Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Google Analytics dan Google Search Console untuk Blog

Keingetan deh, dulu jaman awal ngeblog, bener-bener nggak peduli sama apapun kecuali nulis di blog. Nggk peduli sama tempaltenya bahkan pageviewnya. Nulis aja pokoknya, mau ada yang baca ataupun ngga.

Kemudian pelan-pelan mulai peduli sama blog saat pageview meningkat karena salah satu tulisan di blog dibaca dan dikomen sama banyak orang. Orang-orang yang nggak aku kenal sebelumnya, dan saat itu aku juga sadar bahwa para pembaca tersebut menemukan tulisan aku lewat google.

Setelah itu semakin semangat ngeblog dan bergabung dengan beberapa komunitas blogger yang kemudian mengenalkan pada teknik SEO.

Belajar SEO itu...

Bikin puyeng! Karena perlu detail teknis yang buanyaaaaak banget. Danharus dipelajari dengan sabar, telaten dan pelan-pelan. Karena buat punya blog yang ramah SEO emang nggak bisa kita dapatkan dalam semalam. Semuanya butuh banyak proses plus trial dan errornya. 

Tahun lalu alhamdulillah banget sempet ikutan dua kelas online tentang SEO, lalu apakah aku sendiri langsung jadi paham? Tentu saja tidaaaaakkkk, masih perlu banyaaaaaaaak banget belajar buat ngejadiin blog ini ramah SEO.

Alhamdulillahnya tahun ini, dikasi kesempatan lagi buat ikutan kelas SEO dari BRT (Blogger Ruang Tunggu) yang digawangi oleh Mba Monica Anggen, Mas Punto, Mba Gilang, Mas Aldhi dan Mas Priyo.

Setiap ikutan kelas SEO, selalu nambah lagi ilmu baru yang bisa diterapkan di blog biar makin ramah sama SEO. Karena kalo cuma ikutan kelas SEO sekali dua kali tuh rasanya nggak cukup, kaya Google Search Console yang kemarin baru update fitur baru, ilmu tentang SEO juga harus terus diupdate.

Minggu lalu, nggak terasa udah minggu ketiga berada di Kelas SEO BRT ini. Sampe juga di pembahasan dua tools dari Google yang harus bergandengan erat dengan blog kita nih. Yaitu adalah Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA). 

Sesungguhnya, kenal sama dua tools tersebut tuh udah lamaaaa banget. Tapi jujur sampe sekarang akupun belom ngerti 100% semua kegunaan fitur-fitur yang ada pada GA dan GSC.

Ada juga nggak sih yang samaan kaya aku? Make GA cuma buat ngecek dan laporan pageview, dan GSC cuma buat ngecrawl link blog terbaru? Hihihi.

Alhamdulillah banget, kelas di minggu ketiga kemarin membahas khusus tentang GA dan GSC beserta seluruh fitur-fitur yang bisa kita mnafaatkan untuk blog kita.

Di postingan kali ini, aku mau coba untuk mencatat beberapa poin penting  GA dan GSC dari kelas Gmeet Mas Priyo Harjiyono kemarin nih!

Google Analytics untuk Blog

Google Analytics adalah tools berbasis web untuk menganalisis kinerja website diantaranya melacak, elihat umur dan juga banyaknya pengunjung.  

Nah, emang apa aja sih kegunaan Google Analytics untuk blog kita?

Fitur-fitur pada Google Analytics yang berguna untuk blog

Dari pertama membuka GA, kita akan disuguhkan dengan tampilan beranda yang menyajikan informasi tentang berapa orang sih yang lagi online di blog atau website kita saat itu. Aku suka banget ih ngeliat tampilan Pengguna Aktif ini, kaya happy aja pas tau ternyata lagi ada yang baca blog aku saat itu.

Real Time

Nah selanjutnya kalo kita klik pilihan Real Time di sisi kiri tampilan GA ini, kita akan disuguhkan dengan informasi Pengguna aktif lengkap dengan halaman blog yang dikunjungi. 

Pada pilihan Real Time ini, kita juga bisa melihat lokasi, sumber traffic, konten, peristiwa dan juga konversi.

Audience

Pada Audience di bagian ringkasannya, kita bisa melihat pengguna yang memasuki blog kita dalam suatu waktu tertentu. Kalo mau liat rentang waktu sebulan, langsung aja set tanggalnya di sebelah kanan atas ya.

Selanjutnya kita juga bisa melihat lengkap demografi atau jenis kelamin dan usia, minat, geografis, perilaku, teknologi dan lain-lainnya.

Perilaku


Pada bagian perilaku, kita dapat melihat darimanakah pengunjung blog kita datang, apakah lebih banyak via organic search atau mesin pencari, direct atau referral berasal dari link yang kita bagikan, dan terakhir social yaitu berasal dari media sosial kita.

Perilaku



Pada perilaku, kita bisa melihat jumlah pageview blog atau web kita dalam kurun waktu yang ditentukan. lalu gimana sih caranya melihat pageview blog sebuah postingan sebulan terakhir?


Gampang, cukup klik perilaku - konten situs - semua halaman - set rentang waktu yang diinginkan - lalu ketik kata kunci pada tabel search dibawah grafik - kemudian klik icon search-nya. Selanjutnya akan keluar pageview halaman yang diperlukan. 

Oke lanjut! Selanjutnya mari lanjut ke Google Search Console yuk!

Google Search Console untuk Blog


Google Search Console adalah tools gratis yang disediakan dari Google yang berguna untuk memantau, mempertahankan, dsan memecahkan masalah kehadiran blog atau web kita di hasil penelusuran Google.

Fitur-fitur pada Google Search Console yang berguna untuk blog



Nah ini dia tampilan muka dari Google Search Console. Tuh liatkan ada pengumuman fitur baru dari GSC di kolom kuning atas. Ada apakah yang baru di GSC tahun 2021 ini?

Ringkasan Situs



Ini dia yang baru dari GSC yaitu adalah Ringkasan Situs yang berisi ringkasan lengkap mulai dari jumlah pengunjung total, rata-rata kunjungan halaman, konten baru, konten yang paling banyak dikunjungi hingga keyword yang paling banyak mengarah ke blog kita. Lengkap. Cocok banget nih buat ninjau keseluruhan blog secara simpel dan juga detail.

Kinerja



Ada satu fitur pada kinerja yang bisa kita gunakan untuk membuat tulisan di blog yaitu adalah kueri. Kueri ini berisi kata kunci yang diketik oleh para pengunjung blog kita hingga akhirnya masuk ke dalam blog kita. Kueri terbanyak bisa kamu kembangkan untuk tulisan baru supaya semakin banyak pengunjung di blog kita.

Inspeksi URL




Nah ini juga yang nggak kalah penting yaitu bagian inspect URL untuk memasukkan link blog terbaru kita supaya dapat dicrawl dan diindeks oleh Google. Hal ini penting untuk kamu lakukan kepada postingan terbaru kamu supaya pstingan terbaru yang sudah kita tulis bisa cepat dicrawl oleh Google dan masuk ke dalam laman pencarian Google.

Baiklaaaah~ Sementara sampai disini dulu ya postingan tentang GA dan GSC kali ini. Masih belum dijabarin semuanya nih, insyaaAllah nanti lanjut ke postingan part kedua *ga janji tapiii* Kalo ada yang nggak ngerti dan mau ditanyain, boleh banget ke kolom komen, nanti insyaaAllah aku jawab sebisanya yaaaaa~ Weheheheheeee.

Akhir kata, terima kasih sebanyak-banyaknya untuk Kakak Kakak BRT yang udah berkenan sharing banyak ilmunya seputar SEO ini. Untuk Mba Monic, Mas Punto, Teh Gilang, Mas Aldhi dan Mas Priyo, terima kasih banyaaaaak <3 InsyaaAllah nanti dibalas dengan rezeki, kemudahan urusan, kesehatan dan keberkahan yang banyak yaaa.. Aamiin..

Semangat belajar terus ya Kakak Kakak Blogger semuanyaaaa~ Jangan berhenti belajar dan teruslah menulis untuk memberikan informasi dan inspirasi!

Posting Komentar untuk "Manfaat Google Analytics dan Google Search Console untuk Blog"