Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Noviyanto, Penggagas Keju Lokal dari Kota Susu Indonesia

Susu adalah salah satu produk pangan yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya enak dan bergizi, susu juga memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh manusia. Selain itu, susu juga menjadi bahan dasar dalam pembuatan keju, makanan lezat yang sangat populer di seluruh dunia. 

Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Susu adalah salah satu sumber nutrisi penting yang kaya akan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat susu bagi kesehatan:

1. Sumber Kalsium

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Kalsium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Sumber Protein

Susu mengandung protein yang berkualitas tinggi, termasuk asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

3. Sumber Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang membantu tubuh menyerap kalsium. Susu merupakan salah satu sumber alami vitamin D.

4. Membantu Menjaga Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu dapat membantu seseorang menjaga berat badan yang sehat. Susu memberikan rasa kenyang dan memungkinkan kita untuk menghindari makanan tinggi kalori.

5. Menyediakan Energi

Susu mengandung karbohidrat yang memberikan energi instan. Ini menjadikan susu sebagai minuman yang baik untuk mengatasi kelelahan.

Kota Susu di Indonesia

Tahu nggak sih, Indonesia memiliki kota yang terkenal dengan julukan kota susu? Kota ini bahkan hampir disamakan dengan New Zealand, salah satu negara penghasil susu yang cukup besar di dunia. Apa hayo nama kota penghasil susu di Indonesia? Yap, betul banget. Boyolali merupakan kota di Jawa tengah yang juga sering disebut dengan julukan New Zealand Van Java. 

Kalo kamu mampir ke Boyolali, nggak perlu heran ya kalo melihat monumen Sapi besar di kota tersebut. Kenapa dmeikian? Karena sebagian besar penduduk Boyolali merupakn peternak sapi penghasil susu. Berdasarkan data BPS tentang Produksi Telur Unggas dan Susu Sapi menurut Kabupaten dan Jenis Ternak di Provinsi Jawa Tengah, Boyolali menempati peringkat pertamaproduksi susu sapi.

Ada berapa banyak sih sapi perah di Boyolali? Ternyata, jumlah sapi perah di Kota Susu ini hampir mencapai angka 100.000 sapi yang dikelola oleh puluhan ribu warga. Sapi-sapi ini memproduksi susu sapi lebih dari 50.000 ton pertahun atau 136 ton susu perhari. Berdasarkan jumlah tersebut, Boyolali menjadi penyumbang tertinggi produk susu sapi di Jawa Tengah.

Ternyata kesesuaian topografi di wilayah Boyolali menjadi salah satu alasan Boyolali cocok untuk menjadi daerah peternakan sapi perah. Kesesuaian suhu dan dukungan budidaya pakan ternak juga menjadi pendukung utama industri sapi perah ini.

Pada tahun 2005 hingga 2007 lalu, ternyata para peternak sapi perah di Boyolali mengalami kendala yang cukup besar. Akibat overproduksi dan penanganan yang lambat, KUD yang menampung susu segar dari peternak pernah membuang 200 liter susu perhari. Selain itu, saat itu belum ada juga produsen yang mengolah susu sapi dalam jumlah yang sebegitu besar.

Hal ini kemudian menggerakan salah satu anak muda asli Boyolali, untuk membuat tempat pengolahan susu menjadi produk baru yang tentunya bisa menyelamatkan para peternak dan meningkatkan nilai jual susu di Boyolali.

Noviyanto, Sang Penggagas Pabrik Keju di Boyolali

Walaupun memiliki latar belakang pendidikan di bidang arsitektur, Noviyanto bertekad untuk membantu mengatasi peternak sapi yang saat itu mengalami overproduksi. Dengan sokongan dana dari teman-temannya, Novi menginisiasi pendirian Koperasi Unit Desa dengan bidang usaha khusus untuk membuat keju. Novi mulai merintis Pabrik Keju Indrakila pada tahun 2009.

Pabrik keju Indrakila Boyolali

Noviyanto, Penggagas Keju Lokal dari Kota Susu Indonesia

Pabrik keju ini berlokasi di daerah Dukuh karangjati, Karanggeneng, Boyolali. Setiap hari, pabrik ini mendapat pasokan susu segar dari Koperasi Serba Usaha di Boyolali. Koperasi ini beranggotakan lebih dati 600 peternak sapi perah di daerah Boyolali. Perhari, pabrik keju Indrakila dapat memproduksi lebih dari 50kg keju. 

Pabrik keju Indrakila membeli susu sapi peternak dengan harga lebih tinggi dari pasaran, tujuannya untuk lebih meningkatkan kesejahteraan dan menjaga kualitas susu dari para petani. Saat ini terdapat lebih dari 8 produk keju yang dihasilkan, mulai dari mozarela, feta, hingga keju jenis mountain.

Pabrik keju Indrakila menjadi salah satu pabrik penghasil keju terbesar di Boyolali. Tidak perlu ragu untuk membeli keju Indrakila alias keju Boyolali. Karena kualitasnya sudah terjamin. keju-keju hasil produksi Pabrik ini bahkan sudah menjadi pemasok tetap resto-resto, rumah makan dan hotel mulai dari Jakarta, Bali hingga Makasar.

Yuk cintai dan dukung selalu produk dalam negeri, salah satunya dengan menggunakan produk susu dan keju lokal seperti keju Indrakila ini, ya!

2 komentar untuk "Noviyanto, Penggagas Keju Lokal dari Kota Susu Indonesia"

  1. Memang banyak sekali nih ya manfaat keju. Selain itu, keren banget nih perjuangannya

    BalasHapus
  2. Memang banyak nih ya manfaat baik dari keju untuk tubuh kita semua

    BalasHapus