Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Daftar PPDB Jakarta?

Kalo ada yang nanya PPDB Jakarta 2024 kapan dibuka sih? Jawabannya, PPDB Jakarta udah dibuka!

Seperti yang telah aku ceritakan di postingan sebelumnya, tahun ini adalah tahun kedua mama Dian mengikuti PPDB Jakarta. Tahun lalu mama Dian daftarin Una ke SMP, tahun ini daftarin PPDB SMP Abang.

Kebetulan, Una dan Abang adalah anak-anak mama Dian yang jarak usianya cuma 1 tahun. Pas PPDB SD dulu alhamdulillahnya dibantu sama guru TK Abang dan Una, jadi aman banget. Tapi pas masuk SMP nggak ada bala bantuan seperti di TK dulu. Hihi.

Kebetulan mama Dian juga pengen nyobain daftar sendiri, jadilah untuk PPDB SMP Jakarta ini mama Dian inisiatif untuk daftar senndiri ajah. Jadi 2 tahun lagi mama Dian juga akan menjalani PPDB selama 2 tahun berturut-turut. Yah lumayanlah yaaaa, selalu ada pengalaman sekolah Una untuk Abang. Hihi.

Inget banget tahun lalu deg-degan parah pertama kali daftar PPDB sendiri. Alhamdulillah mama Dian nggak gaptek-gaptek amat, laptop dan internet juga aman. Yang bikin deg-degan adalah khawatir tiba-tiba sistem PPDB-nya error sehingga menyebabkan beberapa hal di luar kuasa mama Dian.

Namanya juga sistem, kalo di akses ratusan ribu orang (buibu) secara langsung pasti ada aja kemungkinana down atau error sistem kaaaan. Alhamdulillahnya tahun lalu cukup aman sih, sempet agak sibuk servernya tapi masih aman jaya. Hihihi. Semoga PPDB Jakarta 2024 juga aman yaaaa~

bagaimana cara daftar PPDB Jakarta

Baiklah, di artikel kali ini, mama Dian mau bahas tentang gimana sih cara daftar PPDB Jakarta? Kita mulai dari membuat akun-nya dulu yaaaa

Eh iya, sebelumnya aku mau share dulu apa yang mesti disiapkan untuk PPDB Jakarta ini (khusus untuk murid Sekolah di Jakarta.

Dokumen yang Perlu Disiapkan untuk Daftar PPDB Jakarta

Kebetulan, persyaratan dokumen tahun lalu dan tahun ini sedikit berbeda. CUma beda 1 dokumen aja sih, kalo tahun lalu cukup KK, tahun ini mesti ditambah dengan Akte atau Bagian Data Diri Siswa di Rapor Anak.

Jadi, ini dia yang perlu disiapkan:

  • Softcopy SIDANIRA: Untuk melihat nomor sidanira atau nomor peserta
  • KK: Untuk melihat nomor KK dan NIK Anak
  • Scan KK: Untuk di-upload, bisa di-scan menggunakan camscanner
  • Scan Akta Kelahiran: Untuk di-upload, bisa di-scan menggunakan camscanner
  • (Opsional) Scan Rapor bagian Biodata Siswa: Sebaiknya halaman sudah lengkap dengan foto dan TTD Kepsek
Percayalah, supaya nggak riweuh, sebaiknya siapkan semua dokumen di atas minimal H-1 sebelum membuat akun PPDB yesss~

Cara Membuat Akun PPDB Jakarta

Lanjut, ini dia step by step cara membuat akun PPDB Jakarta di web ppdb.jakarta.go.id:

1. Buka Web ppdb.jakarta.go.id

`cara membuat akun PPDB

Kemudian pilih jenjang pendidikan tujuan yaaa, karena mama Dian mau daftar SMP Abang, maka mama Dian klik "Ajuan Akun" di bagian bawah jenjang SMP.

2. Isi Data Diri Awal dengan Benar

ajuan akun PPDB Jakarta


Untuk Nomor Sidanira, di bagian dalam dokumen Sidanira, tertulisnya sebagai Nomor Peserta, yaa. Lengkapi data lainnya termasuk ketik ulang kode keamanan kemudian klik "Lanjutkan".

3. Isi Informasi Peserta





Untuk Lokasi Verifikasi bisa pilih sekolah paling dekat dengan rumah. Lokasi verifikasi tidak ada hubungannya sama sekali dengan sekolah tujuan. 

Kalo udah selesai, silakan klik "Lanjutkan"

4. Konfirmasi Lokasi Verifikasi Sekolah

memilih lokasi verifikasi sekolah

Lokasi verifikasi diperlukan untuk pengajuan data atatau dokumen fisik secara langsung jika terjadi ketidaksamaan data dengan dokumen di sistem. Jadi patokan mengisi lokasi verifikasi pilih yang paling dekat dari rumah aja. 

Atau bisa juga memilih lokasi verifikasi sekolah yang udah kenal sama operator atau TU-nya (misalnya di sekolah kakaknya). Kebetulan kemarin Abang pilih lokasi verifikasinya di sekolah SMP Una, jadi gampang kalo mau tanya-tanya langsung ke TU-nya. Ehehehee

Kalo udah fix langusng klik "Ya, Saya Yakin"

5. Unggah Berkas

upload KK di PPDB

Di bagian kiri, wajib unggah berkas scan KK yang masas berlakunya udah lebih dari 1 tahun ya. Paling bagus lagi kalo KK-nya merupakan KK terbaru yang telah ada barcode-nya. Tapi kalo KK baru ber-barcode belum berusia satu tahun, sebaiknya upload KK lama aja ya.

Kemudian di bagian tengah, boleh upload 1 dokumen ajah antara Scan Akta Kelahiran atau Rapor Anak bagian Biodata Siswa.

Untuk bagian kanan, kalo nama kepala keluarga di akta sudah sesuai dengan nama bapak dan ibu, boleh di skip aja alias nggak perlu diisi yaaa.

Sekarang memang lebih banyak dokumen yang perlu di-unggah untuk menghindari adanya kecurangan anak yang pindah KK cuma untuk daftar PPDB jalur Zonasi.

Kalo udah selesai, silakan klik "Lanjutkan"

6. Cek Ulang Data 

cek data PPDB

cara cek data ppdb

Cek-cek ulang dulu ya semua data yang telah dimasukkan. Khusus untuk data nilai, merupakan data yang telah ada di sistem, jadi nggak perlu ada yang di ubah, karena buibu pastinya dah verifikasi nilai sidanira juga kan di menjelang akhir semester tahun ajaran ini?

Kalo udah oke, centang check box "Setuju dengan pernyataan di atas" dan klik "Lanjutkan".

7. Simpan Nomor Tokennya


token PPDB

Disini merupakan akhir dati bagian pendaftaran, kalo udah dibagian ini, langsung difoto ya nomor peserta dan verifikasi kode alias nomer tokennya. Boleh dicatat, boleh di chat ke WA anak atau pasangan, pokoknya gaboleh sampasi lupa nomer tokennya. 

Soalnya nomer token ini penting digunakan di tahap selanjutnya dan kalo sampai lupa, mesti dateng ke lokasi verifikasi untuk mereset. nomer tokennya. Repot kan? Huhuhuhu.

Kalo udah dicatat, selanjutnya  bisa klik "Cetak Bukti Ajuan Akun"

8. Apa Wajib Cetak Bukti Ajuan Akun

cara print atau simpan PDF bukti ajuan akun PPDB

Cara save PDF-nya langsung aja klik File->Print->Save as PDF->Ok. Nanti langusng otomatis ter-download deh di device kita.

Nggak wajib saat itu juga kok, kamu bisa save dulu as PDF buat jaga-jaga kalo nanti diperlukanm untuk di print tyaaaa. Tapi tahun lalu mama Dian gaperlu print sih pas PPDB SMP Una. Hehe

Selanjutnya tinggal tunggu data kita diverifikasi oleh operator sekolah lokasi verifikasi. Sabar ya buibu. Kelar dapet token bisa langsung nyantai dulu. Hihihi.

Sebaiknya Daftar PPDB Pakai Device Apa?

KAlo untuk daftar sebenernya pake HP juga bisa kok, tapi tentunya butuh koneksi yang oke juga. Biar lebih aman sih, aku sarankan pakain komputer atau laptop aja. 

Mencegah terjadinya kepanikan yang tidak diinginkan. Hehe. Tapi sendaninya cuma ada device HP juga gapapa, pelan-pelan aja pas daftarnya ya. Supaya ngga ada kesalahan pas input data karena banyak data yang mesti dicek dan diinput kaaan.

Alhamdulillah mama Dian dah tenang nih karena Abang dan aman sampai ke verifikasi akun. Selanjutnya tinggal daftar ke jalur prestasin dan zonasi. Bismillah mohon doanya untuk Abang Rizqi yaaa, semoga bisa masuk SMP terbaik atau SMP tujuan. Aamiin..

Tetap semangat mengikuti PPDB sesuai Jadwal Tahapan PPDB Jakarta 2024 ya Buibu Pakbapak!

Buibu gimana nih, ada yang punya pengalaman mendebarkan ngga saat daftar PPDB? Share-share di kolom komen yaaa~

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Daftar PPDB Jakarta?"