Hijab Celebration Day 2019: Bukan Hanya Sekedar Perayaan Tapi Juga Sebuah Inspirasi

08:05:00

Assalamu'alaikum.. Happy world hijab day for every muslimah in the world! Have you ever heard about World Hijab Day?  World Hijab Day adalah acara tahunan yang dirayakan setiap tanggal 1 Februari. Dicetuskan oleh Nazma Khan pada tahun 2012 di New York. Dengan misi untuk menciptakan dunia yang damai, dimana semua warga dunia bisa saling menghormati. Pada tanggal 1 Februari setiap tahunnya World Hijab Day meminta semua warga dunia untuk menunjukan solidaritas kepada perempuan muslim di seluruh dunia. 

HIJUP #EmpowerChange

Siapa sih yang belum mengenal HIJUP? E-commerce fashion muslim pertama yang didirikan sejak tahun 2011 ini menyediakan berbagai rancangan terbaik karya desainer fashion muslim. Melalui campaign besarnya, Empower Change, HIJUP yakin bahwa setiap individu dapat memberikan perubahan dalam setiap kebaikan mulai dari berpenampilan yang baik, menginspirasi gaya hidup islami, hingga berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Perayaan World Hijab Day pada tanggal 1 Februari kemarin ternyata turut menginspirasi HIJUP agar senantiasa menyebarkan nilai-nilai kebaikan khususnya untuk para muslimah. Lewat Hijab Celebration Day 2019 yang diadakan di Bintaro Xchange Park hari Minggu, 17 Februari 2019 kemarin. Hijab Celebration Day 2019 diselenggarakan oleh HIJUP bekerjasama dengan Islamic Nexgen Fest menjadi sebuah event yang penuh kebaikan dan inspirasi.

Mama Dian tentunya nggak mau ketinggalan untuk turut serta mengambil bagian dalam event yang kece ini. Eventnya bener-bener kece banget karena menggabungkan banyak hal menjadi satu, mulai dari lari sehat, aerobic, talkshow bersama dengan narasumber yang inspiratif, hingga hiburan-hiburan musik dari penyanyi penyanyi terfavorit!

Demi Hijab Celebration Day 2019 ini, mama Dian rela bangun jam 4 pagi di hari Minggu dan menempuh perjalanan selama 1 jam mulai dari sebelum matahari terbit untuk hadir di acara ini. Sebagai seorang muslimah, tentunya mama Dian super excited banget untuk ambil bagian dalam acara ini.



Saat mama Dian sampai, pas banget nih acaranya baru aja dibuka oleh Ibu Airin rachmy Diany (Walikota Tangerang Selatan). Ibu Airin mengatakan bahwa Hijab Celebration Day 2019 ini dapat menjadi ajang syiar untuk mengajak para muslimah dan millenial untuk tetap produktif dan kreatif. Serta menjadi ajang silaturahmi antar para muslimah dan menguatkan ukuwah islamiyah serta menyebarkan nilai-nilai positif kepada seluruh muslimah di dunia. 

Pemecahan balon bersama menjadi simbol dibukanya Hijab Celebration Day 2019 ini. Dan kemudian semua peserta Fun Run 5K dan Family Run 3K langsung mengambil posisi terbaik di depan garis Start.


Alhamdulillah masih banyak banget muslimah yang masih suka berolahraga dan bersemangat sekali mengikuti Fun Run dan Family Run ini, hal itu terbukti dari  tiket kedua kategori Lari ini cepat sekali habis terjual loh! Tuh kan, memakai hijab nggak boleh menghalangi aktifitas fisik kita, terutama dalam hal berolahraga.

Nah sementara untuk para muslimah yang nggak keburu daftar Fun Run, masih bisa tetap sehat dan berkeringat di sesi Epic Aerobic. Jadi sementara temen-temen muslimah lain Fun Run, Epic Aerobic diadakan di panggung utama nih.


Epic Aerobic ini dipandu oleh Kak Bella Loretta dan tim serta kakak selebgram cantik Richa Izkak. Suka deh liat outfitnya kak Bella Loretta, walaupun berhijab tapi nggak menghalangi aktivitasnya sebagai Zumba Instructors.


Rame banget nih peserta Epic Aerobic di pagi itu. Karena musiknya sungguh menyemangati kita untuk zumba dan berkeringat. Seru bangeeeeet! Kelar Epic Aerobic, badan jadi berasa seger dan hati jadi berasa happy deh rasanya.


Setelah Epic Aerobic selesai, mama Dian langsung ngecek Venue Map Hijab Celebration Day 2019 ini. Ternyata banyak sekali tenant yang bergabung pada acara ini. Mulai dari tenant makanan, tenant-tenant produk, dan tenant tenant special Islamic Nexgen Fest dari Kementrian BUMN.

Islamic Nexgen Fest



Jadi pada perayaan Hijab Celebration Day 2019 yang kedua kalinya diselenggarakn oleh HIJUP ini, HIJUP bekerjasama dengan Islamic Nexgen Fest untuk menginspirasi para muslimah millenial agar dapat terus mengembangkan dirinya.

Spirit of Millenial Islamic Nexgen Festival diprakarsai oleh kementrian BUMN, Bank BTN, Pertamina, dan wijaya karya sebagai program yang didedikasikan khusus menjadi wadah kreatifitas dan ajang pencarian talenta lokal yang inspirasional di kalangan generasi millenial muslim di seluruh Indonesia. Spirit of Millenial Islamic Nexgen Festival diramaikan dengan berbagai acara menarik mulai dari Kompetisi pencarian bakat (Hijab Muda, Nada Islami, dan Usaha Santri), Creativepreneur Market (Bazar UKM dan Produk Pesantren), serta Talkshow Kewirausahaan dari para pakar di bidangnya.

Eh iya pada Hijab Celebration Day 2019 kemarin, juga disediakan Nussa Corner dan Playground khusus untuk anak-anak kita. Udah pada tau pasti dong dengan karakter yang imut imut gemesin ini? Nussa merupakan tokoh animasi islam yang lagi dicintai oleh anak-anak Indonesia. Nggak usah anak-anak, mama Dian aja gemes banget loh sama dua karakter utamanya yaitu Nussa dan Rara.



Pada hari itu, banyak sekali aktivitas anak yang disediakan pada Nussa Corner tersebut. Mulai dari Mewarnai Bersama Nussa, Dongeng "Cerita Keluarga Ajaib" bersama Ayo Dongeng Indonesia, Cerita Nabi - Anak Sholeh Ahli Syurga bersama Ustadz Cahyo (Chalifah Kids), dan juga bernyanyi bersama Nussa.

Ada juga penjualan official merchandise dari Nussa loh. Boothnya Nussa yang super cute selalu rame dipenuhi oleh anak-anak dan orangtuanya. Keren ya Nussa😍


Tepat disamping Nussa Corner juga tersedia Playground dan trampolin untuk anak-anak. Jadi sembari mamanya ikut mendengarkan talkshow di panggung utama, anak-anak bisa menunggu dengan gembira di playground yang telah disediakan ini yaaaaa.

Setelah puas muterin venue Hijab Celebration Day 2019 ini, tiba-tiba terdengar sayup-sayup alunan musik islami dari panggung utama.


Dan ternyata alunan musik islami yang aku dengar tersebut berasal dari penampilan Aleehya. Aleehya adalah grup musik islami yang membawakan sholawat dengan musik yang kekinian banget. Dengan genre rap dan hip-hop, Aleehya membawakan sholawat dengan nuansa baru. Jadi menarik banget nih kalo didengarkan oleh anak-anak muda.

Selanjutnya adalah sharing pertama yang ditunggu-tunggu!

The Future of Indonesia Halal Industri


Bersama dengan CEO HIJUP Diajeng Lestari dan Chacha Frederica, sharing pertama ini ngobrolin tentang "The Future of Indonesia Halal Industri" 

Sejujurnya ini pertama kali aku melihat langsung Kak Diajeng, CEO HIJUP yang ternyata masih muda banget! Aku terpanaaaa~ Kak Diajeng yang merupakan salah satu pengusaha muda sukses indonesia ini juga menceritakan sedikit latar belakang dan pengalamannya membangun HIJUP, yang ternyata sungguh-sungguh menginspirasi sekali❤️❤️❤️

Kak Diajeng juga menjelaskan tentang Halal Industri di Indonesia. Ternyata, Halal Industri di Indonesia digadang-gadang akan menjadi "besar" ditahun 2020. Merujuk pada data State of Global  Islamic Economic Report 2018/2019 untuk industri fashion muslim Indonesia berada di peringkat ketiga pasar fashion muslim terbesar. Dan pada tahun 2020 nanti, Indonesia diramalkan akan menjadi pusat industri fashion dunia! 

Kak Diajeng juga mengatakan "Sebagai rasa syukur kita semua yang lahir dan tumbuh di negara multikultur dan demokratis ini, dengan berbagai kemudahan untuk mendapatkan produk-produk halal serta akses untuk beraktivitas dengan tetap menggunakan hijab dan sesuai syariat, HIJUP mengadakan Hijab Celebration Day. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para muslimah untuk terus berkarya dan produktif yang selaras pula dengan campaign HIJUP yaitu #EmpowerChange. Hal utama pada kesempatan kali ini adalah menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan ekosistem industri halal yang diawali dengan sektor fashion muslim."

Nah jadi sekarang benar-benar waktu yang tepat untuk memulai langkah kita untuk turut serta membangun Halal Industri di Indonesia. Mungkin bisa mulai dengan membuka usaha sendiri? Karena berdagang juga merupakan sunah Rosulullah SAW. Semoga semua umat muslim di Indonesia bisa turut serta dalam memajukan Halal Industri Indonesia. Aamiin..

Nah selanjutnya adalah penampilan yang paliiinggg ditunggu-tunggu oleh semua yang hadir di hari itu. Yaitu penampilan dari RAN!




RAN hadir menghibur kita semua selama kurang lebih 1 jam lamanya. Performance mereka benar-benar menghibur semua yang hadir di hari itu. Mama Dian pastinya juga turut menikmati lagu-lagu dari RAN loh.. Hihihi.

Nggak terasa udah jam 12 siang. Mama Dian udah harus segera pulang. Huhuhu. Sedih banget, padahal masih banyak banget acara menarik yang akan ada di panggung utama Hijab Celebration Day 2019 ini hingga pukul 8 malam.

Masih banyak banget interactive talkshow dengan pembicara-pembicara yang menginspirasi. Seperti World Hijab Day Talkshow bersama dengan Rachel Vennya (Beauty Influencer) dan Diandra Gautama (Automative Influencer), BTN Syariah Talkshow "Cara Mudah Punya Rumah" bersama Prita Ghozie dan Annisa Rahma, ada juga Kids Costume Competition, Islamic Nexgen Fest session with Syakir Daulay, BNI Syariah Talkshow "Smart Saving to Support Your Faith" bersama Chikita Fawzi, Bahjatina dan Hany Sabrina, BRI Syariah Talkshow "Start Your Business, Now!" bersama owner Kopi Tuku Andanu Prastyo dan Ria Ricis, Mandiri Syariah Talkshow "Millenial Issue: Buy or Bye?" bersama Arief Muhammad, HIJUP Beauty Talkshow with Suhay Salim dan yang terakhir penampilan yang nggak juga kalah keren adalah closing performance dari Vidi Aldiano.

Huhu. Sedih banget deh nggak bisa mnegikuti acara Hijab Celebration Day 2019 ini hingga usai. Tapi mama Dian seneng banget sih udah bisa berpartisipasi pada setengah acara. Oh iya, hari itu, mama Dian hadir menggunakan modest sport wear top dari Noore Sport yang modelnya kece bangeeeet.



So here's my OOTD! Kece nggak atasan dari Noore yang mama Dian pakai? Atasan berbahan jersey ini punya model yang kece dan nyaman banget buat dipakai olahraga. model long sleevenya juga memudahkan para muslimah ya, jadi nggak perlu deh repot-repot pakai manset atau jaket saat mau berolahraga.


Pada Hijab Celebration Day 2019 ini Noore Sports juga membuka tenant tepat disamping tenant HIJUP. Mama Dian juga sempet nengok ke dalam tenantnya dan semua sport wearnya kece kece dan bikin jatuh cinta! Jadi untuk para muslimah yang mungkin lagi bingung mau cari sport wear dimana, langsung aja mampir ke instagram @nooresport yaaa!


Oh iya, di luar area panggung utama juga terdapat banyak tenant halal food yang bener bener menggiurkan dan menggugah selera. Macem-macem kulinernya ada banyak, dari somay, bakso aci, dimsum, hingga kopi dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi walaupun seharian di acara Hijab Celebration Day 2019 ini nggak akan kelaperan atau kehausan deh! Hihi.


Thank you for having me Hijab Celebration Day 2019. Jadi nggak sabar banget menantikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim terbesar di tahun 2020 nanti. Semoga mama Dian juga bisa turut ambil bagian dalam Halal Industri di Indonesia dan Semoga mama Dian juga bisa bergabung dalam perayaan World Hijab Day yang diselenggarakan oleh HIJUP pada tahun depan yaaaaa! Aamiin😍
38 comments on "Hijab Celebration Day 2019: Bukan Hanya Sekedar Perayaan Tapi Juga Sebuah Inspirasi"
  1. wah seru ya acaranya, ini yg di BXchange kemarin itu ya mba..sayang gabisa hadir ...

    ReplyDelete
  2. Semoga harapan untuk fashion muslim di 2020 terwujud, yaa. Bangga pastinya Indonesia nanti.

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau event World Hijab Day ini sekarang loh. Dari event ini ada pesan tersendiri ya untuk saling dukung sesama perempuan muslim di seluruh dunia.

    Gak apa-apa bangun jam 4 sekalian olahraga juga ya ketemu sesama perempuan berhijab di lokasi, seru banget acaranya apalagi bisa untuk keluarga juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Lid, ga sia sia bangun pagi pagi buta buat ikutan acara Hijab Celebration Day 2019 iniiiii

      Delete
  4. Wah seru banget tuh bisa ikutan acara Hijab Celebration Day 2019

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Anisa, acara seru dan inspiratif sekaliiiiii

      Delete
  5. Seru banget tuh ada lomba mewarnainya. Anak kecil-kecil tuh seneng banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi warnainnya bareng Nissa, makin happy deh anak anak😍

      Delete
  6. Ada tempat mainan untuk anak kecilnya juga tuh. Seru banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaaa, biar krucil krucil yang nemenin mamanya mggak cepet bosen. hihi

      Delete
  7. Itu gerak jalan ya? Seru banget tuh pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lari santai mbak Sasa, ga kalah seru juga dong pastinyaaaaa

      Delete
  8. Seru banget ya Hijab Celebration Day 2019 dan juga disediakan Nussa Corner dan Playground khusus untuk anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa nggak cuma seru untuk mamanya, to juga seru untuk anak anaknya yaaaa

      Delete
  9. Suka sama jiwa muda berprestasi salah satunya DIajeng ini keren ya usia muda sukses membangun HIJUP semoga harapan 2020 dimana Indonesia jadi kiblat fashion muslimah terealisasi aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bangeeeet,suka banget aku sama kehadiran tokoh tokoh yang menginspirasi iniiii. aamiin, inshaaAllah Indonesia pasti bisa yaaaa

      Delete
  10. Seru banget ya ampun acaranya. Ada Nussa corner juga.

    Sebenarnya pengen banget ikut. Eh pas banget di hari dan jam sama ada event juga, huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihiii. gapapa mbak Icha, semoga bisa ikutan di acara HCD 2020 yaaaa

      Delete
  11. Wowww, kayaknya seru banget ya acaranya. Semakin menegaskan kalau hijab itu nggak membatasi para muslimah untuk tetap produktif, kreatif positif dan terus berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak Diar, jangan sampe hijab menjadi penghalang kegiatan kita yaaaaa

      Delete
  12. Mama Dian, aku di depan panggunh sebelah kiri. Sayang yaa nggak ketemu. Rame banget jg..aku setuju bahan jerseynya nyaman 😍
    Aku dpt bnyk inspirasi sepulang acara inii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saking gamenya sampe nggak sempet ketemu yaaaaa, hihihihiii. setujui UU, nyaman banget ya bahan Jersey dari Noore Sports iniiii

      Delete
  13. Iya banget ya, inspiratif sekali. Dan keren acaranya. Selain bisa ngumpul, nambah wawasan, juga badan jadi lebih seger dengan olahraga bareng2

    ReplyDelete
  14. Seneng lihat kegiatan seperti ini semakin banyak, hijab sudah menjadi pilihan busana sehari-hari. Dan hijabers pun bisa terus berkarya.

    ReplyDelete
  15. Rame bangett.. kalau acaranya di Bandung pengen dehh datengg. Aku penggemar Hijup juga, sering belanja di Hijup karena pelayanan nya sangat2 memuaskan, pantas lah kalau HIJUP bisa se-sukses ini

    ReplyDelete
  16. Wuih, seru acaranya. Emang ya, sekarang tuh hijab benar-benar sudah bukan halangan. Dunia pun sudah semakin terbuka dan memberi peluang sebesar-besarnya untuk perempuan berhijab agar bisa berkiprah di ranah publik. Beda banget sama zaman awal2 aku berhjab. Mau nyari kerja aja disuruh buka hijab. Bersyukur menjadi perempuan berhijab di masa sekarang.

    ReplyDelete
  17. Wuih, acaranya seru bangeet. Banyak kegiatan yang bermanfaat dan tempatnya juga keliatan asyik. Rame juga pengunjungnya ya...
    Meskipun berhijab, tetapi masih bisa terus aktif ya...

    ReplyDelete
  18. Seru acaranya, apalagi warna warni gitu. Kemarin di tempatku enggak ada Perayaan World Hijab Day. Semoga tahun depan bisa ikut berpartisipasi yaaa

    ReplyDelete
  19. Acaranya keren banget ih. Mana ada RAN pula yaaaa. Yang gak ikutan jadi gigit jari, nih. Padahal tempat acaranya enggak jauh dari rumah. Semoga acara ini bisa menginspirasi banyak muslimah Indonesia untuk tetap aktif dan produktif, ya.

    ReplyDelete
  20. Wah keren yah acara Hijab Celebration Day 2019 Hijup, semoga menjadi inspirasi brand lainnya untuk peduli terhadap perubahan ke arah kebaikan. Btw...saya suka lho produk-produk di Hijup tapi tetep kalau belanja di Hijup carinya yg promo diskon...hehehe.

    ReplyDelete
  21. Paling asyik ikutan acara olahraga sambil nimba ilmu. Keringetan iya, dapet banyak ilmu juga iya.

    Senang banget pastinya bisa jadi bagian acara ini, semoga tahun depan acaranya bisa di pusat kota misalnya Senayan gitu hehe

    ReplyDelete
  22. Acaranya seru banget ya mba. Pasti banyak sekali inspirasi yang didapatkan dari acara ini ya.

    ReplyDelete
  23. Beruntung Mba bisa hadir di acara tersebut.
    Sayangnya di Surabaya belum ada ya jadinya mupeng aja bisanya lihat ulasan di atas.

    ReplyDelete
  24. Kebayang serunya acara ini. Banyak acara talkshow yang topiknya menarik. Pembicanya juga keren-keren. Tapi aku jatuh hati sama sportware-nya mbak. Cakep banget.

    ReplyDelete
  25. love this articleeeeeeeeeeee <3
    thanks for coming mbaaakkk.
    See you next time :*

    ReplyDelete
  26. Aamiinn ya Allah. Go go go muslimah Indonesia aku yakin bisa bersaing dengan internasional di tahun 2020

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature