Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali makanan antioksidan yang baik untuk tubuhmu

Makanan antioksidan adalah makanan yang mengandung senyawa antioksidan. Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang dapat menghambat terjadinya oksidasi dari senyawa lainnya. 

Ternyata nih, tubuh kita menghasilkan radikal bebas yang secara alami dihasilkan saat kita berolahraga dan juga saat tubuh kita mengubah makanan menjadi energi. Selain itu kita juga bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar kita, seperti saat terpapar asap rokok, sinar matahari dan juga polusi udara.

Emang apa sih dampak buruk dari radikal bebas ini?

Nah ternyata radikal bebas ini dapat menyebabkan stress oksidatif. Stress oksidatif merupakan suatu proses di dalam tubuh kita yang mampu memicu kerusakan pada sel. Penyakit parkinson, alzheimer, diabetes, jantung hingga penyakit kanker merupakan penyakit yang bisa terjadi karena stress oksidatif ini.

Ada nggak sih cara untuk menangkal radikal bebas ini?

Ada dong! Untuk menangkal radikal bebas, tubuh kita membutuhkan antioksidan.

Antioksidan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita diantaranya untuk mencegah penyakit jantung, penyakit saraf, meningkatkan sistem imun, meningkatkan kesehatan hati, meningkatkan memori, menjaga kesehatan kulit dan juga menjaga kesehatan mata.

Seteah tau dampak buruk dari radikal bebas dan manfaat dari antioksidan, sekarang mari kita cari tau beberapa makanan yang mengandung antioksidan yang mudah didapat di sekitar kita.

Makanan yang mengandung antioksidan

Kacang-Kacangan

makanan antioksidan

Nggak hanya tinggi akan serat sehingga dapat menjaga pergerakan usus tetap teratur. Ternyata kacang-kacangan juga salah satu sumber antioksidan nabati terbaik.

Salah satu jenis kacang-kacangan yaitu kacang pinto mengandung antioksidan khusus yang disebut dengan kaempferol. 

Kaempferol ini ternyata dapat menekan pertumbuhan kanker payudara, kandung kemih, ginjal dan juga paru paru sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan pada hewan. 

Bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran padat nutrisi yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan juga sangat rendah kalori.

Bayam juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, salah dua antioksidan yang dapat membantu melindungi mata kita dari panjang gelombang cahaya berbahaya dan juga sinar UV yang dapat merusak.

Stroberi

Buah berwana merah ini kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Saat membeli stroberi juga usahakan memilih stroberi dengan warna yang merah cerah, ya.

Karena stroberi dengan warna merah cerah ni mengandung sejenis antioksidan yang disebut antosianin lebih tinggi.

Antosianin memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Dark Chocolate

Nah, buat para pecinta cokelat, jangan lewatkan juga untuk mengkonsumsi dark chocolate, ya.

Karena ternyata dark chocolate atau cokelat hitam yang memiliki lebih banyak kandungan kakao ini memiliki kandungan antioksidan dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat biasa.

Antioksidan pada cokelat hitam ini juga dapat mengurangi peradangan hingga mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Pepaya

Buah berwana jingga yang mudah kita temukan dimana saja ini ternyata nggak hanya baik untuk pencernaan kita. Pepaya juga merupakan sumber antioksidan yang baik karena mengandung flavonoid, karotenoid dan vitamin C.

Nah itu dia 5 makanan yang mengandung antioksidan yang bisa dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita. 

Setelah mengetahui dampak buruk radikal bebas dan manfaat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, kita nggak boleh lupa untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan seperti 5 jenis makanan diatas.

Karena memang lebih baik mencegah daripada mengobati, ya! Jadi, yuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan untuk kebaikan tubuh kita.

Semangat sehat semuanyaaaa~

Posting Komentar untuk "Kenali makanan antioksidan yang baik untuk tubuhmu"