Saat Keluarga yang Susah Makan Buah dan Sayur menemukan #DeleasyousWaytoHaveVeggie

on
Sabtu, 20 Mei 2017

Alkisah, hiduplah sebuah keluarga yang kesemua anggotanya nggak terlalu suka memakan buah dan sayur. Lalu apa yang akan terjadi dengan mereka?

Lebih tepatnya apa yang akan terjadi sama keluarga aku? Karena papa Api, Una dan Abang nggak terlalu suka mengkonsumsi buah dan sayur. 

Iya, mungkin semuanya emang berawal dari aku juga, sebagai mamanya anak-anak yang nggak membiasakan anak-anak makan buah dan sayur semenjak mereka kecil dulu. Karena pada dasarnya akupun juga cuma suka sama beberapa jenis sayuran aja. 

Jadinya, dulu jaman Una Abang masih MPASI, aku nggak bisa ngasih mereka makanan bayi yang bercampur sama sayuran yang nggak aku suka, karena aku aja nggak bisa makan sayuran itu, jadinya aku mikir, anak-anak juga pasti nggak akan suka karena rasa sayurnya nggak enak. Dan akhirnya kebawa deh sampe mereka besar sekarang. Seandainya saat itu ada cara #EnakTapiSehat dalam mengkonsumsi sayur dan buah yaaa.. Huhuhuhu. 

Una anak pertama aku, nggak suka semua buah kecuali apel, dan pisang yang rasanya masih bisa dia tolerir tapi sebatas beberapa gigitan aja. Anak kedua aku alhamdulillah suka berbagai jenis buah. Tapi dua anak ini, susah banget makan sayur. Harus dengan berbagai macam bujukan, rayuan dan ancaman baru mereka mau masukin sayur ke mulut mereka. Suami juga bukan tipe orang yang suka makan sayur, dia cuma suka beberapa jenis buah dan sayur. Kalo pas aku masak sayur yang nggak dia suka, ya dia memilih untuk nggak makan sayur sih.. Kadang sayur yang anak-anak suka beda sama sayur yang suami suka, aku mesti masak beberapa macam menu supaya semuanya mau makan sayur.

Padahal aku nggak selalu bisa masak setiap hari. Seharipun kadang cuma masak beberapa menu aja, biar pas sekali makan habis dan nggak mubadzir. Jadi menyediakan menu makanan lengkap dan sehat ala perfect mother pada umumnya, sama sekali bukan keahlian aku. Terlepas dari itu, emang kadang aku suka khawatir, kira-kira kebutuhan buah dan sayur suami dan anak-anak bisa terpenuhi nggak ya..?

Emang apa sih masalah yang sering terjadi kalo anak-anak kurang mengkonsumsi buah dan sayur? Sampai saa ini yang sering terjadi ya kurang lancarnya pencernaan, daya tahan tubuh yang menuruh, gampang terkena flu, dan sariawan. Kalo udah sampe kena flu dan sariawan, baru aku berjuang memasukkan vitamin C ke tubuh mereka dengan berbagai macam cara.

Saat mereka sakit dan setelah mereka sakit, biasanya aku menggiatkan lagi asupan buah dan sayur untuk mereka. Dan setelah sehat lagi, baru deh kelupaan lagi memberikan asupan buah dan sayur secara rutin ke papa Api dan anak-anak. Huhuhu

Dan kebetulan banget nih, kemarin aku dapat sebuah undangan untuk menghadiri event dari Ngobras, Ngobrol Bareng Sahabat bersama #VegieFruitPremium. Acara yang bertema "Ibu Cerdas Pastikan Asupan Buah dan Sayur Keluarga Terpenuhi" dihadiri oleh 3 narasumber. Yaitu Ibu Adelia Pramasita sebagai brand manager juice kategori PT. Kalbe Farma Tbk, dr. Rida Noor Sp. GK,  seorang dokter gizi dan Bapak Sakri Sab'atmaja SKM, Msi yang merupakan kepala Subdit, Advokasi, Kemitraan Kemenkes RI.

ki-ka: Ibu Adelia Pramasita - dr. Rida Noor Sp. GK - Bapak Sakri Sab'atmaja SKM, Msi

dr. Rida hadir pada acara Ngobras ini untuk memberikan pencerahan mengenai pentingnya buah dan sayur untuk tubuh kita. Sayur dan buah merupakan sumber serat utama dan sumber vitamin dalam tubuh kita. Dalam sehari idealnya seseorang memakan 5 porsi sayur dan buah untuk mendapatkan vitamin dan serat yang cukup untuk tubuhnya.

Duh, 5 porsi sayur dan buah, kadang masukin 1 porsi sayur untuk anak-anak aja penuh perjuangan. Uhuhuhuuu.

Fungsi dari vitamin dan serat diantaranya adalah untuk mendukung metabolisme pencernaan, sebagai energi untuk menjalankan aktifitas, sebagai pelarut kolestrol dalam tubuh kita, meningkatkan ketahanan tubuh dan untuk para wanita nih vitamin C berfungsi menstimulasi kolagen untuk elastisitas kulit sehingga dengan mengkonsumsi banyak vitamin C para wanita bisa tetap cantik dan awet muda.

Selanjutnya Bapak Sakri sebagai perwakilan dari Kemenkes RI mengajak kita semua yang hadir di acara itu untuk mensukseskan GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Sebuah gerakan yang digagas olek Kemenkes RI yang meliputi 3 hal yaitu, memeriksa kesehatan secara rutin minimal memeriksa tekanan darah, berolahraga secara teratur minimal 30-40 menit sehari dan mengkonsumsi makanan sehat terutama buah dan sayur.

Bapak Sakri membeberkan fakta, penyakit tidak menular seperti jantung, stroke dan diabetes daat ini merupakan pembunuh nomer 1 di Indonesia. Berbeda dengan masa-masa sebelum tahun 2000 dulu dimana pembunuh no 1 di indonesia adalah penyakit menular, masa-masa sekarang lebih didominasi oleh penyakit degeneratif seperti yang sudah aku sebutkan diatas. Hal ini dikarenakan berubahnya gaya hidup masyarakat di masa sekarang terutama dalam hal pengkonsumsian makanan. Makanan cepat saji penuh lemak dan kolesterol yang mudah didapat serta jarangnya mengkonsumsi saur-sayuran dan buah, merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit degeneratif pada masyarakat Indonesia.

Selanjutnya Ibu Adelia memaparkan bahwa, berdasarkan fakta-fakta yang sudah dikatakan oleh dr. Rida dan Bapak Sakri sebelumnya, Kalbe sebagai sebuah campany yang peduli terhadap nutrisi dan kesehatan berinisiatif mengeluarkan suatu minuman jus sayur dan buah yang benama Vegie Fruit Premium.


Vegie Fruit Premium merupakan minuman berkategori jus sari buah dan sari sayur yang diperuntukkan untuk para ibu bekerja maupun ibu rumah tangga yang merasa kurang dalam mengkonsumsi buah dan sayur baik untuk dirinya sendiri maupun keluarganya. Apa aja sih keunggulan dari Vegie Fruit Premium ini?


Vegie Fruit Premium ini sudah pasti terbuat dari sayur dan buah pilihan yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan juga serat. Dan yang lebih penting lagi, Vegie Fruit Premium ini, tidak menggunakan bahan pengawet, tidak menggunakan pemanis buatan dan tidak menggunakan pewarna buatan. Jadi udah pasti 100% sehat ya.


Dan yang nggak ketinggalan juga, rasanya enak! Carrot Squeeze yang merupakan perpaduan dari wortel, nanas dan jeruk ini sama sekali nggak ada rasa wortel-wortel mentahnya. Bener-bener #ItsDeleasyousVeggie! Beda kan sama jus wortel asli yang kadang masih berasa rasa wortel mentahnya. Kalo ini rasanya asli enak dan seger banget. Oh iya dan karena Vegie Fruit Premium ini nggak menggunakan pengawet sama sekali, jadi kalo bisa setelah dibuka botolnya langsung dihabiskan ya.

Dengan harga sebotol 8000 rupiah aja, kita bisa mendapatkan minuman sari buah yang berasal dari buah-buahan yang berkualitas dan terjamin kebersihannya. Serta bebas pengawet, pemanis buatan dan pewarna buatan. Plus praktis dan mudah dibawa.


Vegie Fruit Premium ini bisa diminum oleh anak-anak hingga dewasa juga loh. Solusi banget nih untuk papa Api yang jarang makan sayur dan buah, dan Una Abang yang juga susah makan sayur dan buah. Mereka nggak mungkin nggak suka Vegie Fruit Premium ini. Seger banget soalnya rasanyaaaaa. Sehat karena kaya vitamin dan serat juga kan bonusnya. Hihi.

Alhamdulillah ya sekarang udah dapet satu jalan keluar untuk pemenuhan vitamin dan serat keluarga. Pas banget nih apalagi Ramadhan udah di depan mata, pas nggak puasa aja susah memenuhi memenuhi 5 porsi buah dan sayur setiap hari. Apalagi pas puasa nanti. Jadi bisa lah nyetok Vegie Fruit Premium ini untuk pemenuhan vitamin dan serat selama berpuasa yaaa.. Awal bulan nanti, berarti harus masukin Vegie Fruit Premium di daftar belanja nih. Hehe.

Ngomong-ngomong aAda juga nggak yang punya keluarga yang susah makan buah dan sayur kaya keluarga aku? Gimana nih tips triknya untuk pemenuhan serat dan vitaminnya? Cerita-cerita di kolom komen yaaaa
8 komentar on "Saat Keluarga yang Susah Makan Buah dan Sayur menemukan #DeleasyousWaytoHaveVeggie"
  1. Mauu minumannya, pasti seger banget tuh.

    BalasHapus
  2. aaggghhhhhh aku mau cari ntr.... kalo aku sih suka banget sayuran mba,,, tp papinya dan anakku yg pertama, beeuuuuh kayak disuruh makan racun aja kalo udh masak sayuran -__- .. coba ah, ntr aku ksh jus ini, moga2 jd suka :).. 1-1 nya sayuran yg aku ga suka itu wortel.. duuuuh, kalo udh dibikin sop, itu aku minta ART ku motongnya kecil2, biar rasa wortelnya ga terlalu berasa ;p... dan hrs sampe lembek, krn kalo masih crunchy rasanya wortel bgt hihihi ;p..

    BalasHapus
  3. Anakku termasuk nggak suka sayur dan buah. Tapi kalau dalam bentuk jus mau. :(

    BalasHapus
  4. Wah, kayanya para Bunda wajib beliin ini buat anaknya, ya? :D Makanan tinggi serat kan bagus untuk kesehatan. Nggak melulu karbohidrat yang bikin ngantuk

    BalasHapus
  5. kebetulan anak saya susah makannya

    BalasHapus
  6. Mbak, anakku yg pertama juga susaah banget makan sayur da macem-macem buah. Padahal pas mpasi kuksih segala macam jenis sayur, eh besar malah picky eater huhuhu
    Sempat terbersit buat beliin vitamin semacam veggie fruit gt deh.

    BalasHapus
  7. pengen cobain belum kesampean juga hahaha karena cuman aku doank yg ga suka sayuran smenetara anak n suami aku paksa suguhin makan sayur n buah lah licik snediri yak hahahah

    BalasHapus
  8. Mak Diaan, mpasi anak2 sayurnya sesuai yg mamanya suka aja ya hihi,lucu.. Gavin pas mpasi nyobain semua sayur,tapi ga ngaruh juga si mak,udah gedenya ga doyan sayur juga...Hiks. Veggie ini bagus banget, beneran tanpa pengawet dan pemanis buatan ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature