Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Melakukan Verifikasi dan Aktivasi Akun PPDB?

Kembali lagi dengan postingan tentang PPDB, sembari menunggu PPDB Jalur Prestasi dibuka tanggal 10 Juni besok, mama Dian mau mencatat cara-cara mengikuto PPDB Jakarta 2024 di blog ini.

Siapa tau tahun depan sistemnya masih miri-mirip, jadi bisa untuk referensi mama-mama lainnya yang mau mengikuti PPDB juga yaaa~

Baiklah, di tulisan sebelumnya, aku udah menulis tentang bagaimana cara daftar PPDB Jakarta lengkap dengan foto langkah step by stepnya. 

Seperti yang tertulis di artikel tersebut, langkah terakhir adalah menunggu verifikasi oleh operator sekolah lokasi verifikasi. Nah, selanjutnya, apa yang harus dilakukan?

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Verifikasi Akun PPDB?

Cukup harap-harap cemas pasti ya kemarin saat menunggu akun yang belum terverifikasi? Sama, aku juga. Hihihihi.

Sebetulnya kemarin aku salah upload bagian rapot. Bukan bagian biodata siswa, eh malah upload bagian halaman rapot-nya dong. Wkwkwkwkwk.

Karena panik, akhirnya Papwi bantuin buat mastiin ke operator sekolah lokasi verifikasi yang aku pilih. Kebetulan lokasi sekolah verifikasinya adalah sekolah SMP-nya Una. Jadi Papwi langsung ngehubungin wali kelas Una, dan alhamdulillahnya wali kelas Una super baik sekali karena langsung bantu nyambungin ke operator sekolahnya. Hihi.

Dan operator sekolahnya menginfokan sebenernya nggak wajib kok menyerahkan scan rapot, jadi KK dan Akta Kelahiran aja udah cukup. Alhamdulillah banget kaaaan.. Lumayan lega abis denger penjelasan dari operator sekolah Una.

Tapi tetep masih H2C banget ketika verifikasinya belum disetujui. Tiap hari selalu nyempetin ngecek, hari pertama belum terverifikasi, hari kedua belum terverifikasi juga, eh alhamdulillah hari ketiga berhasil terverifikasi.

cara verifikasi dan aktivasi akun ppdb

Bagaimana Cara Mengecek Verifikasi Akun PPDB?

1. Buka Web ppdb.jakarta.go.id Kemudian Pilih "Cek Status Verifikasi Ajuan Akun"


cara cek verifikasi akun PPDB

Pilih "Cek Status Verifikasi Ajuan Akun" pada jenjang pendidikan yang kemarin didaftarkan yaaa. Letaknya ada di bawah tombol "Ajuan Akun"

2. Masukkan Nomor Peserta dan Token


bagaimana cara tahun akun ppdb sudah diverifikasi atau belum?

Nomor peserta adalah nomor peserta Sidanira, sedangkan tanda adalah nomor token yang kemarin didapatkan. Kemudian ketik ulang kode keamanan dan pilih "Periksa Status Akun".

3. Cek Apakah Akun Sudah Di-verifikasi

cek verifikasi akun ppdb

Gambar di atas adalah contoh akun yang belum terverifikasi. Nah, kalo udah terverifikasi nanti akan tertulis di kotak informasi di bagian atas, bahwa "Pengajuan Akun Telah Terverifikasi oleh Operator Sekolah..."

Nah seandainya verifikasi ditolak, akan ada pemberitahuan juga pada kotak informasi bahwa verifikasi ditolak dengan alasannya. Misalnya ada kesalahan dalam upload dokumen, maka kita bisa melakukan upload ulang atau langsung menuju ke operator sekolah lokasi verifikasi untuk melakukan verifikasi langsung.

Kalo udah diverifikasi, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Yang harus dilakukan setelah verifikasi adalah mengganti token dengan password yang kita buat sendiri atau bisa disebut dengan langkah aktivasi akun PPDB.

Cara Melakukan Aktivasi Akun PPDB

1. Buka Web ppdb.jakarta.go.id Kemudian Pilih "Prestasi Akademik"

cara aktivasi akun PPDB

Walaupun jalur prestasi belum dibuka, tapi gapapah tetep di klik aja untuk melakukan aktivasi akun PPDB-nya yaaa.

2. Pilih Aktivasi


aktivasi akun PPDB Jakarta 2024

Klik tombol "Aktivasi".

Bagaimana cara aktivasi akun PPDB?

Masukkan nomer peserta dan token-nya, masukkan kode keamanan dan pilih "Gabung".

Cara mengibah token jadi password di akun PPDB

Kemudian, pastikan nama siswa dan sekolahnya sudah tepat. Selanjutnya masukkan password yang diinginkan, usahakan passwordnya merupakan gabungan dari huruf dan angka supaya lebih aman.

tutorial aktivasi akun PPDB

Terakhir, tekan "Oke". Selanjutnya mari kita mencoba login ke akun PPDB yang sudah kita ganti passwordnya iniiii~

Cara Melakukan Login Ke Akun PPDB

1. Masih di halaman beranda PPDB, pilih "Jalur Prestasi"

cara aktivasi akun PPDB

Kembali lagi ke halaman beranda PPDB, kemudian kita pilih lagi Jalur Prestasi pada jenjang pendidikan anak.

bagaimana cara login akun ppdb?

Selanjutnya, pilih "Gabung".

cara login akun ppdb jakarta 2024

Kemudian masukkan nomor peserta atau nomor sidanira dan password yang tadi sudah kita ubah. Masukkan kode keamanan dan pilih "Gabung"

halaman login akun PPDB

cara login akun PPDB

Kalo sudah sampai di halaman ini, berarti aktivasi akun sudah benar. Sekaranf saatnya menunggu pendaftaran sekolah lewat jalur prestasi dan jalur zonasi.

Kita deg-degan bareng ya Buibuuuuu.. Kamu ngga sendirian, mari kita bergandengan tangan menghadapi PPDB Jakarta 2024 ini. Bismillah yaaa, semoga hasilanya sesuai dengan yang kita inginkan.

Kalo aku sendiri sesungguhnya agak pesimis di jalur prestasi, nggak yakin nilai Abang cukup untuk masuk ke SMP tujuan. Jadi bismillah mau banyak-banyak berdoa di jalur zonasi. Semoga Abang bisa masuk ke SMP yang sama seperti Una. Aamiin..

Udah setahun beda sekolah, berasa banget kalo ngambil rapot agak rempong karena mesti ke dua sekolah yang berbeda. Semoga tahun ajaran baru ini bisa ngambil rapot di satu sekolah lagi. Aamiin. Hihi.

Apalagi ya yang mesti dipersiapkan untuk menghadapi jalur prestasi nanti? Ada yang udah punya pengalaman juga dengan PPDB tahun lalu? share-share di kolom komen yaa Buibuuu~

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Melakukan Verifikasi dan Aktivasi Akun PPDB?"