Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Cat Interior Rumah

Saat melakukan renovasi rumah, proses pemilihan cat interior merupakan salah satu hal penting yang harus diputuskan secara matang. Apa itu cat interior? Cat interior adalah cat yang digunakan untuk diaplikasikan di dalam ruangan rumah untuk menonjolkan nilai estetika.

Jangan sampai salah ya, cat interior berbeda dengan cat eksterior. Sesuai namanya, cat interior digunakan untuk interior atau dalam rumah. Sedangkan cat eksterior digunakan untuk eksterior atau luar rumah. 

Lalu, apa perbedaan cat interior dengan cat eksterior? Beberapa perbedaannya antara lain, cat interior tidak dapat digunakan di luar rumah. Sedangkan cat eksterior masih bisa digunakan di dalam ruangan, namun tentunya biayanya juga akan menjadi lebih mahal. Berbeda dengan cat interior, selain memberikan aspek keindahan pada tembok, cat eksterior juga memiliki perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari. 

Sedangkan cat interior memiliki kelebihan kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Cat interior juga lebih mudah dibersihkan dari kotoran atau noda. Buibu, suka ngerasa bingung nggak sih saat mau memutuskan "Hmmm, bagusnya cat ruangan ini warna apa yaaaa?"

Nah sebaiknya untuk memutuskan warna cat interior rumah, nggak boleh sembarangan. Sebaliknya, perhatikan beberapa aspek agar dapat memilih warna cat yang tepat, biar ruangan dirumah makin estetik dan nyaman ditempati. Simak beberapa tipsnya di bawah ini, ya!

Tips Memilih Cat Interior Rumah

Apa aja sih yang harus dipikirkan sebelum menentukan warna cat interior rumah?

Cari Inspirasi

Yap, penitng banget buat cari-cari inspirasi ruangan yang diinginkan. Pastinya banyak banget foto-foto ruangan estetik yang dapat kamu temukan di Google, Instagram hingga Pinterest. Cari inspirasi ruangan yang paling mendekati selera kamu. Terkadang saat mencari-cari inspirasi foto interior ruangan, kamu malah akan menemukan ide baru yang lebih baik.

Buat Skema Warna

Apa itu skema warna? Skema warna adalah kombinasi warna yang berasal dari color wheel atau roda warna agar menghasilkan kombinasi warna harmonis. Jangan jangan main asal pasang-pasangin warna ya. Supaya menhasilkan ruangan yang estetik, kamu perlu membuat skema warna jika ingin memadu padankan beberapa warna sekaligus. Ada beberapa skema warna yang bisa kamu terapkan, mulai dari analogous, complementary, monochromatic, split complementary, tetradic dan triadic.

Sesuaikan dengan Furniture yang Ada

Furniture adalah perabot rumah tangga. Saat merenovasi rumah, biasanya kamu sudah memiliki perabotan di dalam setiap ruangan. Nah, agar tercipta ruangan yang terlihat harmonis dan estetik, sebaiknya pilih warna cat yang sesuai dengan furniture yang sudah ada. Kecuali jika kamu berniat mengganti semua furniture yang lama dengan furniture baru, baru deh kamu bebas menentukan warna cat interior ruangan yang diinginkan. Hehe. Siap-siap boncos tapi yaaaa x)

Kombinasikan Shade Warna Terang dan Gelap

Agar ruangan semakin estetik, sebaiknya cat ruangan dengan beberapa warna. Cobalah untuk mengombinasikan warna gelap dan terang untuk menghasilkan ruangan yang lebih cantik. Eits tapi jangan lupa, sesuaikan kombinasi warna dengan skema warna, ya.

Nah itu dia beberapa tips memilih cat interior rumah. Ingat ya pertimbangkan beberapa hal di atas sebelum memutuskan untuk mengecat interior rumah dengan warna tertentu. Soalnya kalo salah pilih warna, malah bisa bikin suasana rumah jadi nggak nyaman. 

Nyebelin kan, udah capek capek mengeluarkan biaya untuk renov ruangan, eh suasana barunya malah bikin ngga betah di rumah. Huhu. Malah makin boncos nanti karena mesti melakukan renovasi ulang :(

Renovasi rumah adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana rumah baru yang lebih nyaman. Semoga setelahmelakukan renovasirumah dan menentukan warna cat interior yang tepat, rumah kamu jadi makin nyaman dan semua anggota keluarga makin betah di rumah yaaaa~

Eh, menurut kamu, perpaduan warna apa sih yang cocok untuk kamar tidur supaya terasa lebih nyaman dan bisa ngebuat tidur lebih nyenyak? Sumbang sumbang saran plis di kolom komen di bawah, kayanya mama Dian pengen renov kamar dan ganti cat interior juga niiih~

1 komentar untuk "Tips Memilih Cat Interior Rumah"

  1. Cat rumah itu seperti sesuatu yang membangun suasana rumah, pasti perlu pertimbangan dalam memilihnya. Belum lagi setiap orang di rumah seleranya beda, pasti ada selisih tapi suami selalu menyarankan yang warnanya netral yang penting itu kualitasnya. Mantep ini bisa diterapkan, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus