Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjaga Nasi Sehat dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601

Assalamu'alaikum.. Memiliki keluarga besar dengan riwayat penyakit Diabetes jadi ngebuat Mama Dian pelan-pelan mulai memperhatikan asupan gula dan karbohidrat yang dikonsumsi perhari. Biasanya nih mama Dian selalu sedia rice cooker mini yang digunakan untuk memasak nasi merah atau nasi kongbap yang lebih "ramah" untuk penderita diabetes.

Review Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601

Dikutip dari Wikipedia, Nasi Kongbap adalah jenis makanan korea yang terbuat dari semangkuk nasi yang dicampurkan dengan bijij-bijian dan kacang-kacangan. Kongbap dianggap memiliki gizi dan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih biasa. Cara buat nasi kongbap juga mudah banget kok.

Cara membuat Nasi Kongbap


Cara memasak nasi Kongbap

Masukkan 1 tarikan beras dari sarana penyimpanan beras Cosmos, ukuran 1 tarikannya itu sekitar 150gr yaaaa. Lalu cuci beras hingga bersih, dan ukur airnya.

Langkah-langkah memasak kongbap

Kemudian tambahkan 1 sachet Kongbap. Di dalam 1 sachet kongbap ini terdapat biji beras merah, beras hitam, jagung, biji wijen dan lain sebagainya. Jangan lupa diaduk, supaya rata yaaaa.

Cara memasak beras kongbap yang benar

Kemudian masak nasi dan tunggu hingga matang! Super easy~ Nasi Kongbap sehat ini dijamin cocok untuk para wanita yang sedang diet juga loh. Karena lebih sehat dan lebih tinggi serat. Pssst, rasanya juga lebih enak dibanding nasi merah/nasi hitam. Hihihiii.

Eh pada salah fokus nggak sih sama rice cooker mama Dian yang unyu inih? Anggota keluarga baru di rumah mama Dian nih, si kesayangan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 ukuran 0,8 liter. 

Ricer Cooker Cosmos Harmond yang ukurannya mini ini resmi jadi bagian dari keluarga mama Dian sejak mama Dian mengetahui bahwa ternyata nasi sehat yang mama Dian konsumsi ini dapat berpotensi menjadi makanan berbahaya yang bisa memicu kanker dalam tubuh. 

Ih kok bisa?!

Fakta Tentang Lapisan Anti Lengket dalam Rice Cooker yang belum kamu ketahui


Ternyata oh ternyata semua masalahnya bisa bersumber dari Rice Cooker! Semua ibu rumah tangga pasti sudah familiar banget sama produk rice cooker yang bagian pancinya dilapisi dengan lapisan anti lengket. Maksudnya sih biar nasi nggak terlalu banyak menempel pada bagian dalam rice cooker yang berakhir dibuang dan mubadzir. 

Tapi ternyata, disinilah masalahnya! Lapisan anti lengket yang kadang mudah kebaret-baret dan terkelupas ini mengandung zat kimia yang bernama perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen.

Jika lapisan anti lengket ini sampai terkelupas dan tercampur dengan nasi dan berakhir ke dalam tubuh kita, akan sangat berbahaya karena bisa memicu penyakit serius, yang salah satunya adalah penyakit kanker.

Setelah tau tentang fakta diatas, mama Dian jadi bener-bener selektif banget sih saat memilih rice cooker. Setelah googling, dan baca-baca disana-sini akhirnya mama Dian menemukan yang mama Dian cari! 

Nih mama Dian kenalin lagi ya sama anggota keluarga baru di rumah mama Dian. Ini diaaaaa~

Rice cooker sehat Cosmos Harmond

Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 dengan ANTI GORES HARMOND TECHNOLOGY


Mari berkenalan lebih dekat lagiiii~

Magic jar bagus harga terjangkau

Magic jar yang membuat nasi enak

Tombol tekan di rice cooker

Magic jar dengan bentuk yang lucu

1 set Cosmos Harmond CRJ-6601 ini terdiri dari 1 rice cooker mini lengkap dengan sendok nasi dan gelas ukurnya. Kapasitas 0,8 liternya cocok untuk makan 5-6 porsi. Fungsinya 3in1 yaitu memasak, mengukus dan menghangatkan. Tersedia dalam 2 warna juga loh, hitam dan putih. 

Cosmos Harmond CRJ-6601 ini memiliki daya 300 watt yang juga dilengkapi dengan tongolan magicap yang membuat nasi lebih pulen. Superluv banget sih sama tampilan luarnya Cosmos Harmond CRJ-6601 ini, karena desainnya cute, ada pegangannya yang ngebuat jadi lebih mudah dibawa kemana-mana. Tombol pembuka open matic-nya juga simpel,  cukup 'ceklek' dan langsung terbuka sendiri.

Selain itu yang paling penting untuk #JagaNasiSehat adalah Harmond Technologynya!

Cosmos Harmond, Pelopor Teknologi Anti Gores Pertama di Indonesia


Harmond adalah teknologi anti gores pada innerpan (panci) Rice Cooker Cosmos. Panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperatur 0༠ C sehingga innerpan menjadi anti gores, tidak mengelupas, lebih sehat dan tahan lama.

Nah Harmond Technology ini membuat innerpan Rice Cooker Cosmos menjadi anti gores dan tidak mudah mengelupas walaupun disikat dengan sikat baja sekalipun! 

Eh ga percaya? Sini-sini Mama Dian buktiin langsung disini yaaa.

Magic jar anti gores


Mama Dian udah menyediakan sikat besi dan juga innerpan rice cooker merk lain untuk membandingkan dengan innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601. Innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 masih mulus banget, karena memang masih baru dipakai ya. Sedangkan innerpan rice cooker merk lain udah lecet disana sini karena udah digunakan sekitar 1 tahunan.

Nah kira-kira setelah diseikat menggunakan sikat besi, apakah innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 akan lecet lecet juga seperti innerpan merk lain ini? Ini dia hasilnya, setelah mama Dian gosok gosok kedua innerpan tersebut dengan sikat besi yang sama, tangan yang sama dan kekuatan gosokan yang sama juga.

Magic jar merk cosmos terbaik

Wuah! Keliatan kan kalo innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 tetap mulussss, sedangkan innerpan rice cooker merk lain langsung lecet-lecet. Duh jadi serem keingetan kemarin masak nasi menggunakan rice cooker merk lain ini. Apakah lapisan anti lengketnya sudah ikut masuk juga ke dalam tubuh mama Dian? Huhuhuhuhu.

Keliatannya sih sepele ya, tapi jangan salah loh karena lapisan anti lengket ini bersifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker! Jadi jangan anggap enteng lapisan anti lengket yang mudah terkelupas dan masuk ke dalam tubuh kita lewat nasi yang kita makan ya. Karena itu berbahaya! 

Makanya, fix mulai sekarang mama Dian memilih Rice Cooker Sehat Cosmos Harmond CRJ-6601 yang memiliki harmond technology yang menjamin lapisan anti lengketnya nggak akan terkelupas. Jadi nasi sehat tetap sehat tanpa tambahan bahan-bahan kimia yang berasal dari innerpan rice cookernya yaaa.

Oh iya, kalo ngomongin nasi, mama Dian juga jadi pengen ngebahas tentang beras juga. Kalo dirumah, penyimpanan berasnya dimana nih Mams? Masih pake ember atau container biasakah? Nah, menyimpan beras juga sebaiknya jangan sembarangan ya, karena seperti yang udah kita ketahui menyimpan beras dalam wadah ember atau container membuat beras yang berada pada tumpukan paling bawah, menjadi beras yang terakhir kita gunakan. Hal ini bisa menyebabkan munculny kutu, serangga, beras mudah apek dan jadi nggak higienis lagi.

Sarana Penyimpanan Beras (SPB) Cosmos 007-Pundi, Membuat Beras Bebas Kutu dan Tetap Higienis


Jadi sekalian aja deh, disini mama Dian juga mau ngenalin 1 produk pelengkap dari Cosmos yang menjaga beras juga tetap bersih, bebas kutu dan nggak mudah bau apek. Ini dia Sarana Penyimpanan Beras (SPB) Cosmos 007-Pundi:

Tempat penyimpanan beras anti kuti

Cosmos Rice Dispenser

Tempat penyimpanan beras cantik

Cosmos tempat penyimpanan beras

Keunggulan dari Sarana Penyimpanan Beras (SPB) Cosmos 007-Pundi ini adalah teknologi FIFO atau First In First Out, jadi beras yang berada di bagian paling bawah adalah beras yang akan paling awal kita gunakan. Ukurannya juga ramping nggak makan tempat terlalu banyak dan muat untuk 7kg beras. Pull and Dispense-nya mengeluarkan 150gr beras di setiap tarikan lacinya. Di sisi bawahnya juga terdapat anti slip yang ngebuat Sarana Penyimpanan Beras (SPB) Cosmos 007-Pundi ini tetap diam di tempatnya dan nggak mudah slip. Bahan plastiknya kuat dan anti karat. 

Sarana Penyimpanan Beras (SPB) Cosmos 007-Pundi ini dijamin mampu membuat beras kita bebas kutu dan lebih higienis.

Tips Penting Memasak Nasi


Tips memasak nasi kongbap

Kelihatannya sepele, tapi ini dia 2 tips memasak nasi yang akan menjaga nasi kamu tetap sehat:

Yang pertama, aduk nasi 5 menit setelah matang. Mengaduk nasi 5 menit setelah matang, akan membuat nasi yang kita masak tidak cepat basi, tidak kering dan lebih tahan lama. Karena lewat proses pengadukan tersebut air yang terperangkap dalam butiran nasi lebih mudah keluar dan lebih cepat menguap, sehingga kualitas nasi akan tetap terjaga.

Kedua, hanya colokkan rice cooker 30 menit sebelum waktu makan. Karena ternyata nasi yang terus menerus dipanaskan akan membuat nasi menjadi kering, cepat basi dan hilang nutrisinya.

Jadi Mams, jangan lupa untuk mengaduk nasi 5 menit setelah metang dan jangan menyalakan penghangat nasi terus menerus untuk menjaga kualitas nasi yang kita konsumsi di rumah yaaaa.

Dan juga jangan salah pilih rice cooker! Pilih aja Rice Cooker Cosmos dengan Harmond Technology yang menjaga nasi kita tetap sehat tanpa tercampur bahan kimia dari lapisan anti lengketnya! Nggak mau kan, sumber makanan utama kita, justru malah memicu penyakit berbahaya di dalam tubuh kita? Huhu.

Jadi fix banget nih, mama Dian merekomendasikan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 dan Sarana Penyimpanan Beras (SPB) Cosmos 007-Pundi untuk para Mams dirumah. Yang naksir juga sama kedua produk dari Cosmos ini, langsung aja meluncur ke Toko elektronok atau supermarket terdekat ya. Atau kalo nggak mau keluar rumah, langsung aja kunjungi Cosmos Official Store di marketplace kesayangan ya! Cosmos official Store tersedia di Lazada, Tokopedia, BukaLapak, Blibli dan juga Shopee. 

Untuk yang mau mengetahui detail lengkap produk-produk Cosmos, plus juga cari-cari resep dan tips lainnya, langsung aja meluncur ke www.cosmos.id yaaaa,.

Jadi Mams, udah pada yakin rice cooker di rumah bisa selalu Jaga Nasi Sehat?

25 komentar untuk "Menjaga Nasi Sehat dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601"

  1. Aku baru tau nih soal nasi kongbap. Boleh dicoba deh resepnya.

    BalasHapus
  2. Oow ada beras kongbap yaa, aku baru liat nih penampakannya (kudet ya)
    untuk rice cooker jelas harus teknologi harmond yaaa

    BalasHapus
  3. Pas nih buat saya rice cookernya, saya juga sukanya yang anti gores, bukan anti lengket. Ternyata memang lebih bagus yang anti lengket ya, lebih sehat.

    BalasHapus
  4. Widyanti Yuliandari13 Desember 2019 pukul 08.25

    Wah iyaaa...
    Jadi ingat, udah lama gak masak pakai kongbap. Enakkk padahal.

    Btw rice cooker Cosmos yg ini bentuk nya lucu banget ya.

    BalasHapus
  5. Ini penting banget deh punya rice cooker yang anti gores begini karena biasanya tau sendiri kan yang paling riskan itu si tempat masak nasinya. Pernah dicuci sama mbak di rumah dan pada gores2.

    BalasHapus
  6. Anti lengket, anti gores dan menjaga kualitas nasi ini sangat penting ya untuk investasi kesehatan di masa depan.. :)

    BalasHapus
  7. Akupun pakai merk cosmos d rumah Dan udah lama bngt Aman Nasi gk cepat basi dah gitu lapisan hormond nya bikin awet rice cooker

    BalasHapus
  8. Yang bentuk angry bird dan warna putih ini paling cute keknya. Kalo yang gede tapi bentuk gini, ada ndak ya?

    BalasHapus
  9. Aku langsung cek rice cooker lawaskua dan emang ada beberapa bagian yang mengelupas di pancinya huwwaaa jd itu sebenarnya gak bagus ya, malah bahaya.
    Kalau Cosmos Harmond ini gk akan terkelupas yaa, waah waktunya ganti RC niihhh :D

    BalasHapus
  10. Bener-bener anti gores nih ya rice cooker Harmond Cosmos. Sampai disikat gitu tetep mulus oey..

    BalasHapus
  11. Ternyata cara membuat Nasi Kongbap cukup mudah.
    Pastinya tambah nikmat dan sehat karena dimasak menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond ya ....

    BalasHapus
  12. Eh...jadinya nasi kongbapnya terlihat pulen yaa, kak...
    Aku salut banget sama rice cooker Cosmos yang bahannya terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan dan tidak mudah terkelupas.

    BalasHapus
  13. Jadi lebih tenang yah menyajikan nasi sehat sekarang soalnya ada COSMOS HARMOND anti gores ini.

    BalasHapus
  14. Aku pake Cosmos Harmond sejak 9 tahun lalu. Beneran deh, antigoresnya gak kegores-gores. Sampe sekarang. Bikin tenang mengingat antilengket bahaya kalo lepas dan nempel di nasi.

    BalasHapus
  15. Ya Allah, lagi-lagi aku kurang update, baru tau tentang nasi kongbap dan cara masaknya. Ternyata gampang dan enak ya rasanya?
    Btw aku juga pake rice cooker Cosmos Mbak di rumah. Memang bagus sih.. dengan segala kelebihannya :)

    BalasHapus
  16. Aku disuruh mengaduk nasi yg baru matang. Tapi di tulisan ini, jadi ngerti alasannya kenapa hehe

    BalasHapus
  17. Rice cookernya lucu banget sih, jadi pengen nyulik deh. Hahaha. Kalau utk kualitas aku sih ga pernah ngeraguin cosmos. Dari zamannya ibuku dulu dia udah pake cosmos. Tapi aku penasaran sama si imut ini, ntar rayu suami untuk beli juga ah.

    BalasHapus
  18. Ternyata untuk hasilin nasi yang enak itu banyak faktornya ya, mulai dr penyimpanan beras, cara masaknya, cara mengaduknya, takaran air, dan yang terpenting magic jarnya ya :)

    BalasHapus
  19. Waaah keren mbak, digosok pakai sikat besi tidak meninggalkan bekas goresan.. Jadi akan banget ini dipakai buat memasak nasi..

    Jadi pengin beli Cosmo untuk menggantikan rice cooker di rumah

    BalasHapus
  20. aku juga pake cosmos harmond mba asiknya ga mudah kegores dan bikin nasi jadi pulen banget loh kalau aku hehhe

    BalasHapus
  21. saya juga kalau masak nasi sering ditambah Kongbap biar seratnya makin banyak. waaah benar2 anti gores yaaa. jadi mau beli biar nasi lebih sehat lagi

    BalasHapus
  22. Bentuk rice cookernya lucu ya, pasti disukai anak-anak nih.
    Eh emaknya juga suka karena nggak ada anti lengket yang bisa ngelupas dan bikin bahaya

    BalasHapus
  23. Samaan deh Mbak. Aku pun pake rice cooker dan penyimpanan beras dari Cosmos ini. Dua alat ini sudah cukup buat memenuhi kebutuhan nasi keluarga saya yang baru punya anak 1. Selain anti gores, dia juga punya desain yang unik ya..

    BalasHapus
  24. Yeaayy rice cookernya sama. Seneng ada lapisan harmond, jadinya ga kawatir kalau pas nyuci, dan nasinya pulen saat dimasak pakai ricecooker Cosmos.

    BalasHapus
  25. Wow, mbak dian dapat rice cooker dan tempat penyimpanan beras dari cosmos. duh iri... aku juga mau mbak. mana lucu pula rice cookernya, gambar angry bird.

    BalasHapus