Yuk Ajak Anak Liburan Edukatif di Jendela Alam Bandung

15.49.00

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

Yuk Ajak Anak Liburan Edukatif di Jendela Alam Bandung - Eksplorasi alam tadinya adalah salah satu hal yang cukup aku batasi untuk kedua anak aku. Tapi setelah mengerti nilai dan manfaat dari eksplorasi itu sendiri yang diantaranya adalah menambah kreatifitas dan kemandirian mereka. Akupun jadi lebih berani untuk melepaskan anak-anak melakukan eksplorasi alamnya.  Belum lagi melihat ekspresi mereka saat aku bebaskan bermain di udara terbuka, sebuah ekspresi bahagia yang nggak ternilai harganya. Dan kali ini aku mau mereview satu tempat yang cocok untuk anak-anak melakukan eksplorasi alamnya yaitu Jendela Alam Bandung.

Kebetulan juga lagi musimnya perpisahan sekolah kan? Bu-ibu perpisahannya kemana aja nih? Bulan lalu, TK tempat anak-anak aku sekolah melakukan perpisahan di Bandung. Ada yang sudah pernah mendengar nama Jendela Alam sebelumnya? Kalau belum, berarti kita sama dong! *toss jauh dulu* Jendela Alam merupakan tempat wisata edukatif yang diperuntukkan bagi semua umur, khususnya anak-anak tapi ya. Jendela Alam letaknya tepat di daerah Lembang, dan untuk sampai disini kita harus melewati jalan yang cukup sempit, terjal dan berliku.

Kita berangkat dari Jakarta tepat jam 7 pagi, sampai di Bandung jam 11 siang dan sampai di Jendela Alam sekitar jam 12 siang. Lumayan lama diperjalanan, karena sempat dihadang macet di tol dan juga di Bandung. Untungnya berangkatnya naik bis bersama teman-teman sekolah duo krucil plus ibu-ibunya, jadi tetap berasa fun diperjalanan :D

Tahun ini rombongan TK Aisyiyah 49 mengadakan perpisahan di Lembang Bandung tepatnya di Jendela Alam dan Floating Market. Kalo nggak salah sih tahun ini paling jauh ya perpisahannya, biasanya mentok di Taman Safari, tapi karena bu-ibunya bosen sama Taman Safari, akhirnya kita sepakat untuk perpisahan di Bandung.

Perjalanan 5 jam di bis langsung terbayarkan dengan segarnya udara Bandung. Setelah melewati jalan yang berkelok-kelok, kitapun dsambut oleh gapura selamat datang dari Jendela Alam. Tempat parkir bisnya pun ngga terlalu jauh dari pintu masuk utama Jendela Alam. Anak-anak pun nggak sabar untuk turun bis, alhamdulillah perpisahan ke Bandung kali ini mama Dian ditemenin sama Papa Api. Jadi Nggak terlalu repot gandeng anak dua, plus jadi ada fotografer untuk keperluan foto-foto di blog ini. Makasi Papa Api❤

Sesudah turun dari bis, anak-anak pun dipersilakan masuk terlebih dahulu ke dalam Jendela Alam untuk melakukan foto bersama dengan para guru-guru. Selesai foto bersama, baru deh para orangtua serta pendamping dipersilakan masuk.

Kesan pertama aku saat pertama kali masuk ke Jendela Alam ini tempatnya cukup asri ya. Dan kita pun segera dikumpulkan ke sebuah aula besar untuk memulai beberapa seremonial perpisahan. Kemudian makan siang, dengan makanan yang disediakan oleh Kedai Alam. Box makan untuk anak-anak berisi nasi dengan chicken katsu, sedangkan untuk dewasanya disediakan box makan berisi nasi, ayam bakar lengkap dengan sambal dan lalapannya. Dan makanannya menurut aku suprisingly, enak! Selain Kedai Alam ada juga penjual baso dan beberapa cemilan seperti popcorn yang tersedia di dalam area Jendela Alam ini.

Setelah selesai santap siang, anak-anak pun kembali dikumpulkan untuk memulai kegiatan mereka. nggak cuma anak-anaknya loh yang dikasi kegiatan, tapi ibu-ibunya juga diajak ngegames berhadiah. Seru! Apa aja nih kegiatan anak-anak di Jendela Alam, aku bakal ceritain di postingan selanjutnya yaaa.

Alhamdulillah walaupun kalah di games seseruan bersama ibu-ibu lainnya, mama Dian tetep dapet hadiah satu pot kecil tanaman hias mini. Dan mau tau nggak anak-anaknya dikasi apa? Ikan yang ngga hidup, atau bisa aku sebut juga ikan sekarat menjelang ajal. Untuk digoreng katanya sih, tapi ukuran ikannya nanggung, nggak kecil dan nggak besar juga, belom lagi mulutnya ngatup-ngatup kehabisan udara gitu, akhirnya mama Dian balikin aja ikannya ke kolam. Duh maaf ya tante-tante dan om-om Jendela Alam. Bukannya kita nggak mau nerima oleh-olehnya, tapi nggak tega juga kalo ngeliat ikan sekarat gitu x(

Walaupun sempet terguyur hujan, alhamdulillah semua acara disini berjalan dengan lancar. Rombongan TK Aisyiyah pun pulang tepat jam 3 siang untuk melanjutkan perjalanan ke Floating Market Lembang.

Jadi apa aja nih plus minus tempat ini, berikut mama Dian rangkum dibawah ini ya:

(+) Tempatnya cukup asri dan ramah anak
(+) Makanan di Kedai Alamnya enak, minumannya juga harganya masih masuk akal kok
(+) Fasilitator atau Guide anak-anak selama disana ramah-ramah banget sama anak-anak
(+) Setelah cek di webnya, ternyata tiket masuknya cukup murah, hanya Rp.20.000, namun untuk kegiatan di dalamnya harus membayar kembali ya.
(+) Dan ternyata kegiatan yang tersedia di Jendela Alam ini banyak banget. Untuk lebih lengkapnya silakan liat brosurnya di bawah ini ya.

(-) Perawatan tempatnya terlihat belum merata, masih ada tanah-tanah dengan tanaman kurang terawat pada beberapa spot.
(-) Dan menurut aku ngasih oleh-oleh ikan mati ke anak-anak itu nggak perlu banget. Mereka jadi bingung mesti diapain ikannya. Kalapun tujuannya untuk dimasak, lebih baik dikasih ke mamanya aja. Kalo untuk anak-anak lebih cocok ikan hidup kali ya, untuk dipelihara :)

Tapi anak-anak tetep happy banget sih setelah pulang dari Jendela Alam ini. Dan senengnya pas kita kesana memang lagi sepi, jadi berasa Jendela Alam milik sendiri. Jadi gimana nih bu-ibu, udah tertarik mengajak anak-anak liburan setelah lebaran ke Jendela Alam Bandung? :)

Jendela Alam Bandung
Jl. Sersan Bajuri, km 4.5, Ledeng Lembang, Bandung
Tlp: 022-2788486
Email: jendela.alam@gmail.com
www.jendela-alam.com

You Might Also Like

62 komentar

  1. Waah.. kemarin pas ke Bandung sempet jadi salah satu pilihaan. Tapi berhubung waktunya terbatas, jadi gak sempet ke sini deh. Kapan2 coba aah ke sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kalo ke Bandung lagi mesti mampir Kak :D

      Hapus
  2. sama kayak mba isti, kemaren pas ke Bandung belum sempet kesini. Kapan ya ke Bandung lagi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pengen nih main kebandung lagi, sehari kebandung kurang puasss. Hihihi

      Hapus
  3. Keren2 Mak fotonya. Bandung memang selalu menarik yak.

    BalasHapus
  4. Jadi penasaran Mak,knp harus ngasihnya ikan sekarat gitu ya. Aq juga baru denger jendela alam dr mak Dian. Ada juga yg baru di lembang, taman bunga begounia katanya ya Mak. Asik dong ya bisa byk kegiatan d sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa. buat dimasak katanyaaaaa. Ngeseliiiiinnnnnnnnnnn. ikan nanggung gitu makannya juga ga tega, apalagi liat masa-masa sekaratnya x( Wah aku baru denger juga mak Taman bunga Begonia, kayanya banyak yang seru ya di Lembaaang

      Hapus
  5. Belom kesampean ngajak anak ke jendela alam padahal deket dr cimahi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaah enak bener nih kalo punya rumah bandungggg. Cerita-cerita dong mak apalagi tempat wisata yang asik di bandung. Hihihi

      Hapus
  6. Selama saya ke Bandung saya belum sempat mampir ke tempat ini mba padahal seru juga ya Jendela Alam ini sungguh mempesona

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mampir ke Jendela Alam mas :)

      Hapus
  7. Aku dulu TK nya di Aisyiyah 1 gresik trus SD nya MUhammadiyah

    Eh kenapa gw malah kasih info sekolah yeee #gagalFokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dirimu lulusan muhammadiyah Maz? Diriku tak menyangka. Wuahahahahahahahahaaa

      Hapus
  8. waah, blm prnh kesini aku,.. cakep yaa... yg gini nih yg aku suka mbak.. adem, banyak tumbuhan dan binatang.. eh itu binatang yg sdg makan wortel guinea pig bukan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guinea pig atau marmut ya mbak? Kebetulan suami aku nih yang nemenin anak-anak keliling. Akunya ngegames sama bu-ibu yang lain. Weheheheee

      Hapus
  9. wah asyiknya ya, aku kalau ke lembang itu malasnya macetnya apalagi kalau musim leiburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak. Kemarin aku kesana hari senin aja masih kena maceeet. Uhuhu

      Hapus
  10. 2 thn lalu Babam ikut trip mencar donk lari2 an ama grup , pdhl ikut dari sekolah jg. bagus yah tempatnya bisa bikin anak2 betah explore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun babaaaaammm. Km maunya ngeksplor sendirian aja kali ya. Kalo ramean ngga puas kali babamnyaaa. Hihihi

      Hapus
  11. Ituu hmm...fotonya kok bagus-bagus amat. Jadi mupeng hehehe...

    BalasHapus
  12. wuih lucu juga dalemnya ya. deket dari rumah saya ini mah. 15 menit perjalanan nyampe. tapi saya belum pernah ke sana wkwkwkwkw adoh parah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah enak bener mak kalo deket dari rumah, rumahnya disekitaran Lembang dong mak. Asik ya kayanya tinggal di Banduunggg. Hihi

      Hapus
  13. wah jendela alam seru juga sepertinya, bulan kemrain sebelum puasa ke kawah putih , kalo ke bandung patut di coba ini.

    terima kasih informasinya mbak

    BalasHapus
  14. Wah Jendela alam ada di lembang toh, tapi daerah lembang sepertinya kalo wekend seperti hari biasa di jakarta :D

    enaknya lari ke pengalengan camcer kalo di bandung heeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalengan camcer itu dimana ya? Seperti apakah tempatnya? Jadi penasaran nih :D Iya Lembang muacet. Tapi macetnya enak adem, nggak kaya di jakarta. Hihihii

      Hapus
  15. wah, aku belom pernah kesini maak...adem banget pastinya :)

    BalasHapus
  16. Jendela alam ini cocok ya mbak buat rekreasi keluarga, terutama tempat edukasi buat anak-anak...ahh, jadi pengen ke lembang

    BalasHapus
  17. Wah sepertinya seru ya main dibandung, jadi pengen berkunjung nih ke bandung mumpung dekat dengan tempat tinggal saya.

    BalasHapus
  18. Aaaak, ini mau banget buat B. Ma kasih ya udah dituliiiis ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah, terima kasih mbak Eka udah mampir kesiniii :D

      Hapus
  19. Emang gak ada habisnya Bandung mah.. Hehe orang2nya juga pada keren, mbak.

    BalasHapus
  20. Dicatet nih moga bisa ke Bandung bareng anak2

    BalasHapus
  21. kalau Lebaran kayaknya penuh ke sana, ya. Saya belum pernah, euy :)

    BalasHapus
  22. Pernah kesana dan sangat nyaman buat ngajak main anak. salam kenal...saya juga dari bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dari Jakarta, Blogger Bandung :D

      Hapus
  23. Sering banget lihat reviewnya di TV, ternyata memang keren ya

    BalasHapus
  24. Wiiih bagus banget tempatnya. Jadi pingin ke sini deh

    BalasHapus
  25. Astagaaaa, kapan ge bisa kesiniiii Diannnnn hihihihih inginnnn, inginnnnnnn rasanya huwoouwooow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kamu kamu kamu kamuuuu leh-baaaayyy :p

      Hapus
  26. Waaa seru bangett, suka deh kalo tempat alam gini buat anak-anak. Aku bookmark yaa, kayaknya jadi list liburan abis lebaran ^^

    BalasHapus
  27. Kalau aku sih baru denger ini jendela alam, memang keseringan anak TK or SD sih mentok ke taman safari ya mba.. Tapi oleh oleh ikan itu mending ikan hias hidup yang cantik kan anak anak pasti suka

    BalasHapus
  28. kayaknya kalo suatu saat nanti ke Bandung kayaknya wajib mengunjungi tempat ini :)
    tempatnya asri banget Mba, dari foto jelas terlihat udaranya segar :)

    BalasHapus
  29. Tetep ya ajak2 fotografer pribadi hehehe

    Wah anak2ku pasti seneng diajak kesitu, cuma jauh ya, moga bisa kesana kalau ps ke Bandung.

    hehe lain kali bilang ke om2 dan tante2 jendela alamnya, oleh2nya ikan bakar aja lengkap dengn sambal dan lalapan :))

    BalasHapus
  30. Foto2nya cakep.
    Kalo Minggu pagi, dari pintu gerbang pinggir jalan raya sampai depan jendela alam, penuh yg jualan. Sementara jadi pasar kaget sampai siang.

    BalasHapus
  31. asyik ya aku suka banget ke lembang jadi pengen nih kesini ngajak anak2... moga kesampaian. aamiin.

    BalasHapus
  32. selain untuk berlibur juga bisa sekalian menunjang pendidikan anak mbak, tapi sayangnya saya mah jauh kesananya

    BalasHapus
  33. bandung emang banyak yg bagu bagus tempat wisatanya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎