Menularkan Semangat Berhijab Melalui Aidijuma X World Hijab Day

on
Senin, 27 Februari 2017

Have you ever heard about World Hijab Day? World Hijab Day adalah acara tahunan yang dirayakan setiap tanggal 1 Februari. Dicetuskan oleh Nazma Khan pada tahun 2012 di New York. Dengan misi untuk menciptakan dunia yang damai, dimana semua warga dunia bisa saling menghormati. Pada tanggal 1 Februari setiap tahunnya World Hijab Day meminta semua warga dunia untuk menunjukan solidaritas kepada perempuan muslim di seluruh dunia. Sampai saat ini World Hijab Day telah memiliki ribuan relawan diseluruh dunia dan 70 World Hijab Day Ambassador di lebih dari 45 negara. World Hijab Day juga telah disahkan oleh banyak ulama, politisi dan selebriti di seluruh dunia.

Di tahun 2017 World Hijab Day menggunakan hashtag #IStand4Hijab untuk menunjukkan dukungan melawan islamophobia dan diskrimasi perempuan muslim khususnya di daerah barat. Pada tahun ini juga World Hijab Day bekerjasama dengan Aidijuma Scarf sebuah merek scarf yang besar di Malaysia untuk menyelenggarakan perayaan World Hijab Day yang bertajuk Aidijuma X World Hijab Day di 5 negara yaitu UK, Indonesia, Turki, Brunei dan Malaysia.

Alhamdulillah banget nih, pada tanggal 19 Februari kemarin aku juga turut serta ambil bagian pada perayaan Aidijuma X World Hijab Day yang diselenggarakan di Indonesia. Dengan support dari Blogger Crony, event Aidijuma X World Hijab Day Indonesia diselenggarakan di Bebop Food Studio Jakarta Selatan. 

Aidijuma X World Hijab Day dan ThinkFashion.Co


Pada awal acara sebagai pembukaan Mbak Wardah Fajri selaku founder Blogger Crony menjelaskan peran penting Aidijuma Scarf dan ThinkFashion Istanbul Turki dalam perayaan Aidijuma X World Hijab Day 2017 ini. Dengan campur tangan ThinkFashion Istanbul Turki sebagai organizer yang sudah terbiasa memegang banyak event fashion penting, event Aidijuma X World hijab Day ini kemudian bisa terselenggara di 5 negara di dunia. 

Aidijuma X World Hijab Day merupakan sebuah event charity sekaligus empowerment Aidijuma. Datin Nourjuma selaku owner dari Aidijuma Scarf telah membuat 10.000 scarf Aidijuma dengan desain eksklusif khusus untuk World Hijab Day. Aidijuma Scarf dengan desain eksklusif ini dibagikan kepada para muslimah di 5 negara melalui event Aidijuma X World Hijab Day. Sebagian scarf tersebut juga dijual untuk umum yang hasilnya langsung digunakan untuk charity.

Event Aidijuma X World Hijab Day di Jakarta, Indonesia ini mengundang 3 influencer wanita muslimah yang membagikan pengalamannya dalam menggunakan hijab. Mereka adalah Nesa Aqila, Putri Muslimah Indonesia 2015 dan duo sister berhijab Shirin Al Athrus dan Safinah Darin Al Athrus yang juga merupakan selebgram berhijab terkenal di Indonesia.

Pengalaman Pertama Menggunakan Hijab


Pembicara pertama adalah Nesa Aqila, perempuan cantik berumur 21 tahun yang menjadi  pemenang Putri Muslimah Indonesia 2015. Untuk yang belum tau nih, Putri Muslimah Indonesia merupakan kompetisi setara dengan Putri Indonesia yang dikhususkan untuk para wanita muslimah yang menggunakan hijab. Nesa bercerita bahwa dia sudah menggunakan hijab semenjak duduk di bangku TK  Nesa memiliki keturunan darah arab dari orangtuanya. Perjalanannya menggunakan hijab juga ternyata cukup berliku. 

Nesa mengakui bahwa ia mendapatkan 'hidayah' yang sesungguhnya saat SMA. Ketika itu ia mengikuti sebuah kompetisi model dengan menanggalkan hijabnya. Ia mengakui bahwa perasaannya gelisan dan nggak nyaman sama sekali saat berjalan di catwalk tanpa hijabnya. Nesa pun mengakui bahwa hal itu adalah kesalahannya. Kesalahan yang ternyata membuahkan hidayah ya, karena setelah itu Nesa membulatkankan tekadnya untuk terus menggunakan hijab dan nggak akan pernah melepaskannya lagi.

Setelah bertekad untuk tetap menggunakan hijabnya, Nesa kecil yang sempat bercita-cita menjadi Putri Indonesia ini, merasa bahwa mungkin satu cita-citanya tersebut tidak akan bisa terwujud. Karena pemenang Putri Indonesia kelak akan dikirim ke ajang international yang memiliki salah satu sesi penilaian swimsuit. Jadinya nggak bisa dong ya pastinya, menggunakan hijab di kompetisi bertaraf internasional tersebut. Hingga akhirnya Nesa mendengar kabar tentang audisi Putri Muslimah Indonesia. Dan alhamdulillah ternyata melalui event kecantikan yang nggak diharuskan untuk melepaskan hijab ini Nesa bisa mendapatkan juara pertama sekaligus membawa pulang crown-nya. 

Disaat Nesa sudah membulatkan tekadnya dalam berhijab, Allah mengabulkan salah satu impian masa kecilnya. Ternyata Allah memang sebaik-baiknya perencana ya!


Sesi sharing selanjutnya adalah dari duo hijabi sister Shirin Al Athrus dan Safinah Darin Al Athrus. Siapa hayo yang belom kenal Shirin Al Athrus, si pemilik akun instagram @Shireenz ini? Pasti udah pada tau kan, kalo Shirin ini adalah salah satu influencer di instagram alias selebgram yang mempunyai pengikut sebanyak lebih dari 700.000 orang. Dan ternyata sang adik yang mempunyai akun instagram @darieenz juga sudah mengikuti jejak sang kakak dengan jumlah followers di instagram hampir mencapai angka 300.000 orang. Woaaah, keren dan kompak banget ya duo hijabi sisters ini.

Shirin yang berusia 15 tahun ini membagikan pengalamannya saat pertama kali menggunakan hijab. Kata Shirin, ia pertama kali menggunakan hijab di bangku sekolah dasar, di umur 9 atau 10 tahun. Ia menggunakan hijab atas kemauannya sendiri loh! Shirin diperkenalkan dengan hijab, tentunya oleh orangtuanya. Namun Shirin mengaku bahwa awalnya dia cuma iseng-iseng aja menggunakan hijab, hingga akhirnya alhamdulillah tetap diteruskan hingga sekarang. 

Begitu pula dengan Darin, melihat si kakak yang antusias sekali di hari pertamanya menggunakan hijab, akhirnya Darin pun turut serta mengikuti jejak Shirin untuk menggunakan hijab di bangku sekolah dasar. Darin juga mengakui bahwa lingkungan keluarga dan teman-temannya sangat mendukungnya untuk menggunakan hijab. Kata Darin, kalo rambut biasa kan warnanya cuma hitam aja, sedangkan kalo hijab bisa menggunakan bermacam-macam warna.

Pengalaman yang kurang mengenakkan selama mereka berhijab yaitu Shirin pernah ditawari sebauh pekerjaan yang mengharuskan dia untuk membuka hijabnya. Yang saat itu juga langsung ditolak oleh Shirin. Woah, keren banget sih Shirin💗💗

Aku sih sebagai seorang ibu muda, suka banget dengan duo hijabi sister ini. Di tengah-tengah banyaknya teen-influencer di instagram yang menurut aku gayanya telalu bebas banget. Shirin dan Darin jelas berbeda, karena mereka tetap menggunakan hijabnya dalam mengekspresikan bermacam-macam gaya mereka. Semoga kelak duo hijabi sister ini semakin banyak menginspirasi para remaja-remaja muslim di Indonesia untuk menggunakan hijab yaaa. Aaamiiin.

Hijab Tutorial Ala Nesa, Shirin, dan Darin


Acara selanjutnya adalah hijab tutorial dari Nesa Aqila dengan salah satu bloggers. Sayang sekali aku nggak dapet foto step-by-stepnya ya. Tapi yang pasti dari Aidijuma Scarf yang berbentuk segiempat ini, Nesa mengguanakan salah satu sisinya untuk membungkus bagian wajah. Jadi nggak perlu dilipet dua jadi segitiga ya. Mirip-mirip sama menggunakan kerudung jenis pasmina gitu, setelah dipenitikan di bawah dagu langsung bisa kamu putar sisa scarfnya yang menjuntai ke bagian leher maupun ke atas kepala.


Tuh liat hasilnya di kak Atisatya Arifin, salah satu beauty blogger yang jadi modelnya Nesa siang itu. Kalo pake kerudung samaan kaya Nesa Aqila gitu, cantiknya jadi samaan juga yaaa. Eh tapi Teh Tya mah emang udah cantik dari sononya kok. Hihihiii


Selanjutnya ada hijab tutorial dari Shirin dan Darin. Kalo kamu sering perhatiin Instagramnya Shirin, kamu bisa liat bahwa gaya hijab Shirin sehari-hari adalah mostly hijab berwana hitam yang simpel banget dilibet ke atas kepala. Ternyataaaaa, Shirin dan Darin yang gaya berhijabnya mirip-mirip ini sama sekali nggak menggunakan peniti ataupun pentul di hijabnya loooh.

Terus pas denger itu aku langsung mikir, kok bisa ya nempel banget hijabnya di kepala? Ternyata rahasianya adalah bahan hijabnya yang memang agak stretch dan nggak licin sama sekali. Jadi hijab pashmina-nya Shirin dan Darin ini cuma semacam dilipet aja di bawah dagu kemudian langsung deh diputer ke atas kepala untuk Shirin dan diputer ke pundak untuk Darin. Woah simpel banget kaaaan! Tuh adik-adik yang mau berhijab nggak pake ribet, boleh banget loh dicontek gaya hijabnya Shirin dan Darin.

Hijab Styling Challenge


Setelah mendapatkan pencerahan dari Nesa tentang salah satu gaya berhijabnya. 3 bloggers ditantang untuk mengkreasikan sendiri gaya hijab Aidijuma Scarfnya. Dengan waktu 5 menit aja, 3 bloggers ini harus membentuk Aidijuma Scarfnya seunik dan secantik mungkin di kepala mereka. Lihatlah wajah-wajah 3 blogger ini yang panik dikejer waktu namun tetep cantik ya mengkreasikan Aidijuma Scarfnya.


Dan pemenangnya berhak mendapatkan voucher belanja! Horeee! Voucher belanjanya nggak cuma dibagi untuk pemenang hijab styling challenge ini loh, tapi juga untuk 5 pemenang instagram post terbaik di siang itu. Alhamdulillah yaaa, beberapa blogger pulang nggak cuma membawa scarf eksklusifnya Aidijuma Scarf aja tapi juga bawa pulang vocher belanja. Hihi.

Acara siang itu ditutup dengan foto bersama seluruh peserta acara. Dan acara di Turki juga berlangsung 2 jam setelah acara di Indonesia usai. Akupun ngerasa beruntung banget bisa ambil bagian dari acara yang diadakan di 5 negara ini. Dapet pengalaman baru, scarf ekslusifnya Aidijuma Scarf dan ketemu sama influencer kece plus temen-temen blogger yang nggak kalah kece juga. Thank you for the invitation, Blogger Crony!


And i wear this scarf with proud, absolutely! Scarf yang membuktikan bahwa aku turut serta ambil bagian dalam rangkaian acara Aidijuma X World Hijab Day tahun ini. Serta mendukung penuh World Hijab Day 2017 ini #IStand4Hijab. Semoga semangat berhijab yang kita bawa di 5 negara ini bisa menularkan virus-virus semangat berhijab juga ke para muslimah di seluruh dunia ya. Khususnya yang belum membulatkan tekadnya untuk berhijab, semoga segera mendapatkan hidayahnya dan yakin menggunakan hijabnya di tahun ini yaaa. Aaamiiin.
"Enjoy the rules and make your dream come true" -Nesa Aqila, Putri Muslimah Indonesia 2015
Sesuai dengan quote yang dibagikan oleh Nesa di siang itu, yuk para wanita muslimah, gunakan hijab kita sesuai dengan ketentuan Allah dan tetap kejar impian masing-masing ya. Karena hijab nggak akan pernah menghentikan mimpi-mimpi kita. Jangan lupa kalo Allah selalu punya caranya sendiri dalam mengabulkan do'a setiap hambanya. Terutama hamba-hambanya yang menaati peraturannya dan menjauhi larangannya yaaa. Percayalah akan ada banyak keajaiban yang datang, disetiap kebaikan yang kita lakukan.

So hijab sisters, ada yang pernah punya pengalaman nggak terlupakan dengan hijabnya? Boleh loh cerita-cerita di kolom komen yaaaa💖
30 komentar on "Menularkan Semangat Berhijab Melalui Aidijuma X World Hijab Day"
  1. Kegiatan yang sangat bermanfaat itu, Mbak, semoga menginspirasi banyak wanita untuk semakin berhijab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. In Shaa Allah ya mas, aaamiiinn :D

      Hapus
  2. Keren acaranya, Andai waktu itu bisa ikutan juga. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan tahun depan bisa ikutan ya maaak :D

      Hapus
  3. Shirin alatrus aku suka banget dian, gaya pakaiannya casual simple warna warniii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh, masih imyut imyut bener ternyata anaknyaaaa. hihihii

      Hapus
  4. Quotenya super sekali ya Dian :)

    Aku turut happy dengan perkembangan Hijab Style yang ada di Indonesia sekarang ini, apalagi model - modelnya lucu dan mengikuti fashion trends yang ada :)

    BalasHapus
  5. Naksir banget ama jilbabnya mba. Senang deh kalau ada acara mendukung pengguna jilbab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya akupun happy bisa jadi bagian acara ini mbaaak :D

      Hapus
  6. kerennnn suka banget mamak dian duh pasti senang bgt bisa ada disana :)

    BalasHapus
  7. Hijab kekinian sesuai dengan zaman, namun tetap berpedoman pada syariat islam.

    BalasHapus
  8. Cakeeep iiih Jilbab nya perpaduan Hitam -Ungu pas ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaak. motifnya lucu pulaaa. hihii

      Hapus
  9. Motif jilbabnya lucu2. Bikin mupeng euy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa motifnya lucu ya maaak. hihiii

      Hapus
  10. kerenn acaranya, skrg generasi muda sudah banyak yang berhijab ya Alhamdulillah mudah2an bisa menginspirasi generasi muda lainnya yg belum berhijab atau yang masih buka tutup kayak plang kereta api hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan buka tutup kaya palang kereta ya maaak. hihiii

      Hapus
  11. Wah seru banget ya acara world hijab seperti itu, jadi pingin ikutan, biar bisa menginspirasi perempuan lain agar berhijab dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga bisa menginspirasi yang lainnya yaaa

      Hapus
  12. Alhamdulillah bisa ikut serta dalam acara ini, nambah teman, informasi, dapat scarf lucu, plus menang instagram contest juga. Komplit deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah nyesel ga nyapa mak ratna dewi. Eh aku duduknya di pojokan juga sih jadi nggak ngeh siapa-siapa aja yang dateng.. Hehee

      Hapus
  13. Alhamdulillah ya.. jaman sekarang lihat anak2 SD yg masih imut2 pun sdh banyak yg berhijab. Itu karena kemudahan mendapatkan informasi. Tdk seperti dulu... karena informasi masih terbatas, seringnya orang yg berhijab suka dipandang sebelah mata.

    BalasHapus
  14. Mama Dian duduknya di sayap kiri juga ya kalau lihat dari arah fotonya? Haha kita nggak sempet ngobrol. Moga next event bisa ketemu Mama Dian lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya miss. hihihiii. Mudah-mudahan next bisa nyapa miss nita langsung aaah :D

      Hapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature