Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hallo Bumil: Aplikasi Kehamilan Interaktif

Hallo bumil Aplikasi Kehamilan

"A mother's joy begins when new life is stirring inside. When a tiny heartbeat is heard for the first time, and a playful kick reminds her that she is never alone." -Unknown

Dear calon mama, bagaimana perjalanan kehamilannya? Apakah semuanya lancar dan berjalan indah sebagaimana yang biasa kita lihat di film-film? Kalaupun nggak berjalan seindah yang biasa kita lihat di layar kaca kita, nggak usah khawatir ya ma, karena memang begitulah kehamilan yang sebenarnya. Penuh warna-warni sekaligus kejutan yang nggak diduga-duga.

Keingetan dulu jaman pertama hamil Luna, aku adalah seorang ibu yang clueless mengenai kehamilan. Pas udah mendekati waktu kontrol ke obsgyn, banyak banget sederet pertanyaan di kepala yang mau ditanyain langsung, tapi pas udah berhadapan sama dokternya mendadak aku lupa pertanyaan-pertanyaan itu. Ngalamin yang begini juga nggak, Ma? 

Foto hamil juga nggak ada satupun di kehamilan kedua aku. Di kehamilan pertama ada cuma 1 foto yang diambil secara nggak sengaja. Sekarang pas liat foto itu langsung terkenang-kenang, "Ya ampun, dulu ini jaman hamil Luna ya.." Nyesel banget karena cuma punya satu foto itu aja. Padahal kan masa-masa kehamilan anak kita nggak akan pernah terulang lagi ya, setiap anak punya masa-masa kehamilan yang beda-beda.

Dan setiap kehamilan pasti juga diikuti dengan mitos-mitos tertentu, rata-rata para mama bakal setengah percaya, setengah nggak percaya pada suatu mitos. Namanya juga menyangkut buah hati yang kita kandung ya, pengennya segala yang terbaik untuk dia. Jadi kalo bisa segala sesuatu yang buruk-buruk pasti dihindari ya, apalagi yang berdampak langsung dengan bayi yang kita kandung. 

Segala sesuatu tentang kehamilan, apalagi kehamilan pertama memang pasti cukup membingungkan untuk para bumil ya. Pengennya punya foto kehamilan yang bagus, punya tempat yang menjawab semua kegundahan di hati mengenai mitos-mitos yang ada, pengennya yang terbaik pokoknya untuk kehamilan itu. Dan ternyata ada satu aplikasi kehamilan yang ciamik, yang bisa menemani kita melewati masa-masa kehamilan kita.  Namanya adalah, Hallo Bumil, sebuah aplikasi kehamilan yang dibuat oleh PT. Cakra Radha Mustika serta Prenagen ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui dan Kalbe Nutritionals yang menjadi sponsor utama apss Hallo Bumil

Aplikasi Kehamilan Hallo Bumil


Udah pernah denger aplikasi Hallo Bumil ini ma? Namanya memang terdengar baru ya, karena Hallo Bumil ini sebenernya adalah nama baru dari aplikasi lamanya yaitu ILuvUBaby. Walaupun aku lagi nggak hamil, tapi aku penasaran sama aplikasi ini, maklum hampir 7 tahun lalu waktu hamil Luna, belum ada ya aplikasi semacam ini. Makanya kemarin aku coba download Hallo Bumil ini di playstore. 

Dan pas udah selesai download, aku langsung nyoba-nyobain aplikasi ini. Dan aku langsung jatuh cinta dong sama aplikasi. Setelah coba-coba beberapa saat, rasa-rasanya aku mau hamil beneran supaya bisa beneran menggunakan aplikasi ini. SUKA BANGEEET pokoknya sama aplikasi kehamilan Hallo Bumil ini. Nih ya, aku rangkum dibawah ini  7 keunggulan aplikasi Hallo Bumil, yang ngebuat aku jatuh cinta dan langsung ngebuat aku pengen hamil lagi:

Kenapa Bumil suka menggunakan aplikasi kehamilan Hallo Bumil?

Tampilannya cantik


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Tampilannya Cantik. Aku suka sekali perpaduan warnanya. Dominan warna pastel yang memanjakan mata. Warna dasarnya perpaduan dari warna peach, salmon dan coral dengan sentuhan warna hijau tua. Nyaman banget pokoknya liat aplikasi ini. Hallo Bumil ini juga userfriendly juga, mudah digunakan dengan menggunakan bahasa indonesia. 

Membantu memperkirakan Usia Janin dan tanggal kelahiran


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Membantu memperkirakan usia janin dan duedate kita. Jadi di awal-awal membuka HalloBumil, kita akan diberi beberapa pertanyaan untuk memastikan kehamilan kita. Setelah kita memang sudah positif dinyatakan hamil oleh dokter, Hallo Bumil meminta kita memasukan tanggal menstruasi terakhir kita untuk memperkirakan tanggal kelahiran bayi kita sekaligus melakukan countdown sampai tibanya waktu perkiraan kelahiran bayi kita. Jadi berasa punya cara mudah merencanakan kehamilan ya.

Memberikan informasi detail pertumbuhan janin


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe
Memberikan informasi detail pertumbuhan janin. Sesuai dengan perkiraan usia janin kita, disediakan ilustrasi yang berbeda-beda setiap minggunya tentang perkembangan janin di dalam kandungan kita. Jadi mama-mama bisa mengira-ngira dan membayangkan seperti apa sih bentuk dari janin yang ada di dalam kandungan kita setiap minggunya.

Merekam informasi dan kontrol kehamilan


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Merekam informasi kontrol kehamilan. Cukup dengan memasukkan data berat badan kita setiap minggunya, aplikasi Hallo Bumil bisa membantu memantau perkembangan janin kita. Dan juga memberi gambaran dan informasi apakah penambahan berat badan kita normal atau tidak di setiap minggu kehamilan. 

Memberikan artikel menarik seputar kehamilan


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe
Memberikan artikel menarik seputar kehamilan. Di dalam aplikasi Hallo Bumil juga terdapat banyak artikel-artikel menarik. Artikel ini membahas tentang mitos-mitos kehamilan dan juga mengenai nutrisi-nutrisi yang penting bumil dapat selama masa kehamilan. Ada juga artikel yang dikategorikan di setiap minggu kehamilan, artikel-artikelnya udah dirangkum sedemikian rupa sehingga cocok dibaca pada usia kehamilan kita. Nggak perlu repot-repot googling-googling artikel lagi dong yaaa.

Membantu menyimpan foto kehamilan


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Membantu menyimpan foto kehamilan. Nah pada aplikasi Hallo Bumil ini juga tersedia album yang bisa menyimpan foto-foto kehamilan kita. Udah disediain tempatnya sendiri bahkan untuk foto mingguan, atau kalo mau foto ganungan yang nunjukin perut kita makin lama makin besar juga bisa di bagian gabungan foto. Jadi kalo punya aplikasi Hallo Bumil ini, foto-foto jaman hamil bisa tersimpan rapi deh.

Menyediakan konsultasi kehamilan via telepon


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Menyediakan konsultasi kehamilan via telepon. Ini nih yang paling keren, walaupun aku belum sampe cobain sendiri siiihhh. Hihi. Tapi sedari awal aku pasang aplikasi Hallo Bumil ini, udah ada notif yang meminta izin supaya aplikasi Hallo Bumil ini bisa membuat panggilan di handphone kita. Dan aku juga baca beberapa komentar di Playstore tentang aplikasi ini, banyak pengguna yang bilang bahwa pihak aplikasi akan menghubungi kita sesekali untuk menanyakan seputar kehamilan kita. Duh asik kan kalo bisa tanya-tanya sedikit tentang kehamilan via telepon dengan ahlinya?

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe
Dan akupun tertarik untuk baca kolom komentar di Playstorenya tentang aplikasi Hallo Bumil ini. Banyak banget komentar positif yang masuk. Terutama ada bagian dimana pemberitahuan-pemberitahuan notifikasi seputar kehamilan yang diberitahukan dengan sudut pandang bayi yang ada di dalam kandungan kita. Jadinya berasa dede bayinya langsung yang lagi chat sama kita loh, Ma.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Yang tertarik untuk mendownload apps Hallo Bumil ini, bisa langsung menuju ke Playstore handphone androidnya.

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 Jakarta


Oh iya, pertama kali aku kenal aplikasi Hallo Bumil ini adalah di Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 Jakarta - Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil (#PPEJ2017JKT) yang sekaligus mengadakan launching Pregnancy Apps Hallo Bumil ini, yang diselenggarakan di Pullman Hotel Jakarta. 

Acara yang digelar pada tanggal 8 april 2017 ini dimulai pukul 07.30 WIB. Wah pagi banget yaaaa, tapi hari itu aku tetap semangat dong menghadiri acara ini. Kabarnya bakal ada salah satu penyanyi favorit aku, Andien yang akan hadir disini. Hihihi.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Sesampainya di hall yang dimaksud, aku langsung disambut dengan dinding berwarna dominan ungu yang berisi perjalanan Prenagen menemani jutaan ibu Indonesia hingga menjadi pilihan nomor 1. Nggak salah ya kalo Prenagen menjadi pilihan no.1 untuk jutaan ibu di indonesia, soalnya dulu jaman aku hamil minumnya juga Prenagen, karena rasanya enak bangeeeettt, dan kandungannya lengkap banget untuk menemani masa-masa hamil dan menyusui.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Sesampainya aku langsung registrasi di meja Registration yang disediakan. Duh panjaaaang banget antrian di meja registrasi ini, dan rata-rata didominai oleh para ibu hamil mulai dari yang belom keliatan babybumpnya sampe yang udah keliatan besar banget perutnya. Oh iya para suami-suami juga nggak ketinggalan nih menemani istrinya 'belajar' pada acara #PPEJ2107JKT ini. Duh suami-suami siaga banget ini ya yang mau menemani istrinya disini.

Bump to Birth Expert


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Selesai registrasi, aku langsung mulai muter-muter ke area depan hall yang didominasi banyak booth-boothnya Prenagen. Mulai dari booth Bump to Birth Expert yang dipenuhi rangkaian produk Prenagen ini, disni kita juga bisa cobain satu persatu produknya Prenagen loh. Mulai dari susu kehamilan, susu menyusui smpai produk terbarunya Prenagen yaitu jus siap minum khusus kaya nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui. Duh enak banget ya jadi ibu hamil jaman sekarang, banyak tersedia produk siap minum yang kaya nutrisi dan cocok banget dijadikan minuman saat hamil maupun menyusui. Dan rasanya enak-enak bangeeeetttt! Aku nyoba sampe beberapa tester, nggak puas nyoba satu aja, rasanya bikin ketagihan. Hihihiii. 

Bump to Birth Nutrition


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Ada juga booth Bump to Birth Nutrition bareng Chef Eddrian. Disini Chef Eddrian membuat berbagai macam cemilan sehat menggunakan produk-produk dari Prenagen. Salah satu contohnya adalah smoothies dari pisang, pepaya yang diampur dengan jus siap minumnya Prenagen. Rasanya gimana? Enak dong pastinya, dan kandungan nutrisinya nggak perlu ditanyakan lagi, bagus banget ya untuk bumil dan busui.

Bump to Birth Consultation


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Lalu ada Bump to Birth Consultation yang menyediakan konsultasi gratis dari para dokter ahli untuk para peserta yang hadir di #PPEJ2017JKT hari itu. Tersedia lebih dari 5 dokter yang menyediakan membuka konsultasi untuk para peserta yang hadir pagi itu. Yang ini antriannya panjang bangeeeet, antusias para bumil ini luar biasa sekali. Kesempatan ini memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya kan, kapan lagi kan bisa nanya-nanya santai sama dokter ahli tentang kehamilan kita. Kalo lagi pas periksa hamil, berasa kurang puas sih soalnya yaaa. Hihihi.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Tersedia juga booth photo yang hasil foto cetaknya bisa langsung kita bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari acara #PPEJ2017JKT  ini loh. 

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Akupun puas banget muter-muter ke booth-booth yang ada di depan hall. Liat-liat para bumil yang antusias konsultasi dengan para dokter, liat resepresep minuman sehat yang dibuat oleh chef Eddrin, sampe nglangin haus dengan berbagai macam tester minuman Prenagen yang disediakan. Hihii. Sampai akhirnya jam 10 pintu hall dibuka, wah para peserta langsung semangat memasuki hall dan mencari tempat duduk yang nyaman untuk mendengarkan informasi-informasi seputar kehamilan yang akan disampaikan oleh para ahli di pagi itu. 

Prenagen Pregnancy Talkshow


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Acara pun dibuka dengan sambutan dari si empunya rumah yaitu presenter cantik Mona Ratuliu. Mbak Mona akan memandu acara bincang-bincang kita bersama dengan tamu-tamu yang akan hadir di 'rumahnya' pagi itu. Tuh liat juga deh, udah full semua tempat duduk yang tersedia, semua bumil dan pak suami yang menemani kompak menggunakan seragam ungu dari Prenagen. Yuk mari kita mulai menambah ilmu seputar kehamilan~

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Dua tamu yang datang kali pertama adalah dr. Budi perwakilan dari Ikatan Dokter  Obsgyn Indonesia yang mengingatkan kepada para bumil yang hadir di acara ini mengenai pentingnya 1000 hari pertama kehidupan di kecil. Persiapkan ntrisi yang terbaik untuk anak sejak pertama anak berada di dalam kandungan hingga usianya 2 tahun. Masa-masa emas mereka terletak pada 1000 hari pertama kehidupannya. Oleh karena itu asupan gizi yang cukup sangat penting di masa-masa ini. 

Selanjutnya ada Bapak Andi Wahyu Perwakilan dari PT. Kalbe Farma yang datang untuk menyambut para peserta yang hadir pada #PPEJ2017JKT. Bapak Andi menjelaskan campaign yang dibawa oleh Prenagen pada acara #PPEJ2017JKT yaitu "Terbaik untuk yang Teristimewa" merupakan persembahan khusus kepada para ibu di seluruh Indonesia. Prenagen secara khusus mengikrarkan diri untuk mendukung kesehatan para ibu di Indonesia, khususnya ibu hamil serta ibu menyusui. Prenagen mendukung para ibu untuk memberikan yang terbaik untuk janin serta bayi mereka. Oh iyam, rencananya acara #PPEJ2017 ini akan hadir di 5 kota besar di Indonesia loh.

Menyambung ucapan dari dr. Budi, Bapak Andi juga menjelaskan pentingnya nutrisi untuk para ibu hamil, salah satu asupan nutrisi yang bisa diberikan ibu untuk bayinya adalah dengan nutrisi yang terdapat dari susu hamil. Kebetulan banget nih, Prenagen punya rangkaian produk susu persiapan kehamilan, susu hamil dan susu untuk ibu menyusui. Varian dan rasanya lengkap, serta rasanya nggak perlu diragukan lagi enaknya. Apalagi kandungan gizi dan nutrisinya ya, sangat bagus sekali untuk asupan gizi para ibu. Bapak Andi juga memperkenalkan aplikasi HalloBumil yang disponsori oleh Prenagen. Aplikasi HalloBumil secara lengkap sudah aku jelaskan di awal postingan ini yaaa.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Tamupun datang silih berganti, setelah dr. Budi dan dr. Boy pamit, ada tamu lagi nih yang mau ngajakin kita ngobrol seputar kehamilan yaitu dr. Mulyaman. Kali ini dr. Mulyaman menjelaskan tentang pentingnya mnegkonsumsi susu hamil pada ibu hamil. Terutama susu Prenagen ya, karena produknya Prenagen ini lengkap banget, dimulai dari Prenagen Esensis untuk mempersiapkan nutrisi menjelang kehamilan. 

Tuh dari sebelum hamil aja, para calon mama harus udah menyiapkan nutrisi ya untuk calon penghuni rahimnya. Kenapa sih harus minum Prenagen Esensis? Karena Prenagen Esensis mengandung:
1. Zink/Seng  yang mendukung kesuburan organ reproduksi
2. Tinggi Asam Folat yang membantu proses kesuburan dan mencegah NTD
3. Mengandung Kalsium, vitamin D, Magnesium dan Fosfor
4. Serta nggak akan ngebuat gendut, karena Prenagen esensis ini rendah lemak

Nah mama-mama disini ada yang pernah mengalami muntah-muntah ngak di awal kehamilan? Ternyata 9 dari 10 ibu hamil mengalami muntah-muntah selama masa kehamilan. Dan bisa jadi faktor penyebab keadaan tersebut adalah faktor psikologis, ma. Nah berarti ibu hamil nggak boleh stress ya, dibawa enjoy aja hamilnya. Karena kalo stress cenderung bakal muntah-muntah di awal-awal kehamilannya. 

Muntah-muntah pada ibu hamil ini juga sebenernya bisa dicegah dengan asupan nutrisi yang baik loh ma. Contohnya adalah dengan meminum Prenagen Emesis, dengan nutrisi dan kandungan yang didesain untuk mengurangi muntah-muntah pada ibu hamil, Prenagen Emesis ini cocok diminum untuk ibu hamil yang cenderung sering muntah-muntah, karena mengandung vitamin B6 dan Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual dan muntah diawal kehamilan.

Selanjutnya ada Prenagen Mommy untuk menunjang asupan gizi ibu selama hamil. Selain rasa coklat dan vanilla ternyata ada varian rasa baru loh di Prenagen Mommy, yaitu rasa sari kacang hijau. Kemarin aku udah cobain testernya dan ternyata enak bangeeeet. Seger dan beda dari susu hamil pada umumnya. Hihii.

Sebenernya boleh nggak sih kalo hamil minumnya fresh milk aja nggak usah susu khusus kehamilan. Ternyata ya Ma, beda banget loh nutrisi susu biasa dengan susu khusus untuk ibu hamil.Prenagen sebagai salah satu susu ibu hamil ternyata sudah diformulasikan khusus sesuai dengan Standard Nasional Indonesia untuk minuman khusus untuk ibu hamil dan menyusui untuk membantu memenuhi kebutuhan harian di setiap tahap kehamilan.

Jadi apa sih perbedaan susu biasa dengan susu hamil Prenagen? Prenagen sebagai susu kehamilan ternyata mengandung DHA, Omega3, omega 6, Folat sesuai untuk ibu hamil, Kolin, Serat pangan, Zat Besi dan B6 sesuai untuk ibu hamil, Yodium dan rendah kalori yang tidak akan menyebabkan gemuk. Sedangkan susu biasa mengandung asam folat, vitamin B6, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, zinc lebih sedikit dibanding Prenagen serta kalori yang lebih besar daripada Prenagen. Jadi susu biasa ternyata udak kandungan gizinya minim untuk ibu hamil, juga mengandung banyak lebih banyak kalori yang bikin gemuk ya dibanding dengan susu Prenagen. Memang sebaiknya, kalo hamil, minumnya susu hamil aja yaaa.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Setelah tuntas mendengarkan penjelasan dari dr. Mulyaman, datanglah tamu yang dah aku tunggu-tunggu nih daritadi. Pasangan selebritis Andien dan Ippe.Mereka berdua mau sharing sedikit seputar cerita kehamilannya. Andien Ippe jga dateng bareng baby Kawa yang saat itu lagi bobo di belakang panggung.

Beberapa hal yang menurut aku perlu dicontoh dari pasangan ini adalah, Ippe sebangai sang suami, membanjiri kehamilan Andien dengan banyak perhatian. Ippe bilang, "Kehamilan Andien, adalah kehamilan saya juga" Uwuwuwuwuwuu. So sweet banget yaaa, emang sudah seharusnya bumils banyak disayang-sayang sama pak suami yaaa, biar sehat dan bahagia terus masa-masa kehamilannya.

Selanjutnya adalah sharing tentang masa-masa menyusui Kawa, kebetulan saat ini babay KAwa juga baru berusia 3 bulan ya. Masih ASI ekslusif langsung dari Andien. Salah satu tips dari Andien supaya lancar menyusui adalah "Dicintai oleh suami". Uwuwuwuwuwuwuwuwuuu. Terus Andien dan Ippe langsung tatap-tatapan mesra gitu di atas panggung. Duh bikin iri aja yaaaa. Eh tapi emang bener banget yang dibilang Andien ya, supaya produksi ASI kita lancar, suami harus support 100%. Kalo ada support dari suami, pasti kita makin nyaman menyusui sehingga lebih bahagia dan produksi ASI akan melimpah yaaa.

Andien juga sharing tentang susu hamil yang biasa dia minum saat hamil dan sampe sekarang saat menyusui. Ternyata Andien juga minum rangkaian produk dari Prenagen untuk emlengkapi nutrisi selama hamil dan menyusui loh. Duh, Andien, kok kita bisa sehati gini siiih? Hihii.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Selanjutnya ada dr. Boy Abidin seorang Obsgyn yang menjelaskan tentang pentingnya plasenta dalam kandungan. Beberapa kelainan plasenta bisa mengakibatkan munculnya kelaianan pada kandungan kita. Oleh karena itu ibu hamil wajib memeriksakan kandungannya sekaligus memperhatikan kandungan nutrisis selama masa kehamilannya. 

Dan ternyata, kenaiakan berat badan itu sangat normal pada masa-masa kehamilan. Yang nggak normal justru adalah kalo berat badan si ibu justru ngga naik-naik. Khawatir nanti janinnya bisa kekurangan nutrisi. Eh tapi kalo berat badannya berlebihan juga patut  diwaspadai ya, Ma. Bisa jadi karena faktor diabetes. Oleh karena itu memeriksakan kehamilan kepada bidan maupun onsgyn penting sekali agar tumbuh kembang janin bisa selalu terpantau baik dan bayi bisa lahir secara sehat dan sempurna.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Selanjutnya ada dr. Herbowo yang mau menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan tumbuh kembang anak. Ternyata tingkat kecerdasan anak 40% diturunkan dari ibunya. Tuh para pria lajang, baiknya cari istri yang cerdas biar anaknya jadi anak yang cerdas juga ya. Kalo 40% diturunkan dari sang ibu maka 60% tingkat kecerdasan anak ditentukan dari asupan gizi dan nutrisinya dari semenjak ada di dalam kandungan. Tuh makanya penting banget ya mengkonsumsi makan-makanan bergizi dan memberikan asupan gizi lengkap selama kehamilan. Termasuk minum susu kehamilan Prenagen yaa.

Oh iya jangan lupa mencatat lingkar kepala bayi setelah dilahirkan. Karena ternyata dari ukuran lingkar kepala bayi tersebut bisa dideteksi secara dini jika ada kelainan pada anak.  dr. Herbowo juga mengingatkan para mama-mama yang hadir disini bahwa setiap anak cerdas dengan kecerdasannya masing-masing. Jadi sesungguhnya membanding-bandingkan anak itu sangat tidak baik ya, Ma.

dr. Herbowo juga menjelaskam keadaan Red Flag pada tumbuh kembang anak. Red Flag ini semacam batasan tidak wajar terhadap ketidakmampuan bayi mengikuti perkembangan normal di usianya. Misalnya pada bayi 6 bulan, diusia 6 bulan bayi harus bisa mengangkat kepala, memiliki senyum sosial dan berguling. Di usia 9 bulan, bayi sudah harus bisa  duduk sendiri,merayap dan mulai diberdirikan. Di usia 1 tahun bayi sudah harus bisa mengenali anggota keluarganya dan mulai babling.  Mama harus merasa khawatir ketika bayi mama tidak mencapai batas perkembangan normal sesuai umurnya. Segera diperikasakan ke dokter ya, Ma.

Inspirasi makanan sehat untuk ibu hamil


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Setelah puas ngonrolin tentang masa-masa kehamilan dan tumbuh kembang anak, sekarang ada Chef Eddrien yang mau ngajakin kita masak-masak bareng sama Andien. Yang mau dimask merupakan makanan sehat untuk para ibu hamil yang dibuat dari campuran produk Prenagen. 


Chiaseed puding adalah menu yang dibuat oleh Chef Eddrian siang itu. Bahan-bahan dan cara membuatnya cukup mudah dan yang pastinya kandungan nutrisinya sangat baik sekali untuk bumil yaaa.

Manfaat senam hamil untuk ibu hamil


Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Setelah selesai masak-masak, bumil sekarang mau diajakin sehat dan bergerak dulu dengan senam PrenaFit bareng sama instruktur cantik Adianti Reksoprodjo. Kak Adianti menjelaskan manfaat senam pada ibu hamil, diantaranya:
- Membantu Ibu beristirahat lebih tenang
- Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan
- Meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan terutama saat menjalani persalinana dan setelahnya
- Memperbaiki suasana hati dan mampu mengurangi depresi
- Kemungkinana mengurangi resiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil
- Dapat mengurangi bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata 
- Dapat mengurangi nyeri pada punggung dan pinggang

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Selanjutnya kak Adianti juga mengajak para bumil untuk tetap menjaga postur tubuh yang baik selama hamil dengan melakukan Interior Abdominal Hold. Yaitu dengan gerakan "Tariklah perut anda ke dalam dan peluklah bayi dengan perut anda" 

Kak Adianti juga mengajak para bumil untuk rajin melakukan senam Kegel 3 x 10 repetisi setiap harinya. Senam Kegel merupakan latihan utama selama dan setelah kehamilan. Fungsi senam kegel adalah untuk memperkuat dasar panggul yang dapat membantu mencegah inkontinensia stress kemih dan prolapsi organ panggul dan pastinya akan membantu penyembuhan lebih cepat pasca melahirkan.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Setelah penjelasan-penjelasan singkat mengenai manfaat senam pada ibu hamil, Kak Adianti langsung mengajak para bumil untuk workout ringan khusus untuk para ibu hamil.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Dua ibu hamil juga diajak maju kedepan untuk langsung memperagakan workout khusus bumil tersebut. 

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Nggak cuma dua bumil diatas panggung aja, tapi seluruh bumil di acara #PPEJ20117JKT ini ikutan workout bareng biar nggak pegel-pegel karena kebanyakan duduk dan tentunya supaya lebih sehat juga ya. Para bumil semangat banget ikutan workout bareng kak Adianti. Semangat sehat untuk buah hati tercinta pastinya yaaa.

Hallobumil Aplikasi Kehamilan PPEJ2017JKT Prenagen Kalbe

Acara hari itu diakhiri dengan komitmen bersama Prenagen, Kalbe dan seluruh pengisi acara dalam mendukung "Prenagen peduli, Ibu sehat Indonesia Sehat". Yang dilanjutkan dengan toast Prenagen Juice Drink bersama-sama seluruh peserta acara #PPEJ2017JKT hari itu. Alhamdulillah acara #PPEJ2017JKT hari itu berlangsung lancar dan pastinya bermanfaat sekali untuk seluruh peserta yang hadir disana ya.

Setelah ikut acara ini, pengetahuan aku seputar kehamilan langsung nambah banyaaaak banget. Nyesel banget dulu ga pernah ikutan acara sebagus ini waktu jaman hamil Luna dan Rizqi. Inshaa Allah segala yang aku dapet di acara #PPEJ2017JKT ini akan berguna dan akan aku praktekan langsung untuk anak ketiga aku nanti. Aaaaamiiinnn. 

Terima kasih untuk undangannya Prenagen, semoga bisa berjumpa lagi di acara Prenagen Pregnancy Educational Journey tahun depan yaaa😍😍😍

www.Prenagen.com
Facebook: PrenagenWorld
Twitter: @prenagenworld
Instagram: @prenagenworld

25 komentar untuk "Hallo Bumil: Aplikasi Kehamilan Interaktif"

  1. Kok kita nggak ketemu sih kemarin hufh
    Hahaha
    Seru ya acara PPEJ 2017 kemarin mb. Banyak ilmu yang aku dapat.
    Btw keren juga ada aplikasi Hallo Bumil :*
    Bisa dipakai buat kenangan selama hamil

    BalasHapus
  2. Uwuwuwuwu so sweet banget Andien dan Ippe ya. Btw itu bumil pake heels trus senam prenafit? Gpp tuh?

    BalasHapus
  3. <3 cantik postingannya
    Etapi kita ga ketemua ya padahal aku muter2 raffi lari sana sini -___-

    BalasHapus
  4. Duh kece banget yaaa acaranya, ini postingan blognya jg kece banget. Dapet salam dr go pro kayaknya ini ��

    BalasHapus
  5. Walah, ini postingan terdengar yang aku baca. Keren. Dan aku jadi tau senam PrenaFit itu kayak apa soalnya kemarin ga nyaman sampe selesai

    BalasHapus
  6. Inis angat membantu para Bumil. Apalagi yang baru pertama hamil. :)

    BalasHapus
  7. Tulisannya lengkap sekali. Wah aplikasi ini sangat membantu ya

    BalasHapus
  8. Saya waktu hamil naik 20 kg, ngiri deh sama para bumil yang BB nya naik sedikit saja.😁

    BalasHapus
  9. Sebelum hamil dan setelah hamil aku minum prenagen loh *pamer hahaha...

    BalasHapus
  10. Weeeh lengkap banget neh tulisannya. Coba lagi awal hamil ada aplikasi beginian neh, cari informasi seputar kehamilan ga perlu kesana kemari ya.

    BalasHapus
  11. Seru banget sih mba kalo hamil sekarang2 ini yaa. Ada aplikasi lucuk kayak Hallo Bumil. Sama mbaa, aku juga sukak perpaduan warnanya.. hehe.. :D

    BalasHapus
  12. waaah info bagus nih buat kehamilanku nanti hihi

    BalasHapus
  13. Keren mba sharingnya lengkap sekali makasih yaa bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Wow lengkap banget ya acaranya. Nggak cuma pengenalan produk aja, tapi para ibu dan calon ibu juga diajak untuk mengenal lebih banyak ttg gizi semasa hamil dan diajarin senam juga, biar para ibu dan calon ibu jadi makin sehat.

    BalasHapus
  15. Jadi kepingin hamil lagi nih, biar bisa langsung interaktif di app tsb

    BalasHapus
  16. Pengen ketemu kenalan.. report nya lengkap bgddd

    BalasHapus
  17. Bagus banget ya aplikasi Hallo Bumil, jadi sangat membantu para Bumil ya.

    BalasHapus
  18. Andai pas hamil anak pertama dulu dah kenal aplikasi ini pasti enak banget.
    Btw aku jg suka minum prenagen saat hamil dulu, terutama yg emesis :D

    BalasHapus
  19. Tuisannya lengkap dan infornatif mba..:)

    BalasHapus
  20. Aseeekkkkprogram anak ketiga nih kayanya. Hehehe...
    Aku juga gitu tuh mak pas hamil dulu. Setiap ketemu dokter langsung nge blank mau nanya apa. Pas keluar ruangan baru deh "kenapa tadi nggak nanya ini ya.."

    Btw mak, aku suka banget deh liat kamu nyajiin info graphicnya. Pake aplikasi apa sih mak? AKu mau berguru nih.

    BalasHapus
  21. Seru dan excited semuanya yang ikut ya.
    Aplikasi Hallobumilnya kece, aku juga mau belajar ah, secara masih single hehehe

    BalasHapus
  22. wajib download nih..walau gak lagi hamil..tapi ilmu didalamnya tetaplah ilmu yg harus dibaca dan diketahui... yg belum nikah...pun dianjurin nih... kerren ...

    BalasHapus
  23. Wahhhh sangat membantu nih adanya Aplikasi ini ..... Thanks Infonya
    siap Download !!

    BalasHapus
  24. Terima kasih mba. Referensi baru untuk calon istri saya nanti kelak.. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama maaasss.. Makasi juga sudah berkunjung kesini yaaa.. Hehehee

      Hapus