Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Travel Wishlist: 3 Tempat Terindah di Tanah Papua

Indonesia, sebuah negara kepulauan yang menyembunyikan banyak permata-permata keindahan alam di setiap pelosoknya. Ibarat permata yang kilaunya sudah terkenal di seluruh dunia, Bali menjadi salah satu destinasi wisata populer seluruh turis dari dalam negeri dan juga turis mancanegara. Tapi Bali bukan satu-satunya permata keindahan alam yang dimiliki Indonesia.

Sebuah pulau yang terletak di Timur Indonesia juga memiliki banyak permata keindahan alam yang sinarnya masih belum banyak tersingkap loh! Udah pada bisa nebak ya pasti pulau apakah itu?

Yap, Papua!

Provinsi yang memiliki luas wilayah sebesar 316.553,07 km2 dengan jumlah penduduk sebesar 3 juta penduduk ini ternyata merupakan provinsi terluas di Indonesia. 

Provinsi terluas ini juga banyak menyimpan banyak destinasi hutan dan ekowisata yang super indah dan belum banyak terjamah!

Ingin menikmati segarnya udara dengan kawasan hijau asli yang belum ramai terjamah serta laut dan danau yang tak terbayangkan indahnya? Ini dia 3 Tempat Indah di Papua yang pasti ingin kamu kunjungi!

1. Raja Ampat

Udah pada tau tentang sejarah Raja Ampat belom sih? Menurut mitos masyarakat setempat, asal mula nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan 7 buah telur. Empat butir telur menetas menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat.

Nah sesuai juga nih dengan kondisi kepulauannya, Raja Ampat memang merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan yang berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Empat gugusan pulau tersebut dinamakan menurut empat pulau terbesarnya yaitu Pulau Wiageo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta.

Pianemo, Raja Ampat. Photo by Sutirta Budiman on Unsplash

Empat gugusan pulau ini dikelilingi oleh biru dan beningnya perairan dengan ratusan jenis terumbu karang. Bahkan ternyata 75% spesies karang dunia ada di dalam perairan Raja Ampat loh! Keren banget kaaaan?

Nggak hanya terumbu karang yang beraneka ragam, perairan Raja Ampat juga memiliki beragam jenis ikan yang indah. Ada ikan endemik Raja Ampat, Ikan Pari, Ikan Tuna, Barakuda, Penyu, ikan duyung dan bahkan Hiu Karang.

Sepertinya keindahan Raja Ampat memang susah dibayangkan ya, dan kita harus melihatnya langsung kesana. 

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Destinasi wisata hijau yang tak kalah indah dibanding Raja Ampat: Taman Nasional Teluk Cendrawasih! Taman nasional Teluk Cendrawasih ternyata juga merupakan taman nasional perairan laut terluas se-Indonesia. Taman nasional ini terdiri dari 0,9% daratan dan pesisir pantai, 3,8% deretan pulau-pulai, 5,5% terumbu karang dan 89,9% perairan lautan.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini juga punya banyak banget ragam terumbu karang, berbagai jenis ikan, penyu dan ekosistem laut lainnya. Kamu bakal super bahagia deh sepertinya, setelah menyelam disini❤️

picsource: twitter.com/greenpeaceid

Taman Nasional Teluk Cendrawasih nggak hanya punya laut yang mengagumkan ekosistemnya, tapi juga punya temat pengamatan satwa, penangkaran rusa, wisata bahari, sumber air pnas, air terjun dan juga tempat pengamatan ikan paus dan ikan lumba-lumba yang tersebar di beberapa gugusan pulaunya.

3. Puncak Jaya

Siapa sih yang nggak tau tentang Puncak Jaya? Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia.

picsource: www.pendakigunung.top

Gunung yang memiliki ketinggian hingga 4884 m ini memuliki gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia. Salju Abadi yang berada pada Puncak jaya ini kabarnya akan segera lenyap akibat pemanasan global.

Siapa sih yang nggak penasaran dengan tempat dimana terdapat satu-satunya es di Indonesia? Tapi kabarnya wilayah-wilayah yang tertutupi oleh Gletser es di Puncak Jaya ini satu persatu telah mencair. Sedih banget, ya? Tapi puncak jaya tetap menjadi Gunung Tertinggi di Indonesia. 

Para Hikers atau anak gunung, pada punya cita-cita pergi ke Puncak Jaya juga nggak nih? 

Dan sebenarnya masih banyak lagi permata-permata destinasi ekowisata di Papua dengan kilau indahnya yang belum tersibak. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk melihat keindahan alam di penjuru Papua ya.. Aamiin.. Jangan lupa juga dukung EcoNusa untuk melindungi ekosistem hutan di Indonesia!

Kalo kamu, punya destinasi wisata impian juga nggak sih di Papua? Sharing di kolom komen yaaaa~

1 komentar untuk "Travel Wishlist: 3 Tempat Terindah di Tanah Papua"