Shout Out to All Working Mom: Menyusui Sambil Bekerja? Pasti Bisa!

on
Monday, 7 November 2016
Tupperware Baby Cutie Twee

Ada yang udah liat foto yang viral beberapa saat yang lalu, tentang ibu yang menyusui anak sambil menyupir angkot? Foto tersebut menunjukkan kalo si ibu, menyupir sembari memberikan ASI untuk anak berusia 10 bulan yang ada di pelukannya. Terlepas dari nyupir sambil mangku anak itu bahaya, terlepas dari ada alasan apa dibalik si ibu menyupir angkot sambil bawa-bawa anaknya, aku sih salut sekali dengan perjuangan ibu tersebut. Kita nggak pernah tau apa yang telah dilalui ibu tersebut ya hingga memutuskan untuk menyupir angkot sembari membawa dan menyusui bayi 10 bulan. Tapi perjuangan ibu tersebut menyentuh sekali, dan menurut aku beliau adalah salah satu sosok ibu yang tetap mencoba menomor satukan anaknya dalam segala keadaan.

Perjuangan dan kegigihan ibu tersebut sempet ngebuat aku malu, karena dulu waktu jaman menyusui Luna dan aku harus kembali masuk kuliah. Aku nggak mau untuk memerah ASI di kamar mandi kampus yang nggak bersih dan memilih untuk "Yaudah sufor dulu deh kalo aku kuliah, kalo aku pulang kan tetep ASI lagi..." Ternyata ya, masih banyak Ibu yang perjuangannya lebih berat dari aku, namun tetap memilih berjuang memberikan ASI untuk anaknya..

Alhamdulillah, setelah selesai kuliah aku langsung jadi ibu rumah tangga dan bisa menyusui anak kedua secara full sampe lebih dari 2 tahun. Harus aku akui, kalo jadi ibu itu sama sekali bukan pekerjaan mudah, kita memberikan seluruh waktu kita untuk keluarga di rumah. 

Beda dengan aku yang seorang ibu rumah tangga, kakak aku adalah seorang working-mom, aku inget banget perjuangannya waktu baru selesai cuti hamil, ke kantor bawa satu tas khusus yang isinya pompa ASI, botol kaca, ice gel bag dan segala macem perintilan lainnya yang digunakan untuk memompa ASI di kantor dan supaya bisa menyimpan ASI yang telah diperah dengan baik hingga nanti pulang kerumah.

Aku akui perjuangan para working-mom memang luar biasa sekali ya.. Para mommies yang baca ini juga pasti setuju kan kalo ASI merupakan asupan terbaik untuk bayi kita? Karena ASI memiliki banyak sekali kandungan yang berguna untuk tumbuh kembang bayi kita dan nggak bisa kita dapatkan dari susu yang lain. 

Keingetan dulu waktu abis lahiran, dan terpaksa mesti ninggalin bayi aku di rumah untuk kuliah, Aku pun sempet merasa agak clueless tentang management ASI perah. Mungkin karena kurang persiapan itu sendiri ya, makanya aku sempet nyerah dan milih untuk nggak memompa ASI selama aku di kampus. 

Kebetulan sekali, kemarin aku dateng ke sebuah acara mom's talk yang diselenggarakan oleh Tupperware dengan tema "Menyusui Sambil Bekerja? Aku Bisa!" yang akan membahas tentang persiapan aja sih yang mesti dilakukan working-mom agar tetap bisa memberikan ASI ekslusif kepada sang buah hati? 

Acara yang diadakan di Showroom Tupperware Mall Taman Anggrek ini dimulai pukul 10 pagi. Ini pertama kalinya aku berkunjung ke Showroomnya Tupperware di MTA. Walaupun tempatnya nggak terlalu luas, namun koleksi tupperwarenya lengkap banget. Jadi puas kalo mau beli Tupperware disini, bisa langsung liat-liat barangnya kan. Alhamdulillah, mama Dian bareng Una dan Abang sampe disana sekitar jam 10 kurang, dan pesertanya belum terlalu banyak yang dateng. Hehe. 

Showroom Tupperware Mall Taman Anggrek

Setelah mengisi daftar hadir di meja registrasi, mama Dian pun dapet satu tas Tupperware dengan satu box Tupperware berisi roti dan satu gelas Tupperware yang terisi penuh dengan air dingin, didalamnya. "Ini untuk sarapan ya bu.." Dan aku langsung happy banget, bukan karena belom sarapan dan mendadak dikasih sarapan, tapi karena tas yang berisi box dan gelas Tupperware itu bisa dibawa pulang! Woaaaahhh, bu-ibu manasih yang nggak happy dapet Tupperware gratis. Hihiii. Setelah ngajak Una Abang cemal-cemil roti, sambil nunggu acara mulai, mama Dian selanjutnya liat-liat koleksi Tupperware yang ada di showroom ini. Duh, bikin pengen bawa pulang semuanyaaaaaa *kekep dompet* x)

Showroom Tupperware Mall Taman Anggrek

Nggak berapa lama kemudian, acara pun dimulai dan seorang kakak MC yang cantik plus ramah menyapa kita semua yang sudah hadir di sana.

Tupperware Baby Cutie Twee

Tanpa mengulur banyak waktu lagi, kita pun langsung masuk ke pembicara pertama yaitu Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K) yang membahas tentang ASI dan persiapan memberi ASI Eksklusif untuk para Ibu Bekerja.

Tupperware Baby Cutie Twee

Dr. Ariani pun segera membuka bincang-bincang kita saat itu langsung dengan membeberkan beberapa alasan tentang kenapa sih ibu bekerja harus tetap memberikan ASI eksklusif untuk bayinya?

Mengapa Ibu Bekerja Harus Tetap Memberi ASI Eksklusif?

Yang pertama adalah karena ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi, banyaknya kandungan dalam ASI yang tidak bisa kita dapatkan dari susu formula tentunya menjadi salah satu alasan bahwa ASI memanglah nutrisi terbaik dan tak tergantikan untuk bayi kita.  Selanjutnya, Tetap dapat menyusui selama berada di rumah, iya dong, menyusui secara langsung secara skin to skin tentunya penting untuk memperkuat bonding antara ibu dan bayinya.

Tetap ada 'hubungan' dengan bayi saat sedang tidak bersama, walaupun kita sedang bekerja, pemberian ASI yang telah kita perah kepada bayi kita, tentunya membuat mereka merasakan 'kehadiran' kita di dekatnya. Lebih hemat, kalo yang ini nggak perlu diragukan lagi karena ASI 100% bisa kita dapatkan secara gratis, beda sama susu formula kan? ;)

Menghindari resiko alergi dari susu formula, aku punya beberapa kenalan yang bayinya ternyata memiliki alergi terhadap susu sapi, dan harus beli susu formula khusus yang terbuat dari kedelai untuk bayinya. Beda dengan ASI yang tentunya minim sekali bahkan hampir nggak ada ya resiko alerginya. Jarang absen dari kantor, karena bayi ASI jarang sakit, dengan segudang kandungan alami yang baik yang terkandung di dalam ASI, tentunya turut serta menjaga daya tahan tubuh bayi kita. Kalo bayi kita sehat terus, In Shaa Allah nggak akan gangguin kerjaan di kantor juga kan Moms? :)

Kalau tekad untuk memberikan ASI sudah membulat, mari kita lihat apa yang harus dipersiapkan oleh ibu bekerja sebelum kembali ke kantor setelah cuti melahirkan.

Apa Yang Harus Disiapkan Ibu Menyusui Sebelum Kembali Bekerja?

Menyiapkan pemerah ASI, ini penting banget. Nggak cuma untuk memerah ASI di kantor aja, tapi juga untuk mencegah payudara kita terlalu penuh hingga bisa menyebabkan demam. Nah sekarang kan banyak banget ragam pompa ASI, silakan dicari yang paling cocok sesuai selera para mommies ya. Kedua, menyiapkan penyimpanaan ASI sementara atau pengantaran ASI, beruntung banget pasti kalo dikantor memang sudah tersedia kulkas untuk penyimpanan ASIP ya, tapi kalo nggak ada gimana dong? Tenang, masih bisa diakali dengan mengantarkan ASI langsung ke rumah, dengan menggunakan jasa ojek online ya tentunya. 

Ketiga, Menyiapkan alat pemberian ASIP dirumah, dan orang yang akan menjaga serta membantu kita memberikan ASIP kepada bayi kita. Alat pemberian ASIP itu ada banyak macamnya ya, mulai dari pipet, sendok, gelas, dan botol. Paling umum digunakan sih botol ya, dulu aku juga memberikan ASIP kepada Luna dengan menggunakan botol, alhamdulillah banget anaknya nggak bingung puting kok. Dan pikirkan kira-kira siapa nih yang akan menjaga anak kita saat kita bekerja, apakah eyangnya, saudara dekat atau babysitter? Kalo eyang dan saudara pastinya sudah mengerti sekali ya dalam merawat bayi. Nah kalo babysitter, mungkin perlu kita brief dulu tentang beberapa hal menyangkut bayi kita teruatama dalam pemberian ASIP-nya.

Terakhir, Komunikasikan dengan atasan kita mengenai jam pumping ASI di kantor, karena pumping ASI itu minimal tiap 3-4 jam sekali , atau ketika payudara kita terasa  sudah penuh. Dan itu pasti jamnya nggak bisa ngepas ke jam istirahat kantor, jadi nggak ada salahnya kalo coba ngobrol dulu dengan atasan kita tentang jam memompa ASI. In Shaa Alalh semua kantor jaman sekarang sih udah pengertian banget pastinya dengan ibu menyusui yaaa. Aaamiin.

Nah, di event kali ini, Tupperware juga sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yang bisa membantu para working mom saat memberi ASIP kepada bayinya.

Perkenalkan, Cutie Twee dari Tupperware:

Tupperware Baby Cutie Twee

Mbak Eta, perwakilan dari Tupperware hadir sebagai pembicara kedua dan menjelaskan beberapa keunggulan dari Produk Cutie Twee ini. Cutie Twee adalah bentuk dukungan dari Tupperware Indonesia kepada para mommies yang akan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya, terutama untuk para ibu bekerja. Cutie Twee merupakan botol susu inovatif dari Tupperware yang sudah dipastikan Food Grade dan BPA Free sehingga aman digunakan untuk bayi kita. Dengan bahan dasar Polypropylene pada Cap, Collar dan Body bottle-nya bisa dipastikan Cutie Twee ini tetap aman dan tidak akan melepaskan partikel kimia apapun jika disterilkan dengan suhu tinggi.

Tupperware Baby Cutie Twee

Cutie Twee juga bisa dibilang berbeda dengean botol susu pada umumnya karena memiliki keunggulan berupa 3 Teat Flow Adjustment pada nipple-nya yang berguna untuk mengatur kecepatan aliran cairan dari nipple. Hal ini dikatakan mbak Eta, terinspirasi dari puting ibu menyusui yang memang memiliki kecepatan aliran ASI yang tidak selalu sama. Jadi pada nipple Cutie Twee ini  terdapat angka 1, 2, dan 3. Untuk mendapatkan aliran 'lambat', putar angka 1 hingga menghadap ke atas, untuk mendapat aliran 'sedang' putar angka 2 hingga menghadap keatas, dan untuk mendapat aliran 'cepat' putar angka 3 hingga menghadap ke atas saat botolnya sedang diminumkan kepada bayi kita ya. 

Selain 3 Teat Flow Adjustment  juga terdapat Anti Colic pada bagian belakang nipple-nya berupa tiga lubang sebagai tempat keluar masuk udara, jadi tidak akan ada udara yang masuk dari aliran susu sehingga bayi tidak tersendak tersendak. Untuk lebih jelasnya, silakan liat infografis yang sudah aku buat di bawah ini yaaa.

Tupperware Baby Cutie Twee

Cutie Twee tersedia dengan 2 ukuran, yaitu Penguin - 150ml dengan harga Rp 138.000,- dan Frog - 270ml seharga Rp. 146.000,-

Bersamaan dengan launching-nya Tupperware Cutie Twee, Tupperware juga meluncurkan buku "Happy Tummy for My Baby" yang ditulis oleh Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K) yang berisi beragam informasi mengenai ASI, manfaat ASI, cara memerah, meyimpan dan memanaskan ASI hingga penduan lengkap MPASI yang mudah dipraktekan di rumah. Tersedia juga buku moment book "Baby's Diary" yang bisa kita gunakan untuk mendokumentasikan perjalanan bayi kiya dari masa kehamilan hingga umur 12 bulan. Kedua buku ini bisa dibeli secara terpisah dengan harga Rp. 40.000,- untuk "Happy Tummy for My Baby" dan Rp. 35.000,- untuk "Baby's Diary".

Tupperware Baby Cutie Twee

Eh ternyata, untuk lanjutan dari produk Cutie Twee, Tupperware juga menyediakan beragam produk dari Tiwi Todz dan Tiwi Kidz untuk menemani perjalanan MPASI bayi kita. Produknya selain lucu-lucu juga keren-keren banget. Info selengkapnya tentang rangkaian produk anak dari Tupperware, silakan  klik di  sini yaa www.tupperware.co.id/babyandkids.

Tupperware Baby Cutie Twee Tiwi Todz Tiwi Kidz

Mom's Talk kita pun saat itu ditutup dengan pembagian doorprize, dan pengumuman pemenang livereport competition. Eh aku kira setelah itu langsung pulang, ternyata nggak. Kita diajakin dulu demo masak di dapurnya Tupperware yang cantik dan dipenuhi warna-warni produknya Tupperware.

Demo Masak di Dapur Tupperware Mall Taman Anggrek

Ternyata di Showroom Tupperware MTA memang rutin mengadakan demo masak sebulan sekali di dapurnya ini. Nah kalo kita hari itu masak Beef Bologaise, Mashed Potato dan Jus semangka, resep yang diperuntukkan untuk MPASI bayi ini tentunya juga enak banget kalo dimakan untuk mama papanya loh. Hehehee. Dan kesemua resep tersebut dibuat dengan berbagai peralatan dari Tupperware. Peralatan yang memudahkan sekali untuk para ibu rumah tangga untuk mengukus, menghaluskan bumbu, es batu dan membuat jus semangka. Ya ampun, bikin aku mupeng ajaaaaa. *kekep dompet* *lebih kuat dari sebelumnya* 

Selesai demo masak dan icip-icip, selesailah acara Mom's Talk kita hari itu. Sebelum pulang, ternyata Tupperware nggak lupa membekali kita dengan makan siang. Beneran dibekali karena makan siangnya lagi-lagi ditaro di dalam box Tupperware yang boleh di bawa pulang. Ya ampun aku bahagia sekaliii bawa pulang banyak Tupperware. Hihihi. Terima kasih banyak Tupperware :D

Mom's Talk "Menyusui Sambil Bekerja? Aku Bisa" ini seru, santai dan bermanfaat banget untuk aku sendiri yang ternyata dulu sempet salah dalam me-menage persiapan memerah ASI saat kuliah. Alhamdulillah dapet ilmu baru lagi. Jadi gimana mommies? Setuju kan kalo ASI merupakan asupan terbaik untuk bayi kita? Ada yang punya pengalaman sebagai working-mom dan tetap memberi ASI eksklusif untuk bayinya? Sharing yuk!

24 comments on "Shout Out to All Working Mom: Menyusui Sambil Bekerja? Pasti Bisa!"
  1. Cakepbya produk Cutie Twee bisa buat kado kalau ada teman atau saudara yang lahiran. Menyesal kemaren ga bisa datang ke acara, semoga the next bisa ikutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya niiihhh, sayang banget mak ria nggak ikutaaann. Lain kali harus ikut ya maaak.. eheheheee

      Delete
  2. Imut banget ya si Cutie Twee ini..bener-bener cocok buat si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, cocok banget nih untuk si baby, teknologi 3 Teat Flow Adjustmentnya sih yang bikin naksiiirr.... :D

      Delete
  3. Bener banget, bekerja bukan halangan untuk menyusui. Btw lucu bgt cutie tweenya. Jadi pingin menyusui lagiii nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, working mom harus tetap semangat menyusui bayinya ya Dok.. Hayuk menyusui lagi dookk.. Eh kalo aku nunggu 10 tahunan lagi aja deh.. Weheheheheee

      Delete
  4. Cukup punya 1 nipple aja ya, kita bs mengatur aliran asip sesuai kemampuan bayi menghisap.
    Mama Dian fotonya kece2 bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mama Ayu juga kece reportasenyaaaaa. Ehehehee. Iya praktis banget ya mak Cutie Twee iniiii

      Delete
  5. Ini produk baru Tupperware ya, boleh neh buat kado yang lahiran. Memberikan ASI memang penting sekali, harus semangat terus ya biarpun sedang bekerja. Dulu neh saat Dimas masih bayi, pas ada meeting nikahan saya tetap bawa kemana pun. Selain ga ada yang jaga, saya pengen tetap memberikan ASI secara langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhh aku jadi kagum sama mak Liswanti. Tetep dibawa ya mak pas meeting, emang menyusui lngsung sebenernya lebih nikmat ya maaaak :D

      Delete
  6. sekarang mah semua hal sudah banyak disediakan yang praktis beda jaman aku dulu, makanya untuk ibu bekerja bikinjadi mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ya mak, ibu menyusui jaman sekarang semakin dimudahkan segala-galanya yaaa.. Jadi harus semakin semangat memberi ASI eksklusif yaa

      Delete
  7. wah tupperware ngeluarin produk dot bayi, cute banget *langsung mupeng* boleh nih masuk list belanja lahiran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, keren nih mak produk cutie tweenya tupperware :D

      Delete
  8. Ini tentu kabar gembira ya mbak bagi ibu menyusui yang memiliki karir pasti bisa tetap menjalankan karir tanpa khawatir anak belum menyusu.

    ReplyDelete
  9. iya sekarang makin paktis makin nga khwatir sm anak tetap bisa ber karir...^O^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuuuu! Semakin banyak produk yang memudahkan working mom untuk tetap memberi ASI eksklusif yaaa

      Delete
  10. beruntung sekali ada moment ini.. jadi ibu bisa tetap memberikan ASI walapun sedang bekerja. Tupperware memang peduli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Tupperware emang keren dan inovatif sekali ya mas.. :D

      Delete
  11. Produk barunya tuppy nih :D Pingin beli, tapi anakku full ASI, gak pake dot dan selalu ada di mana aku ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihihihihiii. asiiikkk. Alhamdulillah ya mak, kalo bisa full ASI langsung, bondingnya jadi makin kuat ya antara mak Nisa sama si baby.. ^^

      Delete
  12. Calon kakak iparku baru aja masuk kerja, Mbak. Dia punya bayi 2.5 bulan. Untung bosnya baik, jadi kapanpun mau mompa ASI dibolehin. :D

    Sama sik kayak Mamaku kan ibu bekerja jugak. Tiap saat mompa, tapi karena akunya laper mulu jadi dibantu sufor deh :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihiii. Ndak apaaa, yang penting mama Bebi udah berusaha semaksimal mungkin yaaaaaa. Salam untuk kakak iparnya Bebi yaaaa, semoga semangat terus memberi ASI eksklusif yaaaa ^^

      Delete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature