3 Video Ini Membuat Anak-Anak Berani ke Dokter Gigi

on
Tuesday, 13 December 2016
Tips agar anak berani ke dokter gigi

"Zzzzzzrrr zzzzzrrr"
"Pah itu suara apa pah?" Tanya Abang di depan klinik Poli Gigi beberapa bulan yang lalu.
"Bor. Tuh liat tuh orang itu giginya lagi di bor, karena males gosok gigi. Hayo Abang, harus rajin sikat gigi biar nggak di bor gitu ya.." Jawab papa Api sembari ngegendong Abang nengok ke dalam kaca Poli Gigi.
"Iya pah.." Muka Abang langsung berubah ketakutan.

Kejadian itu padahal udah lamaaaaa bangeeet, dan sebenernya maksud papa Api bilang begitu ke Abang sih supaya dia lebih rajin gosok gigi lagi ya. Tapiiiii, ternyata itu malah jadi bencana banget pas Abang mendadak sakit gigi kemarin, karena giginya bolong. Sakit giginya awal-awal biasa aja, sampe akhirnya pas tidur tiba-tiba kebangun, nangis-nangis karena sakit giginya. Mama Dian nyoba ngebujuk Abang biar mau periksa ke dokter gigi dengan berbagai cara, tapi jawaban Abang tetep "Abang nggak mau ke dokter gigi, abang ngga mau dibor giginya, takut sakit.." 

Rayuan-rayuan yang aku lancarkan tuh mulai dari ngebujuk beli mainan sebelum kedokter, ngebujuk beli mainan setelah ke dokter, ngebujuk ngajak ngemall abis ke dokter gigi. Tapi tetep aja, jawabannya sama "Nggak mau, takut sakit." Nggak bisa didiemin juga, karena sakit giginya makin lama makin ngeganggu Abang, ngebuat dia jadi susah makan.

Sampe akhirnya di suatu malem, mama Dian cerita tentang kuman-kuman yang ada di gigi, pertamanya Abang nggak mau denger dan asik aja main sendiri. Dia bingung juga bentuk kuman itu gimana kali ya.. Sayangnya mama Dian nggak jago gambar, ahirnya mama Dian mulai googling-googling aja gambar kuman. Yang muncul malah horor banget dan kayanya nggak cocok sama imajinasinya Abang. Kemudian mama Dian mulai nyari animasinya di youtube dan keluarlah beberapa video-vido yang menurut mama Dian pas banget untuk ngegambarin kuman-kuman penyebab sakit gigi di mulut abang.

1. Kalahkan Monster Makanan dengan Gosok Gigi (video oleh: Fikarini Hadi Putri)


Video ini bercerita tentang anak yang hobinya jajan dan makan makanan manis tapi males gosok gigi, sampe akhirnya sisa sisa makanan 'ngebor' giginya sampe bolong dan ngebuat giginya sakit. Dan penolongnya adalah, pasta gigi beserta sikatnya. 

Gambar di video ini emang masih berasa kakau, tapi pas banget untuk ngegambarin ke Abang gimana sisa sisa makanan bisa ngebuat giginya sakit kalo dia males gosok gigi. Setelah ngeliat video ini Abang langsung ngomong "Di dalem gigi Abang juga kaaya gitu ya mah..?" Horei! Video pertama ini sukses ngebuat Abang mulai peduli, sama apa yang terjadi sama giginya :)

2. Video Kartun Lucu: Penyebab Sakit Gigi (Uploader: Oplosan)


Video ini bercerita tentang kuman-kuman yang ngerusak gigi. Mulai dari ngebor pake bor beneran sampe main-main di dalam mulut kita. Gambarnya lumayan bagus, tapi bahasanya bukan bahasa Indonesia. Jadi sembari nonton ini, mama-mama harus nyeritain sendiri ya apa yang terjadi di dalam mulut oleh kuman-kuman jahat tersebut. Daaan, Muka Abang mulai serius nih setelah nonton video kedua ini.

3. Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Penyakit Karies Pada Anak Berbasis Animasi (video oleh: Andrian Maulana)


Video ini berdurasi hampir 6 menit ini, bercerita tentang anak yang mendadak sakit gigi padahal keesokan harinya ia harus pergi study tour bersama teman-teman sekolahnya.  Awalnya ia takut ke dokter gigi, namun akhirnya ia memberanikan diri ke dokter gigi dan sukses mengobati giginya serta mendapatkan penjelasan mengenai rasa sakit di giginya.

Dari semua video, menurut aku video animasi ini yang paling pas untuk Abang. Karena ceritanya sama persis kaya Abang yang awalnya takut ke dokter gigi, namun ternyata dokter giginya ramah dan baik hati banget. Setelah nonton ini, Abang langsung ngomong "Abang mau deh mah ke dokter gigi.." Horeeeeee! Mama Dian berhasil!

Beberapa hari setelahnya mama Dian baru ajak Abang ke dokter gigi. Sempet deg-degan pas antri di depan poli gigi, takut anaknya mendadak kabur. Hihi. Cerita saat ke dokter giginya, nanti lanjut di postingan selanjutnya aja yaaaa. 

Baiklah, sekian dulu tips agar anak tidak takut ke dokter gigi dari mama Dian, mudah ya ternyata kalo menggunakan video-video animasi gini. Hihi. Semoga bermanfaat yaaaaaa. Kalo mama-mama lain gimana, punya tips tips sendiri nggak sih biar anak-anak berani ke dokter gigi? Sharing doooonggg :D
32 comments on "3 Video Ini Membuat Anak-Anak Berani ke Dokter Gigi"
  1. thank you mbaaa, anak-anak saya malah pengen ke dokter gigi soalnya pulangnya suka dikasih hadiah mainan sama dokter gigi yg biasa kita datangi. gatau aja ya anak2 gmn rasanya gigi dibor hiii, saya sih kapok ke dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaaaah, dokter giginya baik banget maaaak, dan kreatif banget yaaa, kalo dikasi mainan kan anaknya malah nggak akan takut untuk balik lagi yaaaa :D

      Delete
  2. Aku mau tunjukin video ini ke anakku :D. Omg dia juga takutnya ampun2 ama dokter gigi mba.. Mungkin krn aku pernah cerita penderitaan dulu dr kls 3 sd ampe smu ngerapihin gigiku, pake behel sampe bisa rapi kyk skr. Tp emg sakit pas gigi2 yg ga perlu hrs dicabutin :p. Dia trauma kali ya dgrnya... Moga2 abis nonton ini bisa berani :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahahaaa. Ini pasti karena cerita mamanya dia jadi takut gituuu. Hihihiii. Semoga setelah ini jadi berani ke dokter gigi ya maaaak :D

      Delete
  3. videonya lucu-lucu ^^ beberapa tahun kedepan mungkin saya jg bakal ngerasain nih susahnya ajak anak ke dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dia belum tau sama sekali bakal diapain aja sama dokter gigi, kayanya dia ga akan takut kok mbaaaak. Ceritain yang indah-indah aja dari sekarang tentang dokter gigii. Hihihiii

      Delete
  4. anak sy juga suka nonton youtube..tp film kartun...tp bagus jg nih..nti sy searching biar dia mau ke dokter gigi..secara gigi dia udah harus dirawat nih..banyak bolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kemarin abis ngonrol sama dokternya, ternyata emang penting ngelakuin check up rutin setiap 6 bulan sekali untuk giginya anak-anak. tujuannya biar pertumbuhan giginya makin bagus dan rapi mbak.. Heheheee. Semoga nanti anaknya langsung berani ke dokter gigi ya mbaaaak :D

      Delete
  5. Kalau saya waktu itu pas ketemu dokter gigi anak yang memang bersahabat. Jadi anak-anak gak takut. Tapi salahnya kemudian coba-coba bawa anak ke bukan dokter gigi anak. Dokternya gak sabaran. Mungkin karena gak terbiasa nanganin anak, ya. Jadi sempat trauma. Untung sekarang udah mulai mau ke dokter gigi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyaaa, soalnya nanganin anak-anak memang perlu kesabaran ekstra ya maaaak.. Soalnya kalo merek ngeronta-ronta atau nangis atau nggak mau buka mulutnya kan repot yaaa, kalo dokter yang nggak sabar pasti jadi jutek deh tampangnyaaa. Heheheee

      Delete
  6. Videonya bagus ya mbak, sebagai alat untuk menolong anak untuk sikat gigi dan yang takut ke dokter gigi..Ntar aku kasih tunjuk buat ponakanku lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, makasi sudah mampir kesini ya mbak Dewiii :D

      Delete
  7. Nah ini pas nih buat ponakan aku...
    terakhir dia ke dokter, dokternya malah disumpain masuk neraka karena dia merasa dokternya bohong waktu bilang gak sakit..tapi ternyata rasanya sakit. Itu suaranya sampe ke luar... bikin malu ya Allah.....

    ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUAHAHAHAHAHAAAA. Aku bacanya aja ngakak banget looohhh. Apalagi liat kejadiannya langsung yaaaa. Hihihihiii. Tapi setelahnya berani balik lagi ngga keponakannya ke dokter gigi itu mbak? Hihiii

      Delete
  8. Asyiik teryata ada videonya yaa. Aku tunjukin ke tetanggaku ah. Kalau anakku kebetulan berani kalau ke dokter gigi mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah hebatnyaaa, enak ya Mak, kalo anak berani ke dokter gigi. Nggak repot bujuk-bujuk lagiii. Hehehee

      Delete
  9. Waaa bakal aku liatin ke anakku nih mba dian videonya.. hihihi semoga pas liat video2 itu anakku gak ngeri ke dokter gigi :D Thanks ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Ditaaa, semoga anak-anak jadi makin berani ke dokter gigi ya Maaaak :D

      Delete
  10. Hihi aku jadi pengen download neh mba videonya, biar anak berani ke dokter gigi.

    ReplyDelete
  11. Jangankan ke dokter gigi, anakku ke dsa biasa aja masih ngga mau mba... Coba nanti aku cari video yg ke dokter biasa deh.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuuunn, kok bisa takut juga ke DSA maaaak? Takut disuntik mungkin yaaaa.. Heheheee

      Delete
  12. Anakku kukasih lihat pada senang semua. Katanya lucu. :D

    ReplyDelete
  13. Video yang kedua bahasa apa ya? Walaupun gak ngerti lumayan sih secara visual saja memahaminya.. hihi.. Semoga makin banyak video-video yang bersifat informatif dan persuasif untuk anak perihal dokter gigi ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, entah itu bahasa apa maaak, tapi secara visual anak-anak bisa ngerti sih kalo itu tentang kuman yang ngebuat gigi jadi bolong. Hehehehee. Iya semoga kedepannya semakin banyak video-video edukatif tentang kesehatan gigi untuk anak-anak yaaaaa :D

      Delete
  14. waaaah, anak-anak harus nonton noh supaya tidak takut lagi ke dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, in shaa Allah mudah-mudahan bisa ngebuat anak-anak jadi berani ke dokter gigi ya Maaak :D

      Delete
  15. Bagus videonya, trims mbak sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir kesini juga ya Maaaak :D

      Delete
  16. Anakku malah seneng banget ke dokter gigi, karena di rumah suka banget main dokter - dokteran hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaah kalo gitu enak yaaa, nggak repot kalo mau ajak anak-anak ke dokter gigi ya Ly.. Hihi

      Delete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature