Cara Ampuh Mengurangi Stress: Menggambar Menggunakan Soft Pastels Art Starter Kit Faber Castell

21:12:00
Dari sekian banyak bakat yang ada di dunia ini, hanya bakat menggambar yang paling bikin iri! Nggak tau kenapa, selalu iri sama orang-orang yang jago gambar bagus. Beda sama gambar aku sendiri yang biasa biasa aja.

Makanya kemarin pas tau ada ajakan untuk ikutan workshop bareng faber castell, mama Dian langsung ikutan daftar. Semangat banget deh kalo nambah nambah ilmu tentang salah satu bakat idaman ini, apalagi ditemani sama salah satu produk alat gambar dan alat tulis yang udah menemani sejak jaman mama Dian sekolah, sampe sekarang anak mama Dian juga udah sekolah. Hihihi.

Di Sabtu siang yang cerah itu, mama Dian dengan semangat berangkat ke Faber Castell Boutique Plaza Senayan. Di depan Faber Castell Boutique yang terletak di lantai dasar ini, udah rame dengan beberapa teman blogger yang udah siap juga mengikuti workshop bersama faber castell ini.


Dan di workshop kali ini, Faber Castell mengajak kita untuk berkreasi menggunakan salah satu produk terbarunya yaitu Soft Pastels Art Starter Kit. Tadinya aku juga sempet had no clue tentang Soft Pastels Art ini. 



Dan ini diaaaaa~ Soft Pastels Art Starter Kit yang dipejang di bagian depan workshop, lengkap dengan hasil-hasil gambar menggunakan Soft Partels ini. Hasil gambarnya cantik-cantik banget, Mama Dian pun langsung ragu, bisakah mama Dian menghasilkan gambar secantik contoh-contohnya yang udah dipajang ini?


Workshop siang itu dibuka dengan ceria oleh Kak Hani dari Faber Castell yang menjelaskan sedikit tentang sejarah panjang Faber Castell. Faber Castell yang telah ada sejak tahun 1761 ini memiliki produk untuk semua usia loh, jadi Faber Castell yang kita kenal nggak cuma hanya pensil ujian dan pensil warna dengan packaging berwarna merah aja. 

Karena Faber Castell juga memiliki pensil warna dengan packaging berwarna hijau dan biru yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Mewarnai dengan dua jenis produk ini hasilnya bisa bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun loh!

Emang apa sih bedanya, produk yang khusus untuk Art dan produk biasa Faber Castell. Nah ternyata, produk khusus untuk Art dari Faber Castell memiliki ketahanan terhadap cahaya atau Lightfastness yang membuat karya seni kita nggak cepet pudar dan tahan lama. Selain itu isi pensilnya juga lebih besar, jika pensil standard Faber Castell hanya 2.5-2.8 mm, untuk art & graphic pencil 3.8 - 4.5 mm, Albrecth Magnius 5.3 mm dan untuk creative studio 3.3 mm sehingga pensil jauh lebih kuat dan tidak mudah patah. Dan juga pastinya lebih lembut dan lebih nyaman untuk digunakan.

Product Range-nya faber Castell juga beragam banget nih, mulai dari Permanent Colour Pencils, Watersoluble Colour Pencils, Pastels / Pastel Pencils, Monochrome, dan India Ink Markers.

Nah di workshop kali ini, sesuai dengan tema workshopnya, Faber Castell akan mengajak kita berkreasi dengan Soft Pastels Art Starter Kit. Dan ternyata di Jepang dan di Singapura, Soft Pastels Art ini sudah terkenal sebagai stress relief atau sarana penghilang stress. Jadi untuk semua orang yang merasa stress dan jenuh dengan kegiatan sehari-hari, boleh dicoba deh berkreasi dengan soft pastels art ini, dijamin bakal mengurangi tingkat stress kamu.

Dan yang lebih membahagiakannya lagi, di setiap meja peserta workshop sudah tersedia 1 Soft Pastels Art Starter Kit dan juga washi tape, PITT Faber Castell Artist Pen, dan juga cotton bud untuk melengkapi peralatan kami semua.



Ada apa sih di dalam Soft Pastels Art Starter Kit Faber Castell?





Jadi di dalam 1 paket Soft Pastels Art Starter Kit ini terdapat Soft Pastel set 24, Perfection eraser brush with refill, Kneadable eraser, Eraser combi with refill, Stencil, Pastel Art paper 2 sizes @8 pcs ( 15x15cm & 5,7x15cm).

Jadi dalam satu paket ini udah lengkap banget untuk membuat Soft Pastels Art. Mulai dari kertasnya, soft pastels crayonnya, cetakannya, hapusannya dan kuas untuk bersih-bersihnya. Hihi. 

Next,  mari kita lanjutkan dengan cara membuat Soft Pastels Art-nya yaaaa~

Cara membuat gambar yang indah dengan Soft Pastels Art Starter Kit Faber Castell



Siang itu, Kak Yayu Afliyani Rahayu, Creative Team faber Castell siap memandu kita untuk menghasilkan gambar yang indah dengan Soft Pastels Art Starter Kit. Jadi mari kita mulai sajaaa~

1. Tempelkan Washi Tape



Langkap pertama, keluarkan Pastels Art Paper size 15x15cm dan tempelkan pinggirnya ke meja dengan menggunakan washi tape Faber Castell. Selain untuk menahan agar kertasnya nggak jalan kemana-mana saat kita berkreasi, washi tape-nya juga berfungsi untuk memberikan bingkai pada gambar kita supaya lebih rapih. 

2. 'Serut' Soft Pastelsnya




Keluarkan soft pastels yang akan kita gunakan, dan mulai serut menggunakan pinggir stencil hingga serupa serbuk-serbuk halus. Nah karena kita akan membuat gambar tanah di senja menuju malam, Kak Yayu menginstruksikan kita semua menggunakan perpaduan warna kuning, hijau muda dan hijau tua. Serut-serut dulu menggunakan stencil atau cetakan yang juga termasuk di dalam box starter kit ini.

3. Menggambar dengan jari



Selanjutkan kita poleskan serbuk-serbuk warna tersebut di atas kertas menggunakan jari kita. Untuk lapisan pertama berwarna kuning, selanjutnya hijau tua dan hijau muda. TIPS: Gunakan arah memutar saat menge-blend warna antara kuning dan hijau, supaya warna lebih tercampur dengan baik.


Selanjutkan gambar pohon pada sisi bagian atas dengan menggunakan warna pink dan biru. Pohonnya cukup berbentuk lingkaran, dan supaya lebih rapih, kita juga bisa menggunakan cotton bud untuk memulas warnanya.


Selanjutnya untuk langit gunakan perpaduan 5 warna yaitu jingga, pink, ungu, biru dan hitam. Jangan lupakan gerakan jari memutar ya, saat mencampurkan warnanya.

5. Melengkapi gambar


Next lengkapi gambar batang pohon menggunakan PITT Artist Pen faber Castell. bikin batang pohonnya yang sederhana dan minimalis aja ya, agar sesuai dengan tema gambar kita.


Kemudian mari melengkapi langit yang kosong dengan bulan dan bintang yang digambar menggunakan stencil dan eraser combi. jadi caranya mudah banget cukup tempelkan bagian stencil yang kita inginkan dah hapus dengan menggunakan penghapusnya, jadi deh bulan dan bintang yang sempurna!

Oh iya selain bulan dan bintang, mama Dian juga membuat dua domba menggunakan stencil dan juga PITT Artist Pen. Plus garis bintang jatuh yang digambar dengan bagian belakang Perfection Eraser Brush Faber Castell.  

Setelah selesai jangan lupa untuk melepas washi tapenya secara perlahan.

Dan ini dia hasil akhirnyaaaaa~


INDAH BANGET YAAAAAA~ Kaya artist pro loh yang gambar. Aku terharu bisa menciptakan karya seindah iniiiii~ Huhuhuhuhuhu. Terima kasih Kak Yayu dan Faber Castell :')


Tuh liat, karya temen-temen yang lain juga nggak kalah indah kaaaaan. Karya Kak Yayu yang dipojok kiri bawah foto ini. Ada awan-awannya yang dibuat dengan Kneadable Eraser. Jadi Produk Kneadable Eraser berfungsi untuk membuat awan-awan cantik seperti di gambar Kak Yayu tersebut, ya.


Akhirnya nggak berasa 2 jam sudah berlalu dan acara ditutup dengan foto bersama wajah-wajah sumringah yang telah menyelesaikan Soft Pastel Art Workshop ini. Seru banget! Nagih banget deh workshop di Faber Castell Boutique ini, sungguh ingin ikut lagi lain kaliiii❤️❤️❤️




Oh iya, mama Dian juga mampir nih ke dalam Faber Castell Boutique Plaza Senayan yang ternyata lengkap banget ya produk-produk Faber Castell disini. Mulai dari produk dewasa hingga produk untuk kids art beraneka macam. Jadi untuk yang nyari produk-produk Faber Castell yang super lengkap dan lucu lucu untuk sendiri maupun untuk hadiah, langsung aja mampir ke Faber Castell Boutique Plaza Senayan yaaaa!


Bener-bener cara ampuh mengurangi stress ya menggambar menggunakan Soft pastel Art Starter Kit ini. Kelar gambar jadi lebih happy aja bawaannya. Hihihihi. Thank you Faber Castell for the workshop! 
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature