Pesan Tersembunyi Taylor Swift pada Music Video "Look What You Made Me Do"

on
Monday, 28 August 2017
Disclaimer: Postingan ini sesungguhnya adalah postingan yang nggak terlalu berfaedah. Postingan ini dibuat karena aku selalu penasaran dengan pesan-pesan yang tersembunyi pada setiap Music Video Taylor Swift. Terutama pada Taylor Swift's latest MV "Look What You Made Me Do". After googling here and there, akhirnya aku menemukan beberapa fakta menarik dan akan menguliknya satu persatu disini. Jadi kalo kamu ngerasa Taylor Swift dan seluruh music videonya sama sekali nggak menarik dan nggak penting, please jangan dilanjutkan ya niat membaca postingan ini.😜

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning


Taylor Swift is back! Setelah penantian yang panjaaaaaaaang, akhirnya Taylor Swift kembali dengan album barunya, Reputation and single terbarunya "Look What You Made Me Do".



Sejak beberapa tahun yang lalu, aku memang menjadi salah satu penikmat musik-musik Taylor Swift. Penyanyi muda yang lahir tahun 1989 selalu membuat musik-musik yang keren. Dan rata-rata setiap lagu yang ia tulis adalah berdasarkan pengalaman hidupnya sendiri.

Aku mulai jatuh cinta dengan Taytay sejak "You Belong With Me". Why? Karena lagu itu benar-benar menggambarkan jaman sekolah dulu ya. Jaman-jaman cinta monyet, dimana orang yang kita taksir sama sekali nggak ngeliat kehadiran kita. Eaaaahhhhhh ~

Kemudian lagu Taylor Swift yang berjudul "Mean" selalu jadi pembakar semangat setiap stuck waktu nulis. Sesuai makna lagu tersebut, aku mau membungkam orang-orang yang nggak percaya sama bakat menulis aku. And i made it! Cerpen pertama yang aku tulis berhasil dimuat di salah satu majalah remaja kesayangan aku.  Thank you to Taytay and her song, Mean❤

Berangkat dari genre musik Country, kemudian Taylor Swift menyebrang ke genre musik pop. And i still love her songs! Yang paling unik dari Taylor Swift, dia bisa mengubah semua pengalaman hidup dan percintaannya menjadi sebuah lagu yang kemudian boom! Meledak!

Ada beberapa lagu Taytay yang katanya diciptakan untuk mantan-mantannya, seperti "Back To December" kabarnya diciptakan untuk sesemantan yang nama depannya sama kaya Taylor Swift. Atau "Out of The Woods" dan "Style" untuk sesemantan yang anggota boyband itu.

Ada juga yang berpendapat bahwa nggak seharusnya Taylor Swift nyinyirin para mantannya lewat lagu-lagu yang dia ciptakan. Tapi kalo menurut pendapat aku sendiri, it's up to her. Sama aja sih kalo kita lagi jatuh cinta atau patah hati, pastinya bawaannya pengen orang-orang disekeliling kita tau dan pengen nyinyirin orang yang ngebuat hati kita sakit juga kan? I think it's perfectly normal. 

Kalo kalian punya kemampuan menciptakan musik dan lirik sekeren Taylor Swift, kalian bakal ngebuat lagu-lagu yang terinspirasi dari kisah hidup kalian juga nggak sih?

Kalo aku sih yes, daripada nyinyir dan nyampah nggak jelas di social media. Mending nyiptain lagu aja kan, biar jadi hits. Bisa nyabet banyak award keren dan kemudian menghasilkan uang *bukan matrealistis ya, cuma realistis ajaaa😝 *

Okay, back again to Taylor Swift's new song "Look What You Made Me Do" yang musik videonya keluar tanggal 27 Agustus kemarin. Sebelum MV, "Look What You Made Me Do" dirilis, lyric videonya keluar duluan loh di Youtube. Pas awal denger sih lagunya rada-rada cathcy-catchy weird gitu. Earcatching, tapi juga berasa aneh pas didenger. Kemudian pertanyaan yang muncul di kepala aku setelah mendengarkan lagu itu untuk pertama kalinya adalah, untuk siapakah Taylor Swift menciptakan lagu ini?

Kira-kira untuk sesemantan yang mana ya? Karena album Taytay yang sebelumnya, 1989 mengandung lagu-lagu yang ditujukan untuk sesemantannya yang anggota boyband itu. Dan setelah itu, Taylor Swift sempet pacaran dengan beberapa cowok dan putusnya pun nggak secara baik-baik. Jadi akupun mulai melakukan analisa-analisa sotoy tentang siapakah yang disentil Taylor dalam lagu "Look What You Made Me Do" ini?

TAPIIIIIII ..

Seluruh rasa penasaran akhirnya terhapus sudah setelah MV "Look What You Made Me Do" resmi dirilis pada saat acara MTV VMA 2017 kemarin. Ternyata "Look What You Made Me Do" adalah lagu yang diciptakan Taylor Swift untuk orang-orang yang berada dalam daftar 'black list'nya. Lagu ini jadi semacam awal mula "Pembalasan" Taylor Swift kepada orang-orang yang selama ini bermasalah dengan dia.

Jadi mari kita ulik satu persatu makna tersembunyi dari MV "Look What You Made Me Do" ini~

1. Zombie Taylor Swift

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Di awal musik videonya, kita akan dikejutkan dengan kemunculan zombie Taylor Swift dari dalam kuburan dengan batu nisan yang bertuliskan "Here Lies Taylor Swift Reputation". Reputasi yang selama ini Taylor Swift bangun sudah mati dan dikuburkan disana.

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning


Zombie Taylor ini mungkin juga penggambaran tentang reputasi buruknya selama ini. Bagian pembukaan ini jadi semacam simbolisasi, bahwa Taylor Swift yang lama telah mati dan siap untuk kembali dengan dirinya yang baru. 

2. Taylor Swift di dalam tub berisi banyak berlian

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning


Setelah diperhatkan baik-baik di dalam tub tersebut ada uang kertas senilai $1 disebelah kanan lengan Taylor Swift. Menurut pendapat aku, uang $1 berkaitan dengan kasus pelecehan pada Taylor Swift yang dilakukan oleh seorang DJ. Yang berhasil dimenangkan Taylor Swift dan membuat si DJ tersebut membayar simbolisasi denda $ 1.

3. Taylor and Snakes

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Snakes everywhere and Taylor Swift sit on a throne. Berdasarkan berbagai sumber, ular disini melambangkan perselisihan Taylor dengan Kanye+Kim K. Yang dimulai dari interupsi Kanye saat Taylor melakukan speechnya saat memenangkan awards di panggung VMA 2009.

Perselisihan kian memanas saat Kanye merilis single Famous dengan lirik "I made That Bitch Famous" yang ditujukan kepada Taylor Swift. Taylor Swift pun murka dan  tidak menyukai hal itu. Bok, siapa sih yang nggak marah dipanggil Bitch?

Kemudian Kim turut memanaskan perselisihan ini dengan mengunggah video percapakan Kanye dan Taylor ditelepon. Di dalam video itu, Kanye meminta izin pada Taylor untuk meggunakan namanya dalam single terbarunya. Taylor pun memberikan izinnya karena Kanye menyebutkan potongan lirik yang dimaksud adalah  "For all my southside niggas that know me best, i fell like me and Taylor might still have sex." Kim juga menudiang bahwa Taylor hanya playing victim dan berpura-pura merasa dimanfaatkan, padahal sebenarnya dia sudah mengetaui lirik lagu tersebut sebelumnya.

Setelah mengunggah rekaman itu, Kim juga mencuitkan kalimat "National Snake Day" diikuti dengan emoji Snake dibelakangnya. Setelah itu para haters pun menyerang instagram Taylor Swift dengan banyak emoji snake.


Pembelaan versi Taylor adalah dia benar-benar tidak mengetahui lagu tersebut secara utuh hingga kemudian single Famous rilis dan lirik "I made that bitch famous" ditambahkan dibagian belakang lirik yang mengandung namanya.

Jadi siapa sih yang sebenernya salah? Kalo menurut aku sih Kanye sudah salah dari awal semenjak dia menginterupsi speech Taylor di panggung VMA 2009. Dan dia memperparah perselisihannya dengan menyebut Taylor Swift "Bitch" di single Famous-nya.

I'm believe in you and always on your side, Taytay!

[Tonton kisah lengkap perselisihan mereka disini yaa]

4. Perry look-a-like

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Scene selanjutnya menggambarkan tabrakan mobil gold mewah. Dan kemudian Taylor keluar dari mobil itu sambil mengenggam piala Grammy-nya dan berpose untuk banyak photografer yang ada disana.

Mirip banget nggak sih Taylor Swift dengan Katy Perry di scene itu? Apalagi rambutnya yaaaa. Sebenernya hubungan Katy and Taylor bisa dibilang love-hate relationship. Karena sebelum hubungan mereka memanas, mereka berdua berteman cukup dekat. Hingga akhirnya Katy mengencani mantan Taylor Swift yaitu John Meyer. Hubungan merekapun semakin panas karena Katy dikabarkan mau menyabotase World Tour Taylor dengan 'mencuri' beberapa backing dancernya.

Kemudian single "Bad Blood" milik Taylor dirilis dan lagu yang penuh kemarahan itu kabarnya ditujukan untuk Katy. Sampai sekarang pun tampaknya perselisihan mereka belum mereda karena lagu terbaru Katy yang berjudul "Swish swish" gosipnya juga ditujukan untuk Taylor swift.

Bales-balesan lagu emang lebih seru ya dibanding bales-balesan pantun..

[Baca kisah perselisihan mereka selengkapnya disini ]

5. Taylor Swift and Streaming Service

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Pada bagian ini Taylor Swift tampak merampok sebuah brangkas milik "Stream.co", hmmmm sebuah perusahaan streaming kah? Jadi langsung inget sama perselisihan Taylor dengan salah satu streaming service. Dimana saat itu Taylor memutuskan untuk menarik semua lagunya dari sana karena streaming service itu tidak mambayarnya dengan semestinya.

Tapi kalo nggak salah mereka sekarang udah baikan, karena lagu Taylor sekarang udah bisa kita puter di streaming service itu kan ya?

6. Taylor and her Squad

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Siapa yang nggak kenal sama squadnya Taylor Swift? Squad yang beranggotakan banyak cewek-cewek cantik yang juga penyanyi dan model. Squadnya Taytay ini emang keliatan sempurna banget, karena semuanya saling support satu sama lain. Seperti di MV "Bad Blood"nya Taylor Swift dimana temen-temen squad-nya turut menjadi cameo di MV tersebut. Dan scene ini, sepertinya menggambarkan orang-orang yang suka mengkritik Taylor dan squadnya.

7. I ❤ T.S 


Tshirt bertuliskan I ❤ TS pernah dipakai Tom Hiddleston saat sedang berlibur di pantai dengan Taylor Swift. Sayangnya tshirt tersebut malah dijadikan olok-olok oleh para netizen. 


Mereka nggak terima Tom Hiddleston pake tshirt itu, bahkan sampe muncul gosip kalo Taylor Swift yang maksa Tom untuk pake tshirt bertuliskan I ❤ T.S  tersebut. Ada juga sebagian lain yang bilang kalo T.S yang dimaksud Tom adalah T.S Eliot seorang pujangga terkenal. Pokoknya menurut para haters, T.S itu bukan inisalnya Taylor SwiftπŸ˜…

Ada juga yang berpendapat berbeda tentang scene ini, karena lokasi scene ini mirip dengan MV Blank Space dan ke-8 dancer tersebut melambangkan jumlah mantan pacar Taylor Swift. Hmmmmm...

8. The Old(s) Taylor

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Pada part ini kita bisa melihat banyak Taylor Swift dari event dan MV-nya terdahul. Seperti Nerd Taylor Swift yang berbaju putih dan berkacamata yang berasal dari  MV "You Belong With Me", ada juga Taylor Swift berpakaian ballet dari MV "Shake It off". 

Kemudian Taylor Swift berpakaian kabaret merah dari Red Tour, Taylor Swift dengan dress dari MTV VMA 2009. Dan masih banyak lagi Taylor Swift lainnya yang berebut ingin menggapai tempat Taylor Swift teratas yag berdiri dan mengenakan pakaian dengan tulisan "Rep". Taylor Swift yang paling atas ini sepertinya simbolisasi Taylor Swift dari album terbarunya "Reputation" yaaa..

9. The Old Taylor is Dead!

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Pada Lyric Video and Music Video "Look What Yo Made Me Do" ada part yang berisi rekaman suara Taylor Swift yang agaknya merupakan pesan utama pada single terbarunya ini.

"I'm sorry, the old Taylor can't come to the phone right now.
Why? Cause she's dead!"

Sebuah statement yang dimaksudkan untuk meresmikan "matinya" Taylor Swift yang terdahulu, dan kini dia kembali dengan dirinya yang baru. 

10. The Awesome Ending!

Taylor Swift Look What You Made Me Do Video Clip Meaning

Bagian endingnya ini menurut aku adalah bagian yang paling 'nabok'. Ada 15 Taylor Swift dalam berbagai versi yang berdiri di depan sebuah pesawat besar bertuliskan "Reputation". Apa yang dilakukan 15 Taylor Swift ini disana? Awalnya mereka mmeberika penghormatan secara bersamaan, kemudian mereka mulai mengolok-olok satu sama lain dengan olokan-olokan yang selama ini dialamatkan kepada Taylor Swift. 

And here it is, the Taylor Swift(s) Mocking herself..


Taylor Swift dari MV "You Belong With Me" terlihat mengeluarkan ekspresi terkejut dan bahagia namun segera disela oleh The Dead Taylor dengan kalimat "Stop making that surprise faces, thats so annoying" 

Surprise faces yang dimaksud disini sepertinya berasal dari surprise faces dari setiap awards yang dia terima. Banyak banget haters yang muak sama surprise facenya Taytay, karena katanya itu palsu banget.


"Yeah, you can't possibly that surprise all the time" Sambung Taylor Swift dari MV "Shake it off"


"What's with that bitch?" said Taylor yang di MV ini tadi bermandikan berlian. "Don't call me that!" Jawab Zombie Taylor marah. That "Bitch" word mah udah pasti nyindir tentang panggilan Kanye kepada Taylor di single "Famous" yaaa..



"No.." said Taylor Swift yang memegang gitar dan dijawab oleh Taylor Swift berpakaian cabaret dari Red Tour "Oh stop acting like you're all nice. You are so fake." 

By the way, Fake merupakan kata kata bullyan para netizen kepada Taylor saat ia mengeluarkan pernyataan tentang single "Famous"nya Kanye di instagramnya.


And when Taylor Swift who holds the guitar in tears, another Taylor Swift says "There she goes, playing victim again.. "

"Playing victim" pun merupakan kata bullyan yang paling banyak dilontarkan kepada Taylor Swift loh.


Taylor Swift yang berpakaian seperty Katy kemudian terlihat sibuk memvideokan kejadian tersebut. Dan Taylor Swift yang lain menanyakan apa yang sedang ia lakukan. Dia pun menjawab, "Getting receipt, gonna edit this laters.."

Yang tampaknya merupakan representasi dari apa yang Kim lakukan saat mengupload video percakapan Kanye dan Taylor. Yang menurut Taylor sendiri, bahwa video itu telah diedit oleh Kim.


Dan terakhir, Taylor Swift dari panggung VMA 2009 mengangkat micnya dan mengatakan "I would very much like to be excluded from this narrative.." yang kemudian ditutup dengan "SHUT UP!" dari seluruh Taylor Swift.


"I would very much like to be excluded from this narrative.." merupakan potongan kalimat dari pernyataan klarifikasi Taylor Swift yang ia unggah di akun instagram pribadinya. Dan kemudian kalimat itu dijadikan bahan olok-olok oleh para netizen.

Bagian penutupnya ini memang berasa luar biasa banget ya, Taylor Swift secara berani mengolok-olok dirinya sendiri dengan semua hinaan yang ia terima selama ini. Sepertinya memang itu ya arti tersembunyi dari MV ini, MV ini merupakan kumpulan hinaan-hinaan yang ia terima selama ini. Pada akhirnya, ia menerima semua hinaan itu, dan akan menguburnya bersama the old Taylor Swift dan segera move on dengan dirinya yang baru.

Simbolisasi penguburan dan matinya the old Taylor ini terlihat dari dihapusnya segala macam history di semua sosial medianya tepat sebelum single "Look What You Made Me Do" ini dirilis. Semua cerita dirinya yang lalu bersama semua negatif komen yang ditujukan pada dirinya telah dihapus dan sekarang Taylor Swift siap membuka lembaran baru lagi.

And that's it. Sotoy analysis from me about this latest MV Taylor Swift. Masih banyak juga detail-detail yang mengandung pesan rahasia lainnya seperti nama "Nils Sjoberg" pada nisan yang muncul di awal MV. Dan salah satu quotes dari Shakespeare "Et tu Brutu" yang tertulis pada tiang singgasana Taylor Swift. Rasa-rasanya masih pengen ngejabarin banyak hal, tapi takutnya postingan ini bakal panjaaaaaaaaaaaanggg nggak kelar-kelar. Hihiii

Jadi sampai sini dulu ya postingan ini. Sekali lagi semua yang diatas merupakan analisa sotoy yang juga muncul setelah baca beberapa info disini dan disana. Kalo ada yang keliru mohon dikoreksi dan dimaafkan yaaaa. Oh ya, kalo kamu punya analisis versi kamu juga tentang MV ini, boleh juga loh ditulis di kolom komen. Nanti bisa aku tambah di postingan ini dengan credit nama kamu juga tentunyaaaa. Hihiii.

Jadi, siapa yang nggak sabar juga nungguin album barunya Taylor Swift keluar? Pasti masih banyak lagu keren dengan pesan-pesan rahasia lainnya juga ya di album ituuuu😏😏😁😁
11 comments on "Pesan Tersembunyi Taylor Swift pada Music Video "Look What You Made Me Do""
  1. OMG aku masih inget banget gimana Kanye ngeinterupsi Taytay di atas panggung ituuu.. Gemes banget liatnya ya masak, gemes sebel.. :D Ah, video klip ini keren banget sumpah.. Banyak message tersembunyi yang gak sembunyi2 amat sebenernya ya.. Hehe.. Jadi omongan di mana-mana nih klipnya..

    ReplyDelete
  2. Buzzfeed banyak nih yang nulis artikel soal MV ini.

    ReplyDelete
  3. Sukaaaa analisanya. Dan menurutku tyty sekarang keren banget πŸ˜„

    ReplyDelete
  4. Aku juga ngikutin musiknya TS. Tiap album nuansanya beda ya dan selalu ada cerita baru..

    ReplyDelete
  5. Kereen, kamu bener2 fans nya ya mbaa :D. Aku jrg dengerin lagu2 TS sih, krn selera musikku jg cendrung ke rock metal, tp baca ini, aku jd penasaran ama lagunya, dan perselisihan2nya ama artis lain itu hihihi... Btw, setelah dengerin lagunya td, ternyata emang asyik kok didengerin :)

    ReplyDelete
  6. Apa yah aku binun hihi cuma suka lagu blank space aja. Analisanya panjang yah mantap raga

    ReplyDelete
  7. Aih analisanya dalem bangeet. Aku syukaa. Kerenn. Selama ini aku suka karya karyanya Taylor Swift dan masa bodo deh ada yang kritik dia karena lagunya sindir mantan. Lagunya emak enak kok. Makasih tulisannya. Jadi tau alasannya nggak sekedar denger doang :p

    ReplyDelete
  8. Yeah, karena postingan ini aku lalu penasaran liat MV-nya dari awal sampe akhir. Selama ini cuma seneng dengerin lagu-lagunya Taylor Swift tanpa ngeh vidklip-vidklipnya, haha.

    ReplyDelete
  9. Wow, saya sih bukan fansnya. Gara2 dulu sering denger 'you belong with me' doang jadi tahu TayTay. Lagian di berita ada disebut ya jadi tahu ya. Baru buka yutup aja ada klip terbarunya.
    Tauk deh singer disana, bales2annya pake lagu...daripada pake status kali ya

    ReplyDelete
  10. ooo ternyata begitu toh, aku sempat bingung kenapa taylor banyak banget hater nya secara aku ga ngikutin perkembangan gosipnya. cuma sering dengerin musiknya aja di youtube. tapi tiba tiba tengah malam dapat pesan line nya taylor yang isinya video ular dan profile pic nya ga ada aku mikir dibajak orang nih, pas liat instagramnya semua fotonya ilang kecuali video ular nih jadi tambah yakin nih pasti dibajak nih. duh kasiannya taylor, tapi sekaligus salut dengan semua usahanya.

    ReplyDelete
  11. Hehe aku pun ngerasa MV kali ini agak weird, dan somehow too emotional dibanding MV TS sebelumnya. Tapi aku juga ikutan salut ke dia, karena berani merangkai banyak kejadian buruk jd sebuah lagu yg eargasm kyk gini. Heheh...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature