Bersama SiBerKreasi: Yuk Menjadi Netizen Unggul yang Lebih Cerdas!

on
Saturday, 30 September 2017
"Menurut penelitian UNICEF pada tahun 2014, ada 30 juta anak Indonesia yang menjadi pengguna internet."

Jumlah yang bisa dibilang banyak ya. Masalahnya adalah adik-adik yang sudah aktif berselancar di internet ini sudah mengetahui tata cara mengguanakan internet yang benar, belum ya?

Seperti beberapa tahun lalu, ada seorang pelajar SMA yang punya followers ratusan ribu orang di akun Instagramnya. Kemudian pada suatu hari dia mengunggah satu foto yang menghebohkan, yaitu foto kissing with her boyfriend. Satu foto yang kemudian jadi viral, dan ngebuat dia terkenal. Sampai. Saat. Ini.

Mengumbar kemesraan yang berlebihan di depan umum itu tabu banget ya untuk orang Indonesia. Yang udah dewasa sih bakal nganggep foto itu nggak banget, dan berlebihan sekali. 

Tapi gimana pendapat anak-anak remaja tanggung yang baru mulai main Instagram?

Dari komen-komen diinstagramnya sih mereka memuji-muji selebgram ini ya, dan bilang kalo itu relationship goals. Dan parahnya lagi, mereka malah mau meniru foto itu biar bisa terkenal dan jadi selebgram juga. Duh duh duh duh.. 

Nggak heran ya, semenjak munculnya foto yang pertama itu lama-lama makin banyak muncul lagi foto-foto yang serupa dari pengguna instagram remaja lainnya. Dan mereka anggep itu biasa dan malah keren banget. Dek, udah pernah digampar sama mama papanya belom? :')

Tapi memang tak terelakkan lagi, bahwa anak-anak generasi millenial ini sedari lahir sudah terpapar segala macam teknologi. Dari dalem perut, udah didengerin lagu dari handphone, pas lahir langsung difoto pake kamera handphone juga kan?

Jadi kita sebagai orangtua jaman sekarang juga nggak usah heran kalo anak-anak lebih pintar mengguanakan segala macam gadget dan sosmed dibanding orangtuanya.

Yang perlu kita khawatirkan dan kita garisbawahi sebagai orangtua adalah, bisakan anak-anak kita menggunakan internet dengan baik dan benar?

Berdasarkan kekhawatiran itu pula, Alhamdulillah sudah tercipta satu gerakan dari SiberKreasi, yang bertujuan untuk mengingatkan para remaja dan anak-anak di Indonesia untuk menggunakan internet dengan baik dan bertanggung jawab.

"Smart School Online" adalah program pengembangan kapasitas literasi digital bagi para orangtua, guru dan siswa agar mereka mampu mendampingi dan melindungi anak-anak di era digital. Program ini didukung oleh SEJIWA, ICT Watch dan Ecpat Indonesia sebagai anggota dari ID-COP (Indonesia Child Online Protection). Sekaligus didukung oleh badan-badan pemerintahan yaitu Kemdikbud dan Kemkominfo.

Smart School Online ini rencananya akan mengadakan acara di beberapa sekolah-sekolah di kota-kota di Indoensia. Nah kebetulan banget nih, minggu lalu aku mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara pre-launching Smart School Online ini yang bertajuk Smart School Online Kick Off "Mendengar Suara Anak" yang bertempat di ruang serbaguna Kominfo Jakarta, dengan mengundang anak-anak dan remaja dari beberpa sekolah serta para perwakilan-perwakilan dari lembaga pemerintahan.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Acara dimulai jam 8 pagi dan dipandu oleh dua adik MC yang cukup atraktif ini. Penontonnya pun dibagi dua ya, untuk adik-adik sekolah dipersilakan duduk lesehan dengan bantal-bantal dan bean bag warna-warni biar santai dan rileks mengikuti acaranya. Dan untuk para guru dan orangtuanya, dipersilakan duduk di kursi yang tersedia di area belakang ruangan.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutankaka perwakilan ID-COP yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari beberapa perwakilan yng hdir di hari itu.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Bapak Samuel, perwakilan dari Kemkominfo mengatakan bahwa saat ini kita semua sudah dikendalikan oleh teknologi. Padahal teknologi sesungguhnya dibuat dengan tujuan memudahkan hidup kita. Tapi dengan [enggunaan yang salah, teknologi malah bisa mengendalikan kita. 

Bapak Samuel juga mengingatkan adik-adik yang hadir di acara ini untuk lebih bijak lagi menggunakan internet. Karena apa yang sudah kita unggah ke internet, jejak digitalnya tidak akan pernah bisa terhapus.

Dan juga Bapak Samuel mengenalkan rangkaian acara Smart School Online dari SiberKreasi lewat video yang ada di bawah ini.



Nah, udah jelas sekali lewat video diatas ya, bahwa SiberKreasi akan mengajak kita khususnya adik-adik sekolahan untuk lebih memahami lagi penggunaan internet. Serta lebih bijak lagi dalam menggunakan internet.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Selanjutnya ada Bapak Junaedi dari Kemdikbud yang membuka pembicaraannya dengan mengabsen sekolah-sekolah yang hadir pada pagi itu. 

Ada 5 sekolah yang hadir pada acara Smart School Online Kick Off ini, diantaranya SD GemalPersada, SMP Labschool Rawamangun, SMA Al Izhar Pondok Kopi dan SMA 78 Jakarta.

Selanjutnya Bapak Junaedi mengingatkan adik-adik disini untuk meletakkan HPnya saat sedang makan bersama keluarga. Eits, ga cuma anak-anak aja nih yang diingatkan untuk meletakkan HPnya, tapi orangtuanya juga harus diingatkan untuk menjauh sebentar dari HPnya saat sedang bersama keluarga. Hayooo, siapa nih mama papa yang juga lengket sama HPnya setiap saat?

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Kemudian ada Bapak Jasa Putra, sebagai perwakilan dari KPAI yang membeberkan fakta bahwa beberapa waktu yang lalu, KPAI menemukan ada 70ribu foto anak yang disalahgunakan di sebuah grup facebook sekumpulan Pedofil.

Oleh karena itu, bapak Jasa Putra mengingtkan adik-adik sekalian yang hadir pagi itu, untuk lebih hati-hati lagi dalam mengunggah foto di internet.


Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Sambutan terakhir adalah sambutan dari Kak Rian, perwakilan dari google.org. Google.org adalah sebuah bentuk filantropis dari Google. Kak Rian mengajak kita semua untuk menggunakan internet secara lebih bijak.

Serta kelak katanya, Google akan menciptakan sebuah modul penggunaan internet untuk para orangtua. Biar orangtuanya nggak 'kalah'sama anaknya ya dalam menggunakan internet. Dan supaya orangtua bisa mengawasi anak-anak lebih baik lagi dalam penggunaan internet.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Nah selanjutnya adalah persembahan dari adik adik SD Gemala Ananda. Mereka mau memmpersembahkan 3 buah lagu, ciptaan guru mereka sendiri. Lagu pertama merupakan lagu yang berkisah tentang penemuan lampu oleh Thomas Alfa Edison.

Adik-adik yang serempak berbaju putih ini, kompak banget loh nyanyiin lagu-lagunya. Dan surprisingly, lagunya bagus banget! This what our kids need jaman now! Harapan aku sih, semoga lagu ini bisa segera di launching nasional ya, keren banget makna lagunya, berisi. Nadanya pun earcatching abis! Mau dengerin juga? Kamu bisa dengerin cuplikan lagunya disini dan disini.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Sesi selanjutnya adalah Talkshow dari adik-adik sekolah ini tentang "Kampanye positif di internet." Empat adik-adik yang berasalh dari beberapa sekolah yang berbeda ini, mendiskusikan serta mengajak semua teman-temannya yang ada disitu untuk memulai kampanye positif di internet.

Mereka bahkan menampilkan 2 film pendek hasil karya 2 sekolah yang berbeda. Nggak cuma pesan moralnya aja yang penting banget ditangkap dari 2 film pendek yang diputar. Tapi aspek sinematografi dari film pendeknya juga keren keren banget! Mereka super total banget buatnya. Anak-anak generasi millenials ini memang luar biasa banget ya bermain dengan teknologi.

Nah 2 film pendek yang diputar tersebut berjudul "Hati-hati di sosial media"dan "Senyum menghapus prasangka."Merupakan contoh kampanye positif yang bisa kita lakukan di internet. 

Nah, untuk generasi millenials, instagrampun udah bisa loh dijadikan tempat untuk menyebar e-poster saat pemilihan ketua osis. Woh, keren ya? Dulu jaman kita (((kita))) kampanye osis kan cuma pake mading ya?

Kelak, kampanye online ini akan didukung oleh beberapa influencer di  instagram dan youtube. Dan untuk mensukseskan kampanye positif online ini, mereka semua membutuhkan akses internet yang naik dan juga dukungan dari orangtua dan lingkungan terdekatnya. Yuk, jadikan internet sebagai tepat untuk mengkampanyenyak hal-hal yang positif! 

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Selanjutnya ada persembahan Tari Saman yang menyegarkan mata nih. Keren sekali Tari Samannya, adik-adik iniđź’—

Sesi selanjutnya seharusnya diisi oleh talkshow dari Stephanie Handojo, seorang anak berkebutuhan khusus yang sukses memiliki prestasi tingkat dunia dalam bidan olahraga renang. Super keren sekalii anak indonesia ini! 

Sayang sekali saat itu Stephanie tidak bisa hadir karena harus menghadiri acara konferensi di luar kota. Tapi Stephanie sudah menitipkan pesan untuk kita semua loh yang kemudian dibacakan oleh adik-adik MC di acara ini. 

Lewat pesannya, Stephanie juga mengharapkan semoga internet Indonesia bisa lebih baik lagi dan bisa lebih aman lagi digunakan untuk anak-anak Indonesia. Harapan yang sama juga nih dari aku, aaaaaminnn!

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Selanjutnya adalah sesi takshow kedua yang pembahasannya lebih berat nih dari sesi talkshow pertama. Yaitu tentang internet yang aman dan ideal untuk anak Indonesia, yang juga dibawakan oleh adik-adik dari beberapa sekolah yang berbeda.

Kriteria internet ideal yang mereka butuhkan adalah Kreatif, Positif, Cepat dan Aman. Dan pemerintah sebaiknya meregulasi ulang penggunaan internet saat ini. Seperti pemblokiran terhadap sebuah situs, terkadang banyak juga situs positif yang punya iklan-iklan yang negatif. Jadi baiknya kedepannya juga bisa mmblokir iklan-iklan negatif tersebut ya.

Dan juga mereka berharap agar kelak internet bisa rata di seluruh Indonesia. Supaya anak-anak yang ada di penjuru Indonesia bisa merasakan internet yang cepat juga nih seperti di Jakarta.

Pemerintah juga harus lebih canggih lagi dalam melakukan pemblokiran dalam sebuah situs. Karena nyatanya, masih banyak banget cara membobol sebuah situs terblokir di google. Anak-anak sekarang kan pinter-pinter dan canggih-canggih banget ya, jadi pemerintah harus lebih canggih juga dong yaaa.

Para orangtuapun diharapkan tidak ketinggalan untuk belajar menggunakan internet. Kalo bisa para mama papa punya instagram dan follow instagram anak-anaknya ya. Supaya bisa mengawasi langsung segala kegiatan anaknya di sosial media.

Dan kelak mereka akan membuat KIAI atau Komite Internet Anak Indonesia, sebiah komite yang diciptakan untuk membimbing anak-anak lebih bijak lagi dalam menggunakan internet. Waaah, keren sekali ya adik-adik iniiiđź’–

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Selanjutnya adalah persembahan dua buah lagu yang dibawakan secara ciamik oleh Khansa, siswa dai SMA Labschool Cibubur.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Bapak Dani sebagai perwakilan dari SIberKreasi kemudian memberikan sedikit speech singkatnya, dan menghimbau adik-adik sekalian untuk menggunakan internet lebih bijak lagi. "Aku Netizen Unggul!" merupakan slogan dalam acra Smart School Online ini.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Wah udah hampir sampai di penghujung acara nih kita, selanjutnya ada hiburan Tari Jawara Betawi dari adik-adik SMA 78 Jakarta.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Nah selanjutnya ada lagi nih persembahan dua buah lagu yang dingiringi dengan musik akustik dari SMA Al Izhar Pondok Labu.

Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Wah nggak berasa ternyata  acara berakhir tepat di jam makan siang. Kedua MCpun membacakan jadwal acara Smart School Online yang akan diadakan di Car Free Day Senayan, keesokan harinya.

Dan acara Smart School Online ini pun kelak akan digelar di beberapa sekolah di beberapa kota di Indonesia. Semoga kelak event Smart School Online ini berhasil membimbing adik-adik untuk menggunakan internet secara lebih bijak ya. Agar nggak ada lagi yang sembarangan share berita hoax, melakukan tindak pembullian di internet, dan nggak sembaranan share hal-hal pribadi di Internet.
 Smart School Online Kick Off Jakarta SiberKreasi

Senang sekali aku bisa ikut ambil bagian di kegiatan yang manfaatnya super banyak ini. Sebagai ibu dari dua orang anakpun, aku ga bisa ya menampik teknologi yang kelak akan masuk ke kehidupan anak-anak. Yang bisa aku lakukan adalah membimbing mereka supaya dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. InshaAllah ya, mama mama millenials dapat membimbing anak-anaknya menjadi netizen unggul di masa depan. Aaaaaminnn.
1 comment on "Bersama SiBerKreasi: Yuk Menjadi Netizen Unggul yang Lebih Cerdas!"
  1. Au liat anak2 kecil pas talkshow nggumun anak2 zaman now pinter2 ngomong yaaa hahha. Dulu kyknya aku tu males tampil :D skrng juga :P

    Btw ini programnhya emang bagus ya, jd anak2 pun bisa berinternet positif TFS

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature