Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyanyi Terkenal Ini Ternyata Musisi Indie Loh!

Apa itu Indie? Indie merupakan singkatan dari independen. Menurut KBBI, kata indipenden sendiri bermakna yang berdiri sendiri, yang berjiwa bebas, tidak terikat pada sesuatu. Pastinya temen-temen disini semuanya pernah mendengar istilah musik indie kan?

Ngga berbeda dengan pengertian kata indipenden sendiri, kalo dalam dunia musik, indie artinya saat melakukan rekaman dan publishing musik, si musisi melakukan semuanya sendiri tanpa dinaungi oleh label rekaman. Tak jarang, musisi indie bahkan mendirikan label rekamannya sendiri untuk melakukan rekaman musik dan publishing karyanya.

Memangnya, label rekamanan itu apa sih? Label rekaman adalah wadah untuk memasarkan musik dan video musik dari seorang musisi. Label rekaman juga melakukan perekrutan artis baru dan menetapkan hak cipta terhadap karya musisi mereka. Biasanya, label rekaman juga mengatur tentang bayaran royalti lagu dan peredarannya pda aplikasi streaming musik. Setelah membaca tentang arti label rekaman ini, pastinya teman-teman semua jadi menyadari bahwa kehadiran label rekaman sangat penting untuk seorang musisi, ya.

Manfaat platform streaming musik untuk mempromosikan musik indie

Musisi Indie yang Sukses di Industri Musik Tanah Air

Tapi ternyata, banyak juga kok musisi indie yang sukses di industri musik tanah air tanpa dinaungi oleh label rekaman besar. Penasaran kan siapa aja penyanyi atau grup musik indie yang sukses pada jalur indipenden?

Mocca

Siapa sih yang nggak tau Mocca, grup musik asal Bandung ini merupakan salah satu musisi indie yang sukses di belantika musik tanah air. Berdiri sejak tahun 1999 dengan genre musik indie pop dan swing jazz, lagu-lagu Mocca sangat easy listening untuk didengar.

Kamu pasti tau beberapa lagu-lagu Mocca mulai dari "Secret Admirer", "I Remember", "Me and My Boyfriend". "Teman Sejati", "I Love You Anyway" dan masih banyak lagi karya Mocca lainnya. Lagu-lagu Mocca juga banyak mengisi soundtrack film dan TV Series Indonesia. Siapa sangka, kesuksesan grup band Mocca ternyata tanpa dinaungi oleh label besar ternama.

Nadin Amizah

Nadin Amizah

Pastinya, temen-temen pernah sekali dua kali mendengar karya musik dari Nadin Amizah yang berjudul "Bertaut". Bahkan Gempi, salah satu seleb cilik Indonesia menyukai dan hapal banget sama lagu Bertaut-nya Nadin Amizah loh.

Siapa tau ada yang baru kenal sama lagunya, tapi belom kenal sama penyanyinya. Nah, siapa itu Nadin Amizah? Nadin Amizah merupakan penyanyi berusia 22 tahun yang kini sukses di industri musik Indonesia. Nadin Amizah bahkan sudah mencemplungkan diri dalam dunia musik sejak duduk di bangku SMA.

Pada bulan Mei 2020, album "Selamat Ulang Tahun" Nadin Amizah menjadi album debut dari label rekaman yang kini menaunginya.

Tulus

Tulus penyanyi Indie

Kalo penyanyi yang satu ini, nggak mungkin nggak ada yang kenal kan? Hihi. Iyap, Tulus juga merupakan salah satu penyanyi indie berbakat yang sukses di industri musik Indonesia. Iyes, kamu ga salah baca kok, Tulus memang menggunakan pendekatan indie saat melakukan rekaman dan publishing musiknya.

Bersama kakak kandungnya, Tulus mendirikan Tulus Company untuk mengurus semua karya musiknya. Ngomongin soal Tulus jadi pengen langsung streaming online lagu Tulus kesukaanku yang berjudul "Gajah", nih!

Ngomongin soal streaming musik, hari gini siapa sih yang nggak streaming musik secara online ya khaaaan~

Manfaat platform streaming musik untuk mempromosikan musik indie

Untuk melakukan publikasi musik indie, para musisi indie ini tentunya sangat terbantu dengan kehadiran platform streaming musik Indonesia. Ngga bisa disangkal lagi sih, di jaman serba digital ini, streaming musik sangat mudah dilakukan. Streaming musik merupakan salah satu cara legal dan halal untuk para penyuka musik menikmati musik-musik favoritnya.

Pastinya sebagian besar teman-teman pembaca disini pernah kan mendengar musik-musik Tulus di platform streaming musik? 

Beberapa dampak positif platform streaming musik bagi musisi Indie menurut situs teknologi Pricebook yaitu untuk memperluas akses ke musik lokal, meningkatkan eksposur, menambah penghasilan, meningkatkan profesionalisme dan memudahkan distribusi musik.

Salah satu manfaat platform streaming musik yang paling penting untuk para musisi indie adalah, sebagai tempat untuk memasarkan dan mempublikasikan lagunya secara mudah. Platform streaming musik sekarang kece-kece banget sih yaaaa, mendengarkan musik favorit jadi bisa dengan mudah dilakukan siapaun, dimanapun dan kapanpun. 

Seperti salah satu platform streaming musik dari IndiHome dan Telkom Indonesia, yaitu Langit Musik.

Industri Musik Lokal Sangat Terbantu dengan Adanya Internet dan Platform Streaming Musik seperti Langit Musik

Tanpa internet yang oke, mana bisa sih kita streaming musik musisi favorit kita? Seperti pada aplikasi streaming musik, Langit Musik dari NUON Digital Indonesia.

Langit Musik merupakan salah satu layanan add-on dari IndiHome. Lewat Langit Musik, selain bisa mendengarkan lagu kesukaannya dengan kualitas suara Dolby Audio di ponsel atau IndiHome TV, kamu juga bisa sekaligus mendownload musiknya loh!

Sambil streaming musik, kamu juga bisa karokean tipis-tipis karena udah ada fitur liriknya juga. Lewat Langit Musik, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi musik sesuai mood, bikin playlist, hingga share playlist ke sosial media yang kamu miliki!

Khusus buat pengguna IndiHome, nggak perlu ragu lagi langsung deh aktifkan fitur add-on Langit Musik untuk mendengarkan streaming musik favorit kamu!

16 komentar untuk "3 Penyanyi Terkenal Ini Ternyata Musisi Indie Loh!"

  1. Yg Nadin aja nih yg aku ga tahu, atau mungkin pernah denger lagunya tapi ga ngeh siapa penyanyinya 😅.

    Yg 2 lainnya tau. Mocca aku lumayan sukaaa 😍. Baru tau kalo mereka indie loh mba.

    Langit musik ini dulu sempet booming, tapi Krn aku udh langganan Ama streaming musik yg lain, jadi cuma sekedar tahu aja. Masih tetep exist ya ternyata, Krn sempet ga kedengeran..

    Aku dan suami bisa dibilang kalo ngelakuin sesuatu wajib sambil denger musik mba. Rasanya ga semangat aja kalo ga ada musik. Makanya masing2 kami pasti install aplikasi musik berbayar di hp masing2.

    BalasHapus
  2. Ku suka ketiga penyanyi indie itu, langganan dengerin musiknya

    BalasHapus
  3. Aku suka ketiganya, karena lagu2nya dan suaranya kaya menyentuh hati gitu. Cuma untuk musik biasanya aku masih pake yg gratis, jd ada iklannya di sela2 wkwkwk.. Karena termasuk jarang setel musik yg lama

    BalasHapus
  4. Mocca dan Tulus sih favoritku ini tapi yang satunya aku gak tau mak. Nah sekarang tuh enak banget ya sudah ada streaming musik dan pastinya dengan dukungan internet cepat juga. Kan sayang kalau lagi streaming tau-tau jaringannya lambat.

    BalasHapus
  5. Indihome memang tiada duanya, aku juga berlangganan Indihome, jaringan internetnya kencang dan stabil.

    BalasHapus
  6. baru tahu tulus juga penyanyi indie. ada plus minusnya menggunakan perusahaan indi utk label musik sendiri. salut utk penyanyi di atas rela bertaruh hal yg besar..

    BalasHapus
  7. oh ternyata tulus itu penyanyi indie, eh maksudnya indie label musik sendiri ya, kayak rizky febian

    BalasHapus
  8. aplikasi musik favorit aku, nih. soalnya mau lagu lawas atau baru, ada semuaa. jadi pingin putar lagu2nya tulus. hahaha

    BalasHapus
  9. Aku penggemar musik indie
    Suka Mocca dari dulu
    Sekarang juga suka banget sama Tulus
    Cus langsung add on Langit Musik deh

    BalasHapus
  10. Malah baru tahu akuu tentang Indie ini, sekarang orang bebas berkreasi yaa di dukung dengan jaringan internet yang bagus tanpa lelet dan gangguan. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  11. Aku malah baru dengar Mocca, mba. Langsung cek nih di Langit Musik sebagai andalanku dengerin lagu Indie.

    BalasHapus
  12. Aku suka sahabat TULUS mba suka sama lagu2nya ...iya nih dah lama juga .. sbg pengguna IndiHome, udah aktifkan fitur add-on Langit Musik untuk dengar streaming musik favorit

    BalasHapus
  13. Ternyata aku suka banget sama musisi indie.
    Karena mereka cenderung lebih fresh dengan idealismenya, gak nurutin maunya pasar.
    Dukung selalu dengan mendengarkan di platform musik resmi Langit Musik, yang pasti kualitas musiknya juga lebih bagus dan lebih nyaman dengan fitur yang disediakan.

    BalasHapus
  14. Idolaku semua itu. Mocca udah ngefans sejak jaman duluuuu banget. Tulus juga, Nadin Amizah yang terbaru. Memang ya, kemajuan teknologi memudahkan segala hal. Apalagi kalau ditunjang privider handal seperti IndiHome.

    BalasHapus
  15. Tulus dari Indie ya baru tahu, kalai dasarnya musik dan suaranya bagus booming aja ya walaupun indie

    BalasHapus
  16. Suka dengar lagunya Tulus dan ternyata aku baru tahu kalau dia penyanyi indie. Platform musik jadi hiburan saat kerja tambah semangat

    BalasHapus