Ketahui Hal Ini Sebelum pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha

06:13:00

Sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa Kartu Kredit bisa membuat kondisi keuangan Anda jadi lebih baik asal Anda bisa menggunakannya dengan benar. Eh, tunggu dulu! Ternyata, kartu kredit juga bisa membantu Anda mengembangkan usaha, lho! Bahkan, Anda bisa dapat modal usaha hingga ratusan juta dari kartu kredit ini.

Loh, bagaimana bisa kartu kredit bisa jadi modal buka usaha? Jangan-jangan, ini malah akan membuat limit kartu kredit jebol? Tenang, ini tak akan sampai seperti itu, kok! Asal Anda paham risiko dan cara penggunaan kartu kredit sebagai modal usaha, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Nah, cari tahu dulu tentang hal ini, yuk!

Cara Pakai Kartu Kredit sebagai Modal untuk Buka Usaha

Sebelum mengetahui seperti apa cara menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha, ada baiknya Anda tahu dulu sedikit mengenai kartu kredit Anda. Slaah satunya adalah besaran limitnya. Anda pasti tahu, setiap kartu kredit memiliki limit yang berbeda. Ada yang berlimit 5 juta, 10 juta, bahkan sampai puluhan juta.

Nah, besaran limit inilah yang akan mempengaruhi pinjaman modal usaha Anda. Maksudnya? Jadi begini, Anda pasti tahu dengan program untuk buka usaha yang namanya kredit tanpa agunan atau lebih sering dikenal sebagai KTA, kan? KTA ini adalah layanan pinjaman dana dari bank untuk para nasabah mereka yang aktif.

Sebenarnya, bank tidak mewajibkan setiap nasabahnya menggunakan layanan ini untuk membuka usaha. Bagi yang mau, tak masalah. Hanya saja, jumlah dana yang bisa Anda pinjam dari produk KTA ini tak terlalu besar, paling hanya mencapai puluhan juta saja. Ini jauh lebih kecil dibanding Anda mengambil kredit multiguna dengan syarat jaminan.

Yah, itu karena tidak adanya jaminan dalam sistem pinjaman ini. Jadi, bank tidak memiliki pegangan yang cukup kuat agar Anda bisa melakukan pembayaran tepat waktu. Ribet urusannya bila Anda tak bisa membayarnya karena tak ada yang bisa disita. Dengan bantuan kartu kredit, Anda tak perlu khawatir lagi.

Anda tetap bisa menggunakan pinjaman KTA dengan nilai hingga ratusan juga, kok! Sebab, pihak bank akan mempertimbangkan kerajinan Anda dalam membayar tagihan. Inilah yang bisa jadi pegangan kuat pihak bank untuk memberikan Anda pinjaman hingga ratusan juta rupiah. Makin besar limit kartu kredit dan rajin Anda bayar, makin besar peluangnya.

Bagaimana Simulasi Pinjamannya?

Untuk perhitungan simulasi pinjaman, sebenarnya agak sulit bila dijelaskan. Namun, secara garis besar, bank pasti akan menetapkan bunga untuk pinjaman Anda. Rata-rata, bunga yang diberikan adalah 0,99% per bulan dengan jumlah tenor hingga 24 bulan. Bila Anda meminjam 100 juta, maka tinggal bagi saja 100 juta bagi 24 bulan.

Hasilnya adalah 4,16 juta rupiah per bulannya. Untuk bunga, kalikan 0,99% dengan jumlah pinjaman yang dalam hal ini 100 juta. 100 juta kali 0,99% sama dengan 990.000,-. Jadi, jumlah per bulan yang harus Anda bayarkan adalah 4,16 juta ditambah 990.000,- dengan total 5,16 juta rupiah.

Risiko yang Harus Diwaspadai

Untuk memastikan Anda bisa mengangsurnya dengan lancar, pastikan usaha Anda memiliki nilai yang bisa menutupi cicilan di atas. Jika tidak, Anda akan terus nombok dan bukan tak mungkin Anda malah akan rugi. Pasalnya, kewajiban cicilan dan bunga akan terus berjalan tanpa pandang apakah Anda sudah siap membayar atau tidak.

Lalu, risiko lain yang bisa saja Anda hadapi adalah risiko beban hutang yang dobel. Maksudnya, komponen hutang juga bisa tercipta dari kartu kredit Anda bila berasal dari transaksi belanja.  Tentunya, Anda pakai kartu kredit tak hanya untuk pinjam KTA, kan? Pasti untuk belanja juga. Inilah yang buat risiko hutang dobel Anda jadi lebih besar.

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui beberapa hal tentang pinjam dana dengan kartu kredit untuk modal usaha, tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, cobalah ajukan. Bila Anda butuh info mengenai kartu kredit atau produk perbankan lain, Anda bisa kunjungi CekAja.com. Di sini, ada banyak info menarik dan bermanfaat yang bisa Anda temui.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature