Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

Bagi pemilik kucing kesehatan dan umur yang panjang tentu didambakan setiap orang. Berbagai cara pasti dilakukan agar kucing mendapatkan hidup yang panjang dan juga kesehatan setiap hari. Di masa pandemi seperti ini juga kesehatan hewan harus diutamakan dengan memberi beberapa obat atau makanan yang terbaik. 

Vitamin atau suplemen memang sudah terdengar biasa di kalangan pecinta kucing, namun ternyata kebutuhan seperti itu juga bisa dipenuhi dengan menggunakan kuning telur. Bahan yang mudah didapat dimana – mana saat ini nyatanya punya segudang manfaat bila diberikan kepada kucing kesayangan kita. Tentunya pemberian kuning telur harus menggunakan cara yang tepat.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

Apa Saja Kandungan Nutrisi Kuning Telur Bagi Kucing?

Telur adalah sumber protein bergizi dan dalam jumlah banyak bisa didapatkan. Bukan hanya orang yang biasa mengkonsumsi, bagi hewan peliharaan atau ternak termasuk kucing juga bermanfaat. 

Untuk kucing bagian telur yang diperbolehkan dimakan adalah kuning telur saja, hal ini  karena putih telur bisa menghambat pertumbuhan kucing karena adanya senyawa glikoproteion avidin. Adapun untuk kandungan nutrisi dari kuning telur untuk kucing adalah sebagai berikut.

1. Zat besi, kandungan zat besi dalam kuning telur bisa bermanfaat bagi kelancaran oksigen dalam darah dan menguatkan sistem imun tubuh kucing

2. Vitamin B12, vitamin B12 dapat membentuk protein, darah, dan jaringan tubuh kucing sehingga membuat kucing tumbuh dengan baik

3. Vitamin D, sama seperti pada manusia Vitamin D bisa memberi mengatur kadar kalsium dalam darah untuk kekuatan dan kesehatan tulang dan otot

Apa Saja Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing?

Dari pembahasan diatas kita tahu kandungan nutrisi pada kuning telur sangatlah bermanfaat bagi kucing. Emang apa aja sih manfaat kuning telur untuk kucing peliharaan kita?

1. Menggemukkan Kucing

Memberikan kuning telur pada kucing sangat bermanfaat karena protein dalam telur bisa membuat badan kucing. Kucing yang gemuk dan sehat merupakan hal yang harus dijaga dan menjadi keinginan setiap kucing. Dengan kucing gemuk dapat terlihat kesehatan kucing dan menjadi tanda nafsu makannya sangat baik. 

Dengan kandungan separuh protein atau 3 gram protein di kuning telur saja bisa membuat kucing cepat gemuk. Asalkan penggunaannya tidak berlebihan kuning telur bisa menjadi sumber energi dan sehat si kucing.

2. Menjaga Stamina Kucing

Adanya kandungan zat besi pada kuning telur bisa menjaga dan membuat kucing berstamina. Dengan memberi kuning telur pada kucing akan membuat kucing terhindar dari lemas dan letih. Hal ini juga bisa diberikan sebagai terapi apabila kucing butuh vitamin dengan harga murah.

3. Daya Tahan Tubuh Kucing Akan Meningkat

Manfaat kuning telur untuk kucing berikutnya ialah meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Kandungan zat besi lagi – lagi bisa bermanfaat untuk ketahanan tubuh kucing menghadapi virus dan penyakit. Khusus untuk ini disarankan menggunakan telur ayam kampung karena kandungannya lebih tinggi.

4. Mempercepat Kesembuhan Kucing 

Selain daya tahan tubuh kuning telur juga bisa menjadi terapi kesembuhan kucing apabila sakit. Adanya vitamin B12 dalam kuning telur sangat bermanfaat karena membentuk sel darah yang mempercepat kesembuhan kucing. Apabila penyakit kucing disebabkan oleh bakteri seperti salmonela atau virus, kuning telur cocok untuk diberikan.

5. Memperindah Bulu

Selain untuk kesehatan manfaat kuning telur juga bisa membuat kodnisi fisik yaitu bulu menjadi indah. Diberikannya kuning telur dengan tepat bisa mengembalikan bulu rontok dan membuat indah. Agar hasilnya benar – benar indah jangan lupa beri shampoo kucing dalam prosesnya.

Walau sangat bermanfaat, kuning telur tidak bisa diberikan secara berlebihan atau sembarangan kepada kucing. 

Perlu diingat bahwa telur tidak bisa menjadi makanan utama bagi kucing. Pemilik tetap perlu untuk memberikan makanan kucing bernutrisi lengkap yang bisa didapatkan di pet shop offline maupun pet shop online, seperti Sukapets.

Lakukan metode yang tepat agar kucing anda mau mengkonsumsi kuning telur diimbangi dengan bahan makanan lainnya sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing"