Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Reksa Dana Saham yang Harus Kamu Ketahui

Reksa Dana Saham adalah salah satu pilihan dalam berinvestasi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa selain menabung, kita juga bisa menginvestasikan dana yang kita miliki supaya bisa mendapatkan keuntungan kembali salah satunya dengan cara melakukan investasi. 

Saat ini terdapat beragam jenis pilihan investasi yang dapat kita pilih dan kita sesuaikan dengan dana yang kita miliki. Salah satunya dengan mencoba investasi melalu reksa dana saham. Sudah tau tentang reksa dana saham belum nih?

Reksa Dana Saham

Apa itu Reksa Dana Saham?

Reksa dana saham merupakan salah satu jenis raksa dana yang menempatkan investasi ke pembelian saham-saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungan dari reksa dana saham ini diperoleh dari kenaikan harga saham yang dibeli di bursa saham. Dana investasi kita nantinya akan dialokasikan minimal sebesar 80% pada saham, maksimal sebesar 20% pada surat utang dan maksimal 20% di pasar uang.

Cara Kerja Reksa Dana Saham

Secara garis besar terdapat 3 langkah cara kerja reksa dana saham. Pertama, Manajer Investasi (MI) akan menghimpun dana dari para investor. Kedua, dana yang telah terhimpun tersebut kemudian akan diinvestasikan pada saham yang sesuai dengan kesepakatan para nasabah yang sudah tercantum di prospektus.

Ketiga, nasabah kemudian nantinya akan menenrima laporan investasi dari Manajer Investasi tentang dana yang diinvestasikan tersebut secara berkala. Laporan yang akan diberikan kepada nasabah nantinya akan secara garis besar berisi tentang kinerja produk, komposisi aset dan juga portofolio aset sehingga nasabah nantinya juga dapat memantau reksa dana sahamnya.

Beberapa Fakta yang Harus Diketahui Tentang Reksa Dana Saham

1. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar

Kita bisa memulai investasi reksa dana saham ini dengan modal investasi yang tidak terlalu besar. Dengan modal 100 ribu Rupiah, kita sudah bisa mulai berinvestasi reksa dana saham. Sangat terjangkau bukan? Pembelian reksa dana saham ini juga bisa dilakukan secara online sehingga lebih mudah dan praktis.

2. Adanya bantuan dari Manajer Investasi Saham

Dibandingkan dengan investasi saham biasa, investasi Reksa Dana Saham lebih kecil risikonya karena ada Manajer Investasi yang akan membantu kita mengelola dana yang ingin kita investasikan. Oleh karena itu, investasi reksa dana saham lebih sederhana dan juga cocok untuk pemula.

3. Lebih Fleksibel

Investasi Reksa Dana Saham ini tergolong dalam produk investasi yang lebih fleksibel. Dibandingkan dengan investasi saham biasa, yang tingkat likuiditasnya tergantung pada saham yang dibeli. Pada investasi reksa dana ini lebih mudah untuk menjual kembali atau menukar dengan produk reksa dana lainnya yang lebih menguntungkan.

4. Keuntungan Investasi yang Lebih Tinggi

Reksa dana saham merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang. Untuk dapat menikmati return dari investasi ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun beberapa jenis reksa dana saham memiliki return keuntungan yang cukup menarik. Dan beberapa jenis reksana yang tepat juga akan memberikan bunga yang lebih tinggi.

5. Diawasi oleh OJK

Tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dalam investasi reksa dana saham ini karena semua jenis reksa dana yang dibeli langsung pada manajer investasi, di bank maupun pada investasi online sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga dana yang kita gunakan untuk membeli reksa dana saham akan aman terjamin dan tidak akan hilang begitu saja.

Itu dia beberapa informasi dan fakta seputar Reksa Dana Saham yang perlu kamu ketahui. Gimana nih, udah mulai tertarik belum untuk melakukan investasi pada reksa dana saham?

Posting Komentar untuk "Fakta Reksa Dana Saham yang Harus Kamu Ketahui"