Anak Ujian? Santai aja ya, Mama!

on
Wednesday, 8 February 2017

Memasuki semester 2 tahun ajaran 2016/2017 ini, siapa mama-mama yang anaknya akan menghadapi Ujian Nasional? Deg-degan nggak sih Mam? Kebetulan Una dan Abang masih pada TK, jadinya aku belom tau nih gimana rasanya jadi mama yang anaknya bakal menghadapi Ujian nasional. Pasti deg-degan lah yaaaa..

(Baca juga tulisan mak Rizky: Agar Anak Semangat Menyambut UAS)

Tapi sebagai seorang anak yang dulu juga pernah melewati Ujian Nasional, aku udah tau nih kira-kira gimana perasaan si anak saat menghadapi Ujian Nasional. Nah dari pengalaman melewati Ujian Nasional itu, agaknya aku jadi bisa mengira-ngira gimana sih aku bakal bersikap saat Una dan Abang menghadapi Ujian Nasional mereka nanti? Jadi begini lah kira-kira tips untuk mama saat anak akan menghadapi Ujian Nasional:

1. Keep Calm, Don't Panic!

Sesungguhnya aku ini ibu-ibu yang agak suka panikan sih kalo menghadapi sebuah situasi. Terutama situasi tentang anak-anak. Tapi untuk menghadapi anak-anak yang akan menempuh Ujian Nasional nanti, aku akan mengusahakan untuk tetap tenang dan nggak panik. Panik dalam artian, ngejer-ngejer anaknya untuk belajar terus 24/7. Takutnya kepanikan tersebut 'nular' juga kan ke anak-anak, kalo mereka ikut panik juga saat mau menghadapi ujian, bakal mengganggu konsentrasi mereka kan Ma?

Jadi walaupun dalam hati berasa dag dig dug karena anak mau ujian, harus tetap keliatan tenang nih di depan anak-anak. Ngingetin mereka untuk tetap belajar mah teteup, ya! Tapi ngingetinnya secara santai dan baik-baik aja, nggak usah pake panik ya, Ma.

2. Full Support Penuh Semangat

Support disini dalam artian memberikan suasana yang enak untuk mereka belajar, kalo perlu beliin atau buatin beberapa minuman dan cemilan kesukaan mereka untuk menemani mereka belajar. Kalo keliatannya mereka jenuh, cuss hayuk lah ajak jalan bentar biar mereka fresh lagi untuk belajar. Kalo support dengan do'a udah pasti yang pertama ya, Ma.

3. Katakan bahwa Mama Percaya Dengan Mereka

Setelah melalui segala waktu yang telah mereka habiskan dengan belajar, tepat disaat mereka akan berangkat sekolah untuk melaksanakan ujian. Jangan lupa tatap mata mereka dan bilang bahwa mama percaya mereka pasti bisa melewati ujiannya dengan mudah dan bahwa do'a mama selalu bersama mereka. Karena 'positive thingking' itu menular dan mereka pasti lebih percaya diri dalam mengerjakan ujiannya karena mereka tau, mama selalu mendo'akan yang terbaik untuk mereka.

Nah kira-kira itulah yang akan aku lakukan 7-8 tahun mendatang ketika #UnaAbang akan menghadapi Ujian Nasional pertama mereka. Teori diatas keliatannya mudah ya, semoga prakteknya juga semudah aku menuliskan teori diatas yaaaa. Hihihi. Kalo mama-mama yang anaknya udah pernah menghadapi Ujian Nasional, apa nih yang dilakukan untuk men-support mereka? Kalo berkenan, boleh share di kolom komen ya, Ma😊
33 comments on "Anak Ujian? Santai aja ya, Mama!"
  1. Hmm, belum ngerasain sih.
    Tahunya adek yang ujian, ama anak murid.
    Tapi saya pasti sibuk, wong saya yang bikin soal.

    Ortu emang harusnya santai, jangan merasa anaknya mendekati akhir dunia. Percayalah nak, ujian hidup lebih berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Lidhaaaa bijak sekali petuahnyaa :')

      Delete
  2. Kalau dipaksa belajar habis-habisan takutnya nanti pas ujian anak kelelahan, jadi mengingatkan belajar seperlunya aja dan beri dia support penuh. Gimana ya rasanya kalo anakku udah sekolah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, kita sebagai orangtua juga harus lebih santai ya mak kalo menghadapi anak Ujiaaan..

      Delete
  3. Nah ini nih, padahal dulu pas kita ujian kupikir yang gamang cuma kitanya yak sebage siswa, mama mama kita ternyata ada yang sampe stress juga mikirin si anak bisa ngerjin ga, lulus ga hahahah, la dulu aku ujian nasional malah ditinggal ldk terus ma ibu baik itu un sd, smp maupun un sma...yah rasanya belajar sendiri padahal aslinya pengen ditemenin di samping bliau walau sekedar duduk jejeran uda bikin ayem, apalah daya dulu mamiku yermasuk orang yg sibuk hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku dulu mama ada dirumah tapi ga sampe nemenin belajar jugaaa, ngurursin adik yang masih kecil soalnyaaa. Hihiii. Mbul dari kecil berarti udah mandiri banget ya mbuuulll

      Delete
  4. wkwkwk saya udah lewat nih satu yang UN SD. Tahun ini napas dulu. Tahun depan mulai lagi :D

    Pengalaman saya pun ketika menghadapi anak UN jangan pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Mending dicicil, sehari 1 mata pelajaran yang diuji. Insya Allah lebih lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaaaah terima kasih tipsnya mak Myraaaa *langsung dicatet*

      Delete
  5. Aku ni mbak yang sering ribut n panik saat anak mo ulangan... Mksh tipsnya mbak..☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya maaaak. Heheheee

      Delete
  6. Nah iya mbak aku pengen jadi mama yang seperti itu buat anak2ku nanti ketika mau menghadapi ujian sekolah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga maaak, in shaa Allah kita bisa yaaaa.. Aaamiiin

      Delete
  7. Dulu pas sekolah malah yang panik aku mba bukan ibuku wkwkwk aku sampe sakit panas ketakutan sama UAN LOL..
    ibu selalu bilang jgn takut hasilnya jelek jika kita ngerjainnya jujur pasti Alloh kasih hasil yg baik. Jleb bgt ditambah lagi sll blg kemampuanmu ya segitu jgn maksain pgn kyk org lain. Ini yg sll tergiang dan teringat meski ibu uda ga ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaaah ibunya mak Herva bijak bangeeeet. Kalo mamaku dulu agak menuntuk ke nilai, nggak puas kalo nilai anaknya nggak bagus :')

      Delete
  8. saya seorang bapak juga kepikiran ketika anak ujian pertama kali, Alhamdulillah nilainya tidak begitu mengecewakan, was-was karena cuek dan santai sulit untuk belajar, main terus, dipikirin pusing akhirnya pasrah berdoa saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya mas, pastinya setiap anak karakternya beda-beda yaaa. Pada intinya mah teap sebagai orangtua kita nggaka akn berhenti mendoakan yang terbaik ya mas..

      Delete
  9. Bener mba. Kadang anak yangujian tapi berasa orangtua yang ujian karena ikut stres dan nyiapin itu ini. PAdahal kalau dibuat biasa aja sih bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, pastinya orangtua pengen anaknya dapet hasil yang terbaik ya maaak. makanya berasa ngejer-ngejer belajar.. Hehehee

      Delete
  10. Saya belum tau nih rasanya jadi emak2 yg anaknya UN, krn baru masuk SD anak saya. Tapi emang tipsnya bener banget mb, kebetulan tips2 itu yg sering saya kasih ke orang tua murid diskolahanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan kita bisa beneran tenang saat anak-anak kita nanti menghadapi ujian ya maaak. Heheheee

      Delete
  11. iya mbak sering emaknya lebih nerves dari anaknya. padahal si anak helu2 aja. yg penting dukungan moril dan material tetep diberikan

    ReplyDelete
  12. Wah, anak saya sih masih 8 bulan, tapi tentu saja harus dipersiapkan dari sekarang ya... Gimana ya nanti ujian anak saya...

    ReplyDelete
  13. Nah, bener juga, bentar lagi anak UAN, duh jadi degdeg an...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat maaaaakkkk! Keep calm and don't panic. Semoga anaknya mendapatkan hasil yang terbaik ya maaaak. Aaaamiiinnn

      Delete
  14. ehm .... blm ngerasain sich .. anak aku baru umur 2 tahun

    ReplyDelete
  15. Yang terpenting dibiasakan belajar rutin tiap hari aja sih, Mama Dian. Jadi mau ada ulangan mendadak kek atau menghadapi ujian, nggak perlu juga memaksa anak belajar seharian tapi cuma di moment itu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bener banget.. Makasi ya miss masukannyaaaaa <3

      Delete
  16. Boleh share mbak dian??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sekali, silakan.. Jikalau ingin di copas, mohon mencantumkan sumber dari alamat web adrianadian.com ini yaaaa. Ehehheee. Terima kasiiiihhh <3

      Delete
  17. Boleh di share mbak dian?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature