Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Manfaat Keratin Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

Keratin rambut dan manfaatnya yang harus kamu tahu. Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dirawat dan dijaga keindahannya. Beragam cara dilakukan setiap orang untuk menjaga keindahan dan juga kesehatan rambutnya. 

Ada yang rutin melakukan perawatan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Ada juga beberapa orang yang suka mewarnai rambut mereka untuk mengekspresikan dirinya. 

Keratin Rambut

Ada juga banyak faktor dari dalam dan dari luar yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kualitas rambut kita. Untuk terus menjaga kesehatan rambut kita, kita juga harus mengenal salah satu komponen penyusun yang selalu membuat rambut terlihat sehat dan berkilau. Komponen tersebut adalah Keratin.

Tentang Keratin Rambut

Udah pada tau tentang keratin belum, nih? 

Keratin adalah protein alami yang diproduksi oleh tubuh. Keratin biasanya dapat ditemukan di rambut, kulit dan juga kuku. Keratin paling banyak tersimpan pada rambut kita. Pada rambut keratin berfungsi untuk membentuk  dan melindungi lapisan luar pada setiap helai rambut dan menjaga rambut tetap sehat, lembut dan juga kuat.

Walaupun keratin paling banyak tersimpan pada rambut kita, namun keratin tetap bisa hilang saat rambut mengalami kerusakan secara fisik, kimia maupun faktor luar seperti karena polusi dan juga matahari.

Saat keratin rambut hilang, maka bagian korteks rambut pun terekspos sehingga rambug kita menjadi lebih lemah dan rentah terhadap kerusakan yang lainnya.

Terus gimana dong kalo keratin rambut hilang?

Tenang, jangan khawatir dulu. Karena kita masih bisa mendapatkan perawatan keratin yang bisa kita dapatkan dari perawatan di salon kecantikan maupun produk perawatan rambut yang biasa kita gunakan di rumah seperti pada shampoo dan kondisioner.

Perawatan keratin dapat mengisi kembali molekul keratin kedalam rambut sehingga rambut kita akan terasa lebih halus dan sehat.

Manfaat perawatan rambut menggunakan keratin

1. Membuat rambut bersinar dan lebih lembut


Siapa sih yang nggak mau punya rambut yang lembut dan bersinar? Pasti mau banget dong! Nah produk perawatan yang mengandung keratin, mampu membuat rambut kamu menjadi lebih lembut dan juga bersinar.

2. Menghilangkan rambut yang kaku


Penggunaan teratur pemanas rambut ternyata mampu membuat rambut menjadi kaku dan menghilangkan kelembaban dari inti rambut. Keratin dalam produk perawatan rambut dapat kembali membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan juga lebih elastis.

3. Memperbaiki rambut yang rusak


Terlalu sering menggunakan pewarna rambut serta pemanas rambut, ternyata bisa membuat rambut menjadi rapuh dan rusak. Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung keratin seperti kondisioner bisa membantu rambut membangun kembali keratinnya yang hilang hingga rambut kembali sehat kembali.

Melakukan Perawatan Keratin di rumah


Melakukan perawatan keratin, umumnya dilakukan di salon. Keratin biasanya digunakan untuk melakukan smoothing rambut. Namun tentunya, perawatan keratin di salon membuat kita mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Terus gimana dong? 

Bisakah melakukan perawatan keratin sendiri di rumah?

Bisa dong! Ada beberapa cara nih yang bisa kita lakukan untuk perawatan keratin  rambut di rumah. 

Konsumsi Makanan Bergizi


Keratin sesungguhnya dibentuk oleh tubuh dari hasil memecah berbagai vitamin dam protein dari makanan yang kita konsumsi. Jadi keratin rambut bisa kita dapatkan dengan cara mulai rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Seperti makanan yang mengasung protein, biotin, vitamin A, vitamin D, dan juga asam lemak omega 3.

Memilih perwatan rambut seperti kondisioner dan shampoo yang mengandung keratin


Mencuci dan merawat rambut dengan shampoo dan kondisioner yang mengandung keratin dapat kita lakukan secara rutin dirumah agar kita bisa mendapatkan manfaat baik dari keratin sehingga rambut menjadi lebih sehat dan juga lembut.

Menggunakan hair mask dan serum rambut secara rutin


Penggunaan hair mask dan serum rambut sama seperti menggunakan masker  dan serumcuntuk wajah yang berfungsi menutrisi kulit. Begitu pula mengguanakan hair mask dan serum berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut kita.

Dengan rutin menggunakan hair mask dan serum rambut, rambut akan kembali sehat berkilau, lebih lembut, lebih lembab, tidak mudah kusut dan juga kulit kepala menjadi lebih sehat.

Nah sekarang setelah mengetahui tentang keratin rambut, jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga rambut kita agar tetap sehat dan berkilau ya!

Posting Komentar untuk "Ini Dia Manfaat Keratin Rambut yang Perlu Kamu Ketahui"