memberikan aba-aba dan games pun dimulai. Tiap anak disebar ke satu pos, untuk menyelesaikan tantangannya dan mendapatkan potongan kata Lotte Choco Pie. Akupun yang cuma liat dari pinggir ikut ngerasain serunya games ini, walaupun ada beberapa anak yang agaknya kebingungan sama rulesnya. Tapi namanya juga anak-anak, salah-salah mah biasa yaaaa. Hihiii.

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Dan Alhamdulillah kelompoknya Luna, kelompok pita jingga berhasil jadi yang tercepat mengumpulkan potongan katanya. Dan kelompoknya Abang, kelompok pita kuning jadi kedua yang tercepat. Eits, tapi yang kalah nggak pada sedih kok. Karena semuanya dape hadiah dari Lotte Choco Pie. Yeay!

Together, more Lotte Choco Pie

Setelah selesai games, para mama langsung balik lagi kedalam ruangan untuk emndengarkan summary dari games treasure hunt tadi, menurut mbak Novita pelukan, ciuman serta semangat yang kita berikan sebelum anak-anak memulai gamesnya tadi, berpengaruh besar loh untuk mereka. 

Ternya anak-anak yang kurang mendapak pelukan dari orang tuanya saat mereka kecil, berpotensi menjadi pribadi yang dingin saat mereka besar nanti. Anak-anak yang jarang mendapatkan pernyataan sayang, juga bisa menjadi anak yang sulit untuk mengungkapkan perasaannya suatu hari nanti. Semnagt yang kita berikan kepada mereka nggak cuma ngebuat mereka semakin semangat, tapi juga ngebuat mereka tau kalo mamnya selalu mendukung mereka.

Seneng banget mendengar semua penjelasan dari mbak Novita siang itu, bener-bener super bermanfaat banget untuk aku. Ternyata pengaruh premium bonding time itu besar sekali untuk anak-anak kita, bahkan bisa sampai menentukan sifat mereka kelak di masa depan. Jangan sampai menyesal sekarang ya ma, sebelum terlambat, mari kita cipatakan premiun bonding time bersama anak-anak kita. Berikan waktu yang berkualitas untuk mereka. Dan ciptakan kenangan-kenangan indah yang selamanya akan tersimpan dalam benak mereka.

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Nggak cuma mamanya aja yang bahagia banget dapet banyak pelajaran baru di Blogger Gathering #TogethermoreLotteChocoPie siang itu. Luna dan Abang juga happy banget menghias Lotte Choco Pie, bisa puas-puasin main di playground, dan yang paling penting bisa kenalan sama banyak temen-temen baru. 

Together, more Lotte Choco Pie

Together, more Lotte Choco Pie

Pulang dari Blogger Gathering #TogethermoreLotteChocoPie, kita juga dibawain oleh-oleh Lotte Choco Pie. Luna langsung happy banget, karena Lotte Choco Pie ini favoritnya Luna banget. Paduan dari kek vanilla yang super lembut, marshmallow yang empuk dan coklat premium ini udah nggak perlu diragukan lagi ya kualitas dan kelezatannya yaaa. Jnagan lupa, sambil snacking time bisa juga dibarengi dengan premium bonding time. Jadi sambil menikmati Lotte Choco Pie berdua, bisa sambil ngobrol-ngobrol santai deh sama anak. 

Together, more Lotte Choco Pie

Setelah pulang dari blogger gathering #TogethermoreLotteChocoPie ini akupun langsung berniat untuk menjadi ibu yang lebih baik lagi untuk anak-anak. Mau jadi ibu yang lebih mendengarkan lagi, mau jadi ibu yang nggak selalu sibuk sendiri, mau jadi ibu yang sering peluk cium anak-anak, mau jadi ibu yang meluangkan waktunya untuk anak-anak lebih banyak lagi, dan mau membuat banyak kebersamaan dan kenangan-kenanagan indah untuk Luna dan Abang.

Masa kecil mereka cuma sekali seumur hidup. Cuma satu masa aja di hidup kita dan hidup anak-anak kita. Jangan membuang-buang waktu ini, mari jadi ibu yang lebih baik lagi. Jangan pernah ngerasa jadi ibu yang gagal, karena sebenarnya anak-anak kita bisa melihat niatan tulus dari hati kita. Jadi jangan pernah berenti nerusaha dan jangan pernah menyerah untuk menjadi ibu yang lebih baik lagi setiap harinya. Mari berikan masa kecil yang terindah untuk anak-anak kita, nggak perlu dengan jalan-jalan mahal keluar negeri, nggak perlu dengan mainana-maianan mahal limited edition, karena kehadiran kita, kehadiran 'segalanya' kita, adalah yang paling penting untuk mereka. 

27 komentar untuk "Premium Bonding Time Bersama Anak, Salah Satu Penentu Sifat Mereka Kelak"

  1. Waaah itu ada foto anakku.. culik ah fotonya. 😍 Seneng ya bisa ikut acara ini.

    BalasHapus
  2. aku ngacung kadang body deket anak fikiran mah nyari ide bwt nge-blog wkwkwk *ditoyor
    seru acaranya y mba dan aku ngiler pengen dah tu choco pie :D

    BalasHapus
  3. Wah ternyata anak kita sekelompok yaaa, ada foto barengnya, cihuy

    BalasHapus
  4. Kemarin acara memang seru banget ya, anak jadi suka

    BalasHapus
  5. Iya banget, Mak. Kata-kata saja memang enggak cukup. Harus disertai tindakan untuk memperlihatkan cinta pada anak.

    BalasHapus
  6. Membaca cerita bersama itu cara yg sangaat baik. Kalau anaknya betah pasti krn mrk suka 😊

    BalasHapus
  7. aku seneng banget ada acara kayak begini. selain kita dapat teori, juga bisa langsung praktek. :)

    BalasHapus
  8. Acaranya pasti seru banget ya, kelihatan dari wajah anak-anak.Choco pie ini cemilan favorit anak-anakku lho 😃.

    BalasHapus
  9. Sering2 quality time bareng anak bikin mereka hepi terus yaaa

    BalasHapus
  10. Akupun begitu, ingin menjadi ibu yang lebih baik lagi. Walaupun kemarin tak mendapat kesempatan hadir di acara tersebut, Merasa beruntung bisa dapat ilmunya di sini.

    BalasHapus
  11. Idem sama mak isti, seneng bgt bs ikut acara kayak gini. Nambah ilmu dan have fun bgt

    BalasHapus
  12. Anak yg kurang disentuh akan besar menjadi orang yang sulit menyentuh atau menunjukkan kasih sayang. Ini bener banget. Berasa bgt. Makanya skrg di rumah lg menggalakan gerakan peluk anak minimal 7x dalam sehari. :)

    BalasHapus
  13. Widiiih, foto Pijar asyik betul sama anaknya mak Adriana. Seruuu ya mereka

    BalasHapus
  14. Seru banget acaranya. :D Btw, Lotte Chocopie rasanya memang enak sih.

    BalasHapus
  15. acara kemarin memang seru plus dapat ilmu

    BalasHapus
  16. Aku pun bertekad menjadi ibu yang baik buat anak mbak setelah acara ini, tersentuh dan banyak diingatkan huaaaa. Btw itu enak banget ya yang lagi mamam LOTTE Choco Pie bagi dong haha

    BalasHapus
  17. Kalau malam, udah full kumpul family. Tapi kalau pagi-siang, haduh.. pikiranku ke cucian dan dapur. Itu anak2nya yang baris, kayak keliatan basah ya
    Kalau choco pie gimana ya rasanya, saya belum pernah deh cobain

    BalasHapus
  18. Yeaaayy team kita menang ya mak aheyyy

    BalasHapus
  19. Presence rather than present. Itu kenaaaa bgt di hati, makjleb, hahaha.. Ilmunya banyak dan acaranya seru ya maak..

    BalasHapus
  20. Yup, penting banget meluangkan waktu untuk sering bersama anak untuk bonding yang kuat :)

    BalasHapus
  21. Serunyaaa acaranya, bisa bawa anak gini akuh sukaa..

    BalasHapus
  22. Aku udah lama nggak ikut acara kayak gini mak hihi
    Dulu pernah pas hamil adik ke acara choco pie... enak yaa, kadang bonding time sambil ngemil juga.. abis bangun tdr siang mereka, kan anak2 belum sekolah ^^

    BalasHapus
  23. Belum ada sebulan kan, tapi udah kangen aja pengen acara gini lagi. Seru! Akrab!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa.. sayang banget mak Arin nggak bisa ikutan acara selanjutnya yaaaa.. Huhuhuuu

      Hapus
  24. Biskuit kesukaankuuuu :D. Sayangnya anakku ga suka mba -_-. Awal2 dulu beli chocopie ini utk dia.. Eh ternyata malah ga doyan..aku yg ngabisin deh, dan malah ketagihan, krn marsmallownya itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaaaa. Kok kebalik, disini malah anakku yang lebih doyan dibanding akuuu.. Hihihiii. Tapi emang enak sih yaaa, biskuitnya lembuh, marshmallownya empuk dan coklatnya juga coklat premium yang enak banget ya maaaak.. Hhhehehee

      Hapus