Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Butuh Vitamin Sea? Main ke 7 Pantai Cantik di Yogyakarta Ini Yuk!

Berhubung saat ini belum memungkinkan untuk ke luar negeri, liburan ke Yogyakarta pun tidak kalah serunya. Pastikan Anda mendapat informasi tentang persyaratan naik pesawat terupdate dari situs terpercaya. Juga rencanakan dan dapatkan tiket pesawat dengan deal terbaik di Traveloka. 

Di Yogyakarta enaknya ngapain? Well, ada banyak pantai yang terkenal cantik dan punya pemandangan yang super keren yang bisa jadi destinasi berlibur yang menarik lho!

Nah berikut ini adalah 7 pantai paling cantik di Yogyakarta yang harus Anda kunjungi saat liburan nanti. 

1. Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Parangtritis? Pantai ini terkenal dengan mitosnya juga keindahan alamnya. Parangtritis disebut-sebut sebagai tempat Ratu Pantai Selatan bersemayam, sehingga pengunjung disarankan untuk tidak mengenakan baju berwarna hijau. Walaupun hal ini merupakan mitos, ada baiknya Anda tetap menghormati adat setempat dengan mematuhi aturan ini. 

Bicara soal keindahan alam, memang tidak diragukan lagi apalagi saat matahari terbit atau terbenam. Pemandangan cahaya langit yang kemerahan seakan menyatu dengan ujung laut. Jika Anda menyaksikannya sendiri, kelihatannya seperti gambar yang biasa digunakan untuk latar PC atau HP. 

Selain mengabadikan momen di sini, Anda bisa melakukan hal lainnya seperti berenang di pantai dan menunggang kuda. Ombak Parangtritis juga cocok untuk Anda yang suka berselancar. Namun ketika kondisi pantai terlalu berbahaya, ada baiknya Anda cukup menikmati keindahan Parangtritis dari bibir pantai saja. 

2. Pantai Jogan

Pantai Jogan memang tidak sepopuler Parangtritis, namun keindahannya tidak bisa disangkal. Selain laut yang menghampar luas, cantiknya Pantai Jogan juga dikarenakan permukaan pinggiran pantainya yang diapit tebing. 

Daya tarik lain yang dimiliki pantai ini adalah air terjunnya. Air yang mengalir dari atas tebing berpadu dengan air laut di bawahnya. Fenomena alam ini terasa istimewa kalau Anda berhasil menyaksikannya sendiri. Anda bisa bersantai di atas tebing sambil menangkap keindahan pantai Jogan. 

Salah satu faktor yang menyebabkan tak banyak orang tahu tentang keberadaan pantai ini adalah karena jarak tempuh yang cukup jauh. Anda harus berkendara dengan mobil atau motor pribadi dari Yogyakarta selama dua jam. Selain itu, jalur menuju ke pantai ini juga berkelok-kelok. Namun sesampainya Anda di sini, semua perjuangan untuk menuju Pantai Jogan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan. 

3. Pantai Glagah

Salah satu keunikan dari Pantai Glagah ini adalah tetrapod atau pemecah ombak yang tersebar sepanjang bibir pantai. Peletakkan tetrapod ini adalah karena Pantai Glagah merupakan salah satu pantai dengan ombak terbesar di Yogyakarta. 

Selain tetrapod, Pantai Glagah terkenal dengan lagunanya. Di mana laguna ini merupakan cekungan yang terisi air pasang dari laut. Anda bisa mendayung sampan kecil atau kano di sini. Karena airnya yang tenang, jadi Anda bisa menikmati laguna ini layaknya sebuah telaga atau danau. 

Selain menikmati keindahan alam, Anda bisa melakukan kegiatan lain di Pantai Glagah. Beberapa di antaranya adalah mengunjungi perkebunan buah naga dan memancing di pinggir pantai. 

Jarak Pantai Glagah dan kota Yogyakarta tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 15 kilometer. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Hal ini untuk memudahkan transportasi pulang pergi, serta Anda bisa berhenti sejenak di tengah perjalanan untuk melihat hijaunya area persawahan. 

4. Pantai Goa Cemara

Tidak hanya panorama alam yang cantik, Pantai Goa Cemara juga cukup unik. Hal ini karena hutan cemara di area pinggir pantai. Dahan pohon membentuk kanopi sehingga Anda seperti berada di gua cemara. Tentunya are ini merupakan spot foto yang populer dan menarik. 

Selain deretan pohon cemara, Pantai Goa Cemara juga memiliki mercusuar. Sekitar 200 meter dari pantai, Anda bisa menemukan mercusuar Kalajivamasti. Anda juga bisa masuk dan naik sampai lantai atas untuk menikmati pemandangan dari sudut pandang yang lebih tinggi. 

Jalan akses menuju pantai sudah bagus. Jarak dari area kota Yogyakarta pun hanya 33 kilometer. Jadi, kalau Anda ke Yogyakarta, sempatkan untuk mampir ke Pantai Goa Cemara. 

5. Pantai Cemara Sewu

Selain Pantai Goa Cemara, Pantai Cemara Sewu juga dikenal dengan hutan cemaranya. Pada musim hujan dedaunan cemara akan tumbuh hijau dan memberikan nuansa romantis. Sedangkan pada musim kemarau, daun cemara akan meranggas sehingga cocok untuk latar foto yang bernuansa dramatis. 

Tentunya selain hutan cemara, hamparan pantai ini juga indah. Apalagi lokasi wisata ini biasanya tidak terlalu ramai. Jadi Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan lebih tenang. Kemudian hamparan bukit hijau yang mengelilingi pantai juga menambah keindahan Pantai Cemara Sewu. 

6. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan terletak di area Gunungkidul, dan terkenal karena keindahannya. Jika Anda ke sini, Anda akan melihat perpaduan antara laut dan perbukitan yang menawan. Bukit yang mengelilingi pantai ini ditumbuhi pepohonan sehingga berwarna hijau dan terlihat sejuk. 

Di sini Anda bisa bermain air di pantai, berkemah, dan mencoba memanjat bukit untuk mengambil foto. Namun tentu saja Anda harus berhati-hati karena bukit ini terbentuk dari bebatuan yang cukup terjal. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang sesuai jika ingin naik ke atas bukit. 

7. Pantai Wediombo

Pantai cantik lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Wediombo. Seperti banyak pantai di Yogyakarta, pantai ini juga dikelilingi oleh tebing bebatuan. Anda bisa naik ke tebing bebatuan ini karena memang ada aksesnya. Hanya saja, Anda harus tetap berhati-hati dengan menggunakan sepatu atau sandal gunung agar tidak tergelincir.

Di pantai ini Anda bisa menemukan kolam alami. Kolam ini dikelilingi bebatuan dan cukup tenang. Hal ini karena bebatuan di sekelilingnya memecah ombak besar dari luar. Selain untuk berenang, area ini juga sering digunakan sebagai spot foto. 

Nah, dari 7 pantai paling cantik di Yogyakarta yang kami rekomendasikan di atas, mana yang paling menarik untuk Anda? Pastinya Anda tidak bisa mengunjungi semua dalam satu kali perjalanan. Oleh karenanya, pilih yang paling dekat dengan tujuan wisata Anda yang lainnya. Selamat berlibur! jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan ketahui persyaratan naik pesawat terupdate ya!

1 komentar untuk " Butuh Vitamin Sea? Main ke 7 Pantai Cantik di Yogyakarta Ini Yuk!"

  1. Hemm saat ini memang butuh banget vitamin sea untuk menyegarkan mata dan menenangkan diri, pastinya menghibur banget kalau bisa ke pantai sama keluarga.

    BalasHapus