Sebuah blog berisi informasi tentang parenting dan review

Apa Saja Faktor Penting Dalam Memilih Jajanan Yang Tepat Untuk Anak-Anak?

on
Thursday, 26 April 2018

Apa Saja Faktor Penting Dalam Memilih Jajanan Yang Tepat Untuk Anak-Anak? Sejak mulai masuk sekolah, Una dan Abang udah bisa memilih jajanan yang mau mereka makan. Abang yang masih duduk di bangku TK senang membawa bekal snack-snack ringan yang kadang dia pilih sendiri saat kami sama-sama berbelanja di warung atau minimarket terdekat dari rumah. Sedangkan Una yang saat ini baru menginjak kelas 1 SD, sudah mama Dian bekali uang jajan untuk membeli cemilan di kantin sekolahnya.

Untuk Abang, semua jajanan yang dia pilih pasti lewat proses seleksi mama Dian dulu ya. Berbeda dengan Una yang udah mama Dian lepas di sekolahannya. Karena aku nggak bisa nungguin Una selama di sekolah, jadi setiap berangkat sekolah. Pesan yang nggak pernah aku lupa ucapkan ke Una adalah: "Jangan jajan yang aneh-aneh ya Kak."

Walaupun pasti mengingatkan Una untuk jajan makanan yang baik dan sehat nggak sesederhana mengucapkan satu kalimat tersebut ya. Jadi mama Dian juga melakukan beberapa hal nih supaya mencegah Una jajan yang aneh-aneh di sekolahnya.

1. Minimalkan uang jajan anak-anak

Apa sih ukuran dalam memberi uang jajan sekolah anak-anak? Kalo untuk mama Dian sendiri, yang jadi tolak ukur awal adalah harga jajanan di kantin sekolah anak-anak. Jadi awal-awal Una bersekolah, mama Dian survey juga nih jajanan favorit Una di sekolahnya. Jadi memberikan uang jajannya juga disekitar harga jajanan favorit Una. Biar anaknya nggak "gatel" jajan macem-macem saat tau uang jajannya masih lebih banyak.

2. Melakukan survei jajanan di sekolah

Sebagai orangtua, kita juga harus mengetahui apa aja jajanan yang dijual di kantin sekolah anak-anak kita. Jadi saat hari pertama Una sekolah di SD tersebut, mama Dian juga langsung melakukan sidak-sidak jajanan apa aja yang dijual di kantin sekolahnya. Mama Dian juga langsung "nandain" mana penjual yang menjual jajanan yang oke untuk dikonsumsi Una. Dan jajanan apa aja yang bisa dibeli sama Una.

3. Ajari anak untuk mengenali logo halal pada jajanan yang dia beli

Beberapa waktu yang lalu, Una bawa pulang permen yang keterangan ingredientsnya menggunakan huruf china dan nggak ada logo halal maupun keterangan dari BPOM di bungkusnya. Duh ngeri banget kan? Langsung aja saat itu aku langsung mengingatkan Una untuk nggak lagi membeli jajanan yang di bungkusnya nggak ada logo halalnya. 

Kalau belum ada logo halal dan keterangan BPOM di bungkusnya, berarti keamanan si permen tersebut masih dipertanyakan kan? 

"Tapi permennya enak, Mah.." 

Akupun pelan-pelan menjelaskan tentang bahaya jajanan sembarangan yang beberapa waktu lalu cukup gempar diberitakan di TV. Mulai dari snack kecil yang dibuat dari bahan yang nggak higienis sampai permen-permen yang konon mengandung bahan berbahaya. Dan Una pun perlahan-lahan meu mengerti tentang bahayanya jajanan tersebut.

Mama Dian pun nggak 100% melarang Una makan permen. Karena sesungguhnya permen adalah salah satu sumber kebahagiaan untuk anak-anak. Dan biar Una lupa sama permen yang ia beli sebelumnya di sekolah, mama Dian beliin aja Una permen yang udah pasti aman dikonsumsi.


Ini dia #PermenPindy Susu. Kalo permen yang 1 ini, mama Dian sih udah nggak khawatir sama sekali tentang keamanannya. Karena apa?

Karena Permen Pindy Susu ini adalah permen empuk rasa susu yang sudah mendapatkan sertifikasi Halal dan sertifikat dari BPOM RI. Itu dia yang paling penting! Jadi udah dipastikan halal serta aman ya kandungan dari Permen Pindy Susu ini untuk anak-anak kita.


Permen Pindy Susu ini juga tersedia dalam 3 rasa loh, ada rasa susu, rasa susu dan coklat serta rasa susu dan stroberi.  Favoritnya mama Dian ya jelas rasa susu asli. Kalo favoritnya Abang yang rasa susu dan coklat, sedangkan Una suka yang rasa susu dan stroberi. Di Permen Pindy susu rasa susu dan coklat serta rasa susu dan stroberi, rasa susunya tetep jadi yang dominan banget. Enaaaaaaakkk!


Permen Pindy Susu ini kadang dibawa Una juga kesekolah. Mama Dian juga sedia Permen Pindy Susu di mobil, buat iseng-iseng kalo lagi diperjalanan.

Jadi untuk anak-anak yang doyan makan permen, Permen Pindy Susu ini jadi salah satu alternatif permen yang udah pasti aman dikonsumsi. Jadi kalo anak-anak mau jajan permen, belinya ya Permen Pindy Susu aja ya! 

Eh tapi, anak-anak yang hobi makan permen nggak boleh lupa untuk gosok gigi 2 kali sehari ya buibu😁


Jadi dijaman sekarang ini kita memang harus lebih teliti lagi ya dalam memilah dan memilih jajanan anak-anak. Jangan cuma supaya anak-anak happy, terus semuanya dikasih. Tapi harus tetap kita seleksi dulu ya jajanan jajanan yang akan dikonsumsi anak-anak kita. 

Yang paling penting dalam memilih jajanan anak-anak adalah, pastikan kandungannya aman dan sudah bersertifikasi Halal dari MUI dan bersertifikat BPOM RI, seperti Permen Pindy Susu ya kaaaaan?😀

Masih nggak percaya #PermenPindy Susu #AmanDikonsumsi? Langsung aja kunjungi Facebook Fanpage Permen Pindy Susu dan Instagram @PermenPindy_id yaaaaa
4 comments on "Apa Saja Faktor Penting Dalam Memilih Jajanan Yang Tepat Untuk Anak-Anak?"
  1. Iya ya yang paling penting bersertifikat HALAL dan teregistrasi di BPOM>
    Wah kakak Una suka bawa permen yaaaaa :D
    Iya betul batasin uang jajan jd gak beli2 sembarangan atau sekalian bawain bekal :D

    ReplyDelete
  2. anakku suka banget sama permen Mba :)

    ahhh kalo saya kasih Permen Pindy Susu ini pasti dia bakalan senang banget deh, tapi yaa itu setiap habis makan permen pasti langsung saya suruh sikat gigi :)

    ReplyDelete
  3. Permen rasa susu.
    Hm... pasti enak tuh.
    Apalagi aku suka susu dan suka permen juga.
    Dobel enaknya tuh pasti.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature