Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Radang Tenggorokan yang Harus Kamu Waspadai

Gejala radang tenggorokan, memang bisa menggangu aktivitas kita sehari-hari. Terutama di musim hujan seperti ini nih. Sering kali kita mengalami radang tenggorokan yang mengganggu.

Setiap orang pasti pernah nih mengalami radang tenggorokan. Apalagi anak-anak yang kadang konsumsi jajanannya ngga terkontrol oleh para orangtuanya. 

Jadi inget jaman aku kecil dulu, penyakit radang tenggorokan adalah penyakit yang paling sering aku alami. Kaya udah langganan banget deh sama penyakit yang bikin nyeri saat menelan dan jadi males makan ini.

Apa itu penyakit Radang Tenggorokan?

Gejala Radang Tenggorokan

Seperti namanya nih, Radang tenggorokan merupakan peradangan di bagian tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini biasanya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan kita. 

Faringitis Streptokokus atau radang ini dapat menular lewat kontak langsung dengan penderitanya. Kontak langsung yang dapat menularkan infeksi ini biasanya melibakan lendir ataupun air liur dari mulut. Seperti lewat ciuman, minum menggunakan sedotan yang sama, atau bisa juga lewat menggunakan sikat gigi yang sama dengan penderita radang tenggorokan.

Kenali gejala radang tenggorokan yuk!

Apa aja sih gejala radang tenggorokan? 

Biasanya penderita akan merasakan gejala seperti nyeri saat menelan, demam, tenggorokan kering, bercak merah di langit-langit mulut, hingga pembesaran amandel.

Yang pastinya, gejala diatas bisa membuat aktivitas kita terganggu, hingga sulit untuk makan dan minum. Apalagi kalo udah menyerang anak-anak bakal ngebuat mereka nggak mau makan nih. Huhu

Bagaimana cara untuk mengobati Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan memang terasa sangat menggangu aktivitas makan dan minum kita. Biasanya sih, kalo udah mulai berasa nyeri saat menelan, langsung deh perbanyak minum air putih atau minum madu untuk meredakan rasa nyerinya.

Berkumur dengan larutan garam hangat juga bisa mengurangi rasa nyeri ditenggorokan. Atau bisa juga mengkonsumsi Paracetamol atau ibuprofen untuk pertolongan pertama pada radang tenggorokan ini. 

Tapi jika dalam beberapa hari masih terus terasa nyeri saat menelan dan juga demam, langsung saja berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik, ya.

Apalagi jika anak-anak yang menderita radang tenggorokan, jika dalam 1 sampai 3 hari belum membaik dan jadi mengganggu asupan makannya, lebih baik langsung dibawa ke dokter anak untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Karena terkadang bakteri bisa menjadi salah satu penyebab radang tenggorokan ini, sehingga dibutuhkan pengobatan dengan antibioktik yang harus disertai dengan resep dokter.

Memakan bubur dimasa pemulihan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Jangan lupa minum air putih yang banyak dan juga istirahat yang cukup.

Ada cara untuk mencegah Radang Tenggorokan nggak sih?

Ada beberapa cara nih untuk mencegah radang tenggorokan. Simak beberapa diantaranya, ya:

Hindari sharing peralatan makan bersama dengan orang lain. Apalagi kalo di tempat umum, lebih baik menggunakan peralatan makan sendiri, untuk diri sendiri aja ya.

Rajin mencuci tangan dan membersihkan peralatan yang sering kita gunakan dengan antiseptik. Kalo pentingnya mencuci tangan sih udah nggak perlu dijelaskan lagi ya. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah pergi dari luar dan juga sebelum makan untuk mencegah terbawanya virus dan bakteri ke dalam rumah dan tubuh kita.

Jangan lupa juga untuk rutin memakan buah dan sayur yang mengandung vitamin.

Nah, itu dia beberapa pengetahuan tentang penyakit radang tenggorokan yang mungkin bermanfaat untuk kamu ketahui. 

Di musim pandemi dan di musim hujan menjelang pancaroba ini tentunya kita harus terus senantisasa menjaga kesehatan semua angota keluarga. Jangan anggap remeh juga penyakit radang tenggorokan ini, ya. Karena ketidaknyamanan saat menelan bisa membuat kita tidak nafsu makan hingga akhirnya kehilangan asupan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya! Aamiin.

Posting Komentar untuk "Gejala Radang Tenggorokan yang Harus Kamu Waspadai"