3 Bisnis dengan Modal Rendah yang Bisa Dimulai dari Rumah

21:20:00

Assalamu'alaikum.. Gimana puasanya nih? Semoga lancar-lancar ya puasa dan ibadahnya sampai di hari ke-5 Ramadhan iniiii. Di postingan kali ini, mau sharing-sharing sedikit ah tentang being a freelancer. Dijaman yang apa-apa rasanya jadi lebih mudah karena adanya internet ini, pengen nggak sih nyoba-nyoba memulai usaha sendiri? 

Sebagai seorang freelancer maupun wirasawasta, memulai bisnis milik sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk membentuk pribadi yang lebih mandiri. Tentunya mandiri dari segi personal maupun profesional. Walaupun pasti langkah ini akan terasa berat bagi di awal-awal, ya.  

Jadi wajar banget kalo kita merasakan keraguan dalam memilih jenis bisnis apa yang ingin dijalani.  Plus apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Namun dengan adanya teknologi berupa internet, pastinya mendapatkan ide-ide menarik yang layak dijadikan bisnis juga tentunya lebih mudah kan?
  


Sebagai suatu teknologi, internet nggak hanya menjadi sumber ide bisnis, namun juga media yang berperan aktif untuk persebaran informasi yang semakin instan dan cepat setiap harinya. Keberadaannya pun berperan aktif dalam pengembangan strategi bisnis yang mulai banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha, berupa internet/online marketing.  

Seperti keberadaan e-commerce atau media online yang semakin menjamur saat ini. Hal itu tentu saja dikarenakan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Pada tahun 2019 ini, pengguna internet di Inodnesia tembus hingga 175 juta atau sekitar 65% dari total penduduk Indonesia 268 juta. Jadi membuka bisnis yang memanfaatkan internet wajib banget untuk kamu pertimbangkan.

Terlebih lagi dengan adanya internet marketing, setiap orang dapat mengelola bisnisnya dengan lebih fleksibel. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal, seseorang bisa mengurus usahanya dari mana saja dan kapan saja. Modal yang setidaknya harus dikeluarkan hanya berupa media sosial seperti Instagram dan Facebook serta website yang bisa didapatkan dengan nama domain yang murah. Walau begitu, jika masih merasa adanya kendala terkait konsep maupun ide saat ingin memulai bisnis sendiri, ini dia beberapa jenis ide bisnis yang bisa dimulai dari sekarang. 

1.    Penulis dan Penerjemah Online 

Ide untuk memulai bisnis sebagai penulis dan penerjemah online rasanya selalu ada di daftar referensi bisnis online. Nggak dapat dipungkiri bahwa kemampuan menulis, baik sebagai content writer, copywriter, hingga editor, saat ini semakin banyak dibutuhkan. Berbagai perusahaan besar pun sudah mulai bergantung pada jasa kepenulisan. Ketergantungan ini muncul setelah menyadari potensi dari digital marketing yang sangat mengandalkan konten tulisan.  



Dengan meningkatkan awareness akan konten berbasis digital writing yang makin banyak digunakan, Kita bisa memulai usaha jasa kepenulisan untuk mempromosikan produk dari klien. Jasa penerjemahan pun juga bisa dicoba loh, melihat makin luasnya target pasar berbagai perusahaan hingga ranah internasional.  

Mulai dengan memperbanyak portofolio melalui platform seperti Fastwork, Lengoo, Translator Pub, dan lain-lain. Makin banyak portofolio yang kamu punya, makin tinggi pula jumlah calon klien yang tertarik untuk menghubungi dan mengajak bekerjasama sebagai penerjemah maupun penulis mereka.     

2.    Event Planner  

Punya kemampuan multi-tasking yang tinggi? Coba deh membuka jasa event planner. Profesi ini  memang menutut ketelitian dan kecepatan dalam mengelola berbagai detail penting yang tidak boleh terlewatkan. Sebagai event planner, kehadiran kita akan menjadi sosok yang sangat penting bagi mereka yang ingin menyelesaikan deretan to-do-list yang panjang dalam jangka waktu yang cukup dekat. Mungkin kamu cocok menjadi sosok yang bisa diandalkan untuk mengatur jadwal serta kegiatan yang calon klien inginkan.  


Dalam menjalani profesi sebagai event planner, kita nggak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial yang tinggi, namun juga harus baik dalam berkomunikasi. Kemampuan komunikasi menjadi aspek yang sangat menonjol, apalagi jika mengingat seorang event planner harus memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Inilah yang membuat seorang event planner bisa dibayar puluhan hingga ratusan juta loh. Maka dari itu, jangan sampai kendala komunikasi yang menyita tenaga dan pikiran menjadi penghambat lancarnya acara.  

3.    Pengajar Online  

Padatnya jadwal para kaum milenial, seperti para pekerja kantoran maupun pelajar, tidak menghentikan semangat mereka untuk terus belajar dan mengembangkan skill yang dimiliki. Faktor inilah yang membuat belajar secara daring atau kursus online makin banyak diminati. Tingginya antusiasme kursus online ini juga membuka peluang yang makin luas untuk mengembangkan bisnis sebagai pengajar online di bidang yang kamu kuasai.  



Di Indonesia udah terdapat beberapa startup yang mengembangkan aplikasi maupun website berbasis kursus online seperti Quipper dan Ruang Guru. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk mulai mengajar dan mengumpulkan portofolio sebagai pengajar online. Melalui platform-platform ini, kamu juga bisa mulai menjaring “klien” dan mencantumkannya sebagai pengalaman profesional. Dari sini pula, status sebagai pengajar online pun menjadi lebih kredibel dan terpercaya.  

Nah selain ketiga ide tersebut, masih banyak loh sebenernya masih banyak banget ide lain yang bisa dicoba untuk memulai bisnis sendiri. Yang penting adalah kita harus jeli melihat peluang yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga bisnis pun akan berpeluang untuk berkembang lebih besar. Modal yang minim pun nggak akan lagi jadi alasan kamu untuk nggak memulai bisnis sesegera mungkin. Dan yang pastinya harus mulai berani mencoba dan membulatkan tekad. Karena sayang banget kan kalo kita melewatkan peluang-peluang yang ada? 

Nah, jadi kamu mau mulai bisnis apa nih? Selamat berbisnis yaaa, teman-teman!
1 comment on "3 Bisnis dengan Modal Rendah yang Bisa Dimulai dari Rumah "
  1. Rumah dan usia tidaklah menjadi penghalang mendapatkan rezeki yang halal saat memulai bisnis dari rumah.

    Bangga sama wanita yang mampu merubah ekonomi keluarga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature