Makanan Pelancar ASI

on
Thursday, 23 March 2017

Sebagai ibu dengan dua anak, aku pun juga mengalami dua kali masa menyusui. Alhamdulillah masa menyusui anak super mudah karena si adik cuma beda setahun aja dari kakaknya. Jadi nge-ASI-nya cuma tinggal nerusin aja. Beda sama anak pertama, pertama kalinya jadi ibu baru dengan kondisi puting rata. Menyusui jadi sesuatu yang cukup 'berat' saat itu. Cukup berat, berdarah-darah serta penuh perjuangan.

Tapi sebagai seorang ibu baru, tentunya aku nggak mau cepet nyerah juga. Dengan kasih sayang dan cinta yang mendalam untuk si kakak. *tsailah* Akupun nggak berhenti berjuang untuk memberikan ASI eksklusif untuk si kakak. Sempet ngerasain ASI kurang juga, mungkin karena faktor stress awal-awal menyusui itu. Jadi sembari mencoba untuk rileks saat menyusui, aku juga makan beberapa makanan yang dapat melancarkan ASI. Berikut ini aku share 3 jenis makanan yang sering aku konsumsi untuk melancarkan ASI:

1. Daun Katuk
Daun katuk ini biasanya dibening ya kalo aku dulu. Syaangnya aku nggak suka banget sama si daun katuk ini, karena bentuk daunnya yang mirip sama daun-daun liar dipinggir jalan. Jadi setiap makan daun katuk aku berasa lagi makan makanannya kambing.😂😂😂 Sampai sekarang aku masih benci sama si daun katuk. 

Tapi untuk khasiatnya mah udah nggak perlu diragukan lagi ya. Karena selain mengandung protein, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium dan vitamin C. Daun katuk juga mengandung asam seskuiterna yang baik untuk memperlancar ASI. Bahkan adda penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi daun katuk bisa memperbanyak produksi ASI hingga 50%.

2. Kacang Hijau
Kacang hijau ini sebenarnya udah rutin aku minum sejak masa kehamilan, kalo hamil dulu minumnya cuma air rebusan kacang ijonya aja. Pas menyusui, dimakan bareng kacang ijonya lebih bagus lagi ternyata. Karena kacang ijo mengandung beberapa kalium, protein, fosfor, zat besi, magnesium, mangan dan vitamin B1. Nah kandungan vitamin B1 inilah yang mengubah kandungan karbohidrat menjadi energi, karena biar ASI lancar, tubuh butuh banyak energi.

3.Semangka
Buah yang banyak mengandung air ini jua mengandung asam folat, kalium serta vitamin A dan C. Tingginya kadar air dalam semangka, sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan ibu menyusui. Sehingga produksi ASI akan tetap lancar.

Oh iya, jangan lupa juga bahwa ibu menyusui juga harus banyak mengkonsumsi air putih saat menyusui. Agar tidak dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan dari ibu menyusui. Kebetulan dulu aku pas masa-masa awal menyusui setiap kali mulai menyusui selalu enek dan mual. Setiap kali enek dan mual itulah aku langsung minum air putih biar berasa segeran lagi. Hehe. Mungkin efek sugesti juga kali ya, kalo baru menyusui kan rasanya kaya ada cairan tubuh yang terhisap keluar, dan aku baru tenang kalo ada cairan lagi yang masuk ke dalam tubuh menggantikn cairan yang keluar tadi. Ehehee.

Sebenernya masih banyak lagi makanan pelancar ASI yang biasanya sering dikonsumsi untuk ibu menyusui yaaa. Pokoknya jaman jadi busui dulu sepertinya aku bakal makan apa aja yang openting pasokan ASI untuk si kakak tetap lancar jaya. Walaupun harus menelan daun katuk yang mirip tanaman liar itupun tetap aku 'jabanin' untuk si kakak.

Eh tapi ternyata sekarang kalo mau memperbanyak ASI nggak perlu repot-repot makan ini itu. Karena kemarin aku sempet liat satu produk yang bisa memperlancar ASI dengan pemakaian yang praktis dan enak.

ASI Booster Tea


ASI Booster merupakan minuman teh pelancar ASI alami pertama di Indonesia yang bisa meningkatkan jumlah ASI kita hingga 100% dalam waktu 24 jam. ASI Booster Tea ini merupakan suplemen penambah ASI yang terbuat dari bahan-bahan alami.


Cara membuat ASI Booster Tea ini juga gampang banget. Karena bisa langsung dicampur ke dalam minuman favorit kita seperti jus ataupun milkshake. Bisa juga kalo mau dibuat langsung dengan tambahan gula, krimer, madu dan lain-lainnya.

Jadi kebayang deh kalo sekarang punya bayi lagi, nggak perlu repot-repot makan makanan yang paling aku benci sedunia yaitu daun katuk! Karena udah ada ASI Booster Tea ini kaaan. Mengkonsumsinya mudah, dengan cara yang enak pula dan terbukti bisa meningkatkan ASI kita hingga 900%. Wuaaaahhhhh, jadi bye-bye daun katuk, hello ASI Booster Tea!

Informasi lebih lengkap tentang ASI Booster Tea ini sila langsung klik www.nakibu.com
dan instagram @ASIBoosterTea
13 comments on "Makanan Pelancar ASI"
  1. Makanan pelancar ASI memang membantu banget tp yang paling penting adalah kondisi psikis ibu... kalo bisa dibuat happy terooos hehehe

    ReplyDelete
  2. Semangka mungkin karena airnya banyak ya, jadi dipercaya bisa memperlancar ASI :)

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalo Semangka juga bisa dijadiin ASI booster ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kandungan airnya banyak jadi bisa mencegah dehidrasi pada Busui Ly :D

      Delete
  4. Daun katuk memang paling mujarab deh kalau soal membuat asi banyak. Lebih enak lagi biar praktis pakai teh ya mbak

    ReplyDelete
  5. jadi inget dulu awal2 lahiran ;p.. aku juga minum teh booster ini pas anak bungsu lahir mba :).. memang bener berkhasiat, tapi sayangnya aku cuma minu sebentar, krn kena syndrom babyblues... jd sempet ga mau megang si baby samasekali.. so cuma bertahan 1 bulanan... sisa teh booster yg masih ada aku ksh ke adekku yg baru lahiran juga jadinya...

    ReplyDelete
  6. Wow bisa dicampur dengan minuman lainnya juga ya, Mama Dian.

    ReplyDelete
  7. Boleh neh ASI Booster, rekomendasi buat teman yang mau lahiran. Dulu saya hanya makan daun katuk dan sayuran lainnya untuk memperlancar ASI.

    ReplyDelete
  8. Kacang hijau aku suka bikin mak...
    Masih setahun Lg ngasi..^^

    ReplyDelete
  9. Masak sih semangka bisa bikin asi banyakm. .waaaah baru tau aku

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature