Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih fungsi oli mesin pada kendaraan?

Kenapa sih banyak perempuan yang bisa bawa mobil dan motor tapi nggak memahami perawatannya? Apakah kamu salah satunya? Padahal dengan lebih memahami cara merawat mobil yang benar, maka usia pakai mobil juga bisa lebih lama. Nah, yuk mulai belajar cara merawat mobil. Salah satunya dengan cara mengetahui apa aja sih fungsi oli kendaraan, kapan sebaiknya oli kendaraan diganti dan apa merk oli sintetik terbaik?


Apa itu Oli Mesin?

Oli mesin adalah minyak pelumas berbentuk cairan kental yang berguna untuk merawat seluruh komponen pada bagian dalam mesin. Tidak rutin mengganti oli mesin bisa menyebabkan kendaraan rusak dan tidak dapat digunakan loh. Karena saat oli mesin habis, pendinginan hingga pelumasan mesin tidak bisa terjadi. Hal itu akan mengakibatkan piston dan komponen bergerak lain menjadi saling mengunci hingga mesin tidak bisa digunakan.

Oli mesin biasanya dilengkapi dengan beragam kandungan. Salah staunya zat aditif yang berguna untuk meningkatkan kualitas base oil dan memberikan property baru.  Oleh karena itu, penting banget nih untuk melakukan pergantian oli mesin secara rutin, supaya komponen mesin tetap awet dan kondisi mesin kendaraan tetap optimal.

Fungsi Oli Mesin

Lalu, apa aja sih fungsi dari oli mesin? 

Sebagai Pelumas Mesin

Yak, sebagai pelumas mesin merupakan fungsi utama dari oli mesin. Keberadaan oli dalam mesin dapat mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti dinding silinder atau piston.

Untuk Mendinginkan Mesin

Saat komponen mesin bekerja, maka suhu panas wajar terjadi dalam mesin. Mendinginkan suhu mesin merupakan sala satu fungsi dari oli mesin.

Untuk Mencegah Karat Pada Mesin

Pasti udah pada tau kan ya kalo sebagian besar bagian mesin terbuat dari bahan logam. Jadi wajar banget kalo mesin mudah berkarat. Oli mesin memiliki fungsi untuk mencegah karat pada bagian-bagian mesin.

Sebagai Pengendali Kontaminan

Gesekan antar kompenen pada bagian dalam mesin merupakan hal yang tidak mungkin dihindari. Oli mesin berfungsi sebagai salah satu pengendali kontaminan atau logam-logam dari hasil gesekan antar spare parts. Oli mesin akan membawa kotoran atau serpihan-serpihan tersebut ke dalam filter.

Untuk Mencegah Kebocoran Gas di Ruang Bakar

Oli sintetik memiliki kemampuan untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin. Misalnya saat melumasi piston dan dinding silinder, oli mesin juga akn berfungsi sebagai perapat diantara keduanya agar tidak ada kebocoran gas pada ruang atas atau bawah piston.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin?

Setelah kita mengetahui beberapa fungsi oli mesin, kamu juga harus mengetahui bahwa pada kasus tertentu, oli mesin dapat menguap seiring pemakaian. Oli mesin juga memiliki masa pakai sekitar 6 bulan atau sekian km. Oleh karena itu, jangan lupa cek dan ganti oli mesin secara berkala agar mesin kendaraan kamu tetap awet dan sehat.

Rekomendasi Oli Mesin yang Tepat

Hmmmm, masih bingung saat memilih oli mesin yang tepat? Nggak perlu bingung lagi, langsung aja pilih TOP 1 Zenzation. TOP 1 Zenzation adalah salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik dari TOP 1 yang bisa membuat kinerja mesin semakin optimal.

TOP 1 Zenzation juga memiliki teknologi Ester Fortified. Teknologi ini membuat kemampuanpelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi dan tahan lama.  

Teknologi dalam TOP 1 Zenzation

Ini dia beberapa teknologi yang terdapat pada TOP 1 Zenzation yang baik untuk mesin kendaraanmu:

Ester Fortified

Oli mesin TOP 1 Zenzation diperkaya dengan Ester yang mampu memberikan perlindungan lebih lama dan juga mampu menciptakan respon sempurna bahkan ketika mesin awal dihidupkan.

Exceed Euro 6 Standard

Teknologi ini mampu membuat mesin menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dengan mesin yang tetap bertenaga

Max TBN

Teknologi Max TBN ini mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap korosi dan karat.

Nah itu dia rekomendasi oli tahan lama yang baik untuk mesin kendaraanmu. Jadi buat buibu, mulai sekarang yuk lebih perhatian lagi dengan kendaraan kesayangannya. Jangan lupa cek berkala oli mesinnya dan gunakan TOP 1 Zenzationagar kinerja mesin tetap optimal!

Posting Komentar untuk "Apa sih fungsi oli mesin pada kendaraan?"