Menjalankan Quality Time Bersama Anak Saat Bulan Ramadan, Kenapa Enggak?

on
Jumat, 16 Juni 2017

Ramadan tahun ini sebenernya cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena rencananya aku mau lebih mengenalkan Luna dengan puasa. Iya, tahun-tahun sebelumnya aku masih baru sebatas mengenalkan apa itu sahur dan puasa. Tapi untuk menjalankannya sendiri sama sekali belum. Nah tahun ini diusianya yang hampir 7 tahun, aku mulai mengajarkan Luna berpuasa. Apalagi temen-temen di sekolah dan di tempat lesnya rata-rata bahkan udah berpuasa minimal setengah hari sampai satu hari full. Duh mama Dian kan jadi galau ya, masa mama yang lain bisa, tapi aku nggak. Huhu.

Tapi ternyata mengajak Luna untuk berpuasa nggak bisa semudah mengedipkan mata. Tentunya ada tahapan dan proses yang mesti dilewatin dulu sebelum anak kecil ini bisa berpuasa sehari full. Memberitahu Luna tentang puasa juga tentunya nggak bisa cuma dengan selewatan ucapan aja, tapi juga harus siikuti dengan contoh dan pembicaraan dari hati ke hati. Kalo cuma nyuruh puasa dengan selewatan ucapan doang, anaknya belom tentu bisa nangkep apa itu makna puasa yang sebenarnya kan. Jadinya mama Dian harus ngajak Luna quality time dulu berdua, biar bisa bicara dari hati ke hati sama Luna.

Quality Time Berdua Anak Saat Bulan Puasa, Kenapa Nggak?

Jadi sebagai ibu rumah tangga, walaupun rasa-rasanya pekerjaan rumah tangga jadi lebih padet saat bulan puasa tapi juga sebagai ibu kita nggak boleh lupa untuk meluangkan waktu dengan anak-anak. Biar anak-anak kita juga semakin mendapatkan suasana bulan Ramadan yang sebenernya. Jadi quality timenya bisa nih saat ngabuburit. Kaya mama Dian sama Luna kadang pas Luna moodnya bagus, kita belajar baca iqra' berdua. 


Setelah dapet satu halaman Iqra', mama Dian lanjut dengan pembicaraan tentang Ramadan dan bulan puasa. Ngobrol santai aja tapi tetep lakukan sentuhan-sentuhan sayang dan kontak mata dengan Luna, dan nggak lupa juga untuk ngasih perhatian penuh saat Luna lagi ngomong. Lewat obrolan-obrolan santai kita saat itu juga aku bisa masukin sedikit sedikit obrolan dan ajakan tentang puasa. Alhamdulillah anaknya mau dengerin dan mulai tertarik untuk menjalankan puasa.

Selain baca Iqra', kadang pas ngabuburit aku uga suka ngajak Luna quality time sambil main berdua. Atau sambil beli takjil atau membuat takjil. Yang penting beraktivitas berdua dan memberikan perhatian penuh ke Luna. Banyak banget sih sebenernya kegiatan bemanfaat yang bisa kita jadikan quality time bersama anak-anak kita. Waktu ngabuburit sih menurut aku paling pas karena saat itu udah menjelang waktu berbuka puasa. Hehe.

Kebetulan banget nih mama Dian sama Luna kemarin nemuin satu kegiatan quality time bareng di bulan Ramadan ini bareng sama camilan favoritnya Luna yaitu Lotte Choco Pie.

Ramadan Together Lotte Choco Pie di Mesjid Baitussalam Billy&Moon Kalimalang

Siapa sih yang nggak mau ngabisin kegiatan seru bermanfaat dengan bertabuan hadiah pula bareng sam Lotte Choco Pie? Luna aja semangaaaaatttt banget pas aku ajak ke acara #RamadantogetherLotteChocoPie ini.

Tepatnya tanggal 10 Juni kemarin, tepat ba'da Ashar acara #RamadantogetherLotteChocoPie ini dimulai. Mama Dian, Luna dan Abang udah berangkat dari rumah sebelum waktu Ashar. Kebetulan memang mesjidnya nggak terlalu jauh sih dari rumah, jadi pas sampai di sini alhamsulillah acaranya belum dimulai.



"Mah! Itu Lotte Choco Pie!" Pas baru sampe aja Luna udah semangat banget liat stand Lotte Choco Pie yang ada tepat di halaman depan Mesjid Raya Baitussalam Billy&Moon ini.



Yes, ada dua stand besar di halaman depan Mesjid Raya Baitussalam Billy&Moon ini. Anak dua ini piun langsung excited mendekati standnya. "Wah banyak Lotte Choco Pie" Kata Luna yang saat itu masih puasa setengah hari.



Di stand pertama udh rapih dengan segala macam peralatan untuk Pastry Kid Class yang akan dibuka sore itu. Luna udah kegirangan banget nih karena dia mau banget ikutan Pastry Kids Classnya.


"Mah ada bulan bentuknya Lotte Choco Pie" Di stand sebelah kanan, ada tempat photoshoot yang lucu dengan Lotte Choco Pie yang berbentuk bulan sebagai backdropnya. Mama Dian, Luna sama Abang langsung aja mintain tolong mak Febri untuk motoin kita bertiga disini. Makasi fotonya mak Feb😘

Di depan backdrop ini juga ada replika mesjid dari box Lotte Choco Pie dan ada juga tempat anak-anak bermain puzzle Lotte Choco Pie. Kalo berhasil menyusun Puzzlenya dapet hadiah dari Lotte Choco Pie loh. Seru kaaannn?😁

Setelah puas melihat-lihat dan berfoto di standnya, mama Dian pun langsung menuju ke lantai dua mesjid untuk sholat Ashar dulu sebelum acaranya dimulai.

Pastry Kids Class with Chef Nanda Young


Acara dibuka dengan sambutan kak Gideon sebaai MC dan langsung lanjut deh ke kegiatan pertama sore itu yaitu Pastry Kids Class, yang dipandu oleh Chef Nanda Young. Siang itu Chef Nanda yang kids friendly ini siap untuk mengajarkan anak-anak menghias Lotte Choco Pie dengan Fondan warna-warni dan confetti yang edible to eat.




Luna pun semangat banget mendengarkan step bu step dari chef Nanda. Mulai dari menguleni fondannya, mencetak fondan dengan bentuk yang Luna suka dan terakhir menghiasnya dengan berbagai macam confetti kecil warna-warni yang lucu lucu bangeeettt. 


Nah ini dia nih hasilnya Luna. Lumayan yaaaahhh.. Hihihii. Dan ternyata setelah semua aak-anak selesai menghias Lotte Choco Pienya, Chef Nanda berkeliling untuk menilai hasil karya anak-anak karena 3 karya terbaik akan mendapatkan hadiah dari Lotte Choco Pie. Tapi yang nggak menang kaya Luna juga tetep dapet hadiah kok yaitu dompet koin berbentuk koala dan 1 buku sticker koala yang lucu bangeeeetttt.


Nah kalo yang diatas ini hasil menghias Lotte Choco Pie punya Chef Nanda, lucu dan keren banget yaaaa. Kalo Chef memang nggak perlu diragukan lagi sih ya kemampuannya. Hihiii.

Ramadan Together Mom and Kid Choco Pie Competition


Nah acara selanjutnya adalah acara yang ditunggu tunggu oleh para mama nih. Kompetisi menghias Lotte Choco bersama anak. Disini para mama dituntut untuk kompak bareng anaknya dlam menghias Lotte Choco Pie.



Karena tadi pas pastry Kids Class Luna udah ikut, sekarang di kompetisi menghias Choco Pie mom and kid ini, mama Dian ajak Abang deh. Tuh liat Abang serius banget saat menggiling si fondannya. Oh iya seperti Pastry Kids Class sebelumnya, akan dipilih 3 tim terbaik untuk menjadi pemenangnya. Walaupun mama Dian nggak emmang tapi yang penting Abang happy banget loh main-main sama fondan, cetakan dan confettinya. Hihi.

Puppet Show Bersama Kaka Muis dan Interactive Tausiyah Bersama Ustd. Wildan



Acara pun dilanjutkan dengan Puppet Show bersama Kak Muis dan bonekanya Monty. Puppet Show ini diadakan di dalam mesjid dengan mengundang 50 anak yatim piatu. Wah seneng banget bisa liat Lotte Choco Pie berbagi berkah dan kebahagiaan dengan para adik-adik ini di hari itu.


Selanjutnya setelah Puppet Show, Ustd. Wildan segera mengambil alih untuk interactive tausiyah. Tema tausiyahnya adalah tentang sahur saat berpuasa. Sahur inilah yang membedakan puasa umat islam berbeda dari puasa umat ang lainnya.

Selesai interactive tausiyah, langsung dilanjutkan dengan berbagi dengan adik-adik yatim piatu ini. If only you can see their happy face, pasti yang liat juga ikutan bahagia deh. Alhamdulillah ya mama Dian bisa jadi saksi kebahagiaan mereka sore itu.. :')


Acara pun ditutup dengan foto bersama para emak blogger dan perwakilan Lotte Choco pie yang hadir sore itu. Alhamdulillah ya mama Dian dapet kesempatan hadir di acara yang menyenangkan dan bermanfaat sekali di bulan Ramadan ini.

Jadi mama-mama yang lain gimana? Suka menghabiskan quality time juga nggak sih bareng anak di bulan Ramadan ini? Oh iya yang sekitaran BSD bisa juga loh dateng ke acara #RamadantogetherLotteChocoPie di mesjid Al Ikhlas BSD pada hari Sabtu 17 Juni dan Minggu 18 Juni besok. Banyaaaaak banget kegiatan seru dan menarik yang bisa mengisi waktu ngabuburit kita bersama anak di acara #RamadantogetherLotteChocoPie ini. Info lengkapnya bisa dilihat di bawah ini ya..


Untuk yang rumahnya jauh dari BSD, nggak boleh sedih. Yuk tetap quality time bareng anak terus ikutan yang satu ini aja nih.. Hihi


Ramadan Together Online Photo Contest Lotte Choco Pie. Syarat lengkapnya bisa diliat diatas atau bisa aja langsung klik http://ramadantogether.lottechocopieindonesia.com/ untuk info selengkapnya. Ngiler nggak sih sama hadiah utamanya? Ke Bali sekeluarga looohhh. Asik banget kaaaannn😍

Gimana nih mams? Suka quality time bareng anak dengan aktifitas apa aja selama bulan Ramadan ini? Boleh cerita-cerita di kolom komen di bawah ini yaaaa😘
15 komentar on "Menjalankan Quality Time Bersama Anak Saat Bulan Ramadan, Kenapa Enggak?"
  1. Aku dan anak-anak suka banget nih acara choco pie

    BalasHapus
  2. Sama-sama mama Dian xixi, fotonya cetar secetar model ciliknya tuh wkwkkw. Btw bener banget ngajarin anak puasa itu ga segampang pemikiran kita ya xixi. Ayoo semngat Una dan Mama Dian xixi, dan namanya mendekatkan diri pada anak itu yang penting berkualitas ya meskipun sebentar

    BalasHapus
  3. Luna manis banget ya cetakan mama Dian banget *hihi* semoga makin pinter puasanya ya Nak ya... tiap buka puasa minta choco pie sama mama :D *itu sih sogokannya Keyaan*

    BalasHapus
  4. Quality time bareng anak mah enggak ada alasan kenapa ya.. Mau puasa atau enggak harus tetep ngabisin waktu bareng anak. Supaya apa? Supaya makin kuat bondingnya dan anak pun makin hepiiii

    BalasHapus
  5. Pastry Kids menyenangkan. Apalagi chefnya bisa menyampaikan dengan baik ke anak-anak :)
    Jadi instruksi dilakukan dengan baik

    BalasHapus
  6. Iya Mak. Memang butuh proses dan kesabaran ngajarin anak berpuasa itu

    BalasHapus
  7. Ngajarin anak puasa memang haris sedikit demi sedikit. Dimas juga cuma sampe jam 10.
    Acara ini bisa jadi moment yg tepat ajarin anak puasa, karena ngabuburitnya seru

    BalasHapus
  8. Wah acaranya seru dan bermanfaat sekali ya..

    BalasHapus
  9. Wah kemarin sempet mampir lewat di depan BillyMoon pas tanggal 10, pantes rame ya di mesjidnya.. Ternyata acara ini toh, seru ya pasti kalo ajak anak-anak ke acara semenarik ini..

    BalasHapus
  10. Waaaah, anaknya serius banget ya mbak menghias lotte choco pienya, hasilnya lucu banget gitu pulaaa

    BalasHapus
  11. Foto fotonya seru banget, bikin mupeng emak emak nih pasti buat ikutan juga.

    BalasHapus
  12. Woogh, deadline lomba 24 juni yaaa. Mau ngejar aah, sapa tau menang ke Bali ya nggaa

    BalasHapus
  13. seru ya, gak nyesal meskijauh2 alhamdulillah banyak ilmu buat emak dan anak

    BalasHapus
  14. una mukanya mama dian banget hihi abang pun mukanya ceplokan apihnya mama dian .... duh salfok XD

    acara kayak gini cocok banget buat quality time dengan anak, ada menghias kue dan ada puppet show jugak

    BalasHapus
  15. Bagus banget acaranya ya Mbk, anak-anak pasti happy

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature