Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belanja Online Bebas Was-Was dengan Uangku


Siapa disini yang hobby belanja online? *megangin tangan sendiri biar nggak ikutan tunjuk tangan* Iyaaaa, aku sih doyan juga belanja online. Gimana nggak doyan? Belanja tuh emang salah satu penghiburan terbesar untuk wanita, dan belanja online adalah candu yang kadang susah dihentikan. Bisa berentinya cuma kalo satu,  duitnya abis x)

Paling suka belanja online dimana nih? Kalo aku sih di Instagram seringnya, kadang juga mampir ke e-commmerce siihh. Cari-cari barang yang mau dibeli, scroll-scroll, nemu yang oke, langsung chat penjual, pesen, minta totalan harga, bayar via bank transfer laluuuu tinggal duduk manis aja kita sambil nonton drama korea, nungguin barangnya dateng.

Ngomongin soal belanja online, atau online shopping, atau bisa juga disebut social shopping yaitu transaksi belanja secara online, baik itu di Instagram, Twitter maupun E-Commerce. Oh iya, beberapa waktu lalu, aku hadir di sebuah event berjudul "What No One Tells You About Social Shopping" bersama dengan Uangku. Acara ini diadakan di Artotel Thamrin, mulai pukul setengah 10 pagi. Alhamdulillah mama Dian nggak terlambat dan nyampe sini masih sepiiii. Hihi. Mama Dian pun mengisi daftar hadir dan masuk ke dalam ruang acaranya.


Acara hari itu dimoderatori oleh mbak Lisa yang langsung memperkenalkan pembicara utama kita pagi itu, yaitu Mbak Fanny perwakilan dari Uangku.


Mbak Fanny secara ramah menjelaskan tentang pasar online di Indonesia. dimana ternyata yang paling banyak market sharenya ada di Instagram. Nggak terlalu heran karena aku juga favoritnya belanja di Instagram. Hihi. Kenapa di Instagram? Karena katanya kalo seseorang belanja di Instagram, pasti melalui chat langsung dengan admin instagram tersebut ya. Dan itu menghasilkan suatu kepercayaan yang nggak bisa kita dapatkan dari belanja di E-Commerce yang kesemua-muanya udah diatur dengan 'mesin'. 

Nah gimana sih proses belanja di Instagram? Pasti semua tau kan bagian yang paling ribet dari belanja di IG adalah pas transfer-transfernya. Eh kebetulan aku emang nggak pake m-banking, jadi kalo mau transfer mesti keluar dulu, makanya ribet x) Dan sering denger kan pasti tentang kasus-kasus penipuan transfer online shop? Dimana ada aja penjual yang ketipu sama bukti transfer palsu. Dan katanya hal yang paling ribet untuk penjual online adalah ngecek-ngecekin mutasi transferan satu-satu. Kan mesti dilakukan manual tuh. 

Oleh karena hal-hal 'ribet' tersebut Global Pay yang beroperasi di bawah Digital Money Company by SMDV dan didukung oleh Smartfren Telekom meluncurkan Uangku.  Visi mereka simple aja yaitu, menyederhanakan dan mengamankan pembayaran online di Indonesia.

Uangku adalah semacam aplikasi berupa electronic money yang bisa kita gunakan untuk transaksi online. Mulai dari beli pulsa, bayar-bayar tagihan, transfer-transfer, belanja menggunakan pembayaran scan QR Code dan untuk belanja online. Jadi apa sih bedanya Uangku dibanding electronic money lainnya yang sudah terlebih dahulu muncul di pasaran? Perbedaannya adalah, Uangku  tenyata mengkhususkan diri pada transaksi social shopping terutama pada online shop di Instagram. Karena uangku hadir dengan Shopping Payment Request. Dimana penjual dan pembeli mendapatkan jaminan agar tidak terjadi penipuan.

Untuk pembeli Uangku menyediakan fitur Buyer Protection, yaitu pembayaran akan dijamin dan dibayarkan ke penjual setelah pesanan kita diterima. Jadi kalo kita udah pesen barang ke suatu online shop dan bayar melalui Uangku, ketika si barang tersbut nggak kunjung sampe, penjual juga nggak akan mendapatkan uangnya. Nggak ada ada deh penipuan barang belom diterima tapi bilangnya udah dikirim. Kal sampe ada kasus begitu, kita sebagai pembeli bisa meminta uang kita kembali loh. Dan Uangku akan segera mengembalikan uang yang telah kita transfer tersebut. 

Kalo untuk penjual, Uangku menyediakan fitur Auto Confirmation yaitu konfirmasi pembayaran dari pembeli kita, sehingga si pembeli nggak perlu lagi deh repot-repot motoin bukti transferaan. Dan tentu aja, ini jadi mengurangi munculnya penipu-penipu dengan bukti transfer palsu yaaa. Aman dan mudah sekali kan jadinya transaksi perbelanjaan online kita dengan Uangku? :D

Kedepannya, Uangku akan bekerja sama dengan banyak online shop-online shop di IG agar para pembeli bisa melakukan pembayaran  saat melakukan social shoppingnya dengan Uangku. Dan online shop yang sudah bekerja sama dengan Uangku, dipastikan adalah penjual yang terpercaya dan nggak punya sejarah kelam sebagai penipu. Udah tercap pasti trusted lah kalo bekerja sama dengan Uangku, karena sebelum mereka bekerja sama, Uangku melakukan seleksi terlebih dahulu dengan melihat history para penjual. Jadi yang udah punya pengalaman-pengalaman nipu, nggak akan deh diajak kerjasama sama Uangku. 

Untuk top-up atau isi ulang Uangku, bisa kita lakukan via transfer bank melalui ATM, M-banking maupun e-banking ke bank Sinarmas (kode bank 153) dengan rekening tujuan adalah 8881+nomor handphone kita. Atau bisa juga top-up melalui kasir Alfamart loh. 

Selesai ngobrol-ngobrol seru dengan mbak Fanny, kita diberi kesempatan dulu nih sama mbak moderatornya untuk coffee break dulu.


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi sharing-sharing bareng salah seorang blogger yaitu mbak Oline. Mbak Oline cerita pengalamannya belanja yang pernah ketipu sama online shop di Instagram. Dan ternyata mbak Oline juga punya usaha online yang menjual pakaian batik produksi sendiri.Dan mbak Oline cerita kalo, dia juga pernah ditipu tentang transferan sama pembelinya. Dan paling ribet dari jualan online adalah bagian cek-cek transferannya. Waaaah, berarti Uangku nih cocok banget ya untuk mbak Oline sebagai penjual maupun pembeli.


Selesai sharing-sharing dan sesi tanya jawab, nggak berasa ternyata dua jam udah berlalu aja di acara hari itu. Setelah selesai, kita pun makan siang dulu di Artotel ini sembari menenteng satu goodiebag kece dari Uangku. Hihi. Ada yang masih bingung juga gimana sih berbelanja dengan Uangku? Boleh loh coba download dulu app-nya di smartphone kamu. Kaya gini nih App-nyaaa:
Jangan lupa download dan tunggu tutorial lengkapnya berbelanja menggunakan Uangku di blog ini. Setelah ini aku bakal share-share pengalaman aku menggunakan Uangku. Tungguin ya postingan selanjutnyaaaaa♥♥♥

21 komentar untuk "Belanja Online Bebas Was-Was dengan Uangku"

  1. Semakin maju teknologi..dan kita semakin dimudahkan ya mbak. Cuma harus diingat...tetep harus bijak saat belanja☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju mbaaaaak, jangan sampai kalap yaaa... Ehehehehee

      Hapus
  2. Acara yang keren kayanya. Teknologi emang saban hari makin mempermudah manusia.

    BalasHapus
  3. sepertinya para penggila belanja semakin dimanjakan yah Mba Diaan :)

    BalasHapus
  4. nah cocok nih buat usaha saya mba.. dagang online emang ribet kalo gak pake aplikasi kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener maaas... Semoga bisa segera kerjasama sama Uangku ya Mas :D

      Hapus
  5. Ooh.. jadi gak asal kerjasama aja dengan pengusahanya ya, diseleksi juga.. Good !^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betuull, terjamin trusted seller pastinyaaaa

      Hapus
  6. Wah makin banyak aja ya dian aplikasi untuk mempermudah blanja dari henpun
    Duh jadi pengend nyobain, pengen nyari komik langka yg dijualnya cuma di internet huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbuuull, pikirannya kayanya kalo nggak komik ya makanan yaaaa xp

      Hapus
  7. Teknologi baru nih,, Jadi rekomended banget buat pelanggan aku nih mbk.

    BalasHapus
  8. Keren banget aplikasinya, Mbak. Bisa bikin kalap belanja dong kalok gini. Huahahah :D

    BalasHapus
  9. Keren yaa, jadi kerja sama dengan olshop ig yaa mbaa. Aku jadi pnasaran. Ditunggu cerita slanjutnya yaa mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaaap. makasi sudah mampir kesini ya mbak suciiiiii :D

      Hapus
  10. thanks sharingnya mba, Btw bagaimana cara buat gambar editan seperti diatas, pake aplikasi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku foto handphone nya dulu mak, dikasi alas kalender jadi backgroundnya putih :D Terus aku edit tulisannya di picmonkey(dot)com plus tambah logo Uangku yang aku dapet dari google. Udah, itu aja maaak.. Ehehehee

      Hapus