Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan protein tinggi apa saja sih?

Makanan protein tinggi apa saja sih? Udah tau belum sih seberapa penting protein untuk tubuh? Protein adalah nutrisi yang memiliki fungsi utama memperbaiki jaringan sel agar dapat berfungsi dengan baik. Nggak hanya itu aja sih, protein juga memiliki fungsi sebagai zat pengatur pergerakan, enzim, pertahanan tubuh dan alat pengangkut.

Nah saat kita beraktivitas sehari-hari, sel-sel di tubuh secara bergiliran mulai berganti menjadi sel-sel yang baru. Disinilah fungsi dari protein. Apalagi saat kita sedang dalam masa penyembuhan dari suatu penyakit, protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menumbuhkan sel-sel baru. 

Protein juga merupakan makronutrien yang dibutuhkan dalam tubuh dalam jumlah besar. Protein juga terdari dari sejumlah asamamino yang diperlukan oleh tubuh.  

Oleh karena itu tubuh selalu membutuhkan asupan protein setiap harinya. Untuk orang dewasa, disarankan mengonsumsi 0,75 gram protein perhari untuk setiap 1 kg berat badannya. Jadi rata-rata perempuan membutuhkan asupan protein sekitar 45 gram dan laki-laki sebesar 55 gram. 

Dan asupan protein ini nggak boleh disepelekan, ya. Karena kekurangan protein dapat membuat munculnya rasa lelah dan lemas serta juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Oleh karena itu selalu perhatikan asupan protein sehari-hari. 

Lalu dari mana aja sih asupan protein untuk tubuh kita? Yang utama adalah dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ini dia beberapa makanan tinggi protein yang baik untuk tubuhnya!

Makanan tinggi protein apa aja, sih?

Telur

makanan protein tinggi apa saja

Telur yang mudah untuk dikonsumsi ini ternyata menjadi salah satu makanan paling sehat dengan gizi terlengkap. Jadi di dalam telur terdapat kandungan protein, mineral, vitamin, lemak tak jenuh dan juga antioksidan.

Bagian putih dan kuning telur masing masing memiliki kandungan protin yang berbeda. Ternyata lebih tinggi kandungan protein dari putih telur, loh. 

Nah saat kamu mnegonsumsi 1 butir telur utuh kamu akan mendapatkan protein yang tinggi sekaligus klori yang tinggi juga. Untuk kamu yang sedang diet trendah kalori, disarankan untuk memakan 2 porsi putih telur untuk mendapatkan kandungan protein lebih tinggi dan kalori yang rendah. 

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan laut yang juga memiliki protein yang tinggi. Beberpa jenis ikan yang mengandung protein yang tinggi diantaranya ikan salmon, ikan kod, ikan tongkol, ikan tuna, ikan kakap, ikan sarden bahkan ikan teri.

Nah, jadi nggak perlu beli ikan salmon yang mahal untuk mencukupi kebutuhan protein kamu. Ikan teri atau ikan tongkol yang harganya terjangkau dan mudah didapat juga oke banget kok kandungan proteinnya!

Dada ayam

Eh ternyata nggak cuma telurnya aja nih yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Tapi daging ayam juga kok, tapi kandungan protein pada ayam ternyata tidak tersebar secara merata pada seluruh bagiannya. Dan hanya dominan di bagian dada ayamnya aja.

Bahkan dada ayam memiliki total protein yang lebih tinggi dari lemak. Hal ini nih yang menyebabkan dianjurkannya untuk mengonsumsi dada ayam sebagai salah satu menu diet. Eits, jangan pake kulit tapi ya makannya, malah nanti nambah juga kalorinya. Hehe.

Daging sapi

Daging sapi juga merupakan salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi dan kaya akan kandungan protein. Terutama untuk bagian daging sapi yang tanpa lemak nih, memiliki kandungan tinggi protein serta zat besi, vitamin B12 dan juga nutrisi penting lainnya. 

Kacang

Siapa disini yang suka nyemilin kacang? Ternyata kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein. Eits tapi, kacang juga ternyata memiliki kalori yang tinggi. JAdi sebaiknya kalo mau mengkonsumsi kacang, perhatikan batas wajarnya yaaaa~

Nah itu dia 5 jenis makanan yang mengandung protein yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatanmu. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi untuk tubuh supaya kita tetap shat dan bisa semangat beraktivitas setiap harinya ya!

Posting Komentar untuk "Makanan protein tinggi apa saja sih?"