Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#HanamasaMeetUp: Nikmatnya Sensasi Makan 'Daging Sapi Segar Pilihan' Sepuasnya di Hanamasa

Siapa nih disini yang suka makan daging sapi? 

Kalo aku penggemar beratnya daging sapi. Bahkan daging sapi yang direbus setengah mateng tanpa bumbu apapun aku doyan banget. Suka banget sama rasa kaldu yang keluar dari serat-serat daging sapinya. Dengan cara penyajian apapun, daging sapi selalu jadi sajian favorit aku. 

Kebetulan banget nih, kemarin aku diundang makan oleh salah satu restoran All You Can Eat yang punya peternakan sapi mereka sendiri di Jawa Tengah yang dikhususkan untuk memasok daging sapi segar ke dalam restorannya. 

Dan restoran All You Can Eat yang aku maksud adalah, Hanamasa Restoran. 

Pasti semuanya udah pada tau Hanamasa kan yaaa? Restoran yang berasal dari Jepang ini dulu jadi All You Can Eat Restaurant pertama di Jakarta. 

Resto Hanamasa yang pertama dibuka di Jalan Mahakam, tahun 1987. Dan sampe sekarang totalnya ada 31 cabang restoran Hanamasa di 6 kota di Indonesia.

Hanamasa Resto juga terkenal dengan shabu-shabu dan yakiniku yang semuanya kita masak sendiri di meja kita. Atau bisa dibilang restoran self service yaaa.

Dan daging sapi segar pilihan yang berasal dari peternakan sapi milik Hanamasa di Jawa TEngah inilah yang jadi ciri khas dari Hanamsa Resto ini.

Dan kemarin, aku berkesempatan untuk nyobain makan sepuasnya di #HanamasaMeetUp di Hanamasa F(X) Sudirman.

Wow! I'm so happy, karena ini bakal jadi momen pertama aku makan di Hanamasa. Jadi kalo ada norak-norak dikit di tulisan yang dibawah, mohon dimaafkan yaaa. Hihihii

Review Hanamasa F(X)

Hanamasa Restoran yang terletak di F(X) Sudirman ini terletak di lantai F2. Letaknya pas di depan pintu lift. Jadi pas keluar pintu lift, langsung deh ketemu sama pintu depannya Hanamasa. Hanamasa F(X) ini bisa dibilang luas banget ya.

Review Hanamasa F(X)

Ada lebih dari 20 meja untuk indoor areanya. Dan karena letak Hanamasa F(X) ini pas dipinggir sisi  F(X) jadi pengunjung dapet banyak banget sinar matahari dan penerangan alami dari dinding kaca di resto Hanamasa ini.

Review Hanamasa F(X)

Hanamasa F(X) juga menyediakan outdoor area yang kayanya pas banget  untuk bapak-bapak yang kadang suka kerepotan cari makan di dalam mall karena  susah cari tempat ngerokoknya. Nah jadi kalo mau cari restoran di F(X) yang ada outdoor area untuk tempat ngerokok, makan di Hanamasa lantai F2 aja ya. Hehe

Review Hanamasa F(X)

Nah selain All You Can Eat, Hanamasa Resto juga berkonsep Self Service yang artinya, memasak dan membakar makanan kita sendiri. Makanya di setiap meja di Hanamasa, udah tersedia Hot Pot dan Grilled Pan masing-masing.

Nah sekarang, yuk kita liat ada makanan apa aja sih di Hanamasa? Kita mulai dari buffet panjang yang ada di tengah-tengah restoran Hanamasa F(X) ini yaaa.

Review Hanamasa F(X)

Diujung buffet sebelah kiri ada nasi. Nah kalo mau ambil nasi, nggak usah ngambil sendiri. Langsung minta tolong ambilin mas dan mbak Pramusaji di Hanamasa aja ya.

Shabu-Shabu


Nah selanjutnya, meja buffet yang panjang ini terbagi jadi dua bagian. Kita liat di bagian sebelah kiri setelah nasi ya. Buffet sebelah kiri ini diperuntukkan untuk Shabu-shabu.

Shabu-shabu adalah sajian sup hangat khas Jepang yang biasanya berisi irisan tipis daging yang juga dilengkapi dengan tahu, sayur-sayuran, dan pelengkap lainnya.

Dan pas disisi kiri buffet Shabu-shabu ini adalah sayuran mentah yang super segar. Ada sawi, daun bawang, berbagai macam jenis jamur dan masih banyak lagi sayuran fresh lainnya.

Kalo disebelahnya sayuran adalah bahan-bahan pelengkap Shabu-shabu.  

Review Hanamasa F(X)

Nah ini dia foto zoom-innya. Yang pasti ada daging sapi irisan tipis yang fresh banget (Yang sayangnya nggak kefoto disini. Huhu). Bakso-baksoan, sosis, kerang, dan bahan-bahan lainnya yang pasti endeus banget kalo dicemplungin ke hotpot Shabu-shabu kita. Super nyummy!

Yakiniku

Review Hanamasa F(X)

Sama seperti buffet Shabu-shabu yang dibagi jadi bagian sayr dan bahan-bahan pelengkap Shabu-shabu lainnya. Buffet Yakiniku ini juga trbagi jadi buffet khusus Yakiniku dan disebelahnya dalah buffet khusus salad.

Yakiniku adalah sajian makanan dalam hal ini daging-dagingan yang dipanggang di atas api. 

Review Hanamasa F(X)

Naaaaaaah, ini dia nih bahan-bahan untuk Yakiniku. Disebelah ujung yang sayangnya nggak keliatan difoto ini, ada daging sapi uang dipotong tipis berwarna merah muda yang keliatan super fresh banget! 100% dijamin daging sapi segar karena dipasok langsung dari peternakan sapi di Jawa Tengah loh.

Lalu ada daging ayam yang udah dimarinasi juga. ada cumi, kerang sosis, dan banyak lagi macam lainnya.

Salad


Selanjutnya di buffet khusus salad, kita bisa nemuin berbagai macam jenis salad dengan saus yang berbeda-beda. Ada juga jagung rebus yang sudah dipipil serta wortel rebus dengan saus terpisah.

Yang lagi nggak pengen nasi dan mau makan salad aja, tuh udah tersedia berbagai jenis salad nih di Hanamasa.

Fruits

Review Hanamasa F(X)

Kalo buffet diujung kiri berisi nasi, nah buffet diujung kanan berisi potongan buah-buahan segar. Lengkap dengan sambal rujaknya. Iya, sambel rujak yang pake kacang itu. Potongan buah segar disirami dengan sambal rujak yang manis pedas, duuuh seger banget ya?

Selain itu juga ada sop buah juga loh di buffet bagian buah ini. Segala macam buah-buahan ini, seger banget pokoknya dijadikan hidangan pencuci mulut setelah puas makan segala macam daging-dagingan di Yakiniku dan Shabu-shabu kita.

Masih kurang puas dengan buffet Yakiniku dan Shabu-shabu di Hanamasa? Eits jangan khawatir, masih ada buffet Robatayaki juga kok di Hanamasa F(X) ini.

Robatayaki

Review Hanamasa F(X)

Apa sih Robatayaki itu? Robatayaki itu adalah jenis makan-makanan laut yang dibakar diatas panggangan gaya robata atau ala-ala perapian lantai di jepang.

Di buffet Robatayaki ini kamu bisa hidangan laut seperti cumi, kepala cumi-cumi, udang yang udah ditusuk-tusuk di tusukan sate. Nggak cuma ada seafood aja sih di buffet Robatayaki ini, ada juga Fire wings khas Hanamasa, plus onigiri dan sate-satean lain selain seafood.

Nah bedanya buffet Robatayaki dengan buffet Yakiniku adalah, kalo semua yang ada di buffet Yakiniku kita panggang sendiri di grilled pan kita.  Di buffet Robatayaki ini kita bisa pilih apa yang kita mau dan akan langsung dibakar sama pramusaji yang bertugas disana. 

Jadi nggak perlu repot bakar-bakar dan bisa langsung makan aja nih. Hihihihii. Jadi yang mau makan di Hanamasa tapi lagi malas bakar-bakar dan masak-masak sendiri, cuss ke buffet Robatayaki aja yaaaa.

Selanjutnya disebelah kanan buffet Robatayaki kita akan menjumpai buffet khusus dessert dan minuman. Ada apa aja ya di buffet minuman dan dessert ini?

Desserts & Drinks

Review Hanamasa F(X)

Nah di buffet khusus dessert ini ada es campur yang bisa kita racik sendiri sesuai kesukaan kita. Tuh liat udah tersedia esnya, gulanya, santannya, nangka, tape, cincau hitam dan bahan pelengkap es campur lainnya. Seger banget pastinya💜

Review Hanamasa F(X)

Disampingnya es campur ada pudding beraneka macam warna plus ada gorengan juga. Keliatan ngga yang disebelah kanan foto diatas, ada gorengan piscok bertabur keju. Duh lengkap banget ya dessert di Hanamasa iniiii.

Review Hanamasa F(X)

Di bagian drinks, di Hanamasa F(X) ini tersedia 3 macam minuman. Ada Thai Tea, Orange Juice dan Cappucino. Kemarin pas sesampainya disini jam 12 siang, setelah kehausan dijalan, aku langsung cobain Thei tea-nya Hanamasa ini. Enak banget! Seger dan manisnya pas. 

Ga lupa juga cobain cappuccinonya yang nggak kalah enaknya sama Thai Teanya. Nah si Cappuccino ini, nggak cukup segelas deh rasanya. Hihi.

Dan untuk yang mau minum air putih, langsung aja minta ke pramusaji yang ada di sana ya.

Jadi udah terbayangkan kan betapa banyaknya ragam makanan dan minuman yang bisa kita nikmati di Hanamasa ini?

Selanjutnya, aku akan menceritakan step dan step makan di Hanamasa. Khususnya untuk yang belom pernah makan di Hanamasa. Dan yang baru akan pertama kali nyobain makan di Hanamasa kaya aku kemarin nih, biar nggak bingung. Hehehe. 

Yuk kita mulai makan di Hanamasa

Review Hanamasa F(X)

Pertama, saat kita sudah siap untuk makan dan duduk di meja pilihan kita. Akan ada pramusaji yang mulai menyalakan hot pot dimeja dan mengisinya dengan air kaldu. 

Review Hanamasa F(X)

Selanjutnya pramusaji akan menyalakan grilled pan, serta menaruh potongan kecil lemak di tengahnya. Mangkuk-mangkuk kecil di atas meja juga akan diisi dengan saus-saus yang nantinya akan digunakan untuk membakar Yakiniku kita. 

Review Hanamasa F(X)

Nah ini dia penampakan meja kita yang sudah siap untuk mulai membakar Yakiniku. Lihat kan potongan kecil lemak di tengah grilled pan?

Dan sekarang aku mau ngenalin dua macam saus yang akan kita gunakan untuk membakar Yakiniku.

Ada saus Niku Tare, yang keliatan taburan wijennya itu tuh. Yang akan jadi celupan pertama untuk membumbui daging mentah kita. Jadi sebelum si daging-dagingan mentah ini dimasak di grilled pan, celup dulu di saus Niku Tare ya.

Setelah si daging matang, celupkan lagi ke dalam saus yang satunya. Yaitu saus tanpa wijen yang namanya saus Soto Tare. Biar makin keluar nih kenikmatan daging yang sdah kita panggang tadi.

Setelah meja kita udah all set. Yuk cuss langsung aja ambil apa yang kita mau makan dari buffet-buffet yang tersedia.

Review Hanamasa F(X)

Terserah mau ambil apa dulu, yang pasti jangan sampai salah dalam memasak bahan makanan yang sudah kita ambil ya. Misalnya, jangan ambil daging ayam yang udah dimarinasi kemudian dicelupkan ke dalam hot pot. Nanti rasa kuah Shabu-shabu kita jadi aneh dong kalo gituuuuu..

Jadi untuk semua bahan makanan yang kita ambil dari buffet Shabu-shabu, masaknya di dalam hotpot berkuah.

Sedangkan untuk semua bahan makanan yang sudah kita ambil dari buffet Yakiniku, semuanya dipanggang di atas grilled pan ya. 

Got it? Oke deeeh, yuk cuss lanjut liat apa aja yang udah aku jajal di Hanamasa F(X) Sudirman ini😁

Review Hanamasa F(X)

Nah kalo untuk Shabu-shabu aku ambil sayuran, kerang, crabstick dan teman-temannya. Eh kok dikit amat? Jangan khawatir karena ini adalah piring ronde kedua, ronde pertamanya tadi mah nggak segini porsinya😛

Review Hanamasa F(X)

Kalo yang ini juga piring ronde kedua dari buffet Yakiniku. Ada daging sapi segar, potongan daging ayam yang sudah dimarinasi dan juga cumi-cumi.

Review Hanamasa F(X)

Salah satu hal yang asik dari makan di Hanamasa adalah saat bakar-bakar sendiri gini. Berasa main masak-masakan banget yaaaa. Hihihi. Waktu yang diperlukan untuk mematangkan daging-dagingan ini juga nggak lama kok.

Jangan lupa cemplungin di saus Niku Tare yang ada wijennya itu ya, terus taruh di atas grilled pan ini. Bolak-balik sekitar 3 kali sampai daging yang kita panggang berubah warna. Kemudian angkat, dan siap disantap!

Oh iya, kalo merasa api di grilled pan ini terlalu besar jangan ragu untuk memanggil pramusaji untuk mengecilkan apinya ya. Atau bisa juga nih kalo mau mengecilkan sendiri. Tombolnya ada di sisi bawah meja, kira-kira letaknya dibawah hot pot.

Dan kalo ngerasa grilled pan kita udah terlalu kotor karena sisa-sisa gosong bekas panggangan, boleh langung minta ganti grilled pan baru juga loh ke pramusaji Hanamasa. 

Review Hanamasa F(X)

Kalo yang diatas ini berasal dari buffet Robatayaki, yang udah langsung dibakar disana juga. Pas udah selesai dibakar, langsung dianter di meja kita kok. Look yummy, right?

Review Hanamasa F(X)

Nggak lupa aku juga ambil beberapa buah-buahan segar dari buffet buah tadi. Fresh banget buah-buahannya, rasanya manis dan segar.

Review Hanamasa F(X)

Eh ternyata, selesai makan, kita masih ditawari untuk nyobain Cawanmushi dari dapur Hanamasa. Cawanmushi adalah makanan khas jepang berupa telur yang dikukus yang dicampur dengan beberapa bahan pelengkap. Kalo Cawanmushi di Hanamasa ini dilengkapi dengan potongan jamur shitake. Aku sih suka-suka aja, lembut, enak dan porsinya pas banget.

Review Hanamasa F(X)

Belum lama ini ternyata ada yang baru juga loh di Hanamasa. Apakah itu? Coba perhatikan baik-baik alas makan pada foto diatas.

Sekarang di setiap alas makan di Hanamasa, ada barcode yang bisa kita scan lewat app Augmented Reality Hanamasa. Nah setelah kita scan barcode ini, bakal ada kejutan berupa kemunculan si sapi lucu dari Hanamasa.

Pas banget nih kalo ngajak anak-anak kecil makan di Hanamasa, jangan lupa untuk unduh dulu ya appnya di Playstore. Terus ajak anak-anak untuk men-scan barcode ini. Pasti mereka happy deh liat sapi-sapi lucu yang keluar kemudian. Heheheheee.

Nggak berasa, ternyata udah 2 jam lebih aku bareng teman-teman blogger nongkrong-nongkrong di Hanamasa F(X) ini. Perut udah super kenyang banget, dan hati bahagia juga dong pastinyaaa. Hihihii.

Pasti pada penasaran kan berapakah rate makan di Hanamasa F(X) ini? Ternyata ada beberapa cabang Hanamasa yang hanya All You Can Eat aja, seperti di Hanmasa Mall Artha Gading. Sedangkan Hanamasa F(X) ini yang merupakan restoran All You Can Eat dan All You Can Drink alias bisa makan dan minum sesuka hati.

Jadi, rate makan di Hanamasa F(X) adalah kurang lebih sekitar Rp. 190.000,++ untuk dewasa dan sekitar Rp. 150.000,++ untuk anak-anak.

A lil bit pricey kah? Nggak sama sekali kok kalo dibandingkan dengan semua makanan yang tersaji disini. Kualitas semua bahan makanannya pun terjaga banget disini, super fresh dan super berkualitas. Buktinya aja Hanamasa sampai punya peternakan sapi sendiri kan untuk memasok daging sapi segarnya?

Pokoknya, kamu ga akan kecewa deh makan di Hanamasa. Yang penting niat makan kesini bukan untuk cemal-cemil imut ya, tapi untuk makan besar. Atau untuk merayakan hari-hari spesial besama keluarga dan pasangan kita. 

Dan setelah nyobain sekali makan di Hanamasa, pasti bakal pengen balik lagi. Bakal kangen sama potongan tipis daging sapi segar berwarna merah muda yang dibakar di atas grilled pan hingga hampir matang kecoklatan. Duh, super ngileeeerrrrrrrr😅😅😅

Teman-teman disini ada yang udah pernah cobain makan di Hanamasa juga? Paling favorit Yakiniku, Shabu-shabu atau Robatayakinya? Cuss bikin aku ngiler di kolom komen yaaaaa😝

8 komentar untuk "#HanamasaMeetUp: Nikmatnya Sensasi Makan 'Daging Sapi Segar Pilihan' Sepuasnya di Hanamasa"

  1. Haaaai, tahun 2007 aku pertama kali coba makan di Hanamasa. Tahu lah ya, pertama kali makan di Hanamasa itu kalap. Klo aku sih karena ngebet makan daging kebanyakan, jadi agak mual trus kunjungan ke dua kali, ke Hanamasa agak sedikit kalem, jadi bisa menikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo aku karena makan nasi, jadi kenyang duluan dan ga bisa kalap deeehhh.. weheheheee. Makan di HAnamasa memang perlu taktik gitu ya maaaak.. hihihii

      Hapus
  2. tiap ortuku ultah pasti wajib ke hanamasa ngajak 6 anak + 1 cucu + 1 mantu XD ... ato nyobain resto2 jepang yg baru nongol, tapi teteup ya hanamasa juwaranya mak ... dari hidangan pembuka sampe penutup juwara rasanya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah serunya makan makan sekeluarga di hanamasaaaa. kumalah baru kali pertama ini maaaak.. hihihii

      Hapus
  3. Aku sih paling favorit slice daging yakiniku nyaaa still the best ! hehhee sama Robatayakinya juga enak tapi sayang ga sempet nyobain smua karena perut udah penuh makan yakiniku nyaa hihi (mesti pake strategi bgt nih klo makan disana) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa, pas sampe rumah baru ngiler lagi sama robatayakinyaaaa. hihihii. hooh, salah strategi nih kemarin, gapapa, pengalaman yaaa... hihihi

      Hapus
  4. Fitur paling favorit di Hanamasa dibandingkan AUCE yang lain adalah, tidak dibatasi waktu. Jadi masuk pagi pulang petang pun, sah-sah saja. Cocok untuk anak kost :D

    BalasHapus
  5. Waaa baru ingat belum mampir di tulisan Mama Dian yang Hanamasa ini. Kalau ngelihat serba beef dan sea food-nya rasa pingin nyobain semuanya. Sayangnya lambung cuma bisa nampung dikit, haha... Tempatnya pun kita bisa milih ya, mau yang indoor atau outdoor.

    BalasHapus