Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meningkatkan kompetensi diri

Di era industri 4.0 ini, transformasi digital telah diberlakukan hampir di semua sektor. Apa itu transformasi digital? Transformasi digital adalah pengalihan teknologi dari analog menjadi digital.

Kehadiran transformasi digital memang memberikan banyak kemudahan untuk kehidupan kita sehari-hari. Namun, kemudahan yang hadir di era digitalisasi ini, juga datang bersamaan dengan tantangannya tersendiri. Beberapa lapangan pekerjaan di masa depan, kabarnya akan hilang dan digantikan oleh otomatisasi dan digitalisasi. 

Beberapa pekerjaan memang akan menghilang di masa depan karena tergantikan oleh mesin dan digitalisasi. Namun, beberapa pekerjaan baru juga akan muncul, bersamaan dengan peluang usaha baru yang tercipta oleh digitalisasi.

Lalu, apakah yang harus dilakukan oleh karyawan dan fresh graduate agar tidak kehilangan lapangan pekerjaan?

Jawabannya adalah dengan menambah dan meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan pada era digital ini. Lakukan upskill dan reskill seputar keahlian IT seperti programming, web development, digital marketing, hingga graphic design. Nah, untuk melakukan upskill dan reskill, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Cara meningkatkan kompetensi diri

1. Rajin membaca buku 

Bacalah buku seputar keahlian yang ingin dikuasai. Apalagi saat ini sudah terdapat wujud buku digital yang mudah untuk dibaca dimana saja. 

2. Mengikuti kursus dan webinar

Saat ini banyak platform yang telah menyediakan kursus dan webinar yang bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu saja semakin memberikan kemudahan untuk meningkatkan kompetensi diri.

Banyak kursus online dan webinar yang dapat diikuti secara gratis maupun berbayar dengan beragam tema yang menarik.

3. Melanjutkan pendidikan formal

Walaupun telah memiliki pekerjaan, tidak ada salahnya untuk melanjutkan kuliah kembali. Dengan melanjutkan kuliah, kamu juga berkesempatan untuk melakukan upgrade ilmu dan tingkat pendidikan yang dapat menjadi belak untuk meningkatkan jenjang karir yang kamu miliki. 

Tidak usah khawatir dengan keterbatasan waktu, karena saat ini tersedia universitas yang menyediakan kelas karyawan, seperti kelas karyawan di Bandung.

Pada kelas khusus karyawan ini, kamu akan mendapatkan jadwal kuliah yang lebih fleksibel untuk disesuaikan dengan waktu bekerja. Kelas karyawan biasanya diadakan pada sore hari ataupun akhir minggu.

Untuk yang berdomisili di Bandung, kamu dapat mengikuti kelas karyawan di Ma'soem University, nih.

Kelas Karyawan di Ma'soem University

Kelas Karyawan di Bandung

"Masoem University" atau Universitas Al Masoem merupakan universitas yang didirikan oleh Yayasan Al Masoem Bandung. Kampus ini awalnya bernama AMIK Al Masoem, dan alumninya disalurkan untuk mengembangkan beberapa perusahaan milik Masoem Group.

Lokasi Ma'soem University hanya sekitar 4 menit dari gerbang tol cileunyi, dan 35 menit dari kawasan Nagreg dan perbatasan kota daerah Priangan Timur sekaligus termasuk kawasan pendidikan Jatinangor,.

Masoem University merupakan salah satu kampus swasta favorit bagi calon mahasiswa baik di Jawa Barat maupun daerah lainnya di Indonesia. Lokasi kampus juga sangat dekat dengan kawasan industri sehingga menjadi pilihan favorit bagi Mahasiswa yang mengambil kelas karyawan di Sumedang.

Ma'soem University memiliki komitemen kuat untuk mencetak ahli madya dan sarjana yang berkompeten dengan beberapa Prodi. Mulai dari Sistem Informasi (S1), Digital Business (S1), Perbankan Syariah (S1), Manajemen Bisnis Syaiah (S1), Agribisnis (S1), Teknologi Pangan (S1), Bimbingan Konseling (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Manajemen Informatika (D3) dan Komputerisasi Akuntansi (D3).

Yuk terus kembangkan skill dan kompetensi yang kamu miliki sebagai persiapan diri menghadapi era digital. Jangan takut kehilangan lapangan pekerjaan jika kamu sudah melakukan upskill dan reskill. Jangan pernah bosan untuk belajar dan menambah skill dan wawasan sebagai bekal memasuki dunia kerja pada era transformasi digital saat ini.

Posting Komentar untuk "Cara meningkatkan kompetensi diri"