Ini Dia Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Handphone Murah!

19:07:00


Kebutuhan masyarakat akan handphone semakin meningkat pesat. Dan sekarang pun, handphone bukan termasuk barang yang mewah karena sudah bisa dimiliki oleh semua kalangan. Tinggal mencocokan dengan budget yang kita miliki saja, maka kita juga bisa memiliki handphone yang diinginkan. Tapi saat dana sedang mepet dan kebutuhan akan handphone tinggi, ada baiknya kita membeli handphone second atau handphone murah saja, ya. Saat ini ada banyak sekali handphone murah yang beredar di pasaran dengan berbagai macam merk dan spisifikasi.

Namun, ada beberapa hal yang harus banget kamu perhatikan ketika membeli handphone murah. Harga yang murah terkadang membuat kita curiga akan keaslian dari spare part maupun performa handphone tersebut. Nah, ini dia hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli handphone berharga murah:

Periksa Kelengkapan

Ketika membeli handphone baru, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan aksesoris bawaan pabriknya. Biasanya ada dua jenis produk handphone yang dijual di pasaran yakni BNIB (Brand New In Box) dan BNOB (Brand New Open Box).

BNIB merupakan barang baru dan segel yang belum pernah dibuka. Sementara BNOB adalah barang baru tapi sudah pernah dibuka. Biasanya kemasan dibuka untuk diperiksa kelengkapannya. Kamu harus mengenal ciri-ciri kedua jenis produk tersebut demi menghindari kecurigaan saat membeli handphone baru.

Dari sisi harga, handphone sejenis yang dijual di distributor resmi, toko handphone konvensional maupun toko online tak terlalu besar selisihnya. Harga berbeda biasanya diperuntukkan bagi barang edisi khusus. Sebagai contoh, produk handphone tersebut sedang masa promo, cuci gudang atau ditambahi aksesoris lainnya seperti memory card HP.

Jika kamu membeli handphone murah di counter konvensional, kamu bisa langsung mengecek apakah handphone tersebut memang BNIB dan resmi. Sayangnya, ketika membeli handphone secara online, cukup sulit untuk mengecek BNIB tersebut karena barang yang dijual belum tentu memiliki spesifikasi dan warna yang sesuai dengan foto yang dipajang.

Sudah menjadi hal umum barang yang diterima konsumen berbeda dengan foto barang di halaman toko online. Untuk itu, kenali ciri-ciri barang yang ori dan pastikan ketika membeli online, Anda mengecek apakah ada garansi dari toko maupun dari produsen.

Mengenali Ciri Produk Resmi

Produk resmi bisa dikenali dari bungkus plastiknya. Umumnya kemasan bungkus plastik handphone memiliki cetakan logo merk handphone. Bungkus plastik palsu terkadang memiliki pola logo memanjang atau ke atas mengikuti panjang box. Sedangkan bungkus plastik asli pola logonya horizontal sehingga tetap terbaca dalam posisi box berdiri.

Handphone murah yang resmi juga memiliki sambungan pembungkus yang rapi pas dengan ukuran kotak kemasan. Kalau pembungkus produk terlihat tidak rapi atau tak menutupi semua area kemasan, maka bisa dicurigai produk tersebut palsu.

Untuk setiap produk handphone yang masuk atau dibuat di Indonesia biasanya memiliki nomor izin postel dan nomor IMEI. Pastikan produk handphone yang dibeli memiliki label nomor tersebut demi memastikan keaslian dan keresmiannya.

Selain label nomor IMEI, kardus pembungkus handphone juga memiliki keterangan produsen handphone tersebut. Anda bisa mengetahui produk tersebut buatan Indonesia atau bukan dari keterangan yang tercantum di dalamnya.

Produk handphone BNIB yang masih utuh biasanya memiliki pelindung tambahan berupa stiker segel. Kamu pasti membutuhkan cutter untuk membuka stiker tersebut. Stiker segel sudah umum dipakai untuk menandai kemasan barang yang resmi atau asli.

Jangan lupa pula untuk mengecek adanya buku panduan, kartu garansi, kabel charger dan earphone di dalam kemasan. Pastikan aksesoris yang terdapat di dalam kardus sesuai dengan yang tertera di kemasannya. Bila menemukan produk yang kurang lengkap, langsung saja melakukan klaim ke penjual handphone tersebut.

Bila  masih kesulitan untuk menemukan handphone murah yang resmi dan asli, kunjungi saja Bukalapak tempat jual beli handphone online yang terpercaya. Di Bukalapak, kita bisa menemukan handphone berkualitas mulai dari yang termurah sampai kelas premium. Proses transaksinya pun cukup mudah tak perlu datang langsung ke toko penjual handphone.

Handphone memang bisa menjadi kebutuhan primer kita seperti untuk mencari nafkah. Namun saat membeli handphone murah usahakan tidak tergesa-gesa dan periksa seteliti mungkin keaslian dan kelengkapannya yaaaaa~
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature