Bagaimana Sih Strategi Pemerintah Hadapi Industry 4.0?

19:53:00

Millenials, sudah tau belom sih bahwa revolusi industry 4.0 sudah dimulai! Udah tau kan apa itu Revolusi Industry 4.0?

Revolusi Industri 4.0 atau bisa disebut Revolusi Industri generasi keempat adalah Pembaruan teknologi pabrik mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan serta komputasi kognitif. Revolusi Industri 4.0 ini akan menghadirkan pabrik yang cerdas.

Kehadiran Industry 4.0 di Indonesia, mau tidak mau membuat pemerintah harus melakukan langkah-langkah konkret agar tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto adalah membentuk 4 strategi khusus. Apa aja sih strategi tersebut?

Meningkatkan kemampuan angkatan kerja

Langkah paling awal yang dilakukan oleh kementerian perindustrian adalah mendorong angkatan kerja untuk terus belajar. Tujuannya agar lebih mudah memahami praktik internet of things yang mengintegrasikan internet dalam bidang industri. Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang revelan dalam Industry 4.0. Meski sepintas mempelajari ulang bahasa Inggris terkesan agak sulit lantaran faktor umur angkatan kerja dan alokasi waktu yang terbatas, tetapi nyatanya saat ini belajar bahasa Inggris sudah bisa dilakukan melalui ponsel pintar melalui aplikasi Neo Study.

Neo Study App

Neo Study merupakan sebuah aplikasi yang mengedepankan fitur-fitur terkini, di antaranya pembelajaran adaptif dimana data studi akan terus dianalisis untuk menjaga kualitas konten pembelajaran, dan memastikan pengguna mahir sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. Lalu ada fitur pengenal suara canggih untuk memaksimalkan pemahaman dan pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar. Agar penggunanya semakin cakap berbahasa Inggris, Neo Study memberikan kesempatan pengguna untuk belajar langsung dengan para native speaker melalui fitur Neo Live.

Neo Study App

Belajar bahasa Inggris dengan Neo Study pun sama seperti belajar bahasa Inggris di lembaga bahasa lain karena Neo Study menggunakan sertifikasi dan pengujian CEFR terkoneksi dengan TOEFL, ILETS, dan TOEIC. Yang mau merasakan langsung pengujian bahasa Inggris menggunakan CEFR gratis di tautan ini. Atau langsung saja download aplikasi Neo Study ini di Play Store atau App Store smartphone kamu yaaa!

Pemanfaatan teknologi digital

Untuk memacu produktivitas dan daya saing industri kecil, kementerian perindustrian memanfaatkan teknologi digital agar dapat menembus pasar ekspor. Implementasinya melalui program e-smart .

Industri diminta menggunakan teknologi digital

Tidak hanya dari sisi pemerintah, Airlangga Hartarto juga diharapkan para pelaku industri menggunakan teknologi digital seperti Big Data, Autonomous Robots, Cybersecurity, Cloud, dan Augmented Reality agar dapat mengefisiensi biaya.

Inovasi startup

Berjamurnya startup di Indonesia juga ternyata dinilai membuahkan dampak positif oleh kementrian industri. Oleh karena itu pemerintah mendukung pengembangan startup dengan cara memfasilitasi tempat inkubasi bisnis. Beberapa contoh realisasi dukungan ini bisa dilihat adalah Bandung Techno Park, TohpaTI Center, dan Incubator Business Center Semarang.

Kehadiran Industry 4.0 ini akan menjadi kemajuan besar untuk sektor industri Indonesia. Jadi Millenials, yuk persiapkan diri sebaik mungkin untuk kemajuan Revolusi Industri 4.0 ini ya!
1 comment on "Bagaimana Sih Strategi Pemerintah Hadapi Industry 4.0?"
  1. Era Digital 4.0 memang sangat bagus untuk kehidupan walaupun pasti banyak kekurangan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature