Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial BikinCV Mudah

CV merupakan salah satu dokumen wajib yang harus ada pada dokumen lamaran kerja. Penting sekali untuk membuat CV yang menarik atau CV ATS Friendly, agar dapat meraih kesempatan lebih besar untuk diterima bekerja di suatu perusahaan.

Oleh karena itu, jangan membuat CV secara asal-asalan, CV bisa disebut juga modal untuk "menjual diri" kepada sebuah perusahaan. CV juga menentukan nilai diri. CV merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh HR dari seorang pelamar kerja. Lalu, bagaimana cara membat CV yang baik dan menarik? Yuk, baca hingga akhir artikel berikut ini ya!

Pengertian CV

CV adalah kepanjangan dari Curriculum Vitae. Pengertian curriculum vitae yaitu sebuah dokumen berisi daftar riwayat hidup seseorang. Riwayat hidup yang dimaksud dimulai dari data diri pribadi, latar belakang pendidikan hingga pengalaman organisasi dan pengalaman bekerja yang pernah dijalani

Fungsi CV

Apa aja sih fungsi dari Curriculum Vitae? Beberapa fungsi CV diantaranya, dokumen yang berfungsi untuk mengenalkan diri kepada perusahaan dan untuk meyakinkan perusahaan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang cocok untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Isi CV

Apa aja sih yang harus ada dalam CV yang kita buat? Dimulai dari data diri lengkap, yaitu nama, alamat, telpon, email, tanggal lahir serta akun media sosial seperti LinkedIn. Kemudian, latar belakang pendidikan yang biasanya cukup dimulai dari jenjang SMA dan universitas. Masukkan juga pengelaman organisasi, pengalaman magang dan pengalaman bekerja yang dilengkapi dengan nama perusahaan atau organisasi, deskripsi tugas atau pekerjaan yang dilakukan dan rentang waktu bekerja. Terakhir, jangan lupa juga tuliskan informasi mengenai skill apa saja yang kamu kuasai.

Cara Membuat CV

contoh CV

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan isi CV. Sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang baik. CV yang baik merupakan CV yang jelas, lengkap, dan mudah dibaca. Nah, bikin CV mesti mulai darimana ya? Sekarang nggak perlu bingung lagi, langsung aja yuk liat contoh CV di BikinCV.

Eh, udah pada tau kenal sama BikinCV belum? Kalo belum sini-sini aku kenalin dulu platform yang bisa mmeudahkan kamu banget dalam proses membuat CV!

Platform BikinCV, mempermudah kita untuk membuat CV

Contoh CV Menarik

Apa itu BikinCV? BikinCV adalah platform yang bermanfaat untuk membuat CV dan surat lamaran kerja yang cepat dan mudah. Hanya dengan watu 5 menit saja, kita bisa langsung mengunduh CV yang telah kita buat untuk dikirimkan langsung ke perusahaan tujuan saat itu juga.

Di BikinCV juga tersedia 100++ contoh CV menarik yang bisa kamu gunakan dalam semua bidang pekerjaan. Tersapat beberapa kategori pekerjaan yang tersedia, mulai dari akuntansi dan keuangan, kesehatan, pendidikan, hospitality dan pelayanan makanan minuman, penjualan dan pemasaran, hingga seni, media dan komunikasi.

Dalam BikinCV, kamu nggak hanya bisa membuat CV secara instan dan mudah, tapi jugaterdapat beberapa tips seputar CV yang menarik hingga CV yang ATS Friendly. 

Personalisasikan juga CV yang kamu buat sesuai dengan lowongan pekerjaan dan perusahaan yang di tuju. Sebaiknya, buatlah beberapa CV yang berbeda yang dipersonalisasikan sesuai lowongan kerja yang dilamar. Jangan hanya membuat 1 CV untuk dikirimkan ke semua lowongan pekerjaan dan perusahaan. CV yang baik adalah CV yang isi didalamnya disesuaikan dengan job description dalam info lowongan pekerjaan. Seperti dalam contoh CV design graphic dan dokter berikut ini, terlihat perbedaannya bukan?

Contoh template CV

Tenang, nggak perlu bingung lagi dalam membuat CV atau menentukan template CV yang cocok untuk suatu pekerjaan, langsung aja mampir ke BikinCV dan buatlah CV terbaik untuk dikirimkan kepada perusahaan impian kamu!

1 komentar untuk "Tutorial BikinCV Mudah"

  1. Bener banget, sering bingung pas buat CV karena ragu mau diisi apa, sering mempertimbangkan untuk mencantumkan data diri ke perusahaan ini itu. Hemm padahal ini penting banget untuk kualifikasi perusahaan, terima kasih informasinya bisa dicoba bikinCV yang lebih mudah dan praktis.

    BalasHapus