Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Tiket Bus dengan Mudah di Traveloka

 Mendekati bulan Ramadan bagi umat muslim biasanya selalu mengadakan safari spiritual. Dimana mereka mengadakan rombongan ziarah dalam satu bus bahkan lebih ke suatu tempat. Mereka biasanya tidak tahu apa-apa, sebab panitia telah mengkoordinasi termasuk dalam memesan bus beserta sopirnya langsung ke salah-satu agen perjalanan. 

Namun, bagaimana jika perjalanan harus dilakukan secara mandiri tanpa dibantu oleh pihak ketiga? Sepertinya pesan tiket bus secara online bisa menjadi solusi yang tepat. Maka dari itu simak lebih lanjut ulasan dibawah ini. 

Pesan Tiket Bus Bisa Online 

Melakukan pesan tiket bus kabar baiknya sekarang bisa secara online. Tidak perlu lagi mengantri di loket pendaftaran terminal bus hanya untuk mendapatkan tiket. Artinya pembelian tiket bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Persyaratannya sama seperti kereta api dan pesawat, layanan bus berkelas juga memerlukan pembelian tiket. Nah untuk bisa mendapatkan tiket ini sangat mudah tersedia di aplikasi Traveloka yang dapat diunduh dari ponsel.

Perlu Anda tahu bahwa Traveloka ini merupakan aplikasi perjalanan yang memiliki pengguna terbesar se Asia Tenggara. Sebenarnya tidak hanya pesan tiket bus saja, bahkan Anda bisa memesan hal lain seperti memesan penginapan hingga menyewa kendaraan seperti halnya mobil. Kehadiran Traveloka akan sangat membantu siapapun yang memiliki kepentingan bepergian. 

Pesan Tiket Online via HP

Di era yang telah serba digital seperti sekarang ini, membeli tiket bus tidak harus mendatangi agennya cukup pesan tiket bus online via hp. Jika Anda ingin bepergian ke luar kota entah itu untuk urusan keagamaan seperti halnya ziarah, pengajian,  bisnis, berwisata, maupun pulang kampung, bisa menggunakan armada bus antar kota.

Apabila biasanya Anda membeli tiket langsung pada hari H keberangkatan, lain halnya jika memasuki high season sepert idul fitri, idul adha maupun tahun baru. Pasalnya di musim liburan tersebut operator bus biasanya menaikkan tarifnya hingga 100% dari harga normal, belum lagi masalah kehabisan tiket. 

Cara Pesan Tiket Bus dengan Traveloka, Simak Baik-Baik

Maka untuk itu, Anda perlu memesannya jauh-jauh hari. Seperti melakukan pemesanan tiket melalui pesan tiket bus di Traveloka..Traveloka meskipun awalnya lebih dikenal sebagai aplikasi booking hotel online, tetapi kini melayani pembelian tiket kereta api, pesawat, travel, dan tiket bus. 

Nah apabila Anda belum mengetahui caranya, maka berikut ini cara melakukan pemesanan tiket bus melalui Traveloka :

1. Buka Aplikasi atau Website Traveloka di Ponsel Anda

Sebelum melakukan pemesanan tiket bus, pastikan terlebih dahulu telah memiliki aplikasinya yang diunduh dari Play Store atau App Store. Jika tidak memiliki aplikasinya, maka bisa buka di websitenya.

Daftarkan diri Anda untuk membuat akun di Traveloka agar bisa login. Seperti memasukkan data berupa email, nomor telepon, maupun akun sosial media. Setelah berhasil mendaftar dan login, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Buka pada Bagian Menu Traveloka di “Tiket Bus & Travel”

Anda dapat melakukan pemesanan tiket langsung dengan mengisi kolom tersedia. Seperti dari mana mau ke man, akan berangkat pada tanggal berapa, dan berapa jumlah kursi yang dibutuhkan, serta jangan lupa tujuan lokasi. Setelah itu bisa klik tombol “Cari”.

3. Melakukan Pemilihan Daftar Bus

Jika poin 2 telah selesai, maka akan muncul daftar bus dari berbagai perusahaan yang bisa Anda pilih. Di bagian yang tertera Anda dapat memfilter beberapa kategori seperti memilih PO tertentu, tipe bus tertentu, dan lain-lain.

Ketika telah menemukan bus yang diinginkan (Jangan lupa perhatikan jam berangkat, titik keberangkatan, harga tiket), otomatis Anda akan dibawa ke halaman berikutnya. Di laman tersebut Anda perhatikan menu “rute” sebab disana terdapat jadwal dan terminal keberangkatan sesuai dengan tiket yang dipesan. 

Kemudian Anda dapat mengklik kata “Pilih” di pojok kanan bawah setelah yakin. Anda dapat mem booking kursi bus dengan mengisi data-data penumpang mulai dari title, nama, ID, sampai nomor identitas. Lalu klik “Simpan” untuk mengklaim.

4. Melakukan Pembayaran

Setelah kata simpan berhasil di klik jika ada tulisan “Lanjutkan” atau “Ya,  Lanjutkan” maka tekan tersebut untuk melakukan pembayaran.

Di laman pembayaran Anda tentu diminta untuk memilih metode pembayaran. Anda bisa memilih menggunakan debit instan, transfer bank, ATM, atau melalui minimarket. Ketika sudah memilih metode pembayaran, maka klik tombol "Bayar".

Jika Anda menggunakan metode transfer, maka pastikan nominal sama persis dengan harga tiket bus yang dipesan. Sedangkan jika memilih metode pembayaran melalui  minimarket, tunjukkan kode pembayarannya kepada kasir. Setelah itu, jika proses sudah selesai maka bisa mengklik tombol “Saya Sudah Bayar”.

E-tiket biasanya akan dikirim melalui pesan atau email setelah diproses selama 5 menit. Anda dapat menunjukkan bukti tersebut ke petugas bus untuk keberangkatan, dan pastikan sudah ada ditempat 30 menit sebelum pergi. 

Bagaimana? Pesan tiket bus di Traveloka sangat mudah bukan.

Posting Komentar untuk "Pesan Tiket Bus dengan Mudah di Traveloka"