Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bahan Katun Rayon

Bahan Katun Rayon yang nyaman digunakan. Lebaran sebentar lagiiii~ Dah mulai memasuki akhir bulan juga nih, pastinya udah mulai menyiapkan baju lebaran juga yaaaa? 

Terutama untuk Buibu yang punya anak, dah pada mulai mikir-mikir nih pasti, mau beli baju model gimana, warna apa, berapa banyak untuk anak-anaknya menyambut hari lebaran nanti.

Kalo untuk anak sih, biasanya yang dibeli baju dengan warna favorit mereka, ya. Penentuan bahan baju juga penting. Karena saat lebaran biasanya akan mampir ke rumah saudara untuk silaturahmi, maka dipilihlah bahan baju yang nyaman untuk digunakan anak-anak seharian.

Mengenal bahan Rayon 

Bahan Katun Rayon

Pasti buibu dah sering denger atau malah sering juga membeli baju dengan bahan rayon nih!

Bahan rayon sendiri menrupakan salah satu bahan kain yang cukup populer di industri tekstil. Umumnya digunakan untuk bahan kaos, tapi bahan rayon juga banyak digunakan pada jenis pakaian lain seperti bahan dasar hijab atau busana muslim.

Bahan rayon memiliki karakteristik yang ringan dan mudah jatuh, adem saat digunakan karena breathable atau punya sirkulasi udara yang baik, agak berkilau dan mirip sutra, warnanya beragam, tidak mudah kusut, mudah melar, bisa digunakan untk jenis pakaian apapun, halus dan licin, menyerap air dan agak rapuh. Selain nyaman untuk digunakan, bahan rayon ini harus dirawat dengan cara yang tidak sembarangan.

Bahan Katun Rayon yang Nyaman Digunakan

Berbeda dengan bahan rayon, bahan katun rayon merupakan perpaduan dari serat katun dan serat rayon. Campuran ini di luar negeri sering disebut juga dengan cotton rayon blend fabric.

Kombinasi serat katun dan serat rayon ini menghasilkan bahan yang bagus dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga kain katun asli.

Tekstur katun rayon biasanya menjadi favorit saat digunakan sebagai bahan pakaian karena menghasilkan bahan yang adem yang nyaman digunakan.

Umumnya kain katun rayon memiliki grade yang berbeda-beda dengan beragam variasi harga di pasaran. Kain dengan grade premium biasnya harganya lebih mahal dan juga lebih unggul dari grade yang ada di bawahnya. 

Kain katun rayon cocok untuk dijadikan beraam jenis pakaian mulai dari pakaian rumahan seperti piyama atau daster, baju hang-out seperti midi atau maxi dress hingga kemeja nonformal, mukena, dan hijab.

Bagaimana cara mengenali pakaian berbahan katun rayon?

bahan katun rayon adalah

Secara umum, ada beberapa ciri-ciri bahan katun rayon yang bisa kita kenali saat sudah menjadi pakaian jadi:

Bahan Kain Ringan dan Licin

Dengan meraba permukaan bahan katun rayon, kita bisa merasakan serat kain yanglicin, rapat dan lembut. Saat dipakai bahan katun rayon juga terasa ringan digunakan. Kain katun rayon juga agak tembus pandang, sehingga untuk bahan kemeja, sebaiknya pilih yang dilapisi dengan kain tambahan agar tidak tembus pandang.

Mudah 'jatuh' saat digunakan

Bahan katun rayon terlihat 'jatuh' saat digunakan. Jenis pakaian yang seperti ini cocok untuk yang memiliki tubuh curvy atau berisi sehingga pakaian yang digunakan tidak menambah bentuk tubuh kita.

Bahan katun rayon juga banyak digunakan untuk bahan baju rumahan dan mukena karena lebih adem dan nyaman digunakan.

Teksturnya sejuk dan menyerap keringat

Saat digunakan, bahan katun rayon memberikan sensasi adem saat digunakan. Bahan katun rayon juga nyaman jika bergesekan dengan kulit, sehingga cocok digunakan untuk segala jenis usia mulai dari anak-anak hingga lansia.

Sirkulasi udara pada bahan katun rayon ini cukup baik jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Kain katunrayon yang memiliki sifat mudah menyerap air ini juga mudah menyerap keringat, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pakaian sehari-hari untuk masyarakat di negera tropis seperti Indonesia.

contoh bahan katun rayon

Dengan karakteristik diatas, membuat bahan katun rayon juga cocok nih digunakan sebagai bahan pakaian lebaran. Apalagi untu anak-anak yang aktif bergerak dimanapun, baju berbahan katun rayon ini akan sangat nyaman untuk digunakan oleh anak-anak.

Jadi gimana nih Buibu, udah memutuskan belum, baju lebaran dengan model, warna dan bahan apa nih yang akan digunakan anak-anak dan keluarga di hari raya besok?

Posting Komentar untuk "Mengenal Bahan Katun Rayon"