Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Konsentrasi Menulis

Di tengah banyaknya deadline nulis, kadang aku tuh masih suka ngerasa sulit konsentrasi. Kecuali pas udah mepet DL banget, baru deh otak mau dipaksa buat konsentrasi nulis. Apakah teman-teman yang lain juga sering merasakan hal yang sama?

Apa itu Konsentrasi? Konsentrasi adalah pemusatan fungsi jiwa terhadap suatu objek. Konsentrasi dalam pekerjaan merupakan pemusatan perhatian pada hal yang sedang dikerjakan, dan mengenyampingkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan teresebut.

Aku banget nih yang suka dikit-dikit terdistraksi sama hal-hal nggak penting pas lagi ngerjain sesuatu. Apakah teman-teman disini yang juga suka sulit berkonsentrasi dan sering terdistraksi saat sedang mencoba fokus pada suatu hal?

Tenang-tenang, ternyata ada beberapa cara kok buat meningkatkan konsentrasi, supaya kita tetap bisa fokus saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Aku udah coba juga beberapa tips di bawah ini dan it works!

Tips Meningkatkan Konsentrasi

Yuk, cobain deh beberapa tips meningkatkan konsentrasi di bawah ini:

Persiapkan segala sesuatunya sebelum mulai melakukan pekerjaan

Contohnya, aku tuh sering banget haus pas lagi nulis depan laptop. Kalo haus banget akhirnya ngambil minum keluar dan malah berakhir cemal cemil di meja makan dan baru balik ke depan lapptop sekitar setengah jam kemudian :') Ngeselin ya?

Atau biasanya aku suka kepanasan karena posisi kipas yang kurang tepat. Akhirnya berdiri, benerin kipas angin, mampir dulu ke jendela liat tanaman, bengong, akhirnya jadi lama lagi buat balik nulis di depan laptop. Kezel.

Oleh karena itu sebelum nulis aku coba untuk menyiapkan segala hal yang aku butuhkan, mulai dari segelas kopi, segelas air putih, cemilan, dan posisi kipas yang harus udah tepat. Biar nggak ada alasan lagi buat beranjak dari depan laptop.

Jangan mendengarkan musik yang justru malah membuat pikiran terdistraksi

Mendengarkan musik saat menulis itu kadang memang membuat kita merasa nyaman. Tapi perhatikan jjga jenis musiknya, ada beberapa lagu dengan lirik yang kadang akhirnya malah bikin kita mikir dan berakhir bengong x)

Cobalah untuk mendengarkan musik yang tenang, yang bisa kamu dengarkan tanpa banyak berpikir. Atau kalo kamu lebih suka musik klasik, sepertinya itu lebih bagus.

Jauhi smartphone

Nah ini yang paling ampuh, entah gimana deh itu caranya coba tolong jauhkan HP dari jangkauan pandang. Sepertinya HP emang selalu menjadi sumber distraksi terbesar. Jadi hal yang paling benar untuk dilakukan yaitu, jauhkan! Untuk app messenger lebih baik di-connect dulu aja ke laptop. Supaya nggak terdistraksi sama pesan masuk dan malah jadi melipir ke sosmed sampai... satu jam kemudian.

Konsumsi minuman yang mengandung kombinasi Inositol dan Kolin

Nah, udah pernah denger tentang inositol dan kolin belum? Seperti yang udah dijelaskan dalam artikel ini: Kombinasi inositol dan kolin untuk meningkatkan konsentrasi.

Inositol adalah vitamin B8 yang berfungsi sebagai kurir kimia yang membawa serotonin dan dopamin. Sedangkan kolin adalah senyawa kimia yang fungsinya mirip dengan vitamin, kolin juga masih satu keluarga dengan vitamin B nih.  Kolin berguna untuk menjaga fungsi sistem saraf yang terlibat dalam memori.

Emang minuman apa sih yang mengandung kombinasi inositol dan kolin? Jawabannya adalah~ Kratingdaeng Red Bull!

Kratingdaeng Red Bull

Kratingdaeng Red Bull adalah minuman energi suplemen kesehatan yang bermanfaat juga untuk meningkatkan konsentrasi. Kratingdaeng Red Bull telah diakui di seluruh dunia oleh para atlet, profesional yang aktif, mahasiswa atau mahasiswi, hingga traveller yang sedang menempuh perjalanan panjang.


Duh, aku tuh udah kenal sama Kratingdaeng dari jaman kecil dulu, karena Papa juga sering konsumsi minuman energi Kratingdaeng Red Bull ini. Jadi minuman yang satu ini sering hadir di kulkas rumah. Hihi. Aku suka banget sama aromanya Kratingdaeng Red Bull, rasanya juga enak dan ternyata bermanfaat banget buat meningkatkan konsentrasi. 

Emang apa aja sih keunggulan produk Kratingdaeng Red Bull?

Keunggulan produk Kratingdaeng Red Bull tentunya ada pada kandungannya, dong. Selain kombinasi inositol dan kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir dan membantu meningkatkan konsentrasi dan memori. 


Kratingdaeng Red Bull energi drink juga mengandung Taurin 1000mg untuk meningkatkan sistem metabolisme, kafein untuk meningkatkan daya fokus, vitamin B kompleks untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi, dan lisin untuk membantu metabolisme protein dan jaringan otot. Kandingan dalam Kratingdaeng Red Bull ini juga bersumber dari mata air pegunungan dan tanpa pemanis buatan.

Manfaat minum Kratingdaeng Red Bull

Selain berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan memori, Kratingdaeng Red Bull energy drink juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya pikir, meningkatkan daya fokus, membantu mengubak glukosa menjadi energi, meningkatkan sistem metabolisme dan membantu metabolisme protein dan jaringan otot.

Berapa batas maksimal konsumsi harian Kratingdaeng Red Bull

Udah tau belum nih berapa batas harian kafein yang dianjurkan? Batas kafein harian yaitu maksimal 400mg. 


Sini-sini aku kasitau sedikit product knowledge Kratingdaeng Red Bull~ Kratingdaeng Red Bull memiliki kandungan 50 mg kafein dalam 1 kemasannya. Kandungan kafein Kratingdaeng Red Bull malah lebih rendah dari kopi yang rata-rata memilki kandungan kafein 80-135 mg. Oleh karena itu, Kratingdaeng Red Bull aman dikonsumsi 3x setiap hari. 

Semua yang berlebihan emang nggak baik dan malah akan jadi berbahaya. Oleh karena itu ikuti anjuran konsumsi produknya. Air putih aja kalo dikonsumsi berlebihan juga akan menjadi bahaya buat tubuh kita.

Kapan waktu yang tepat untuk minum Kratingdaeng Red Bull?

Untuk meningkatkan konsentrasi saat menulis, kamu bisa minum Kratingdaeng Red Bull saat akan mulai menulis. Kratingdaeng Red Bull juga oke banget nih diminum saat mulai olahraga, ketika mau bekerja, waktu main video games supaya bisa lebih fokus, hingga selama perjalanan atau traveling.

Eh-eh ada nggak efek samping minuman energi? Tenang, efek samping minuman energi membuat kita jadi lebih berkonsentrasi plus lebih bernergi. Makanya aku suka minum Kratingdaeng Red Bull sebelum menulis, karena efek samping Kratingdaeng, bikin aku lebih berkonsentrasi pas lagi menulis.

Buat aku, Kratingdaeng Red Bull cocok banget dikonsumsi sebelum menulis. Biar bisa makin fokus dan konsentrasi. Aku sih sukanya beli Kratingdaeng Red Bull di minimarket. Eh selain ada di minimarket atau supermarket terdekat, minuman energi suplemen kesehatan Kratingdaeng Red Bull ini juga ada di Official Store Kratingdaeng di Tokopedia, Blibli, Lazada atau Shopee.

Nah gimana, kamu suka konsumsi Kratingdaeng Red Bull jugakah untuk meningkatkan konsentrasi? *toss dulu* Selain manfaatnya untuk meningkatakan konsentrasi, aku juga suka banget sama rasa Kratingdaeng Red Bull yang enak. Hihi.

Gimana nih temen-temen, udah pernah cobain Kratingdaeng Red Bull juga belum untuk meningkatkan konsentrasi sebelum mulai menulis? Share-share di kolom komen yaaaa~

1 komentar untuk "Tips Meningkatkan Konsentrasi Menulis"

  1. Nah, belakangan ini sering mager dan males mau lakuin apapun cuma pengin rebahan aja, memang butuh energi dan penyemangat ini mah. Dari dullu kratingdaeng memang terpercaya dan menjadi pilihan untuk meningkatkan energi, mantep!

    BalasHapus