Sebuah blog berisi informasi tentang parenting dan review

Ngobrolin Tentang Masalah Keputihan di Acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih

on
Sunday, 6 May 2018

Kalau ngobrolin tentang urusan kesehatan organ intim kewanitaan, pastinya banyak sekali ya 'masalah' yang harus kita hadapi. Salah satunya dan yang paling umum kita alami adalah masalah keputihan. Kalo nggak ngobrolin cara mengatasi keputihan dengan ahlinya, kayanya belum puas ya?

Makanya, aku happy banget saat diundang untuk hadir ke acara HIJUP Bloggers Gathering X Softex Daun Sirih. Karena di acara ini ada dr. Bram, SpOG yang akan membahas langsung tentang penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Pada acara ini juga hadir Lulu El Hasbu seorang social media influencer dan mbak Anastasia Erika, Brand Manager PT. Softex Indonesia.

Acara yang digelar pada hari Minggu sore itu sempat diwarnai dengan hujan yang cukup deras, tapi sama sekali nggak menyurutkan semangat para muslimah yang ingin menghadiri acar ini. Acara HIJUP Bloggers Gathering X Softex Daun Sirih ini bertempat di Eastern Opulence, yang sore itu dihias dengan nuansa hijau Softex Daun Sirih yang super cantik.

Acara pun dibuka dengan sapaan ramah dari kakak MC. Kemudian Lulu El Hasbu pun  diundang hadir ke tengah-tengah kita semua untuk sharing seputar kesibukannya akhir-akhir ini.

Lulu El Hasbu merupakan seorang social media influencer dengan jumlah pengikut sebanyak 296ribu di Instagram. Nggak cuma seorang selebgram aja, Lulu El Hasbu juga merupakan seorang designer dari brand hijabnya sendiri, dan memiliki beberapa bisnis lainnya.

Untuk para hijabers pasti udah kenal lah ya dengan nama Lulu El Hasbu? Udah follow dan suka nyontekin OOTD-nya juga nggak nih? Hehe

Akhir-akhir ini Lulu El Hasbu sibuk mengurus fashion show untuk brand hijabnya. Segala kesibukan tersebut mungkin dipengaruhi juga oleh bulan Ramadhan yang akan segera datang yaaa. 

Kak Lulu juga sempet curhat nih kalau ternyata kesibukannya yang padat akhir-akhir ini suka membuatnya lupa diri untuk lebih memberikan banyak perhatian kepada organ intim kewanitaannya. Kak Lulu juga ternyata mengalami keputihan seperti wanita kebanyakan loh.

Untungnya, untuk menjawab langsung kegusaran hati Kak Lulu, dr. Bram, SpOG pun hadir untuk memberikan pencerahan-pencerahan seputar masalah keputihan.


dr. Bram Pradipta, SpOG ini merupakan seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang kini membuka prakteknya di Rumah Sakit Gading Pluit. dr. Bram, begitu beliau biasa disapa hadir di tengah-tengah kita pada sore itu untuk ngobrolin tentang keputihan. Jadi sebenarnya, apa itu keputihan?


Keputihan merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan bisa digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal (Fisiologis) dan keputihan Abnormal (Patologis)


Jadi sesungguhnya keputihan adalah reaksi normal dari vagina kita saat kita menjelang haid dan pada saat masa-masa subur. Keputihan menjadi tidak normal saat keputihan tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan parasit hingga membuat infeksi pada vagina dan daerah sekitar vagina.


Apa aja sih penyebab keputihan? Dr. Bram pun menyebutkan beberapa penyebab keputihan secara umum. Mulai dari Seks Bebas atau hobi berganti-ganti pasangan, penyakit-penyakit tertentu seperti HIV, Diabetes dan Kanker. Penggunaan antibiotik yang berlebihan dan diluat bata skewajaran. 

PErubahan hormonal merupakan penyebab umum keputihan, misalnya saat menjelang menstruasi, jumlah hormon kita akan berubah dan kemudian menyebabkan keputihan. Merokok dan Alkohol, bahaya memang udah banyak sekali ya, ternyata bisa sampai menjadi pemicumasalah keputihan juga. Stress, tuh mendadak keputihan banyak banget? Nah loh, bisa aja karena kamu sedang stress atau terlalu banyak pikiran. Obesitas juga menjadi salah sau penyebab keputihan. Yuklah jangan lupa untuk memeulia gaya hidup sehat sehari-hari.

Kemudian kurang menjaga kebersihan vagina, contohnya gantilah celana dalam saat sudah terasa lembab. Karena pada suhu yang lembab, jamur suka sekali berkembang biak. Jadi untuk mempertahankan  suhu organ intim kita dan mencegah timbulnya jamur, jangan lupa mengganti celana dalam saat sudah terasa lembab ya.

Lingkungan sanitasi yang kotor, tuh hati-hati ya saat akan buang air kecil di kamar mandi umum. Dan yang terakhir janganlah lupa untuk mengganti pembalut kita minimal 3 jam sekali saat sedang menstruasi. Hal ini diperuntukkan agar organ intim kewanitaan kita tetap terjaga kebersihan dan suhu kelembabannya.

Nah sebetulnya, keputihan itu berbahaya nggak sih? Kalau normal dan sesua waktunya mejalang dan setelah menstruasi sih nggak ya.

Keputihan menjadi berbahaya saat:
- Jumlah bertambah banyak
- konsistensi berubah
- Warna berubah
- Gatal
- Bau

Keputihan yang normal  adalah keputihan yang warnanya bening dan konsistensinya encer. Jadi kalo sudah mulai berbau, volumenya semakin banyak, menjadi lebih pekat, warna yang berubah menjadi hijau atau kuning serta menimbulkan gatal dan bau tak sedap pada daerah organ intim kewabitan bisa tergolong menjadi keputihan yang cukup berbahaya.

Ada nggak sih hal-hal sehari-hari yang bisa membuat kta untuk terhindar dari keputihan?

Ini dia beberapa tips mencegah keputihan

1. Jangan lupa untuk mengeringkan vagina setelah selesai buang air kecil. Gunanya adalah untuk mengurangi kelembaban yang berlebihan pada organ inti kewanitaan kita. 

2. Gunakan pembersih daerah kewanitaan yang bahannya berasal dari alam. Apa bahan alam yang cocok untuk membersihkan daerah kewanitaan kita? Daun sirih dong ya pastinyaaaaa

3. Jangan melakukam Douche Vaginal. Douche Vaginal adalah suatu tindakan membersihkan bagian dalam vagina dengan menggunakan teknik penyemprotan. Namun ternyata Douche Vaginal ini tidak disarankan karena bisa menimbulkan keputihan dan gangguan lainnya.

4. Jangan lupa untuk membasuh vagina sebelum dan sesudah bersenggama. SUpaya lebih bersih pastinya ya kaaan?

5. Jangan lupa untuk mengurangi rokok dan juga alkohol. Karena selain mampu memicu keputihan, dampak buruk lainnya juga banyak sekali bukan?

 
Setelah ngomongin tentang bahan alam yang dapat digunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan kita. Mbak Anastasia Erika, perwakilan dari PT. Softex Indonesia juga meua menjelaskan tentang manfaat ekstrak daun sirih yang terkandung dalam produk-produk Softex Daun Sirih.

Seperti yang telah kita banyak ketahui bahwa daun sirih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Manfaat utama yang sering kita dengar adalah bahwa air rebusan dauh sirih bisa digunakan untuk menjaga kebersihan organ intim wanita. 

Oleh karena itu, PT. Softex Indonesia berinisiatif untuk menggabungkan ekstrak daun sirih ke dalam produk pembalut Softex Indonesia. Ekstrak daun sirih yang terkandung dalam Softex Daun Sirih, mampu menjadi antiseptik alami untuk mengurangi bau tidak sedap.\

Nggak hanya ituloh, masih banyak juga kok keunggulan dari Softex Daun Sirih. Sebelumnya kita lihat dulu yuk variasi produk Softex Daun Sirih.


Lengkap banget kan? Mulai dari untuk siklus haid awal yang banjir, kita bisa menggunakan Slim Ekstra Heavy Flow 36 cm. Untuk siklus haid selanjutnya ada Slim Heavy Flow 29 cm dan slim regular flow 23 cm. 

Untuk yang suka keputihan, cobain deh panty liners dari Softex Daun Sirih. Panty Liners Softex Daun Sirih punya dua ukuran yaitu Longer and Wider 18 cm dan regular 15 cm. Keunggulan dari Panty Liners Softex adalah Breathable Surface atau memiliki permukaan tipis yang lembut dan nyaman. Stick & Flexible, Nggak bergerak dan tetap diam ditempat. Nggak ada deh cerita-cerita Panty Liners lari kemana-mana. Yang terakhir tentunya mengandung ekstrak daun sirih, si antiseptik untuk mengurangi bau. Panty Liners Softex Daun Sirih juga sudah teruji Hypoallergenic.

Yang menyenangkannya lagi, Softex Daun Sirih juga menyediakan satu paket pembalut yang berisi pembalut untuk satu siklus haid. Namanya, Softex Daun Sirih 3in1, yang menggabungkan Softex Daun Sirih Slim Ekstra Heavy Flow 36 cm,  Slim Heavy Flow 29 cm, slim regular flow 23 cm. Plus dapet bonus Panty Liners juga loh!  Kalo aku sih dalam satu siklus haid dalam sebulan benar-benar hanya membutuhkan 1 bungkus Softex 3 in 1 aja. Praktis banget untuk dibeli.


Kenapa sih kita harus memilih produk Softex Daun Sirih? Karena empat keunggulan diatas dong tentunyaaaa! Karena empat keunggulan diatas jugalah aku memilih Softex Daun Sirih untuk menemani siklus bulanan aku. Recommended banget deh Softex Daun Sirih ini!

So, why i recommend Softex Daun Sirih to you?

Karena aku udah coba pake sendiri dan emang terasa lebih enakeun dibanding pembalut lainnya. Penyerapan 1 detiknya itu loh, membuat organ kewanitaan kita nggak terlalu lembab keadannya. Kering!  Dan ekstrak daun sirihnya jadi ngebuat aku berasa lebih "seger" aja setiap menggunakan Softex Daun Sirih ini. Bersih, sehat, dan bebas worry sih pastinya!

Apakah acara sudah berakhir setelah penjelasan dari mbak Anastasia? Belum dong! Karena masih ada Mini Flatlay Photo Workshop yang dipandu oleh fotografer Kece, Mas Bimo Pradana.


Mas Bimo Pradana ini adalah seorang fotografer handal yang karya karyanya bisa langsung kita lihat di instagramnya @bimopradana. 

Sore itu, mas Bimo memberikan rahasia dapurnya kepada kita berupa komponen yang harus diperhatikan untuk memotret dengan teknik Flatlay. Teknik Foto Flatlay adalah teknik memotret dari atas sehingga benda-benda dalam foto tampak seperti benda 2 dimensi.

Apa aja sih komponen yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan foto Flatlay yang baik? Yang pertama adalah Tentukan Tema foto Flatlay kita. Mau tema apa nih? Girly, black and white, colours, retro atau tema lainnya?

Yang kedua adalah backdrop dan properti. Udah dapet tema? Cuss cari backdrop dan properti yang cocok untuk tema tersebut.  Yang ketiga adalah buat foto kita memiliki proporsi yang aesthetic. Atur properti dan sudut penganmbilan gambarnya sedemikian rupa supaya si proprosi foto jadi pas dan cantik.

Selanjutnya adalah lighting. Kata mas Bimo, cahaya yang terbaik adalah cahaya matahari pagi dan sore hari. Kalau siang cahaya mataharinya, dirasa kurang lembut. Cahaya matahari pagi dan sore hari lebih lembut dan mampu menghasilkan bayangan yang lembut. JIka tidak menggunakan source cahaya matahari, gunakan lampu yang tepat dan kita juga bisa memainkan bayangan supaya foto flatlay kita terlihat lebih ciamik.

Yang terakhir adalah editing. Mas Bimo menggunakan bebrapa maca editing app untuk mempercantik hasil fotonya. Aplikasi editing foto favorit mas Bimo adalah snapseed dan VSCO. Coba cek deh Instagram mas Bimo. Emang super kece ya feedsnyaaaaa. Memanjakan mata bangeeeeet.

Setelah diberikan teori-teori yang kita lakukan adalah langsung praktek dong! Mas Bimo menantang kita untuk menghasilkan foto flatlay yang kece dari produk Seftex Daun Sirih. 5 pemenang dengan foto terbaik berhak mendapatkan hadiah spesial dari Hijup! Happy banget yaaaaaaa!


Acarapun ditutup dengan foto bersama seluruh peserta. Alhamdulillah, HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih sore itu berakhir dengan baik dan lancar. And i'm so happy, karena ngga cuma dapet banyak pengetahuan dan ilmu baru, tapi jga dapet oleh-oleh satu scarf cantik dari HIJUP dan persediaan pembalut sebulan penuh dari Softex Daun Sirih. Alhamdulilah..

Setelah mendengarkan penjelasan mengenai keputihan yang tadi dipaparkan oleh dr. Bram, akupun langsung mau lebih aware lagi dengan kesehatan organ intim kewanitaan aku. Dan kalau untuk urusan pembalut, aku serahkan aja ke pembalut yang bersih sehat dan bebas worry. Apalagi kalau bukan Softex Daun Sirih!

Me wearing Sejiwa Scarf (Ophelia Series) from Hijup

Ngomong-ngomong untuk kamu-kamu yang mau memiliki scarf cantik dari HIJUP seperti yang aku punya juga, nih aku kasih voucher diskon khusus untuk mendapatkan potongan Rp. 50.000,- saat berbelanja via website HIJUP. Jangan lupa masukkan kode:

HIJUPSFTXJAKARTA

Untuk mendapatkan potongan Rp. 50.000,- setiap pembelanjaan Rp. 250.000,- (tnc applied) Voucher code valid until 22 Juni 2018. Lumayan banget kaaaaaan? Cuss yuk ah pilih-pilih langsung items favorit kamu di HIJUP yaaaaa!


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature